"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Cara Mengatasi Hardisk Dynamic Invalid Tanpa Hapus Data. 100% Work

Halo guys, kali ini saya akan memberikan solusi bagaimana Cara Mengatasi Hardisk Dynamic Invalid Tanpa Hapus Data. 100% Work. Tips ini sudah saya coba sendiri dan semuanya bahakan bukan 100% work atau 1000, jadi bisa dipastikan 1000% aman jika mengikuti langkah-langkah di bawah ini dengan benar. Permaslaah Disk Dynamic Invalid akan menyebabkan hard drive tidak muncul di laptop meskipun terdeteksi. Hal ini pernah terjadi pada hardisk yang ada di laptop saya.

Awal Permasalahan Hardisk Dynamic Invalid

Jadi ceritanya, Sistem OS yang ada di Hardisk SATA saya awalnya saya Cloning ke SSD, karena SSD Sudah terlalu berat dan agak lambat kerjanya, kemudian saya Instal Ulang Sistem OS yang ada di SSD. Setelah berhasil Instal Ulang. Saya kaget, Lokal Disk yang ada di HDD yang tidak muncul padahal semua data penting saya ada disana.

Kemudian saya cek di Computer Management. Ternyata Terbaca namun, ada keterangan "Disk 1 Dynnamic Invalid".

Sempat panik dan Stres bahkan sampai prostasi karena berbagai cara sudah dilakukan, mulai dari diskusi digroup Facebook, Instal Software ini, software itu. Tidak berhasil. Bahkan ada yang menyarankan untuk Format Ulang. Ya mampus lah Saya.

Setelah beberapa hari saya menemukan software Dynamic Disk Converter yang digunakan untuk meemperbaiki Disk 1 Dynnamic Invalid agar bisa menjadi Online, Salah satunya adalah dengan mengubah menjadi Basic.

Bagaimana Caranya.? Simak Panduannya dibawah.

Anda harus masuk ke menu Disk Management untuk melihatnya. Pertama adalah: Klik kanan pada Nama Komputer Kamu (This PC) > Manage > Disk Management. Di sini kita dapat melihat peringatan disk variabel tidak valid.

Ubah format disk fleksibel menjadi dasar

Jika Anda mengalami hal yang sama, jangan khawatir, kita dapat memperbaiki variabel disk Invalid tanpa menghapus data hard disk. Yang harus kita lakukan adalah dengan mengubah Dynamic menjadi basic. Silakan lihat cara berikut.

Cara Merubah Dynamic Disk menjadi Basic Disk di Windows 10 (File masih aman)

Saya menggunakan Windows 10 dalam contoh ini tetapi menurut saya Windows 7 juga sama.

  1. Pertama, unduh aplikasinya terlebih dahulu Aomei Dynamic Disk Converter Versi 3.5

  2. Kemudian instal perangkat lunak dan jalankan. Jika hard drive eksternal dicolokkan ke slot USB terlebih dahulu

  3. Jalankan software seperti biasa. Saat tabel muncul, pilih Metode 1- lalu pilih Next
    Cara Mengatasi Hardisk Dynamic Invalid Tanpa Hapus Data. 100% Work

  4. Sekarang Centang Hard Drive Format Dynamic. Hapus tanda pada Check here if the selected disk contains mirrored volumes (RAID 1).. - Lalu Pilih Next…….

    Cara memperbaiki hard drive yang dapat dilepas
    Hard drive yang belum diformat Dynamic Itu tidak dikenali dalam aplikasi ini.


  5. Setelah itu, ada deskripsi tentang hard drive. Cheklist pada "I have decide execute this operation”. Kemudian pilih proceed” dan tunggu sampai laptop restart.

    Perbaiki HDD variabel.


Setelah pilih procced, komputer akan meminta untuk Resrat. Silahkan Restart, Disk 1 Dynamic akan berubah menjadi Disk 1 Basic dan semua data akan dibaca secara normal dan tidak ada yang terhapus.

Kesimpulan

Sekali lagi. Jika Anda mengikuti langkah-langkah dengan benar, hard drive akan kembali normal tanpa ada data yang terhapus karena saya sendiri sudah sering mengalami situasi ini dan sejauh ini tidak ada kesalahan.

Data hard drive yang diformat secara manual akan dihapus

Sebenarnya kita bisa merubah format dari dynamic ke basic langsung dari disk management, tapi data di harddisk akan hilang. Oleh karena itu, metode ini sangat efektif dalam memecahkan masalah ini.

Apakah bisa digunakan untuk SSD?

Kasus yang saya alami ini terjadi pada Hardisk HDD SATA, jadi kalau anda menggunakan SSD saya tidak tahu.

Jika teman-teman sudah mencobanya di SSD, silakan tinggalkan komentar untuk memberi tahu pembaca lainnya. Cukup sekian saran dari saya, semoga bermanfaat….

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar