"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Desa Juhu, Desa Tertinggi di Kalimantan Selatan yang Sangat Cantik dan Indah

Desa Juhu, Desa Tertinggi di Kalimantan Selatan yang sangat cantik dan indah


Desa juhu merupakan Desa Terindah Di Kalimantan selatan dengan ketinggian +- 560 mdpl dan disebut-sebut sebagai desa terindah di kalimantan selatan.

Desa Juhu, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah merupakan desa tertinggi yang ada di Kalimantan Selatan. Juhu hampir memiliki kesamaan dengan desa Wae Rebo yang ada di Flores, NTT, ya terletak di dalam hutan di antara perbukitan yang rimbun. Namun desa Wae Rebo memiliki bangunan rumah yang sangat khas(rumah berbentuk kerucut). Selain itu Wae Rebo tidak terlalu jauh untuk di tempuh dan merupakan desa wisata.Berbeda dengan desa juhu yang merupakan desa adat bukan desa wisata.

Desa juhu berjarak 50 Km dari kota Barabai dan untuk mencapai desa ini 36 Km bisa ditempuh dengan alat transportasi, sekitar 14 Km hanya bisa di tempuh dengan berjalan kaki. Butuh waktu sekitar 2 hari bagi orang yang belum terbiasa dengan medan pegunungan. Sedangkan bagi warga lokal mareka hanya membutuhkan waktu sekitar 8-12 jam saja. 

Susana Desa Juhu Suasana Desa Juhu image_title_here3 image_title_here4 Suasana Desa Juhu Suasana Hutan Desa Juhu Suasana Hutan Desa Juhu Suasana Hutan Desa Juhu Suasana Kegiatan Desa Juhu Suasana Kampung Desa Juhu Suasana Kegiatan Desa Juhu

Bagi orang awam untuk mencapai desa juhu membutuhkan waktu sekitar dua hari satu malam dengan berjalan kaki, namun warga desa juhu hanya membutuhkan waktu 8-12 jam saja dari Desa Kiyu. Desa Kiyu ialah desa terakhir yang bisa dilalui dengan akses kendaraan bermotor, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki munyusuri hutan pegunungan meratus.

Keseharian masyarakat Desa Juhu yaitu berladang dan bertani di wilayah hutan adat, mereka menerapkan sistem nomaden (berpindah tempat), biasanya hasil panen mereka dilakukan setahun sekali. Wajar saja mereka berladang maupun bertani masih menggunakan bahan-bahan organik, mereka percaya dengan bahan organik mereka dapat menjaga kelestarian lingkungan hidup untuk  generasi mendatang, dan menerapkan pertanian yang berkelanjutan. Komoditas utama yang dihasilkan yaitu kayu manis dan aren, selain itu mereka juga menanam padi untuk menjaga kemandirian pangan. 

Tentu saja banyak hal yang dapat kita pelajari dari masyarakat adat dayak meratus, baik kearifan lokal, adat istiadat, keseharian, dan konsistensi mereka dalam menjaga dan merawat kelestarian hutan pegunungan meratus. 

Lalu mengapa disebut sebagai desa terindah? karena hamparan rumput hijau yang menutupi permukaan tanah, lalu batu-batu yang terletak di banyak tempat menambah indah nya desa tersebut, udara yang sejuk dan bebas polusi membuat anda betah berdiam disana.

Disebelah barat kalau cuaca baik, akan klihatan Puncak Atap Kalimantan selatan yaitu Gunung Besar Halau-Halau 1901 mdpl.

Perjalanan menuju desa itu sendiri terbilang sangat menantang, perjalanan dengan kendaraan pun terhitung hanya sebatas Desa Kiyu - desa terakhir untuk menuju desa juhu -

Setelah itu kita akan berjalan kaki menuju desa juhu. Umumnya jika orang-orang desa sana memakan waktu 8-10 jam perjalanan, namun kalau yang belum terbiasa bisa memakan waktu hingga 2 hari perjalanan untuk smpai desa juhu. 

Ya begitulah adanya karena letaknya yang ada ditengah-tengah kawasan hutan di pegunungan Meratus yang merupakan kawasan hutan lindung (hutan adat) dengan melalui beberapa anak sungai, serta melewati dua buah gunung yaitu Gunung Paniti Ranggang dan Gunung Kilai. 

Menuju desa Juhu tak lain seperti mendaki ke puncak Halau-halau (puncak tertinggi Kalimantan Selatan), karena awal perjalanan melewati jalur yang sama hanya saja nanti dipertigaan di puncak Paniti Ranggang(Pondok tiranggang).


📍 Desa Juhu, Kec Batang alai timur. Kab Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan.


Sumber:
https://www.facebook.com/groups/432237384823496/permalink/953452292702000/
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar