"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Instrumen UKIN PPG DalJab dan Download Kisi-Kisi Soal UP UKMPPG Terbaru 2023

Instrumen UKIN PPG DalJab dan Download Kisi-Kisi Soal UP UKMPPG Terbaru 2023


Kegiatan Ujian Pengetahuan Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun ini akan segera dilaksanakan, maka Direktorat Pendidikan Profesi Guru telah resmi menerbitkan Kisi UP UKMPPG.

Rangkaian kegiatan Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan wajib diikuti oleh seluruh calon guru profesional, dengan status guru profesional yang diakui dengan memiliki sertifikat pendidik guru.

Langkah-langkah untuk mendapatkan sertifikat guru sangat panjang, mulai dari langkah pendaftaran PPG dengan akun resmi masing-masing guru seperti akun SIMPATIKA, SIAGA PENDIS dan SIMPKB, langkah Tes Kemampuan Akademik (PPG Pretest), langkah pembelajaran daring (daring) hingga mengikuti langkah-langkah pengajaran di kampus atau LPTK Menyelenggarakan PPG di tempat.

Table of Contents

Dari sekian panjang langkah yang tertera di atas, guru masih belum cukup untuk digolongkan sebagai guru profesional, ada satu langkah lagi yang harus dihadirkan setiap calon guru profesional, yaitu kualifikasi mahasiswa pendidikan profesi guru.  Uji Coba (UKMPPG)

UKMPPG merupakan standar puncak dari seluruh rangkaian agenda pembelajaran profesi guru dalam jabatan.  UKMPPG sendiri terbagi menjadi 2:

  1. Uji Kinerja (UKIN)
  2. Tes Pengetahuan (UP)

Dimulai dari dua hal di atas, semua penerima PPG wajib mengikuti karena keduanya merupakan kriteria yang menentukan diterima tidaknya seorang penerima PPG mengikuti program pendidikan profesi guru.

Jika penerima PPG Dalam Jabatan tidak lulus tahap ini, akan dilakukan serangkaian tes bagi guru yang belum lulus tes pengetahuan, sesuai Surat Edaran Dirjen Pendidikan tentang pelaksanaan UKMPPG. 

Unduh Ujian Kinerja (UKIN)

Ujian kinerja (UKIN) PPG merupakan rangkaian agenda PPG, seluruh penerima PPG harus mampu menyiapkan bahan ajar, RPP, media pembelajaran baik untuk pendidikan high tech maupun low tech education dan masih banyak lagi penataan manajemen lainnya.

Peserta tes kinerja diuji dengan cara memeriksa guru atau dengan memeriksa guru yang telah memiliki nomor registrasi tes.Pelaksanaan tes kinerja ini adalah 2 jam pelajaran dengan siswa penerima dalam suasana kelas atau peer teaching.

Untuk itu, ada baiknya penerima beasiswa mempersiapkan diri ketika penguji berada di depan kelas dengan mengidentifikasi dan merencanakan bagian-bagian yang akan dievaluasi serta strategi dan sistem yang dipilih dengan cermat.

Untuk itu, mohon untuk mempelajari perangkat penilaian pelaksanaan Ujian Kinerja Pembelajaran Profesional Guru Dalam Jabatan yang akan diberikan oleh Administrator di bawah ini.

Unduh Instrument Ukin PPG

Unduh Kisi-Kisi Uji Pengetahuan (UP)

Untuk menghadapi Ujian Pengetahuan (UP) dan Ujian Kinerja, para penerima PPG hendaknya merencanakan dengan matang materi yang akan diujikan, agar cita-cita lulus dengan gelar guru profesional dapat dengan mudah tercapai.

Tes Pengetahuan PPG PPG dilakukan secara online dalam lingkungan yang aman, jadi silakan pelajari Kisi Tes Pengetahuan Mimin untuk menjawab soal Tes Pengetahuan UKMPPG. 

Tes Pengetahuan (UP) adalah tes profisiensi online atau online (online) bersamaan untuk mengukur pemahaman konsep/materi untuk mencapai tujuh Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL).

Tes pengetahuan berbasis domisili adalah tes pengetahuan yang dilakukan secara online dengan peserta di rumah atau oleh mahasiswa dengan mempertimbangkan akses internet.

Kisi-kisi PPG UP memuat rumpun mata pelajaran, baik untuk guru TK, guru SD dan umum seperti Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, Matematika, Bimbingan dan Konseling (BK), Kimia, Fisika, Biologi, Ekonomi, Geografi, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), IPS, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Sejarah Indonesia, Seni Budaya, Sosiologi, Teknik, Komputer dan Informatika dan sebagainya.

Salah satu upaya untuk lulus UP adalah mempelajari Kisi Kisis PPG UP.  PPG UP bertujuan untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran dari awal hingga akhir.  Pada dasarnya ada 4 (empat) kompetensi yang dikuasai oleh guru seperti yang dijabarkan dalam soal tes pengetahuan PPG:

  1. Kompetensi kepribadian
  2. Kompetensi sosial 
  3. Kualifikasi pendidikan 
  4. Kompetensi profesional

Mahasiswa PPG harus menguasai keempat kompetensi tersebut sebagai prasyarat untuk menjadi guru profesional.

Unduh Kisi-Kisi Tes Pengetahuan UKMPPG

Demikian yang dapat admin sampaikan, semoga Ukin Instrumen dan Kisi-Kisi UP PPG DalJab dapat membantu guru-guru peserta PPG meraih kesuksesan dengan hasil yang memuaskan.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar