"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Wisata Puncak Gunung Hauk, Puncak Pegunungan Meratus yang Tertinggi di Kabupaten Balangan

Wisata Puncak Gunung Hauk, Puncak Pegunungan Meratus yang Tertinggi di Kabupaten Balangan
Wisata Puncak Gunung Hauk Balangan

Puncak Gunung Hauk 1325 Mdpl adalah puncak pegunungan meratus yang tertinggi di kabupaten balangan yang berada di Desa Ajung kecamatan tebing tinggi, kalimantan selatan. 

Untuk mencapai Lokasi ini membutuhkan waktu yang banyak,karena jarak yang ditempuh lumayan jauh.dari kota paringin kalian harus menuju ke arah paringin selatan,kemudian ke arah kecamatan tebing tinggi sekitar 30 menit lebih dari kota paringin.kemudian ke arah kecamatan Awayan.

Setelah itu menuju Desa Ajung memakan waktu sekitar 30 menit. Medan yang ditempuh tidak lah mulus karena jalan nya hanya tanah, batu-batuan, dan jalan nya naik turun naik turun,harus berhati-hati apalagi jika hujan jalan nya licin.

Setelah itu nanti akan menemukan sebuah perkampungan disitu sudah disediakan tempat parkir kendaraan roda 2.

Untuk menuju puncak hauk pertama-tama melewati sungai yang sangat deras harus berhati-hati terkadang sungai ini tidak bisa diseberangi jika sungai nya dalam.setelah itu melewati hutan-hutan medan nya selalu menanjak menguras tenaga.

Untuk sampai kepuncaknya memakan waktu 4-5 jam berjalan kaki. Disekitar hutan ini kata warga setempat mempunyai MITOS setiap perjalanan menunju puncak akan mendapatkan bonus yaitu Hujan deras/Hujan gerimis saja.

Sebaiknya membawa jas hujan biar gak kena hujan nya. Kalau kesini pasti beristirahat nya di sumber mata air yang sangat bersih, air nya bisa di minum dan air nya sangat dingin.

Kemudian menuju kepuncaknya kita melewati hutan mati, hutan lumut (hambal lumut), dan medan nya hanya tanjakan semua butuh tenaga yang kuat untuk sampai kepuncaknya.

Gunung Hauk merupakan tempat sakral atau keramat bagi warga Dayak Pitap yang bermukim di sekitarnya. Beragam upacara adat Dayak sering dilakukan di sana. 

Puncaknya biasa digunakan sebagai tempat sesajen atas panen raya atau hajat yang telah dikabulkan oleh Sang Pencipta. Dan sudah jadi rahasia umum kalau gunung-gunung di Indonesia memiliki banyak mitos tak terkecuali Gunung Hauk di desa Ajung ini. 

Adapun mitos yang ada di Gunung Hauk yaitu “Hujan Rutin”. Setiap pendaki akan selalu menemui hujan atau kehujanan apabila mendaki ke sana, meskipun pendakian itu dilakukan dimusim kemarau yang panjang sekalipun.

Masyarakat di sana meyakini bahwa para pendaki tersebut dimandikan air hujan agar selalu bersih ketika sudah berada di tempat yang dianggap sakral/ keramat tersebut. 

Mitos tersebut sampai sekarang masih dipercayai oleh masyarakat setempat, dan sejatinya kita pun patut menghormati kepercayaan mereka itu.

Pesona Gunung Hauk tak kalah dengan pesona gunung lainnya, hambal lumut dan karang bintang menjadi pesona yang ditemui di tengah perjalanan. 

"Kemudian suara burung dan satwa liar lainnya juga akan menemani di sepanjang perjalanan menuju puncak. Pemandangan Indah di Puncak Gunung Hauk 1325 Mdpl yang menyejukan hati dan mata yang memandang. 

Keindahan alam begitu terpancar dengan nuansa hijau asrinya serta jika kita beruntung kita akan mendapatkan lautan awan yang sangat luar biasa.

Wisata Puncak Gunung Hauk Balangan Wisata Puncak Gunung Hauk Balangan Sungai Puncak Gunung Hauk Balangan Jalan Puncak Gunung Hauk Balangan Wisata Puncak Gunung Hauk Balangan Wisata Puncak Gunung Hauk Balangan Wisata Puncak Gunung Hauk Balangan Sungai Puncak Gunung Hauk Balangan Hutan Puncak Gunung Hauk Balangan Bukit Puncak Gunung Hauk Balangan Wisata Puncak Gunung Hauk Balangan Hutan Mati Puncak Gunung Hauk Balangan Wisata Puncak Gunung Hauk Balangan Wisata Puncak Gunung Hauk Balangan Wisata Puncak Gunung Hauk Balangan Wisata Puncak Gunung Hauk Balangan Wisata Puncak Gunung Hauk Balangan Wisata Puncak Gunung Hauk Balangan


Lokasi:
Gunung Hauk 1325 Mdpl. Desa ajung kecamatan tebing tinggi Kabupaten Balangan Provinsi kalimantan selatan.

Narasi:
Ardiansyah

Sumber:
https://www.facebook.com/groups/432237384823496/permalink/942542960459600/


Tags:
#langkahkalimantan #lensa_kalimantan #mtma.kalsel #pesona.kalimantan #ketapel.borneo_ #surgaborneo #sahabatmeratus #info_balangan #penikmatalam_kalsel #banjarinfo #ceritabanjar_ #repostborneo #enjoy_kalsel #pendaki_kalimantan_kalsel #pendaki_gunung #jelajah.borneo #wisata.kalsel #explorbanua6 #pendaki_kalimantan #buayapenjelajah #mdplkalimantan_ #exploremeratus_ #kalselbanget_ #kawanrimba #nagabalangan #pendaki_kalsel #instakalsel #visit_kalsel_new #explorekalsel #pendaki_banjar #pendaki.cupu #banjartravelers #wonderful_balangan



Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar