"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Tutorial Powerpoint: Begini Cara Mengatur Jarak Antar Huruf di PowerPoint (Character Spacing dan Line Spacing)

Mengatur jarak huruf menjadi sangat penting untuk dipahami agar desain anda lebih mudah untuk dinikmati dan pesannya lebih mudah tersampaikan

Mengatur jarak Huruf di Powerpoint

Ringkasan

Tutorial ini menjelaskan cara menyesuaikan spasi huruf dan spasi baris di PowerPoint, menyoroti pentingnya penyesuaian ini untuk keterbacaan dan desain. Ini mencakup penspasian karakter (horizontal) dan penspasian baris (vertikal), dan menunjukkan cara menyesuaikannya menggunakan antarmuka PowerPoint.

Highlight

  • πŸ”€ Menyesuaikan spasi huruf (penspasian karakter) penting untuk keterbacaan dan desain.
  • πŸ“ Penspasian huruf dapat disesuaikan menggunakan opsi prasetel atau secara manual dengan menentukan angka.
  • πŸ“ Penspasian garis (vertikal) juga dapat diatur menggunakan opsi prasetel atau nomor tertentu.
  • 🚫 Penspasian baris yang berlebihan (mendahului) dapat membuat teks sulit dibaca, sedangkan terlalu sedikit dapat membuatnya tampak ramai.
  • πŸ“ˆ Menambah spasi baris dapat membuat teks lebih mudah dibaca dan memberikan ruang untuk bernapas.
  • πŸ“‰ Mengurangi spasi huruf dapat membuat teks tampak lebih padat, tetapi juga dapat mempersulit untuk dibaca.
  • πŸ’¬ Tutorial merekomendasikan untuk menggunakan spasi baris 0,8 atau menyesuaikannya agar sesuai dengan desain.

Halo sahabat elemen semua, seringkali saat mendesign dalam pengaturan jarak huruf diabaikan padahal pengaturan jarak antar huruf sangat penting demi kenyamanan pembaca .

Bayangkan jika anda menemui tulisan yang jarak hurufnya terlalu rapat, Pasti sangat sulit untuk dibaca atau mungkin jarak hurufnya terlalu renggang pasti anda butuh waktu lebih lama untuk membacanya.

Mengatur jarak huruf menjadi sangat penting untuk dipahami agar desain anda lebih mudah untuk dinikmati dan pesannya lebih mudah tersampaikan maka dari itu saya akan membahas tentang pengaturan jarak huruf di PowerPoint langsung saja simak tutorialnya.

Untuk bagian dasar ada dua istilah sederhana yang sebaiknya Anda pahami dalam pengaturan jarak huruf yaitu Character Spacing dan Line Spacing.

1. Istilah Character Spacing 


Character Spacing merupakan jarak antar huruf secara horizontal. Character lebar biasa digunakan pada judul yang memakai huruf-huruf kapital dan berukuran besar. Spacing yang berukuran Normal atau cenderung sempit biasanya dipakai pada teks penjelasan tetapi kadang Character Spacing  pada font yang berbeda ada yang tidak sesuai dengan selera anda jadi anda perlu mengaturnya secara manual supaya teks yang anda desain jadi lebih indah.


2. Istilah Line Spacing


Selanjutnya Line spacing atau biasa disebut juga Leading Line spacing merupakan jarak vertikal antar kalimat pada suatu paragraf atau lebih mudahnya jarak antarbaris.

Menambah Leading akan membuat paragraf bernafas dengan begini pembaca pun lebih dibuat betah untuk membaca,  tapi hati-hati Leading yang terlalu renggang akan membuat pembaca bingung saat membacanya karena jaraknya terlalu jauh. Leading yang terlalu sempit akan membuat paragraf tampak terlalu padat dan berat untuk dibaca.

Lalu bagaimana cara mengaturnya? Perhatikan langkah-langkah berikut ini;

# Step 1 Mengatur Character Spacing

Pertama kita akan membahas cara mengatur Character Spacing seperti biasa pastikan anda telah membuka PowerPoint.

Ketikan sebuah kata dan klik icon Character Spacing. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa pilihan ini.

Jika anda menginginkan pengaturan manual bisa Klik more Spacing. Setelah itu Anda akan dihadapkan pada tiga pilihan.

- Normal ini berarti Anda membiarkan jarak antar karakter sebagaimana mestinya 

- Expanded yang membuat jarak antar karakter menjadi renggang dan selanjutnya anda bisa mengisi kolom disebelahnya dengan angka semakin besar angkanya semakin lebar jaraknya

- Condensed yaitu untuk membuat jarak antar karakter menjadi rapat disini Anda juga bisa mengisi kolom nya dengan angka. Semakin besar angkanya jarak antar karakter menjadi semakin rapat 

# Step 2 Mengatur Line Spacing/Leading

Selanjutnya mengatur Line spacing buat Misalnya tiga paragraf klik icon Line Spacing pada menu Home. Lalu Line spacing option.

Anda bisa mengatur secara manual. Pilih Single, 1,5 lines, Double, Exacly, Multiple. Untuk pengaturan lebih Advance ada exactly Dimana anda bisa memasukkan angka spesifik.

Tapi cara ini tidak saya anjurkan karena apabila anda mengubah ukuran teks menjadi lebih besar atau lebih kecil anda perlu mengubah lagi lain spacing yang ada, karena apabila tidak diubah jaraknya akan terlihat aneh karena menyesuaikan ukuran sebelumnya.

Selanjutnya multiple,  Cara ini lebih saya rekomendasikan karena apabila anda mengubah ukuran teks jarak antarbaris nya akan tetap sesuai sehingga lebih nyaman untuk dipandang dan anda tidak perlu kerja dua kali untuk ini. Saya biasa menggunakan 0,8 atau menyesuaikan dengan desain yang sedang saya rancang.

Itu tadi pembahasan tentang Character Spacing dan Line Spacing, jika ingin request tutorial lain silahkan komen di bawah postingan ini. pastikan berlangganan jika anda suka tuorial ini dan jangan segan untuk share, sampai jumpa di tutorial berikutnya.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar