"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Modul 1.1 Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik: Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik

Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik

Sebagai Pendidik tentu sudah seharusnya mampu mengenali karakteristik dan kebutuhan murid. Akan tetapi hal yang paling mendasar juga harus dimulai dari diri sendiri yaitu mengenali kekuatan dan kelemahan diri. Di artikel ini mengajak Ibu dan Bapak Guru merefelksikan kekuatan dan kelemahan yang kita punyai, lalu bagaimana kita dapat mengelola apa yang kita miliki tersebut untuk berperan mendidik murid-murid kita..

Mengawali Artikel modul Merdeka belajar ini, kita akan bersama-sama melakukan refleksi mengenali diri. Untuk lebih memahami peran sebagai pendidik berdasarkan pemikiran Ki Hajar Dewantara Hai Mari Kembali ke awal perjalanan kita sebagai pendidik.

Dahulu saat memutuskan menjadi guru apa yang ada dalam pikiran ibu dan bapak guru? Mengapa memutuskan ingin menjadi pendidik? Bagaimana perjalanan perjuangan sehingga akhirnya sampai di profesi hebat ini?

Dengan menjadi guru hadir setiap hari untuk murid-murid, hadir untuk terus menambah kapasitas diri misalnya melalui media Microteaching, ini kita telah menyadari kebutuhan untuk terus belajar secara mandiri.

Apapun profesi yang dijalani kita memang perlu terus belajar, Demikian juga dengan peran kita sebagai pendidik atau guru kita perlu terus belajar agar bisa menghantarkan murid-murid untuk berdaya dan menjadi manusia Merdeka.

Dengan kesadaran untuk terus belajar secara mandiri kita telah mengatur diri sendiri. Ini adalah bagian dari perjalanan kita menjadi manusia merdek.

Menurut Ki Hajar Dewantara manusia merdeka adalah manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun batin, tidak tergantung pada rang lain.

Jika kita mengharapkan murid-murid kita kelak menjadi pribadi yang mandiri dan Merdeka tentunya penting untuk mereka mengenali diri, berdaya untuk menentukan tujuan dan kebutuhan belajarnya yang relevan dan kontekstual terhadap diri dan lingkungannya.

Sebagaimana disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara dalam dasar-dasar pendidikan. Maksud pendidikan itu adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

Salah satu langkah awal kita sebagai pendidik adalah bagaimana memaknai dan menghayati pribadi kita sebagai manusia yang merdeka untuk terus belajar.

Murid-murid kita kini memiliki cara belajar yang sungguh berbeda dengan kita dahulu, mereka sangat fasih dan teknologi. Menjadikan internet sebagai salah satu sumber belajar utama, mereka bisa dengan cepat mencari dan mengkonfirmasi pengetahuan dengan teknologi dalam genggaman, mereka bisa menjangkau pengetahuan sekalipun tanpa kita berikan.

Lantas Apa yang perlu kita selaraskan agar bisa menjadi pendidik yang relevan dengan konteks Zaman.

Murid-murid kita memang sudah jauh berbeda dengan kita, namun mereka tetap butuh kehadiran sosok pendidik.

Ki Hajar Dewantara pernah menyampaikan pendidik itu menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodak anak."

Mari kita refleksikan bersama Apa peran kita sebagai pendidik untuk dapat menuntun kekuatan kodrat dari murid-murid kita? Bagaimana kita bisa menjaga hidup dan tumbuhnya kekuatan kodak murid murid kita belajar?

Mari kita bersama terus belajar demi meraih tujuan pendidikan menjadi manusia merdeka yang kelak akan menuntun murid-murid kita menjadi manusia Merdeka.


Ringkasan

Ini membahas tentang pentingnya refleksi diri dalam memahami peran pendidik seperti yang diajarkan Ki Hajar Dewantara. Hal ini menekankan perlunya pembelajaran berkelanjutan dan pengembangan diri sebagai pendidik untuk membimbing siswa menjadi individu yang mandiri dan mandiri. Perubahan metode pembelajaran dan kemajuan teknologi juga diatasi, sehingga memberikan tantangan bagi pendidik untuk beradaptasi dan tetap relevan.


Highlight

👩‍🏫 Pendidik perlu terus belajar dan berkembang untuk membimbing siswa menjadi individu yang mandiri.

📚 Siswa memiliki metode pembelajaran dan akses terhadap teknologi yang berbeda-beda, sehingga memberikan tantangan bagi pendidik untuk beradaptasi dan tetap relevan.

👥 Peran pendidik adalah membimbing dan memupuk kekuatan yang melekat pada siswa untuk pertumbuhan pribadi mereka.

💼 Refleksi diri sangat penting bagi pendidik untuk memahami perannya sebagai pendidik dan terus meningkatkan diri.

📝 Pendidikan bertujuan untuk membimbing kekuatan bawaan siswa menuju pencapaian kesejahteraan pribadi dan masyarakat.


Sumber Informasi:

LU 1 - 1. Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik - YouTube

https://www.youtube.com/watch?v=nvLIc9O5C9c

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar