"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

7 Tips Memperbaiki Koneksi Internet Laptop Dan Komputer Windows

7 Tips Memperbaiki Koneksi Internet Laptop Dan Komputer Windows
Sangat kesal bukan dikala internet di laptop anda bermasalah dan ingin tahu cepat apa saja cara memperbaiki internet laptop anda. Ya, internet sudah menjadi hal yang wajib bagi sebagian orang. Bahkan banyak orang yang pekerjaannya tidak maksimal akibat tidak bisa menggunakan internet karena tidak mampu memperoleh cara mengerjakannya. Lalu, apa saja cara memperbaiki koneksi internet laptop dan komputer Windows?
Memperbaiki Koneksi Internet
Untuk itu, penulis memperlihatkan beberapa cara yang mampu anda coba supaya koneksi internet anda bisa berjalan kembali. Langsung saja, ini beliau cara memperbaiki koneksi internet laptop dan komputer Windows. Silahkan lakukan dari nomor 1 apalagi dulu, gres mencoba langkah berikutnya.

1. Apakah benar internet-mu tidak tanpa kendala?

Ketika anda mengakses situs tertentu dan tidak mampu, mampu saja situs tersebut yang gangguan. Yang paling kerap yakni dikala dimana situs tersebut disimpan, tempat tersebut terjadi mati listrik, sehingga anda tidak bisa mengaksesnya.

Untuk konfirmasi, silahkan anda coba membuka situs lain. Jika situs lain bisa anda akses, berarti benar bahwa situs awal yang ingin anda kunjungi sedang bermasalah dan persoalan tersebut bukan dari internet anda. Tetapi untuk membuktikan itu terlebih dahulu silahkan uji coba dlu apakah koneksi internetnya lambat atau tidak. anda bisa mengecek disitus ini https://fast.com/id/.
Dari informasi di atas dijelaskan bahwa jaringan yang saya pakai saat ini kecepatannya dibawah 1 MBps. Artinya kecepatannya sangat lambat. 

2. Restart perangkat

Restart Windows
Bahkan cara mudah mirip mengawali ulang laptop atau komputer anda bisa memperbaiki problem internet anda. Silahkan kerjakan restart komputer sekarang. Jika internet anda masih belum mampu, mungkin perangkat modem atau router anda juga perlu di-restart. Jika anda tidak restart modem atau router anda, silahkan tanya teman anda yang paham mengenai perangkat tersebut.

Cek juga dengan perangkat lain mirip ponsel pintar anda, apakah mengalami masalah internet yang sama. Jika sama, bisa saja masalahnya terdapat di perangkat internet atau pemasokinternet anda.

3. Mengecek kabel fisik internet

Konektor Rj45
Apakah anda memakai kabel ethernet untuk terkoneksi dengan internet? Hal ini lazimnya masih dikerjakan jikalau anda menggunakan komputer desktop. Pastikan kabel ethernet anda masih dalam keadaan baik dengan mengevaluasi apakah ada yang robek atau terputus. Mengganti kabel ethernet dengan yang lain juga menjadi kiat yang anggun.

Warna lampu dari router juga mesti anda perhatikan. Biasanya router yang berlangsung biasa akan berwarna hijau dan akan berkedip-kedip jikalau ada yang menggunakan. Jika terdapat warna lain seperti kuning atau merah, bisa saja ada yang error di router atau penyuplaiinternet anda.

4. Cek virus dan malware jahat yang lain

Virus dan malware jahat juga merupakan salah satu cara memperbaiki koneksi internet laptop dan komputer sebab perangkat lunak jahat mampu mengusik jaringan internet balasan menyingkir dari antivirus untuk melaksanakan update modern, sehingga malware jahat dapat berkeliaran bebas. Apalagi jikalau komputer anda tidak mempunyai antivirus, maka hal ini juga mengganggu acara komputer anda yang lain.

Penulis sarankan buat anda menggunakan komputer lain yang anda yakin tidak terjangkiti virus dan malware jahat untuk mengunduh atau download Malwarebyte. Aplikasi ini sangat ampuh menghapus virus dan malware jahat. Setelah anda unduh, silahkan pindahkan Malwarebyte ke komputer anda, kerjakan instalasi, dan secepatnya scan komputer anda. Setiap kali anda mengunduh Malwarebyte, anda senantiasa mendapatkan update modern.

5. Menggunakan Network Troubleshooter di Windows

Windows memiliki fitur untuk memperbaiki secara otomatis bila jaringan internet anda tidak berfungsi. Walaupun tidak 100% bisa memperbaiki internet anda, namun tidak ada salahnya untuk mencoba.
Tombol Troubleshoot Problems Untuk Jaringan Internet Windows

Klik kanan pada icon network pada taskbar anda dan klik “Troubleshoot problems” mirip gambar diatas. Lalu, ikuti langkah-langkah yang diberikan. Windows memperbaiki error-nya secara otomatis jikalau didapatkan. Mungkin anda diminta untuk restart komputer dan jika iya, restart saja agar internet anda mampu diperbaiki.

6. Mengecek alamat IP yang didapatkan komputer

Jika cara-cara sebelumnya telah anda coba, tetapi akhirnya tetap saja internet tidak dapat diakses, bisa saja IP yang diberikan ke komputer anda salah. Karena biasanya, alamat IP diberikan secara otomatis oleh router.
Mengecek Apakah Windows Mendapatkan Alamat Ip Otomatis
Untuk memutuskan bahwa komputer anda mendapatkan alamat IP secara otomatis, buka Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center. Kemudian klik nama jaringan internet yang anda pakai ketika ini. Kemudian, klik “Properties” dan pilih “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” dan klik lagi “Properties”. Pastikan pilihan “Obtain an IP Address automatically” dipilih. Lakukan juga untuk DNS Server mirip animasi diatas. Lakukan juga hal ini untuk “Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6)”.
Mengecek Alamat Ip Command Prompt

Sekarang, anda harus mengkonfirmasi apakah komputer telah menerima alamat IP yang benar atau tidak. Buka Command Prompt dan ketik “ipconfig” dan tekan enter. Jika pada “IPv4 Address” anda dimulai selain dari 169.x.x.x mirip gambar diatas, maka pengaturan alamat IP anda sudah benar. JIka tidak, jalankan 2 perintah dibawah ini:
ipconfig /release
ipconfig /renew
Dan kalau alamat IP anda masih dimulai dengan 169.x.x.x, bermakna komputer anda belum mendapatkan alamat IP yang benar. Jika anda menggunakan WiFi, silahkan gunakan kabel ethernet untuk terhubung dengan internet. Dan bila memiliki masalah juga, router anda mampu menjadi penyebab masalahnya. Mengganti router mampu jadi opsi yang paling baik saat ini.

7. Penyedia internet sedang mengalami gangguan

Jika anda sampai ke langkah ini, kemungkinan besar penyuplaiinternet anda yang ketika ini sedang berurusan. Memang tidak ada satupun pemasokinternet yang ada di Indonesia menjamin koneksi internet stabil selama 24 jam setiap harinya.

Anda bisa menelepon pemasokinternet anda dan meminta biar ada teknisi yang datang ke rumah atau kantor anda. Hal ini lazimnya tidak dikenakan biaya alasannya adalah gangguan ini berasal dari penyedianya sendiri dan bukan kesalahan anda.

Bagaimana menurut anda artikel 7 Langkah Praktis Cara Memperbaiki Koneksi Internet Laptop dan Komputer Windows?

Praktis-mudahan 7 langkah diatas mampu menolong anda memperbaiki koneksi internet anda. Lalu, apakah ada bab yang membuat anda resah? Seberapa sering anda terganggu balasan putusnya internet? Silahkan bagikan pengalaman anda di kotak komentar ya.
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar