"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

10 Langkah Belajar Microsoft Word Tercepat Untuk Semua (2019)


Aplikasi pengolah kata mirip Microsoft Word merupakan aplikasi yang paling terkenal. Walaupun ketika anda melamar pekerjaan, mengetahui Microsoft Word mungkin tidak menjadi keharusan, tetapi sangat penting sekali bagi kita untuk mempunyai kemampuan dasarnya. Dan di artikel ini, anda akan mempelajari langkah mencar ilmu Microsoft Word dengan cepat.









Artikel “10 Langkah Belajar Microsoft Word Tercepat Untuk Semua” tersedia dalam bentuk PDF. Silahkan anda dibawah ini. Anda tentu mampu membagikannya ke keluarga maupun sahabat-teman anda.









Hal-hal yang mampu anda buat dengan Microsoft Word





Bagi anda yang belum pernah memakai Microsoft Word, aplikasi ini dapat melakukan banyak hal. Karena Microsoft Word yaitu aplikasi pengolah kata, bermakna anda akan memiliki masalah dengan semua hal yang berupa kata, kalimat, dan paragraf.





Berikut beberapa hal yang bisa anda buat dengan Microsoft Word sebagai citra bagi kita untuk mempelajarinya:





  • Membuat dokumen jenis apapun seperti anjuran, makalah, dan bahkan dokumen skala besar seperti buku dan novel
  • Membuat akta
  • Membuat kartu ucapan, kartu nama, dan sejenisnya
  • Membuat brosur, pamflet, dan berbagai jenis media iklan dasar lainnya
  • Membuat absensi, surat, dan sejenisnya
  • Dan berbagai macam jenis media kertas yang lain




Apapun pekerjaan anda, kemungkinan besar anda diminta memakai atau mencar ilmu Microsoft Word sangatlah besar. Untuk itu, mari kita pelajari bareng dengan membaca postingan ini.





Persiapan





Berikut 2 hal yang perlu anda siapkan sebelum mulai belajar Microsoft Word.





1. Menginstall Microsoft Office 2016/2019/365





Penulis menggunakan Microsoft Office 365 selama menulis artikel ini dengan update yang paling gres. Sebagai anjuran , versi Office minimal yang mesti anda gunakan adalah Microsoft Office 2010 atau yang paling gres. Jika anda menggunakan Office 2007 atau Office 2003, terlalu banyak fitur yang tertinggal, sehingga sangat dianjurkan supaya anda menggunakan yang lebih gres.





Walau postingan dibuat dengan Office 2016/365, pasti anda bisa mengikutinya juga bila anda memakai Office 2007 sampai Office 2013. Office 2003 tidak disokong alasannya adalah perbedannya telah sungguh jauh.





2. Menggunakan satuan Centimeter





Dalam membuat dokumen, umumnya kita dihadapi dengan pengukuran. Microsoft Word secara default menggunakan inch. Di Indonesia, biasanya kita menggunakan Centimeter, sehingga perlu kita ubah terlebih dulu dan semoga sesuai dengan artikel berguru Microsoft Word kali ini.





Mengubah Satuan Ukuran Microsoft Word




Cara mengubahnya adalah klik File > Options > klik tab “Advanced” (1). Kemudian, arahkan ke bagian “Display” (2) dan pilih “Centimeter” pada “Show measurements in units of: ” (3). Klik OK bila telah.





Istilah-perumpamaan yang dipakai di postingan ini





Artikel ini akan dibuat dengan studi perkara, dimana kita akan sama-sama mencoba dari permulaan, sehingga bukan hanya penjelasan saja, melainkan juga dengan praktek. Oleh sebab itu, perlu kita pelajari bersama beberapa perumpamaan yang mau kita gunakan untuk mencar ilmu Microsoft Word:





  • Dokumen: Istilah yang mau kita pakai untuk apapun tulisan yang mau ada buat. Jika anda menciptakan akta, makalah, surat, atau apapun itu, kita akan sama-sama menyebutnya selaku dokumen.
  • Tab: Istilah yang kita pakai untuk merujuk ke tab/sajian di Microsoft Word. Ada 10 tab/menu seperti File, Home, Insert, Design, Layout, dan lain sebagainya.









Jika telah, yuk pribadi saja, ini beliau langkah mencar ilmu Microsoft Word dengan cepat.





1. Mengatur Page Setup dan Margin





Page Setup atau pengaturan halaman memungkinkan kita untuk menertibkan bagaimana bentuk halaman dimana kita akan menciptakan dokumen. Dalam mengaturnya, kita akan menggunakan satuan yang sebelumnya kita atur menjadi centimeter. Dalam mengatur ukuran halaman atau dokumen, ada perumpamaan yang dinamakan Margin, dimana kita bisa mengendalikan berapa jarak yang kita perlukan dari ujung halaman sampai isi dokumennya.





Margin Word




Kalau anda galau dengan margin, gambar diatas akan menghilangkan kebingungan anda. Margin bisa anda atur di 4 tempat. Margin atas (1), margin kiri (2), dan margin kanan (3), serta margin bawah seluruhnya bisa kita atur. Secara bawaan, margin-margin ini mempunyai ukuran sebesar 2,54 cm di setiap sisinya. Tergantung dari jenis dokumen yang anda buat, biasanya kita diminta untuk mengendalikan margin terlebih dulu sebelum kita mulai membuatnya.





Mengatur Margin Word




Untuk mengubah ukuran margin, klik tab “Layout” (1) dan klik icon kecil disamping tulisan “Page Setup” (2). Pada bab margin, silahkan pilih bab mana yang ingin anda ubah ukurannya. Sebagai acuan, penulis akan mengubah ukuran margin top/atas sebesar 5 cm (3). Selain margin, anda juga mampu menertibkan Orientasi, apakah memanjang/Portrait maupun melebar/Landscape (4). Jika sudah, klik OK.





Mengubah Jenis Kertas Word




Selain ukuran margin, kita juga mampu mengatur jenis kertasnya. Kita perlu mengontrol ini alasannya mesti di sesuaikan dikala anda ingin mencetak dokumen. Tentu anda bisa mengaturnya belakangan dan tidak perlu mesti diatur sekarang. Untuk menggantinya, klik tab “Paper” (1) dan silahkan anda pilih jenis kertasnya di “Paper Size” (2).





Pengembangan dan Latihan: Tidak semua jenis atau ukuran kertas tersedia di Word. Silahkan anda coba untuk menciptakan ukuran kertas baru, misalnya saja jenis kertas F4 dengan ukuran 21 cm x 33 cm.





2. Pengelolaan paragraf





Paragraf yaitu suatu blok yang berisi beberapa kalimat dan berfungsi untuk memperlihatkan jeda baca, sehingga semakin mudah orang membaca dokumen yang kita buat. Paragraf menjadi konsentrasi utama kita di langkah pertama ini karena kebanyakan dokumen yang akan kita buat seperti proposal dan terlebih buku, paragraf tidak akan lepas dari perhatian.





Ketika anda mulai mengetik, maka anda mengetik di paragraf pertama. Untuk menciptakan paragraf baru, cukup tekan enter di keyboard anda dan mulai mengetik untuk paragraf kedua.





Pengaturan Paragraf Word




Untuk menertibkan paragraf, klik sekali terlebih dulu paragraf yang ingin anda ubah. Kemudian, klik tab “Home” (1) dan klik icon kecil disamping kanan “Paragraph” (2). Anda mampu memilih alignment (3) untuk mengendalikan arah tulisan paragraf. Indentation (4) memiliki kegunaan untuk menawarkan jarak paragraf dari margin kiri dan kanan.Jika anda ingin menyertakan indent cuma di baris pertama saja, gunakan “First line” (5) dan anda mampu menertibkan berapa jarak indent-nya. Spacing (6) dipakai untuk mengontrol jarak sebelum/before paragraf dan sehabis/after paragraf. Klik OK bila sudah. Hasilnya telah penulis terapkan mirip gambar diatas.





Pengembangan dan Latihan: Silahkan anda lakukan lagi cara diatas, namun ubah hanya 2 paragraf saja. Anda perlu menyeleksinya terlebih dulu agar bisa melaksanakan hal ini.





3. Menggunakan Page Break





Ruang Kosong Membuat Halaman Baru Word




Penulis memakai paragraf yang dibuat secara otomatis untuk panduan ini. Cara menjadikannya di Word ialah ketik “=rand()” dan tekan enter di keyboard anda!





Microsoft Word secara otomatis membuat halaman baru saat halaman pertama anda tidak cukup menampung tulisan dokumen anda. Tapi kadang kala dikala kita menciptakan dokumen, anda ingin menciptakan halaman gres meskipun di halaman sebelumnya masih ada tempat menulis. Contoh paling mudahnya adalah saat anda membuat proposal, anda ingin menciptakan halaman gres namun halaman sebelumnya masih belum sarat .





Banyak sekali orang yang sudah usang menggunakan Microsoft Word tetapi belum mampu menciptakan halaman gres dengan cara yang benar. Banyak orang menekan tombol enter berulang kali jikalau masih tersisa jarak di halaman lama untuk membuat halaman gres. Hal ini yaitu cara yang salah.





Alasan cara tersebut salah yaitu akan sukar untuk menertibkan paragraf dikala anda ingin menyertakan goresan pena lagi di halaman tersebut. Tentu hasil enter berulang kali tersebut akan turun dan perihal paragraf-paragraf lainnya dibawah. Lalu, bagaimana menciptakan halaman gres yang benar?





Menggunakan Page Break Word




Seperti animasi diatas, cara yang benar yaitu dengan menekan tab “Insert”, kemudian klik bagian “Pages” dan klik “Page Break”. Dengan cara ini, anda tidak perlu khawatir dikala tiba-datang anda memperbesar tulisan di halaman sebelumnya. Word secara otomatis mengisi yang ruang kosong tanpa perlu goresan pena setelahnya terganggu.





Pengembangan dan Latihan: Coba gunakan “Blank Page” dan tulis balasan pertanyaan berikut: Apa perbedaan “Page Break” dengan “Blank Page”?





4. Header & Footer dan Page Number





Sebelumnya, kita sudah sama-sama berguru membuat margin untuk setiap sisi dokumen mulai dari atas, bawah, kiri, dan kanan. Nah, khusus untuk bab atas dan bawah, anda mampu mengisinya dengan suatu isu kalau anda menginginkannya. Biasanya kita memakai hal ini untuk nomor halaman contohnya. Bagaimana caranya?





Menggunakan Header Footer Word




Dengan menggunakan Header & Footer, anda mampu melakukan hal tersebut. Klik tab “Insert” (1) dan pilih antara header atau footer (2). Kemudian, pilih gaya yang anda kehendaki (3). Hasilnya bisa anda lihat mirip gambar diatas (4). Dengan menggunakan Header & Footer, penulis mampu menyertakan nomor halaman dengan mudah. Ketika anda membuat halaman baru, pasti nomor halaman juga tertulis secara otomatis. Selain Header & Footer, anda juga mampu klik “Page Number” untuk nomor halaman yang lebih sederhana tampilannya.





Pengembangan dan Latihan: Coba masukkan tanggal atau gambar di Header & Footer.





5. Menambahkan gambar dan tabel beserta caption





Gambar dan tabel sangat penting agar penampilan dokumen anda lebih menawan dan tidak membosankan karena banyaknya paragraf. Selain gambar dan tabel, kita juga bisa menunjukkan caption atau deskripsi singkat mengenainya. Caption lazimnya didahului dengan nomor terlebih dulu. Misalnya yakni “Gambar 1. Windowsku” dan seterusnya. Tentu saja saat anda menambah tabel atau gambar baru, nomornya akan bertambah secara otomatis.





a. Cara menyertakan gambar ke Microsoft Word





Menambahkan Gambar Ke Word




Caranya sangat gampang. Penulis biasanya tinggal klik dan geser gambar dari File Explorer ke Microsoft Word mirip animasi diatas. Atau, anda juga mampu mengklik tab “Insert” dan klik “Pictures” untuk memasukkan gambar.





b. Cara menambahkan tabel ke Microsoft Word





Cara Menambahkan Tabel Ke Word




Masih di tab “Insert” (1) dan klik saja “Table” (2) dan pilih ukuran yang cocok kemauan anda (3). Jika anda ingin membuat tabel yang lebih besar lagi, anda bisa klik “Insert Table…” dan anda bisa tentukan berapa jumlah baris dan kolomnya.





Cara Membuat Caption Tabel Word




Untuk caption, penulis akan memberikan contoh di tabel. Anda juga mampu melaksanakan cara yang serupa untuk gambar. Klik kanan saja pada icon 4 arah panah (langsung klik kanan pada gambar kalau anda ingin menyertakan caption untuk gambar) dan klik “Insert Caption…”. Berikan label baru bila anda tidak memperoleh yang tepat mirip animasi diatas dengan mengklik “New Label…”. Jika sudah, berikan nama label barunya dan klik OK. Klik OK sekali lagi untuk menyertakan caption.





Pengembangan dan Latihan: Secara bawaan, caption akan ditaruh di bawah gambar tabel. Coba ubah biar caption ditaruh di atas gambar atau tabel. Jangan cut & pasteitu yaitu cara yang salah!





6. Menggunakan Style dan menciptakan Daftar Isi otomatis





Hasil Akhir Tampilan Style Heading




Style di Microsoft Word ialah tempat penyimpanan pengaturan tertentu yang mampu anda terapkan di beberapa elemen di dokumen anda mirip paragraf, gambar, dan lain-lain. Style penulis anggap selaku fitur yang wajib anda terapkan, alasannya adalah akan menciptakan dokumen anda tampakkonsisten dan anda tidak perlu mengubah pengaturan yang serupa berulang-ulang.





Mengubah Pengaturan Style




Studi kasusnya mirip ini. Misalnya anda memiliki dokumen, dimana anda ingin membuat goresan pena “Bab I”. Biasanya, orang akan menciptakan ini secara manual dengan mengetiknya dan mengganti ukuran font agar terlihat besar. Dan hal ini terus berulang untuk “Bab II” dan berikutnya. Ini yakni cara yang salah!





Dengan Style, anda bisa membuat pengaturan tersebut terlebih dulu dan menyimpannya. Ketika diperlukan, anda tinggal sekali klik saja style tersebut dan unsur seperti paragraf eksklusif mengikuti style yang telah anda buat, begitu gampang dan nyaman bukan? Anda bisa mempelajari Style di Microsoft Word di artikel dibawah ini.









Karena pentingnya penggunaan style, penulis telah menciptakan artikelnya secara eksklusif yang mampu anda lihat diatas. Di artikel tersebut, anda bisa tahu bagaimana cara menggunakan style, menciptakan style gres, hingga membuat daftar isi otomatis dengan menggunakan style mirip gambar dibawah ini:





Hasil Daftar Isi Otomatis Microsoft Word




Pengembangan dan Latihan: Silahkan anda buat daftar gambar dan juga daftar tabel. Tentu hal ini juga otomatis. Caranya yakni klik tab “References” dan klik “Insert Table of Figures”.





7. Menambahkan Citation (Kutipan) dan Daftar Pustaka





Menurut KBBI, kutipan ialah pengambilalihan satu kalimat atau lebih dari karya goresan pena lain untuk tujuan gambaran atau memperkokoh argumen dalam tulisan sendiri. Di Word, anda mampu menambahkan kutipan serta menulis kutipan tersebut selaku daftar pustaka di halaman paling tamat dokumen.





Kutipan sangat penting sebab tanpa adanya sumber kutipan, karya anda mampu dituntut oleh pemilik dokumen yang anda referensikan. Lebih amannya lagi kalau anda meminta izin terhadap pemilik dokumen karena anda mengambil kutipan di dokumen mereka.





Menambahkan Sumber Referensi Microsoft Word




Caranya sungguh mudah untuk menambahkan sumber kutipan di Word. Klik dahulu tempat dimana kutipan akan disertakan (1), kemudian klik tab “References” (2) dan klik “Insert Citation” (3) > “Add New Sources…”. Isi informasinya seperti gambar diatas. Pada bab “Type of Source”, pastikan jenis tumpuan yang anda masukkan. Penulis disini menggunakan buku. Jika telah, klik OK.





Menambahkan Daftar Pustaka Word




Jika anda telah selesai menambahkan kutipan, kini saatnya menyertakan daftar pustaka dan seluruhnya mampu dibuat secara otomatis! Caranya yaitu klik tab “References” (1) dan klik “Bibliography” (2). Kemudian, pilih jenis daftar pustaka yang ingin anda gunakan. Hasilnya mampu anda lihat di kotak merah pada gambar diatas. Tentu anda mampu mengubahnya lagi sesuka hati anda nantinya bila dirasa belum cocok.





Cara menciptakan daftar pustaka telah penulis buat sebelumnya secara pribadi, namun untuk Office 2010 dan Office 2013. Jika anda ingin tau, ini dia postingan cara membuat daftar pustakanya.





Pengembangan dan Latihan: Pelajari bagaimana menambahkan catatan kaki untuk memperlihatkan deskripsi lebih lanjut perihal perumpamaan yang anda pilih. Petunjuknya mampu anda lihat dibawah ini. Pelajari juga apa berbedaan “Footnote” dengan “Endnote”.





Catatan Kaki Footnote Word




8. Menambahkan Cover Page





Tidak mau repot menciptakan cover halaman depan? Tenang saja, karena Microsoft Word dapat membuatnya secara otomatis. Bagaimana caranya?





Membuat Cover Page Word




Caranya adalah klik tab “Insert” (1) dan klik “Cover Page” (2). Pilih desain yang anda suka (3) dan penampilan cover-nya mampu anda lihat seperti gambar diatas. Langkah berikutnya, silahkan ganti judul atau subjudul dokumen anda.





Pengembangan dan Latihan: Hmm, penulis galau mau kasih latihan apa untuk cover depan alasannya adalah telah terlalu mudah πŸ˜€ . Mungkin coba anda pakai cover halaman depan yang Online dengan mengklik “More Cover Pages from Office.com”.





9. Menggunakan Themes (Tema)





Di dalam Microsoft Word, telah tersedia tema yang mampu anda pakai untuk memberikan desain yang berbeda untuk dokumen anda. Tentu anda bisa menyesuaikannya dengan style yang anda buat.





Menggunakan Tema Di Word




Caranya sungguh gampang. Klik tab “Design” (1) dan klik “Themes” (2). Pilih tema yang anda inginkan (3) dengan cara klik saja. Nanti tampilan dokumen anda berubah sesuai tema yang anda pilih mirip di kotak merah.





10. Menggunakan kotak pencarian untuk mencari tool yang akan anda gunakan dengan super cepat!





Banyak sekali orang yang akan menggunakan atau belajar Microsoft Word gundah untuk mengetahui menu atau tab mana yang harus kita klik untuk melakukan beberapa hal. Misal ketika anda ingin membuat dokumen dengan kolom yang terbagi dua. Kita bisa gundah bergotong-royong pengaturan kolom di Word ada di posisi mana.





Menggunakan Kolom Pencarian Untuk Mencari Fitur Word




Anda tidak perlu resah alasannya adalah Word dan bahkan di aplikasi Office yang lain mirip Excel dan PowerPoint mempunyai kotak pencarian yang bisa mencari fitur yang anda inginkan. Misalnya saja anda ingin menggunakan kolom di Word, cukup ketik “column” seperti animasi diatas dan Word akan menimbulkan fitur tersebut. Sehingga, anda tidak perlu mengenang letak tombol “column” lagi di Word. Perlu diamati bahwa fitur penelusuran ini cuma ada di Office 2016 atau pelanggan yang memakai Office 365 saja.





Gunakan tombol shortcut keyboard ALT + Q untuk mengakses kotak pencarian dengan cepat!





Pengembangan dan Latihan: Tidak ada, libur dahulu ya πŸ˜€





Bagaimana berdasarkan anda postingan Langkah Belajar Microsoft Word Tercepat Untuk Semua?





Penulis berharap di postingan mencar ilmu Microsoft Word kali ini, kita semua bisa menciptakan dokumen dengan cara paling cepat dan efektif, sehingga kita bisa ekonomis waktu. Bahkan masih banyak orang yang sudah lama menggunakan Word belum cepat dan efektif dalam menciptakan dokumen. Mudah-mudahan artikel ini mampu menolong bagi kita yang baru berguru dan bahkan untuk kita yang telah usang menggunakannya.





Artikel ini juga tersedia dalam model Google Docs. Sehingga seluruh tips atau cara yang ada di postingan ini, aku aplikasikan ke Google Docs. Silahkan kunjungi artikel langkah mencar ilmu Google Docs tercepat disini.





Jika anda terpesona dengan edisi belajar Microsoft Office yang lain, berikut beberapa yang sudah kami tulis:









Lalu, apakah anda mempunyai tips atau langkah lainnya dalam berguru Microsoft Word kali ini? Punya pertanyaan perihal postingan ini? Silahkan tulis di kotak komentar supaya tulisan anda bisa dilihat juga oleh pembaca yang lain.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar