Mau Sekolah Lagi Setelah Lulus, Bisa Tidak Ya?

Bahyudinnor.Com - Mau ke mana setelah lulus SMK? Kuliah, bekerja, atau berwirausaha? Ingin bekerja sambil kuliah atau kuliah sambil berwirausaha? Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mencapai cita-cita kamu. Semua itu bergantung kepada diri kamu masing-masing. Idealnya, setelah SMA/SMK/MA, dilanjutkan dengan kuliah, tetapi kalau tidak memungkinkan, bekerja adalah salah satu solusi agar seseorang memiliki kesiapan dari segi keuangan. Nah, kalau kalian bagaimana? Jalan mana yang mau diambil?

Semua jalan sama, hanya saja ada yang lebih panjang, lebih pendek, dan ada juga yang harus memutar. Namun, pastikan jalan mana pun yang kamu pilih, kamu mendapatkan hasil yang terbaik. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk fokus. Buatlah kerangka kerja (blueprint) dari rencana-rencana kamu secara mendetail dan lakukan dengan sebaik-baiknya agar semuanya dapat berjalan sesuai dengan kerangka kerja tersebut.

MELANJUTKAN KE SEKOLAH TINGGI

Sekolah adalah tempat kita memperoleh berbagai ilmu. Pembelajaran di sekolah membuka Cakrawala dan menuntun kita untuk mengenali bakat dan minat kita. Siapa sih yang enggak mau kuliah? Pasti semua orang bilang abis SMA, SMK, atau MA, mau melanjutkan kuliah sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Tapi kuliah itu kan enggak murah, baru masuk saja sudah harus menyiapkan sekian puluh juta, belum lagi biaya-biaya yang tak terduga, seperti sumbangan gedung, uang pendidikan, apalagi kalau nilainya di bawah rata-rata, wah ... tambah lagi biayanya tuh!

Suatu hal yang menguntungkan jika kamu termasuk siswa yang mendapat undangan dari universitas negeri yang disebut Program Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK). 

Tujuan dari penerimaan mahasiswa baru melalui program PMDK adalah:
  • Menjaring calon mahasiswa yang berkualitas.
  • Meningkatkan kerjasama dan pemerataan kesempatan pendidikan.

Khusus seleksi melalui program PMDK untuk program pendidikan sarjana (S1) terdapat 2 (dua) kategori yang dapat diikuti.

PMDK Reguler

Program ini diperuntukkan bagi siswa SMA/MA dan SMK sejenis yang memiliki nilai rapor yang tinggi.

PMDK Berprestasi

Program ini diperuntukkan bagi siswa SMA/MA dan SMK sejenis yang menjadi juara satu sampai tiga dalam kejuaraan/lomba/olimpiade di bidang sains, teknologi, serta seni lukis dan/atau seni rupa di tingkat nasional/internasional.

Nah, kamu bisa mencobanya! Sudah ada jalan bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti yang ditawarkan program di atas. Jika dilihat dari segi biaya pun pasti jauh lebih murah. "Terus bagaimana kalau saya enggak dapat PMDK dari universitas negeri tapi saya ingin kuliah lagi, sementara dana tidak mencukupi?"

Kamu bisa memilih kuliah sambil bekerja. Universitas-universitas negeri maupun swasta sudah mempunyai program khusus yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang bekerja.

Jika kamu merasa sulit menyisihkan dana untuk biaya kuliah, kam bisa mengambil pilihan untuk bekerja terlebih dulu, dengan begitu kamu bisa menabung untuk kuliah nanti. Di tahun berikutnya, kamu bisa mendaftar ke universitas yang kamu inginkan.

Kamu mungkin akan bertanya, "Wah, kalau kampusnya enggak favorit malu dong?" Ya, memang ada beberapa perusahaan yang lebih memilih satu atau beberapa universitas tertentu, sehingga kalau bukan lulusan dari universitas itu, perusahaan tersebut tidak mau menerimanya.
===========================================================

" Kuliah itu bukanlah jaminan bahwa seseorang akan mendapatkan pekerjaaan yang sesuai dengan bidangnya. Ada orang yang profesinya menjadi guru, padahal dulu kuliahnya jurusan manajemen, kemudian ada juga yang jadi bankir, padahal dulunya kuliah di fakultas teknik, dan banyak lagi contoh-contoh lainnya, Ini terjadi karena kesempatan yang mereka peroleh untuk bekerja saat itu ada pada bidang-bidang tersebut.
"Melanjutkan ke pendidikan tinggi seharusnya tidak sekadar menuntut ilmu secara formal. Aktif dalam kegiatan organisasi kampus sangat membantu untuk mengasah bakat dan minat serta menambah wawasan atau bisa juga bidang pekerjaan itulah minat mereka sebenarnya."

===========================================================
Kamu tidak perlu khawatir berkuliah di kampus tidak favorit. Jika kamu bersungguh-sungguh menekuni ilmu yang kamu dalami, kemudian menjadi ahli di bidang itu, maka kamu akan menjadi orang yang dibutuhkan dalam bidang tersebut. Apalagi jika kamu memiliki kreativitas yang mampu menciptakan sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi banyak orang. Karnu bisa nenciptakan lapangan kerja sendiri atau jika diterima di sebuah perusahaan kamu akan diberi kepercayaan lebih.

Tujuan dari kuliah itu bukan hanya untuk bekerja, kalau tujuannya hanya untuk bekerja, kenapa harus kuliah? Banyak contoh di dunia kerja yang menunjukkan bahwa itu keliru. Contohnya, ada pemilik perusahaan yang cuma lulusan SMP, tetapi semua karyawannya lulusan universitas. Kamu mungkin berpikir seharusnya yang menjadi atasan/pemilik perusahaan adalah mereka yang sudah mati-matian kuliah karena telah mengeluarkan biaya yang enggak sedikit. Sebenarnya, tujuan dari kuliah adalah membentuk karakter seorang mahasiswa agar lebih berwawasan luas, memiliki pandangan positif tentang hidup, dan memiliki pola pikir yang bisabmelihat jauh ke depan.

Para pemimpin perusahaan yang memiliki tingkat pendidikan di bawah karyawannya, mereka bisa mencapai kesuksesan itu bukan dengan cara instan, tetapi mereka sudah melewati masa-masa yang penuh dengan kesulitan, perjuangan, dan air mata, Itu semua adalah hal-hal yang tak pernah terbayangkan oleh karyawan mereka. Para karyawannini mungkin belum melewati masa-masa ketika pemimpin perusahaan mereka telah mengalami situasi sulit bertahan hidup dan berjuang.
===========================================================

TIPS

  1. Memilih Sekolah Lanjutan
  2. Tentukan jurusan yang benar-benar diinginkan.
  3. Cari informasi tentang sekolah lanjutan yang terbaik di jurusan tersebut.
  4. Buat catatan atau analisis tentang kelebihan dan kekurangan dari sekolah lanjutan tersebut (dari sisi biaya, jarak, program, fasilitas, dan prestasi).
  5. Pertimbangkanlah sekolah lanjutan yang akan kamu pilih bersama orangtua dan guru pembimbing.
  6. Pilih sekolah yang terbaik untukmu.

===========================================================

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via Email:

0 Response to "Mau Sekolah Lagi Setelah Lulus, Bisa Tidak Ya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel