"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Pengertian Animasi Komputer, Sejarah Animasi, Prinsip Kerja, Teknik dan metode Serta Jenis Animasi Komputer

PENGERTIAN ANIMASI KOMPUTER

Animasi komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak dengan sendiri lewat penggunaan komputer dan ialah sebagian bidang komputer grafik dan animasi. Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan dengan memakai komputer. Dari pengerjaan abjad, mengatur gerakkan “pemain” dan kamera, sumbangan suara, serta special effeknya seluruhnya di kerjakan dengan komputer. Animasi kian banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3D, meskipun grafik komputer 2D masih banyak ada .

Dengan animasi komputer, hal-hal yang mulanya tidak mungkin digambarkan dengan animasi menjadi mungkin dan lebih mudah. Sebagai teladan perjalanan wahana ruang angkasa ke suatu planet dapat digambarkan secara terang, atau proses terjadinya tsunami.

SEJARAH ANIMASI KOMPUTER 
Dimulai semenjak tahun 1964, permulaan pertumbuhan animasi 3D dimulai saat Ivan Sutherland dari Massachussets Institute of Technology berhasil menyebarkan suatu acara bernama Sketchpad yang mampu menggambar sinar-sinar garis eksklusif pada cahoda ray tube (CRT). Hasilnya yaitu suatu obyek yang sederhana dan primitif, kubus dengan garis-garis, kalangan gambar geometris yang sungguh sederhana tetapi bisa membuka pandangan manusia wacana penggunaan computer graphic. Gejolak dari computer graphic studio mulai terlihat semenjak New York Institute of Technology (NYIT) memulai rencananya untuk membuat computer animated feature film pada tahun 1970.
Kemudian pada tahun 1978, George Lucas merekrut Catmul dari NYIT umtuk menciptakan Lucas Film Computer Development Divison, dan mengadakan riset perihal pengaplikasian teknologi digital kepada feature film, Dilanjutkan dengan pengerjaan flying logo dan broadcast graphic oleh studio-studio computer graphic untuk beberapa perusahaan dan program televisi ternama mirip National Football League, The NBC dan ABC World News Tonight.
Beberapa acuan film animasi yang menggunakan komputer animasi ini mirip Beast Ware, The Simpson, Toy Story, Final Fantasy-Spirit Within, Matrix (revolution), Bug’s Life, Vaggie Tales, Monster Ink, dan Shrek

PRINSIP KERJA ANIMASI KOMPUTER

Prinsip/Cara kerja animasi computer mulai dari :
Pra-produksi (Konsep, Skenario, Pembentukan abjad, Storyboard, Dubbing awal, Musik dan sound FX),
Produksi (Lay out, Key motion, In Between, Background, Scanning, Coloring).
Post-produksi (Compo­site, Editing, Rendering, Pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan yang lain) Dikerjakan/digarap seorang animator dengan banyak bantuan komputer, teknik cell animasi diadopsi dalam animasi komputer, kertas gambar dalam pembuatan sebelumnya di acara menjadi frame komputer, jadi yang semula kumpulan gambar menjadi kumpulan frame dan dibuat di dalam satu layer atau beberapa layer. 

Perbedaan animasi tradisional dan animasi komputer :
  1. animasi tradisional ialah sejenis teknik animasi yang pengerjaan gambarnya dilukis/digambar dengan tangan. Teknik ini ialah bentuk animasi yang paling kerap dipakai sebelum adanya animasi computer. 
  2. animasi computer seni menciptakan gambar bergerak lewat penggunaan komputer dan dengan menggunakan perlindungan software – software (tools) yang sudah ada. khususnya software atau aplikasi dalam bidang komputer grafik dan animasi. Contoh software : Adobe Flash, Macromedia Flash, Ulead GIF Animator 5, dan lain-lain.  
Makara , perbedaan keduanya sudah terperinci tampakpada proses pengerjaan gambar dan pergerakan animasinya, ialah : 
  • untuk animasi tradisional proses pengerjaan gambar dilakukan secara manual atau dengan tangan dan untuk proses pergerakkannya memakai banyak frame jadi setiap satu animasi memerlukan sekitar 20 frame dan dibutuhkan waktu serta tenaga yang besar untuk menciptakan suatu animasi yang lengkap. Animasi ini dibentuk dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-”putar” sehingga muncul efek gambar bergerak. Gambar pertama dipaparkan pada screne. Kemudian gambar kedua yang mungkin lebih kecil atau berukuran sama dengan gambar pertama ditumpuk pada gambar pertama. Proses ini diulang beberapa kali, setiap kali gambar yang gres menawarkan sedikit pergeseran. Sekiranya proses ini diulang-ulang, ia tampaknya mirip bergerak. 
  • sedangkan animasi komputer proses pembuatan gambar dan proses pergerakkan animasinya dibantu dengan komputer dan software-software khusus untuk pengerjaan animasi jadi tidak terlalu sukar dan tidak menyantap banyak waktu. 

TEKNIK PEMBUATAN ANIMASI KOMPUTER
  1. Multi-Sketching merupakan denah gambar tangan memakai perlengkapan Tablet PC atau Digitalizer Tablet mirip Wacom yang dicapture langsung menjadi video. Pertama kali dikenalkan oleh Renat Zarbailov yang mengkomninasikan dua software aplikasi ialah software sketsa dengan software screen capture. 
  2. Skeletal animation yaitu sebuah teknik dalam animasi komputer, khususnya animasi yang melibatkan struktur pergerakan susunan tulang, dimana abjad dibagi menjadi 2 bab yaitu representasi permukaan dipakai untuk menggambarkan huruf (lazimdisebut skin/kulit/wajah) dan susunan tulang digunakan cuma untuk meng-animasikan. Teknik ini digunakan untuk menciptakan/mendesain strukur pertulangan, dimana setiap unsur tulang mempunyai 3 dimensi transformasi yaitu posisi, skala dan orientasi dan suatu pilihan/opsi untuk tulang yang berhubungan dengannya. Aplikasi teknik ini sering dipakai oleh programer game komputer dan industri film juga untuk diaplikasikan pada obyek-obyek mekanik. Misalnya untuk menciptakan animasi robot atau monster. 
  3. Morph sasaran animation atau per-vertex animation ialah sebuah sistem dari 3D animasi komputer yang kadang-kadang digunakan selaku pengganti/alternatif dari teknik sekeletal animation. Morph sasaran animation tersimpan sebagai suatu seri posisi vertex. Pada setiap keyframe animasi vertex-vertex tersebut bergerak sesuai dengan posisi yang berlawanan sesuai target pergeseran pergerakannya. Animasi morph ini digunakan contohnya untuk menciptakan mimik paras /lisan, atau pergantian wujud dan lain sebagainya. 
  4. Cel-shaded animation sering disebut juga Cel-Shading, Cell Shading atau Toon Shading yaitu suatu tipe dari non photorealistic rendering yang didesain untuk menciptakan grafik yang dibentuk dari komputer terlihat mirip digambar oleh tangan. 
  5. Onion skinning ialah sebuah teknik dari 2D komputer grafis untuk menciptakan animasi kartun dan mengedit movie untuk menyaksikan beberapa frame dalam satu penampilan. Dalam hal ini animator mampu menetapkan untuk menciptakan atau merubah suatu gambar berdasarkan gambar sebelumnya. Pada animasi kartun tradisional setiap frame dalam movie gambar sebelumnya dapat dilihat melalui meja gambar yang diberikan penerangan dibawahnya. Menjadi tugas seorang Inbetweeners yang meneruskan gambar sebelum dan setelah key animasi. 
  6. Analog computer animation berhubungan dengan Scanimate, ialah suatu nama untuk metode animasi komputer analog yang dikembangkan pada antara akhir tahun 1960 an sampai awal 1980 an. Pengertian lain Scanimate yaitu sistem komputer analog yang dibuat oleh Computer Image Coorporation di Denver, Colorado pada tamat tahun 60an dan permulaan 70an dengan produksi cuma delapan mesin. Sistem scanimate digunakan untuk memproduksi video berbasis animasi untuk televisi pada tahun 1970 an hingga tahun 1980 an untuk program commercial/iklan, penawaran spesial, dan show opening.

METODE YANG DIGUNAKAN DALAM MEMBUAT ANIMASI KOMPUTER
Metode yang digunakan dalam menciptakan animasi komputer yaitu 
  1. Manual.
    Metode ini mengandalkan kemampuan animator secara penuh. seluruh gerakan dibentuk dengan insting dan skill animator.Biasanya digunakan untuk jenis animasi bergaya kartun, seperti cars, nemo, toy story, dan yang lain. sebab sifat gerak dari huruf yang ada disitu yakni hasil rekaan insan. dan tentu sudah di lebih-lebihkan (juga prinsip animasi yang lain) 
  2. Motion Capture
    Adalah tata cara animasi yang memakai santunan gerak karakter aslinya dan dipindahkan geraknya dengan alat motion capture, lalu di aplikasikan ke objek digital kita. Teknik ini pasti akan menciptakan gerakan yang serupa dengan aslinya. misalnya pada film Avatar, Final Fantasy, Polar Express, Beowulf, dan beberapa film dengan Istimewa efek, mirip Lord of the ring, Last samurai (animasi kuda) 
  3. Dynamic simulation
    Metode ini memakai penghitungan secara fisika pada objek yang hendak di animasikan. lalu disimulasikan secara realtime. terdapat bebebrapa penghitungan sebelum objek di animasikan, contohnya berat/massa benda, gaya gravitasi, benturan, kekuatan angin dan lain sebagainya. pola animasi yang menggunakan metode ini: animasi bola jatuh, kain, percikan air, benda hancur, rambut dll 
  4. Particle
    Adalah sekumpulan objek yang dapat di animasikan secara bersama-sama membentuk sebuah contoh. misalnya asap, daun berguguran, api, hujan, salju, segerombolan burung, dan sebagainya.

TIPE DAN JENIS ANIMASI KOMPUTER
Tipe animasi komputer dibedakan menjadi dua yakni: 
  1. Animasi 2D (2 Dimensi)
    Animasi 2D lazimjuga disebut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Dan film kartun itu kebanyakan film yang lucu. Kartun zaman kini menggunakan teknologi animasi komputer. Contoh-contoh dari animasi ini ialah Doraemon,Shin Chan dan lain lain. 
  2. Animasi 3D (3 Dimensi)
    Perkembangan teknologi dan komputer menciptakan teknik pengerjaan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D ialah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan kian hidup dan faktual, mendekati wujud manusia aslinya. Semenjak Toy Story bikinan Disney (Pixar Studio), maka berlomba¬lombalah studio film dunia memproduksi film sejenis. Bermunculanlah, Bugs Life, AntZ, Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc., hingga Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars, Valian. Kesemuanya itu umumjuga disebut dengan animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery).
Jenis Animasi Komputer Meliputi : 
  1. Komputer Assist
    Beberapa contoh pertama dari animasi komputer komersial secara tradisional memakai tunjangan komputer. Hal ini mampu dalam bentuk komputer yang memproduksi " mediator" atau gambar yang menghubungkan dua inputan yang serupa oleh seniman (sehingga memungkinkan seniman untuk menggambar karakter lebih sedikit). Komputer animasi pembantu pertama kali digunakan dalam sebuah film animasi di "The Mouse Detective Besar" Disney pada tahun 1986. Sebuah adegan dalam film berjalan didalam jam, dan roda gigi mekanik kompleks betul-betul diberikan dalam komputer sebagai kawat-frame grafis sebelum dipindahkan ke sel, di mana mereka bersatu dengan unsur-komponen lain dari TKP. Teknik yang serupa dipakai oleh Disney dalam film lalu seperti "Beauty and the Beast" (1991), "Pocahontas" (1995) dan "Tarzan" (1999) .
  2. Gerak Kontrol dan Script
    Animasi komputer yang paling terbaru menggunakan metode kendali gerak yang dipakai oleh animator untuk memanipulasi pengerjaan sebuah objek, dan kemudian memindahkan obyek telah yang melalui serangkaian pose. Metode ini menciptakan gerakan yang akan menghasilkan gambar gerakan akhir. Animasi gerak kontrol pertama dilaksanakan dengan sistem scripting mirip ASAS (Aktor Script Sistem Animasi). Dalam skenario ini, animator ialah seorang programmer komputer yang menulis kode dalam bahasa komputer untuk menghasilkan sebuah objek dan menawarkan gerakan obyek itu. Sebagai animasi komputer berkembang, tata cara yang lebih interaktif dikembangkan untuk memungkinkan animator untuk berinteraksi dengan gambar dan benda-benda lewat antarmuka yang lebih abstrak. Kode kini ditulis secara otomatis, berdasarkan masukan yang animator membuat memakai antarmuka visual dan memanipulasi subjek dengan mouse, keyboard atau perangkat input yang lain. 
  3. CGI Compositing
    Animasi komputer juga dipakai di tempat teknik yang lebih bau tanah dari film animasi. Sejak adanya bioskop, bagian-unsur animasi sudah disertakan kedalam gambar difoto. Unsur-bagian lain, seperti model atau latar belakang dicat, juga digunakan dan harus susah payah dipasangkan dengan rekaman live-action. Ini melibatkan proses optik panjang di mana aneka macam elemen yang kembali difoto berulang kali agar mampu composited bersama menjadi satu gambar. Karena kompleksitas proses, imbas khusus yang mahal dan jarang dipakai dalam jumlah banyak oleh semua tapi film yang paling tinggi didanai. Komputer gambaran yang dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan pembuat film untuk menggunakan layar biru atau hijau untuk menentukan bagian dari film yang nantinya dapat dengan gampang dihilangkan dengan komputer dan diganti dengan gambar dari sumber lain, baik foto atau sepotong adegan animasi. Komputer compositing animasi bahkan berfungsi di banyak konsumen tingkat acara video editing. 
  4. Motion Capture
    Motion capture yakni jenis animasi komputer yang telah mendapatkan banyak minat dalam bertahun-tahun terakhir. Motion capture ini bergantung pada sensor kecil yang ditempatkan pada aksara di banyak sekali titik di sekitar badan mereka. Para pemain drama melakukan dan gerakan mereka ditangkap oleh kamera yang dapat menemukan sensor dan melacak gerakan mereka. Gerakan ini lalu dapat ditransfer ke komputer-tokoh yang dirancang akan bergerak dengan cara yang persis sama mirip pemain drama lakukan. Motion capture sungguh signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara sistem tradisional pengerjaan film dan teknologi gres. Beberapa acuan dari motion capture tergolong, Gollum di film "Lord of the Rings", 
  5. Animasi Flash
    Salah satu jenis final animasi komputer yakni Flash animasi. Animasi Flash merupakan salah satu nama untuk acara Flash dari Adobe yang sudah mereka buatan, walaupun ketika ini ada program lain yang juga memungkinkan animator untuk membuat "flash" animasi. Walaupun keterbatasan dalam hal gerakan dan gaya, namun Flash lebih murah untuk memproduksi ,alasannya itu sekarang flash makin meningkat popularitasnya. Animasi Flash sering digunakan dalam iklan dan lazim selaku konten video di situs Web.

PERKEMBANGAN ANIMASI KOMPUTER 

Perkembangan animasi seiring dengan pertumbuhan dunia pertelevisian. Pada awalnya diciptakanlah animasi berbasis dua dimensi (2D Animation). Yakni objek yang dianimasi mempunyai ukuran panjang (x-axis) dan lebar (y-axis) saja. Realisasi aktual dari perkembangan animasi dua dimensi yang cukup revolusioner berupa dibuatnya film-film kartun. Seven Dwarfs (1937) dan Fantasia (1940) dari Walt Disney yakni karya-karya film kartun yang melegenda sampai kini. Bahkan beberapa tokoh-tokoh kartun produksi Walt Disney lainnya masih dapat bertahan dan populer hingga dikala ini mekipun pengerjaan film-film tersebut dilakukan nyaris 500 tahun yang kemudian.  
Kalau dibandingkan, sedikit sekali tokoh-tokoh film layar lebar yang bisa bertahan sekian lamanya. Pembuatan animasi film kartun itu sendiri pada mulanya dijalankan dengan menciptakan denah gambar yang digerakkan satu demi satu. Untuk membuat satu durasi animasi memerlukan jumlah gambar yang cukup banyak. Sejak ditemukannya teknik animasi sel, maka pembuatannya menjadi lebih mudah. Kertas gambar yang biasa dipergunakan diganti dengan kertas transparan yang yang dibuat dari materi celluloid sheet. Teknik animasi sel inilah yang kemudian diadopsi dalam animasi komputer. 
Kertas gambar dalam pengerjaan animasi sebelumnya kemudian diprogram menjadi frame di komputer. Sehingga yang semula berupa kumpulan gambar-gambar maka di komputer hal tersebut sudah ialah kumpulan dari frame-frame yang tersusun dalam suatu alur waktu. Adanya pergeseran pergerakan suatu objek yang dianimasi oleh komputer mampu dibuat menjadi suatu keyframe. Sehingga menjadi jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan animasi yang dilakukan manual. 
Di tahun-tahun mendatang, dunia animasi diprediksikan akan lebih gemerlap lagi. Sebagai contoh dengan dirilisnya software eye matic face station. Dengan pemberian software animasi berbasis 3D ini maka sutradara tidak perlu lagi menghadirkan seorang aktris atau aktor yang bayarannya mahal dalam pembuatan film. Cukup dengan mempunyai foto tampak samping dan terlihat depan maka tampang artis tadi dapat dimodel seperti dengan aslinya, dalam bentuk tiga dimensi tentunya. Dengan program combustion yang merupakan plug in software 3D Studio Max maka pengerjaan efek transisi yang dipergunakan dalam perubahan antarsekuel film di satu segi menjadi lebih mudah dan lebih menawan. Sehingga semakin luas pula lahan pekerjaan yang disediakan dan menjadi tantangan bagi komunitas animator Indonesia.

KEGUNAAN ANIMASI KOMPUTER 

Kegunaan dari animasi komputer pada masa ini sungguh banyak. Animasi komputer mendukung dalam kemajuan banyak industri, tidak menentu cuma pada bidang acara komputer atau siaran televisi saja tetapi pada hampir seluruh bidang sepertipengaplikasian pada bidang pendidikan, rekayasa, bikinan film, simulasi penerbangan, forensik, medis, militer, visual bercorak ilmiah, simulasi, penjelajahan ruang angkasa , dan bikinan video. Setelah kesesuaian diadaptasikan ke dalam berbagai bidang, maka tidak mustahil peggunaannya akan diperluas lagi dalam bidang-bidang yang baru. 
Dibidang pertelevisianlah animasi komputer paling banyak dipakai. Animasi komputer dibentuk untuk periklanan dalam televisi, atau selaku program animasi sehari-hari. Namun dibidang pendidikan, penggunaan animasi komputer juga tidak kalah digunakan, animasi komputer digunakan untuk perkembangan dalam pendidikan dengan memakai tata cara audio visual, selain itu dengan menggunakan animasi komputer yang banyak disenangi bawah umur ini, menciptakan proses berguru jauh lebih menawan dan lebih gampang dipahami.
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar