"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

1 Mil Berapa Km? Berikut Adalah Pemahaman Dan Konversi Satuan Mil Ke Kilometer

1 Mil Berapa Km? berikut adalah pemahaman dan Konversi Satuan Mil Ke Kilometer –  Halo sahabat, pada peluang kali ini kami akan menjajal untuk membahas perihal konversi ukuran satuan panjang dari Mil ke Kilometer, disini akan kami jelaskan secara jelas mengenai satuan Mil ke Km. Untuk itu silahkan sobat simak klarifikasi lebih lengkapnya yang ada dibawah ini.

 1 Mil Berapa Km

 berikut adalah pengertian dan Konversi Satuan Mil Ke Kilometer 1 Mil Berapa Km? berikut adalah pengertian dan Konversi Satuan Mil Ke Kilometer

Sebelum kita membahas lebih jauh perihal satuan Mil ini maka secara umum Panjang dalam Sistem Internasional (SI) adalah meter, sedangkan pada tata cara cgs yaitu (centimetre gram second) atau di sebut dengan cm (dibaca sentimeter). Sedangkan pada ilmu fisika dan teknik, kata “panjang” ini sering sekali dipakai secara padanan kata dengan kata “jarak”, dengan memakai simbol “l” (karakter kecil) atau “L” (adapun singkatan dari bahasa Inggris yakni Length).

Mil

Adapun untuk mil atau mile (bahasa inggris) ialah istilah satuan untuk pengukuran unit yang sering digunakan oleh bangsa eropa adalah negara Amerika. Jadi, 1 mil sama dengan 1,609 km (koma itu artinya yakni nilai desimal dan bukan ribuan ya) atau 5280 kaki (feet) atau 1760 (yard), dan untuk standarisasi yaitu 1609,344 meter (koma yang mempunyai arti nilai desimal).

Km (kilometer)

Sedangkan untuk Km atau umumdi singkat KM atau kilometer (ejaan Amerika) atau kilometre (ejaan dari SI) adalah sebutan sebuah nilai ukuran satuan panjang dalam sistem metrik. Kaprikornus, 1 km sama dengan 1000 meter atau (kilo awalan dalam SI untuk 1000). Adapun untuk kini satuan pengukuran ini digunakan secara resmi yang dipakai untuk menyatakan jarak antara kawasan-kawasan geografis tanah yang ada di beberapa bagian dunia, terkecuali pada negara Amerika Serikat dan jaringan jalan dari wilayah Inggris di mana negara itu sering memakai unit resmi yang lain.

1 Mil Berapa Km?

Mil dan kilometer ialah suatu ukuran satuan panjang. Adapun Mil ini berasal dari bahasa frasa Latin mille passus yang artinya “seribu langkah”, dimana ini yang memperlihatkan pada eksistensi jarak yang ditempuh oleh para prajurit Romawi antik saat meninggalkan jejak kaki 1.000 kali pada waktu dalam perjalanannya.

Satuan Mil ini kebanyakan dipakai dalam menyatakan sebuah ukuran jarak pada sebuah kawasan Geografis. Di negara indonesia sendiri untuk satuan kilometer (km) malahan lebih sering dipakai dibandingkan dengan satuan mil ini. Namun alangkah baiknya bila kita juga mengetahui perihal konversi dari satuan ini.

1 Mil = 1,60934 Km


Diagram Konversi Mil ke Km

MILKILOMETER

1 mil1,609 km

2 mil3,218 km

3 mil4,827 km

4 mil6,436 km

5 mil8,045 km

6 mil9,654 km

7 mil11,263 km

8 mil12,872 km

9 mil14,481 km

10 mil16,090 km


Contoh Soal Satuan Mil Ke Km


Contoh Soal 1

Telah dikenali untuk panjang sungai Nil yakni 2,5 mil. Jika panjang tersebut dinyatakan pada satuan kilometer, maka berapakah panjang sungai Nil tersebut?

Jawab:

Diketahui 1 mil = 1,609 km, maka:

2,5 mil = 2,5 x 1,609 km

2,5 mil = 4,0225 km

Jadi untuk panjang sungai Nil tersebut yakni 4,0225 km.


Contoh Soal 2

Sebuah kendaraan kendaraan beroda empat merek Honda Jaz menempuh jarak 50 mil dengan abad waktu sekitar satu jam. Tentukan berapakah jarak yang sudah ditempuh kendaraan kendaraan beroda empat Honda Jaz tersebut dalam model satuan kilometer!

Jawab:

Diketahui suatu kendaraan mobil Honda Jaz menempuh jarak 50 mil.

Kaprikornus, 50 mil = 50 x 1,609 km = 80,45 km

Makara, jarak yang telah ditempuh oleh kendaraan mobil Honda Jaz tersebut jika dinyatakan dalam satuan kilometer maka ialah, 80,45 km.


Contoh Soal 3

Sebuah kendaraan sepeda motor Jupiter Z menempuh jarak 30 mil dengan kala waktu sekitar satu jam. Tentukan berapakah jarak yang sudah ditempuh kendaraan sepeda motor Jupiter Z dalam suatu satuan kilometer!

Jawab:

Diketahui untuk sebuah kendaraan sepeda motor Jupiter Z menempuh jarak 30 mil.

Jadi, 30 mil = 30 x 1,609 km = 48,27 km

Kaprikornus, jarak yang sudah ditempuh kendaraan sepeda motor Jupiter Z tersebut jikalau dinyatakan dalam satuan kilometer maka adalah 48,27 km.


Contoh Soal 4

Sebuah bus antar provinsi sudah menempuh dengan jarak sebanyak 30 mil. Jika dinyatakan pada satuan kilometer, maka berapakah jarak yang sudah ditempuh oleh bus antar provinsi tersebut:

Jawab:

Diketahui 1 mil = 1,609 km, maka:

30 mil = 30 x 1,609 km

30 mil = 48,27 km

Maka, jarak yang ditempuh oleh bus antar provinsi tersebut adalah 48, 27 kilometer.


Baca Juga: 1 Liter berapa ml, berikut ulasan selengkapnya!


Penutup

Nah, demikian untuk pembahasan perihal konversi satuan, 1 Mil berapa kilometer (Km), pemahaman dari Mil dan Km, serta diagram konversi dan juga beberapa pola soal satuan Mil ke Km. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat berfaedah dan mampu memperbesar pengetahuan teman semua yang sudah membaca artikel ini. Terima kasih dan hingga jumpa pada pembahasan yang yang lain.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar