Modul 2.4 Memahami Jenis-Jenis Pertanyaan dalam Pembuatan Soal Interaktif di iSpring Quizmaker 10

Pada iSpring QuizMaker 10 ada terdapat 14 jenis pertanyaan yang bisa kita gunakan sesuai keperluan
BAHYUDINNOR.COM Pada iSpring QuizMaker yang terdapat dalam paket iSpring Suite 10, pertanyaan yang dapat dimasukkan ke dalam kuis terdiri atas 14 jenis yang bisa kita gunakan, yaitu seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.
Jenis pertanyaan iSpring QuizMaker pada iSpring Suite 10
Jenis-jenis Pertanyaan
1. Multiple Choice (pilihan ganda)
adalah pertanyaan yang menuntut siswa atau pengguna kuis untuk memilih salah satu jawaban benar dari sejumlah opsi pilihan jawaban yang tersedia. Contoh pertanyaan pilihan ganda telah dibahas sebelumnya.
Contoh pertanyaan Multiple Choice
2. Multiple Response
adalah pertanyaan yang menuntut siswa atau pengguna kuis untuk memilih semua jawaban benar (bisa lebih dari satu) dari sejumlah opsi pilihan jawaban yang tersedia. Berikut ini adalah contoh pertanyaan.
Bentuk pertanyaan Multiple Response
Contoh pertanyaan Multiple Response
Kunci jawaban atau jawaban benar dari pertanyaan Multiple Response dapat diatur dengan cara klik checkbox pada kolom Correct.

3. True False
adalah soal yang menuntut siswa atau pengguna kuis untuk memberikan respons benar atau salah dari suatu pernyataan. Berikut ini adalah contoh soal True/False.
Contoh soal True/False
Contoh soal True/False
Kunci jawaban atau jawaban benar dari pertanyaan Multiple Response dapat diatur dengan cara klik checkbox pada kolom Correct.

4. Short Answer
adalah soal yang menuntut siswa atau pengguna kuis untuk memberikan jawaban secara singkat pada kotak yang disediakan. Alternatif jawaban dari soal. Short Answer dapat diatur dan diketikkan pada panel Acceptable Answers. Berikut in adalah contoh soal Short Answer.
Contoh soal Short Answer
Contoh soal Short Answer
5. Numeric
adalah soal yang menuntut siswa atau pengguna kuis untuk memberikan jawaban berupa angka pada kotak yang disediakan. Kunci jawaban dari soal Short Answer dapat diatur dan diketikkan pada panel Acceptable Numeric Values. Berikut ini adalah contoh soal Numeric.
Contoh soal Numeric
Contoh soal Numeric
6. Sequence Question
adalah soal yang menuntut siswa atau pengguna kuis untuk mengurutkan beberapa item dengan cara dragging. Kunci jawaban dari soal Sequence dapat diketikkan secara berurut pada panel Correct Order (nantinya akan disajikan acak ketika kuis ditampilkan). Berikut ini adalah contoh soal Sequence.
Contoh soal Sequence
Contoh soal Sequence
7. Matching Question
adalah soal yang menuntut siswa atau pengguna kuis untuk menjodohkan pasangan kata, frasa, atau gambar. Kunci jawaban dari soal Matching dapat diketikkan secara berpasangan pada panel Correct Matches (nantinya akan disajikan acak ketika kuis ditampilkan). Berikut ini adalah contoh soal Matching.
Contoh soal Matching
Contoh soal Matching
8. Fill in the Blanks
adalah soal yang menuntut siswa atau pengguna kuis untuk mengisi kotak kosong yang terdapat pada suatu teks atau paragraf. Ketikkan teks atau paragraf dan alternatif kunci jawaban dari soal Fill in the Blanks pada panel Text with Blanks. Untuk menambahkan kotak kosong (blanks) pada teks atau paragraf tersebut, klik tombol Insert Blank, sedangkan untuk menghapusnya, klik tombol Delete Blank. Berikut ini adalah contoh soal Fill in the Blanks.
Contoh soal Fill in the Blanks
Contoh soal Fill in the Blanks
9. Select From Lists
adalah soal yang menuntut siswa atau pengguna kuis untuk menjawab soal tersebut dengan cara memilih jawaban yang benar dari satu atau lebih drop down list yang terdapat dalam teks atau paragraf. 

Ketikkan teks atau paragraf beserta pilihan dan kunci jawaban dari soal Select From Lists pada panel Text with Blanks. Untuk menambahkan kotak kosong (blanks) pada teks atau paragraf tersebut, klik tombol Insert Blank, sedangkan untuk menghapusnya, klik tombol Delete Blank. Berikut ini adalah contoh soal Select From Lists.
Contoh soal Selext Form Lists
Contoh soal Select Form Lists
10. Drag the Words
Drag the Words adalah soal yang menuntut siswa atau pengguna kuis untuk menjawab soal tersebut dengan cara menggeser (dragging) jawaban yang benar ke dalam kotak kosong (blank) yang terdapat dalam teks atau paragraf.

Ketikkan teks atau paragraf beserta kunci jawaban dari soal Drag the Words pada panel Text with Blanks. Untuk menambahkan kotak kosong (blanks) pada teks atau paragraf tersebut, klik tombol Insert Blank, sedangkan untuk menghapusnya, klik tombol Delete Blank. Berikut ini adalah contoh soal Drag the Words.
Contoh soal Drag the Words
Contoh soal Drag the Words
11. Hotspot 
adalah soal yang menuntut siswa atau pengguna kuis untuk menjawab soal tersebut dengan cara klik satu atau lebih area pada suatu gambar.

Masukkan gambar ke dalam kuis dengan cara klik tombol Add a Picture-From File yang terdapat pada panel Hotspots, klik salah satu kotak seleksi pada bagian Add hotspot, seleksi bagian gambar yang merupakan jawaban benar dengan menggunakan tools Rectangle, Oval atau Freeform, kemudian ganti nama hotspot pada kolom Hotspot Name. Berikut ini adalah contoh soal Hotspot.
Contoh soal Hotspot
Contoh soal Hotspot
12. Drag and Drop
adalah soal yang menuntut siswa atau pengguna kuis untuk menjawab soal tersebut dengan cara menggeser (dragging) kotak teks, gambar, atau bentuk (shape) tertentu ke suatu tempat pada slide. 

Masukkan setidaknya dua buah gambar terkait soal ke dalam kuis dengan cara klik tab Slide View, kemudian klik tombol Picture, cari lokasi file gambar, seleksi file gambar, dan klik tombol Open.

Klik kembali Form View dan pada panel Correct Matches, pilih gambar yang akan digeser (Drag Item) dan gambar yang akan menjadi target penempatan gambar (Drop Target). Berikut ini adalah contoh soal Drag and Drop.
Memasukkan gambar pada Slide View
Memasukkan gambar pada Slide View

Contoh soal Drag and Drop
Contoh soal Drag and Drop
13. Likert Scale
adalah soal yang menuntut siswa atau pengguna kuis untuk menyatakan pendapatnya terkait pernyataan tertentu. Skala Likert biasanya digunakan dalam kegiatan survei. Berikut ini adalah contoh skala Likert.
Contoh soal Likert Scale
Contoh soal Likert Scale
14. Essay
adalah soal yang menuntut siswa atau pengguna kuis untuk memberikan jawaban dalam bentuk uraian secara bebas dan rinci. Berikut ini contoh soal Essay
Contoh soal Essay
Contoh soal Essay
Setelah kalian teman-teman mengetahui Jenis-Jenis Pertanyaan dalam Pembuatan Soal Interaktif, teman-teman bisa menggunakannya sesuai dengan keperluan masing-masing. Perlu diketahui didalam pembuatan soal, kita bisa saja memadukan beberapa jenis pertanyaan dalam satu Media Pembelajaran, misalnya memadukan soal Multiple Choice dengan Essay, dan lain sebagainya.

Selamat mencoba.