Apakah Google Form Sebuah Aplikasi Mudah Untuk Penilaian?

Manfaat Google Form untuk dunia pendidikan antara lain untuk memberikan tugas latihan/ulangan online melalui laman website, mengumpulkan pendapat oran
BAHYUDINNOR.COM Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) yang kian meluas, WHO (World Health Organization) mencatat bahwa pendemi ini telah menyebar ke 215 negara. Salah satu dampak pandemi Coronavirus (covid-19) ialah terhadap pendidikan di seluruh dunia, yang mengarah kepada penutupan luas Sekolah Dasar, |Madrasah, Universitas, dan Pondok Pesantren.
    Dampak tersebut berupa perubahan pelaksanaan pembelajaran dari tatap muka ke  Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sehingga menuntut seluruh guru memanfaatkan fasilitas belajar berupa internet dan komputer. Kebijakan untuk menggelar pembelajaran jarak dalam keadaan terpaksa membuat sekolah-sekolah belum siap sepenuhnya. Terutama guru-guru belum mempersiapkan secara optimal segala sesuatunya terkait pembelajaran jarak jauh ini.

    Sehubungan dengan keadaan tersebut, pembelajaran jarak jauh yang dilakukan menggunakan WhatsApp group (WAG). Layanan olah pesan ini dipilih karena biasa dipakai oleh guru dan siswa serta memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks dan pesan suara, melakukan panggilan suara dan video, berbagi gambar, video, dokumen, lokasi pengguna, dan media lainnya. Namun setelah dievaluasi sering kali materi yang dibagikan ke siswa tertimbun oleh pesan-pesan lain. Disamping itu juga menyulitkan guru untuk membuat proses penilaian.

    Dalam proses pembelajaran yang normal penilaian mudah dilakukan melalui tes baik secara lisan maupun tulisan. Namun di masa Pandemi Covid-19 penilaian semacam itu sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu guru dan sekolah mencari alternatif alat penilaian pembelajaran yang efektif dan mudah dilakukan dengan mengadakan workshop tentang penggunaan Aplikasi Pembelajaran Online Berupa Aplikasi Google Form.

    Google Form atau yang disebut google formulir adalah alat yang berguna untuk membantu guru merencanakan acara, mengirim survei, memberikan siswa atau orang lain kuis, atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang efisien. Aplikasi Google Form membuat pekerjaan guru menjadi ringan karena guru tidak perlu mengoreksi jawaban siswa. Jawaban siswa otomatis tersimpan dan langsung bisa ada skor karena sudah ada kunci jawaban 

    Google Form ditemukan bukan sebagai aplikasi terpisah, melainkan sebagai bagian dari Google Drive. Dengan demikian, untuk membuat formulir baru, guru harus terlebih dahulu login ke gmail atau Google Apps. Dengan Spreadsheets memungkinkan untuk menunjukan bagaimana guru dapat menggunakan software ini untuk mengajukan berbagai pertanyaan, termasuk dimana pengguna anda merespon dengan jawaban teks sederhana atau respon teks lebih lanjut.

    Manfaat Google Form untuk dunia pendidikan antara lain untuk memberikan tugas latihan/ulangan online melalui laman website, mengumpulkan pendapat orang, mengumpulkan berbagai data siswa dan guru, membuat formulir pendaftaran online di sekolah, membagikan kuesioner kepada orang-orang secara online.
Contoh Penggunaan Google Form untuk keseharian :

  • Untuk kuis online, ujian online, survey performa guru, survey masukan orang tua murid, formulir registrasi online
  • Mendorong paperless culture: tidak lagi print-print formulir, semuanya dijadikan online, bahkan tabulasi hasilnya pun otomatis dan sudah online
Langkah Pembuatan Google Form :
  1. Membuka aplikasi Google Form dengan terlebih dulu login ke akun Google
  2. Membuat judul evaluasi pembelajaran dengan aplikasi Google Form
  3. Setting awal evaluasi pembelajaran dengan aplikasi Google Form
  4. Membuat soal pada aplikasiGoogle Form
  5. Membuat kunci jawaban dan penskoran pada aplikasi Google Form
  6. Menganalisis hasil pekerjaan peserta didik
    Dengan demikian penggunaan Google Form hendaknya dioptimalkan pada berbagai tugas pendidikan, seperti memberikan ulangan online.

    Dengan banyaknya kemudahan yang didapat dari layanan aplikasi Google Form tersebut, bahkan sebagai alat penilaian pembelajaran praktis, efektif, dan mudah dilakukan baik oleh guru. sebagai guru mari kita meningkatkan kemampuan professional kita lagi dengan memanfaatkan media pembelajaran yang sudah banyak kita temukan di internet serta dapat digunakan sesuai dengan kondisi kita masing-masing.


Penulis:
Siti Arbayah, S. Pd
Guru SDN 1 Mangkupum Kec. Muara Uya