"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Modul 2.2 Cara Membuat Kuis Menggunakan iSpring QuizMaker 10

Langkah-langkah untuk memulai pembuatan kuis dengan iSpring QuizMaker tersebut adalah sebagai berikut. 1. Klik tombol QuizMaker yang terletak di pojok

Memulai Pembuatan Kuis dengan iSpring QuizMaker

Setelah salah satu jenis kuis (Graded Quiz atau Survey) pada bagian Create diklik, maka akan muncul jendela iSpring QuizMaker.
Langkah-langkah untuk memulai pembuatan kuis dengan iSpring QuizMaker tersebut adalah sebagai berikut.
1. Klik tombol QuizMaker yang terletak di pojok kiri atas jendela iSpring QuizMaker di samping tab menu Home, kemudian klik tombol New dan pilih jenis kuis (Graded Quiz atau Survey).

2. Selain dengan langkah di atas, untuk memulai pembuatan kuis dengan iSpring QuizMaker juga dapat dilakukan dengan cara klik tombol New yang terdapat pada Quick Access Toolbar, kemudian pilih jenis kuis (Graded Quiz atau Survey).

Mengelola Pertanyaan Kuis dengan iSpring QuizMaker (Menambah & Menghapus Pertanyaan?

Setelah salah satu dari cara memulai pembuatan kuis dengan iSpring QuizMaker dilakukan hingga jendela iSpring QuizMaker terbuka, maka untuk menambahkan pertanyaan kuis dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut.
a. Klik tombol Question yang terdapat pada toolbar, kemudian pilih salah satu jenis pertanyaan kuis (misalnya Multiple Choice).
Memilih jenis soal
b. Tunggu beberapa saat hingga panel pertanyaan (Question Pane), jawaban (Answer Details Pane), umpan balik dan percabangan kuis (Feedback and Branching) tampil pada halaman kerja baru iSpring QuizMaker seperti gambar berikut.
Tampilan halaman kerja baru iSpring QuizMaker
Tampilan halaman soal
c. Ketikkan teks soal pada bagian Question Pane. Jika soal memerlukan gambar, maka klik tombol Add Picture pada bagian Media Resources Pane. Cari lokasi gambar, seleksi gambar dan kemudian klik tombol Open.
Menambah pertanyaan dan gambar
d. Jika gambar berhasil dimasukkan ke dalam kuis, maka pada bagian kanan jendela iSpring QuizMaker akan muncul panel Picture Properties yang dapat digunakan untuk mengganti dan menghapus gambar. Untuk mengganti gambar, klik tombol Change dan untuk menghapus gambar, klik tombol Delete.

e. Ketikkan opsi jawaban soal pada bagian Answer Details Pane (Option 1, 2, 3 dst). Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) biasanya terdiri atas 5 opsi jawaban (a, b, c, d, dan e). Karena secara default, jumlah opsi jawaban untuk tipe soal pilihan ganda hanya tiga (a, b, dan c), maka untuk kuis yang diperuntukkan bagi siswa SMA, perlu ditambahkan opsi jawaban keempat (d) dan kelima (e). Cara untuk menambahkannya adalah dengan mengetikkan jawaban untuk opsi keempat (d) dan kelima (e) pada bagian Type to add a new choice.
Menambahkan opsi jawaban
Menambahkan opsi jawaban
f. Selanjutnya atur kunci jawaban dengan mengklik radio button pada bagian Correct di samping opsi jawaban yang benar. Pada contoh ini, jawaban yang benar adalah “3 A", sehingga klik radio button di samping pilihan jawaban (Choice) “3 A" (lihat pada gambar di atas).

g. Atur umpan balik (Feedback). Pada bagian Feedback-Correct, ketikkan umpan balik untuk jawaban benar, misalnya "Selamat! Jawaban Anda Benar". Sementara itu, pada bagian Feedback-Incorrect, ketikkan umpan balik untuk jawaban salah, misalnya "Maaf! Jawaban Anda Salah".
Tampilan Panel Feedback benar-salah
h. Atur percabangan (Branching). Pada bagian Branching-Correct, pilih percabangan ketika siswa menjawab benar dengan cara klik anak panah di bawah kolom Branching. Pilihan yang ada adalah Next Slide (ke slide selanjutnya), Finish Quiz (menyelesaikan kuis), Question Grup 1 (ke kelompok pertanyaan 1), dan Beginning of Group (ke awal kelompok pertanyaan), misalnya dipilih Next Slide. Sementara itu, pada bagian Branching-incorrect, pilih percabangan ketika siswa menjawab salah dengan cara klik anak panah di bawah kolom Branching. Pilihan yang ada adalah Next Slide (ke slide selanjutnya), Finish Quiz (menyelesaikan kuis), Question Grup 1 (ke kelompok pertanyaan 1), dan Beginning of Group (ke awal kelompok pertanyaan), misalnya dipilih Next Slide.

i. Atur skor soal. Pada bagian Score-Correct, tentukan skor untuk jawaban benar, misalnya 10 dan pada bagian Score-Incorrect, tentukan skor untuk jawaban salah, misalnya 0.

j. Jika jumlah soal lebih dari satu, tambahkan item soal dengan cara klik tombol Question pada toolbar, kemudian lakukan hal sama seperti pada langkah a-k.

k. Jika soal memerlukan gambar, animasi, audio, atau video, maka klik tombol Add Picture pada bagian Media Resources Pane. Cari lokasi gambar, animasi, audio, atau video, seleksi animasi, audio, atau video tersebut dan kemudian klik tombol Open (lihat pada langkah huruf c) .

l. Lakukan pengaturan lanjutan pada bagian Slide Options untuk masing-masing item soal. Tentukan pengaturan dasar pemberian umpan balik (feedback) (berdasarkan hasil atau berdasarkan jawaban), dasar percabangan (branching) (berdasarkan hasil atau berdasarkan jawaban), dan dasar pemberian skor (berdasarkan hasil atau berdasarkan jawaban). Selain itu, atur juga pengulangan pengerjaan soal pada bagian Attempts (kesempatan menjawab soaldan batas waktu pengerjaan soal pada bagian Limit time to answer the questions.
Pengaturan Attempts Soal
m. Jika pengaturan Attempts diubah, maka pada bagian feedback akan muncul kotak Try Again, kemudian ketikkan pesan ketika siswa menjawab salah, misalnya “Maaf! Jawaban Anda Salah. Silahkan Coba Kembali".

n. Lakukan pengaturan pada bagian hasil (Quiz Results) dengan cara klik menu Results yang terletak di bagian bawah kolom Question List with Slide View/Form View tabs Tampilan pengaturan Quiz Results adalah sebagai berikut.
Tampilan pengaturan Quiz Results
n. Ketikkan pesan ketika siswa dapat menyelesaikan kuis sesuai dengan batas kelulusan tertentu pada tab menu Passed, misalnya "Selamat! Anda Berhasil". Pesan kelulusan ini juga dapat diberikan dalam bentuk pesan suara (audio).

o. Ketikkan pesan ketika siswa belum atau tidak dapat menyelesaikan kuis sesuai dengan batas kelulusan tertentu pada tab menu Failed, misalnya "Maaf! Anda Belum Berhasil". Pesan kelulusan ini juga dapat diberikan dalam bentuk pesan suara (audio).

p. Lakukan pengaturan pada bagian Result Slide Options. Ketika kuis selesai, maka hasil dapat ditampilkan pada slide (Show slide with results), hasil tidak ditampilkan slide (Show slide without results), dan slide hasil disembunyikan (Hide result slide).

q. Pada bagian When User fails, klik kotak Show user's score jika skor akan ditampilkan, klik Show passing score jika batas skor lulus akan ditampilkan, klik Allow user to review quiz jika siswa diharapkan dapat me-review kuis, klik Show correct answer jika jawaban benar akan ditampilkan, dan klik Allow user to retry quiz kemudian tentukan jumlah pengulangan jika kuis akan diatur dapat diselesaikan dalam beberapa kali pengulangan.
Pengaturan Result Slide Options 
r. Jika pertanyaan kuis tertentu akan dihapus, maka dapat dilakukan dengan cara seleksi pertanyaan yang akan dihapus pada daftar pertanyaan yang terletak di samping kiri jendela iSpring QuizMaker, klik kanan pada pertanyaan tersebut, pilih Remove atau tekan tombol Delete pada keyboard, dan kemudian klik tombol Yes.

Jika semua soal telah di buat pada menu Form View. Kita bisa melihat hasilnya melalui tampilan Slide View yang ada disamping Form View.

Slide View merupakan fasilitas untuk mengubah tampilan antarmuka editing pada pembuatan kuis dengan iSpring QuizMaker. Dengan kata lain Slide View menampilkan jendela iSpring QuizMaker yang digunakan untuk mengubah tampilan (appearance) dari slide kuis. Sedangkan Form View menampilkan jendela iSpring QuizMaker pada tampilan yang memungkinkan pemasukan soal dan jawaban beserta sumber daya yang diperlukannya.
Tampilan Form View dan Slide View

Demikianlah panduan Bagaimana Cara Membuat Kuis Menggunakan iSpring QuizMaker 10. Selanjutnya akan kita pelajari jenis-jenis Pertanyaan yang ada pada Fitur iSpring Quizmaker 10. Terus ikuti Blog kita ya. Klik disini 
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar