"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Modul 2.5 Cara Mengunci Posisi Jawaban Tertentu Agar Jawaban Tidak Acak & Pengurangan Skor Nilai Jika Jawaban Salah iSpring Suite 10

jenis pertanyaan Multiple Choice dan Multiple Response dapat tampil secara acak, tetapi untuk mata pelajaran matematika & Bahasa Indonesia

Cara Mengunci Posisi Jawaban Tertentu Agar Jawaban Tidak Acak

Pilihan jawaban kuis iSpring untuk jenis pertanyaan Multiple Choice dan Multiple Response dapat tampil secara acak, tetapi untuk mata pelajaran tertentu (misalnya matematika atau Bahasa Indonesia), urutan opsi jawaban terkadang diperlukan, sehingga posisi pilihan jawaban sebaiknya dikunci.
Untuk mengunci posisi pilihan jawaban kuis iSpring dapat dilakukan dengan klik kanan pada jawaban soal yang terdapat di dalam panel jawaban, kemudian klik Anchor Choice.
Mengunci urutan atau posisi pilihan jawaban
Sementara itu, untuk membuka kunci (unlocking) posisi pilihan jawaban kuis iSpring dapat dilakukan dengan klik kanan pada jawaban soal yang terdapat di dalam panel jawaban, kemudian klik Remove Anchor.
Unlocking urutan atau posisi pilihan jawaban

Menerapkan Pengurangan Poin (Applying Penalties)

Dengan menggunakan iSpring QuizMaker, guru dapat melakukan pengurangan poin untuk jawaban yang salah. Penerapan pengurangan poin ini dapat dilakukan dengan tiga  cara, yaitu sebagai berikut.
a. Pengurangan poin standar untuk semua soal (Standard Penalty to All Questions)
Untuk melakukan ini, klik tombol Properties yang terdapat pada toolbar. Pada jendela Quiz Properties, klik tombol Question Properties, kemudian tentukan poin untuk jawaban yang benar dan pengurangan poin untuk jawaban yang salah. Klik tombol Apply to All, pilih semua pilihan pada kotak Apply Settings, kemudian klik tombol Apply.
Mengatur pengurangan poin standar
Mengatur pengurangan poin standar
b. Pengurangan poin untuk masing-masing pertanyaan (Penalty to Individual Questions)
Untuk melakukan ini, ubah nilai atau skor pada bagian Score-Correct, misalnya 10 dan -5 pada bagian Score-Incorrect yang terdapat dalam panel Feedback and Branching.
Mengatur pengurangan poin untuk pertanyaan
Mengatur pengurangan poin untuk pertanyaan
c. Pengurangan poin untuk masing-masing pilihan jawaban (Penalty to Individual Answers)
Untuk melakukan ini, klik soal pada panel pertanyaan. Pada bagian Slide Options, atur pengaturan Score ke dalam pilihan By Choice, dan pada panel Choice, atur skor untuk masing-masing opsi jawaban.
Mengatur pengurangan poin untuk opsi jawaban
Mengatur pengurangan poin untuk opsi jawaban
Selain Mengunci Posisi pilihan jawaban dan mengatur pengurangan kita juga dapat menambahkan Fasilitas Bookmark pada Pertanyaan (Bookmarking a Question). 

Bookmark diperlukan oleh siswa atau pengguna kuis untuk menandai soal tertentu pada kuis yang mungkin akan dilihat kembali sebelum kuis dikirim (submit). Agar kuis dilengkapi dengan fasilitas bookmark, maka yang harus dilakukan adalah klik tombol Player-Navigation, pilih radio button Submit all at once yang terdapat di bagian Answer Submission, kemudian klik tombol Apply & Close.
Menambahkan fasilitas bookmark pada pertanyaan
Menambahkan fasilitas bookmark pada pertanyaan

Demikianlah Panduan Bagaimana Cara Mengunci Posisi Jawaban tertentu Agar Jawaban Tidak Acak dan Bagimana Cara Mengurangi Skor Nilai Jika Jawaban Salah. Selanjutnya akan kita Pelajari Cara Melakukan Pengaturan Quiz Properties Mulai Dari mengatur Menu properties, Quiz Scoring, Question Properties, Question List, Reposting 

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar