Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19, merupakan program pembelajaran yang dirancang untuk membantu sebanyak mungkin guru & tenaga pendidik
BAHYUDINNOR.COM Pandemi COVID-19  memberikan dampak yang sangat besar dalam bidang Pendidikan di Indonesia. Dengan adanya kebijakan dari Pemerintah yang mengharuskan bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah dari rumah. Kondisi demikian menuntut Lembaga Pendidikan untuk melakukan inovasi dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk inovasi tersebut ialah dengan melakukan pembelajaran secara online atau daring. Pembelajaran yang awalnya dilakukan disekolah kini berubah menjadi pembelajaran dari rumah secara daring. Pemanfaatan teknologi informasi sangat membantu dalam proses pembelajaran jarak jauh ditengah pandemi virus corona covid19 sehingga semua proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Kemajuan teknologi informasi yang  sudah sangat maju saat ini, internet bisa menghubungkan siswa dengan guru.
Seiring berjalannya waktu dan kondisi, Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19, merupakan program pembelajaran yang dirancang untuk membantu sebanyak mungkin guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan pembelajaran jarak jauh yang sesuai dengan kondisi khusus, seperti masa pandemi COVID-19, dengan tetap memberikan pembekalan dasar yang bermakna bagi siswa untuk melakukan merdeka belajar.

Secara umum Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diselenggarakan secara daring atau online melalui pembelajaran jarak jauh kepada guru selaku peserta yaitu untuk mempersiapkan guru dalam menghadapi masa darurat Covid-19 sesuai dengan kondisi dan lingkungan agar guru atau peserta bimtek; mampu merancang, mengelola pembelajaran jarak jauh yang melibatkan peserta didik, mampu mengembangkan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh secara efektif, dan mampu melakukan asesmen pembelajaran jarak jauh yang berdampak pada kualitas pembelajaran.

Secara khusus, peserta dapat mengimplementasikan kegiatan pada peserta didik sesuai dengan kondisi masa darurat kondisi khusus dengan menerapkan konsep maupun model pembelajaran, sehingga guru dapat terus melaksanakan proses pembelajaran dengan berbagai macam konsep dan model sesuai dengan kondisi dan lingkungan yang dihadapi.

Tahapan Program Guru Belajar

- Tahap 0

Orientasi program membekali peserta dengan latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan, pengantar program, dan struktur Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19.

- Pada Tahap 1 atau Bimtek. 

Masing-masing peserta di setiap angkatan akan mempelajari materi diantaranya: Konsep Pembelajaran Jarak Jauh, Konsep Kurikulum pada Kondisi Khusus, Model Pembelajaran Jarak Jauh, Asesmen Diagnosis di Awal Pembelajaran, Asesmen Diagnosis Berkala, Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Jarak Jauh, Asesmen Pra dan Asesmen Pasca.

- Pada Tahap 2 atau Diklat.

Terdapat 3 (tiga) kegiatan utama yang wajib dilaksanakan oleh peserta pada Course Content Tahap 2 Diklat Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID 19, antara lain: Mendapatkan Inspirasi Pengembangan Pembelajaran Jarak Jauh, Mengembangkan Pembelajaran Jarak Jauh, dan Merefleksikan Pembelajaran Jarak Jauh.

Kegiatan-kegiatan utama pada Tahap 2 Diklat diatas, peserta diharapkan melaksanakan kegiatan secara runtut dari mulai awal hingga akhir.
1. Mendapatkan Inspirasi Pengembangan Pembelajaran Jarak Jauh
Pada kegiatan ini, peserta wajib melihat semua video Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh meskipun beda jenjang.
Jika peserta sudah melihat semua video inpsirasi, maka klik tombol "Tandai Telah Selesai" untuk melaporkan pada sistem bahwa Anda selaku peserta sudah menyelesaikan kegiatan.

2. Mengembangkan Pembelajaran Jarak Jauh
Pada kegiatan Mengembangkan Pembelajaran Jarak Jauh ini, peserta akan melaksanakan 3 (tiga) rincian kegiatan, antara lain: Pilihan Sumber Belajar yang Bisa Digunakan untuk Pembelajaran Jarak Jauh, Merancang dan Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh, Menulis Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh.

Untuk kegiatan pertama dari Mengembangkan Pembelajaran Jarak Jauh yaitu Pilihan Sumber Belajar yang Bisa Digunakan untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Peserta wajib melihat semua video Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh meskipun beda jenjang sama seperti sebelumnya.

Jika sudah melihat semua video hingga selesai, klik tombol "Tandai Telah Selesai" untuk melaporkan pada sistem bahwa Anda selaku peserta sudah menyelesaikan kegiatan.

Untuk kegiatan kedua dari Mengembangkan Pembelajaran Jarak Jauh yaitu Merancang dan Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh. Pada kegiatan ini peserta diminta menyimak dan mempelajari panduan yang disampaikan pada layar beranda.

Jika peserta sudah mempelajari panduan dan melakukan perencanaan dan penerapan pembelajaran jarak jauh di kelas sebagai bagian kegiatan. Maka klik tombol "Tandai Telah Selesai" untuk melaporkan pada sistem bahwa Anda selaku peserta sudah menyelesaikan kegiatan.

Untuk kegiatan ketiga dari Mengembangkan Pembelajaran Jarak Jauh yaitu Menulis Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh. Ada 3 poin dalam bentuk pertanyaan panduan pada kegiatan ini. Pada pertanyaan 1 dan 2, peserta menulis tulisan berupa teks pengalaman dan pada pertanyaan ke 3, peserta menuliskan perbedaan praktik pembelajaran jarak jauh antara sebelum dan sesudah mengikuti program Guru Belajar Masa Pandemi Covid 19 berupa Poster (gambar atau file pdf) yang nantinya diunggah.

3. Merefleksikan Pembelajaran Jarak Jauh.
Tahap ini adalah tahap terakhir dari Tahap 2 Diklat Pembelajaran GTK di Masa Pandemi COVID 19.
Peserta Melakukan Penilaian Diri Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh dengan melakukan kuis Asesmen Pasca Program Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh, Hasil Asesmen Pasca Program Menilai Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh, dan Membuat Rencana Perbaikan Praktik Pembelajaran Jarak jauh.

Untuk Hasil Asesmen Pasca Program Menilai Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh dan Membuat Rencana Perbaikan Praktik Pembelajaran Jarak jauh, peserta cukup menyimak apa yang ditampilkan pada layar beranda.

- Tahap 3

Pengimbasan yang mengundang peserta untuk menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mempresentasikan program, mengajak dan mendampingi guru lain untuk mengikuti Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 melalui kelompok kerja guru seperti KKG/MGMP atau organisasi profesi guru.

• Tindak Lanjut 
Setelah mengikuti Program Guru Belajar ini, hendaknya:
a) Melapor ke kepala sekolah tempat mengajar
b) Menyosialisasikan hasil bimtek kepada semua guru di sekolah.
c) Mampu melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai kondisi khusus masa darurat Covid-19.

• Dampak Pengembangan Diri (PD)
Guru memiliki kemampuan dalam merancang pembelajaran jarak jauh dengan penyederhanaan beban kurikulum, mengelola pembelajaran jarak jauh yang melibatkan murid, menggunakan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh secara efektif dan melakukan asesmen pembelajaran jarak jauh yang berdampak pada kualitas pembelajaran.

Program Guru Belajar memiliki sejumlah kelebihan. Program ini fleksibel di mana guru dapat mengatur belajar secara mandiri. Selain itu, guru mudah mempelajari konten yang sudah diuraikan dalam unit-unit belajar. Guru pun dapat memilih tantangan sesuai kemampuan dan dapat berkolaborasi dengan guru-guru lainnya. 

Program ini sangat bermanfaat karena materinya disesuaikan dengan kebutuhan masa pandemi. “Guru juga bisa bertukar pikiran dan pengalaman dengan rekan-rekan lain. Guru juga otonom dalam merancang, melakukan, dan merefleksikan PJJ. Selain itu, para guru yang mengikuti pelatihan akan mendapatkan sertifikat bimtek 32 Jam Pertemuan (JP), sertifikat diklat 32 JP, dan piagam penghargaan.


LIA LINA, S. Pd
Guru SDN Pekauman 1
Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar