"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Jenis-Jenis Effects Adobe Premiere Pro CC dan Cara penggunaannya

Ada enam kelompok efek yang disediakan oleh software Adobe Premiere yang dapat digunakan sesuai fungsi dari masing-masing efek serta daya imajinasi
Effects Adobe Premiere Pro
BAHYUDINNOR.COM Sebagai software editing video, Adobe Premiere juga dilengkapi dengan fitur-fitur visual effect yang memungkinkan penggunanya dapat menghasilkan karya visual yang berkelas profesional.

Setiap pengguna akan dapat dengan mudah menggunakan fitur-fitur efek yang menarik yang tersedia untuk disematkan pada klip-klip yang telah tersusun di dalam Timeline Window.

1. Pengenalan Efek Video pada Software Adobe Premiere

Semua fitur efek pada software Adobe Premiere tersimpan dalam jendela efek (Effect Window). Ada enam kelompok efek yang disediakan oleh software Adobe Premiere yang dapat digunakan sesuai fungsi dari masing-masing efek serta daya imajinasi yang dimiliki oleh pengguna sebagai video editor. Berikut adalah enam kelompok fitur efek yang tersedia pada software Adobe Premiere.
Effect Adobe Premiere Pro CC
Effect Adobe Premiere Pro CC

1. Preset

Kelompok Preset adalah kelompok dari berbagai efek yang telah dilakukan perubahan-perubahan pengaturan secara individual sesuai keinginan editor. Selanjutnya, hasil dari pengaturannya disimpan pada kelompok preset ini. Kamu bisa mencari di berbagai situs blog atau youtube untuk mendapatkan preset ini ada yang secara gratis maupun yang berbayar. Kata kunci yang bisa kamu gunakan dalam pencarian seperti “Preset Adobe Premiere”, Free Download Preset Adobe Premiere” dll. 
Presets
Presets

 2. Lumetri Presets

Lumetri Presets adalah kelompok efek yang dapat digunakan untuk merubah pewarnaan (coloring) baik pada klip video maupun gambar. Tersedia beberapa pilihan efek audio yang dapat digunakan sehingga memungkinkan untuk membuat suasana pada video maupun gambar terlihat lebih bagus.
Lumetri Presets
Lumetri Presets

3. Audio Effects

Audio Effects adalah kelompok efek yang dapat digunakan hanya pada klip audio. Tersedia beberapa pilihan efek audio yang dapat digunakan sehingga memungkinkan untuk membuat kualitas audio terdengar sangat baik. Bahkan memungkinkan juga bagi Anda untuk memperbaiki apabila file audio yang akan digunakan memiliki kualitas kurang baik atau bahkan rusak. 
Audio Effects
Audio Effects

4. Audio Transitions

Audio Transitions adalah kelompok fitur transisi file audio sehingga memungkinkan bagi editor untuk membuat perpindahan audio secara halus dan berkualitas. Kamu bisa mengeksplorasi efek ini pada project yang kamu punya. 
Audio Transitions
Audio Transitions

5. Video Effects

Kelompok Video Effects berisikan efek-efek yang paling sering digunakan oleh semua pengguna software Adobe Premiere selaku video editor. Penggunaan fitur efek video inilah yang dapat membuat semua pengguna sebagai video editor mengekspresikan imajinasinya tanpa dibatasi oleh apa pun. Pada sebuah klip, sangat dimungkinkan untuk disematkan lebih dari satu efek hingga mencapai sesuatu yang dikehendaki oleh editor video. Berbeda dengan kelompok sebelumnya, pada kelompok Video Effects di dalamnya terdapat fitur-fitur efek yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya. 
Video Effects
Video Effects
4. Video Transitions
Kelompok Video Transition berisikan fitur transisi yang hanya dapat digunakan untuk file gambar ataupun video. Pilihan fitur transisi yang disediakan sangat memungkinkan seorang editor mampu menunjukkan kualitasnya dengan berbagai penggunaan fitur transisi video yang artistik dan sangat menarik untuk dilihat.
Video Transitions
Video Transitions
Sama halnya dengan kelompok Video Effects, kelompok Video Transitions juga berisikan fitur-fitur transisi yang dikelompokkan sesuai dengan jenis transisinya. 

2 Penggunaan Efek Video pada Software Adobe Premiere

Pada setiap software multimedia, penggunaan efek sangat memengaruhi hasil produksi yang diciptakan. Hampir seluruh desainer, baik grafis, video, maupun animator sangat bergantung pada ketersediaan efek yang memadai. Bahkan sering kali, selain adanya efek yang menjadi fitur sebuah software, pengguna masih merasa perlu untuk menambah library-nya dengan plug-in yang didapat dari berbagai sumber.
Khusus mengenai fitur efek video pada software Adobe Premiere, telah tersedia berbagai macam fitur efek video untuk berbagai keperluan editing yang diinginkan. Belum lagi ditambah dengan keahlian seorang editor yang mampu mencampur beberapa software multimedia sehingga mampu menciptakan satu hasil karya visual yang luar biasa.

Baca juga postingan lainnya:

Beberapa fitur efek dalam software Adobe Premiere yang terbagi dalam beberapa kelompok menurut fungsinya akan dijelaskan secara rinci pada bagian setelah ini. Akan dijelaskan contoh penggunaan dari salah satu fitur efek video agar lebih mudah dipahami. Perlu untuk dicatat bahwa setiap penggunaan fitur efek video, perlu dilakukan penyesuaian pada setiap parameter efek yang terdapat pada jendela Effect Controls.

a. Adjust

Sesuai dengan namanya, adjust berarti penyesuaian. Fitur efek video yang ada pada kelompok ini, seluruhnya memiliki fungsi penyesuaian untuk segala aspek terkait editing video atau gambar. Penyesuaian yang dapat dilakukan adalah penyesuaian warna atau cahaya. Penyesuaian warna ataupun cahaya sangat perlu dilakukan apabila terlihat hasil perekaman gambar terasa kurang dalam hal pewarnaan ataupun pencahayaan. 

b. Blur and Sharpen

Blur and Sharpen adalah kelompok fitur efek video yang memiliki dua fungsi, yaitu fungsi mengaburkan gambar (blur) sehingga gambar klip akan tampak buram dan tidak jelas. 
Sementara itu, fungsi mempertajam gambar (sharpen) apabila gambar klip video terasa kurang tajam. Penggunaan efek blur kadang kala sangat diperlukan guna menambah sisi artistik hasil video yang disunting.

c. Channel

Channel adalah kelompok fitur efek video yang berfungsi memberikan efek blending (pencampuran) dan invert (lawan warna). Fungsi dasar dari fitur-fitur efek yang ada pada kelompok ini, yaitu menambah sisi artistik dan keindahan karya visual yang diciptakan. Dengan kehadiran fitur-fitur efek video ini diharapkan seorang editor mampu berekspresi secara bebas sehingga tercipta hasil karya visual yang indah dan berkualitas.

Contoh penggunaan efek Channel - Arithmetic dengan penyesuaian nilai-nilai parameter efek pada jendela Effect Controls.

d. Color Correction

Berbeda dengan Adjust, Color Correction merupakan kelompok fitur efek video yang berfungsi melakukan koreksi dan penyesuaian warna secara spesifik dan mampu mengoreksi pada satu unsur warna. Warna dan pencahayaan merupakan satu hal vang saling memengaruhi. Oleh karena itu, koreksi pada warna uga akan memengaruhi tingkat pencahayaan atau eksposur dari gambar klip video yang dikoreksi.

Contoh penggunaan efek Color Correction – Color Balance yang disematkan pada klip yang berada pada tack video 1 dengan penyesuaian nilai- nilai parameter efek pada jendela Effect Controls.

e. Distort

Secara bahasa, "distort" berarti mengubah atau juga memutarbalikkan. Oleh karena itu, fitur-fitur efek video pada kelompok memang berfungsi mengubah ukuran, bentuk, dan posisi dari sebuah klip pada monitor. Hal ini dimungkinkan agar seorang editor mampu membuat satu hasil karya visual yang artistik, baik dipandang dan gambar berkualitas. 

Contoh penggunaan efek Distort – Wave Warp yang disematkan pada klip yang berada pada tack video 1 dengan penyesuaian nilai- nilai parameter efek pada jendela Effect Controls.

f. Generate

Fitur-fitur efek video yang termasuk dalam kelompok Generate adalah fitur efek yang menghasilkan sebuah tampilan tambahan. Tampilan tambahan ini berfungsi sebagai aksesoris klip sehingga editor dapat memperkaya ide yang dimilikinya.

Tampilan efek tersebut akan mengubah gaya dan bentuk klip sehingga klip terlihat lebih hidup dan interaktif. 

Contoh penggunaan efek Generate - Lens Flare yang disematkan pada gambar klip video untuk menutupi bagian jendela dengan penyesuaian-penyesuaian nilai parameter yang terdapat pada jendela Effect Controls.

g. Image Control

Image Control adalah kelompok fitur-fitur efek video yang berfungsi melakukan penyesuaian warna gambar, baik mengubah maupun menghilangkan warna tertentu. Image Control juga hampir mirip dengan Color Correction, hanya saja Image Control lebih spesifik dalam pemilihan salah satu warna yang akan dilakukan penyesuaian. Berikut fitur-fitur efeknya Image Control

Contoh penggunaan efek Image Control - Black and White yang disematkan pada gambar klip video.

h. Keying

Keying adalah fitur efek video yang sangat umum. Keying berfungsi menghilangkan warna tertentu sehingga pada gambar-gambar klip pada timeline dapat digabung dalam satu timecode tertentu dan saling berhubungan antara klip yang satu dan lainnya.

Contoh penggunaan efek Keying - Color Key yang disematkan pada gambar klip video dengan penyesuaian nilai-nilai parameter efek pada jendela Effect Controls.

i. Noise and Grain

Noise and Grain merupakan gangguan ataupun hambatan yang terdapat pada gambar klip hasil perekaman video. Namun pada kelompok efek ini, Noise and Grain memberikan opsi sebagai penambah artistik sebuah karya visual. Penggunaan efek ini seolah membuat gambar klip video seperti hasil perekaman di waktu yang sudah lama sekali bahkan memiliki nilai sejarah tertentu. 

Contoh penggunaan efek Noise and Grain - Noise yang disematkan pada gambar klip video dengan penyesuaian nilai- nilai parameter efek pada jendela Effect Controls.

J. Perspective

Seperti dalam dunia 3D, Perspective merupakan sudut pandang sehingga tampilan klip pada monitor dapat diputar melaui tiga sumbu atau 3D. Seluruh fitur efek video yang termasuk dalam kelompok Perspective memberikan opsi pergerakan klip dalam tiga sumbu 3D dalam penempatannya di jendela monitor. 

Contoh penggunaan efek Perspective - Basic 3D yang disematkan pada gambar klip video dengan penyesuaian nilai- nilai parameter efek pada jendela Effect Controls.

k. Stylize

Stylize merupakan sebuah kumpulan fitur-fitur efek video yang berfungsi mengubah gaya tampilan klip sehingga meninggalkan keaslian dari file video hasil perekaman gambar. Opsi gaya yang ditawarkan sangat beragam sehingga memungkinkan seorang editor mengembangkan kreativitas
dalam seni editing.

Contoh penggunaan efek Stylize - Solarize yang disematkan pada gambar klip video dengan penyesuaian nilai-nilai parameter efek pada jendela Effect Controls.

l. Time

Time adalah kelompok fitur efek video yang berfungsi memberikan efek pengulangan gerakan berdasarkan satuan waktu. Sama halnya dengan efek pengulangan pada suara, hanya saja pada klip video yang berulang adalah gerakannya hingga menyerupai gerakan bayangan. Berikut macam-macam fitur dalam kelompok Time.

Contoh penggunaan efek Time - Echo yang disematkan pada gambar klip video dengan penyesuaian nilai-nilai parameter efek pada jendela Effect Controls.

m. Transform

Seperti software multimedia pada umumnya, Transform merupakan sebuah perintah yang dapat mengubah ukuran, bentuk, dan posisi gambar pada satu area kerja. Pada kelompok Transform ini pula, terdapat beberapa macam fitur efek video yang berfungsi melakukan perubahan-perubahan tersebut.
Berikut macam-macam fitur efek video yang terdapat dalam kelompok Transform.

Contoh penggunaan efek Transform - Edge Feather yang disematkan pada gambar klip video dengan penyesuaian nilai- nilai parameter efek pada jendela Effect Controls.

n. Transitions

Transitions memiliki fungsi yang sama dengan efek Video Transitions, hanya saja dari pengolahannya, fitur-fitur efek video yang ada di dalamnya memiliki bentuk dan ciri khusus. Penggunaannya harus disertai dengan penggunaan keyframe, baik di awal maupun di akhir sehingga proses transisi dapat
dijalankan. Berikut fitur-fitur efek video yang termasuk dalam kelompok Transitions.

Contoh penggunaan efek Transitions - Block Dissolve yang disematkan pada gambar klip video dengan penyesuaian nilai-nilai parameter efek pada jendela Effect Controls. 

o. Trapcode

Kelompok efek Trapcode berisikan fitur-fitur efek video hasil dari penambahan yang didapat dari vendor penunjang software Adobe Premiere. Seluruh fitur efek video tambahan yang juga disebut plug-in akan tersusun pada kelompok Trapcode ini. Sementara itu, pada awal pemasangan instalasi software Adobe Premiere, kelompok efek Trapcode masih kosong atau belum ada fitur efek yang dapat digunakan.
p. Utility
Pada kelompok Utility, hanya terdapat satu fitur efek video yaitu Cineon Converter yang berfungsi memberikan efek cahaya dari berbagai sumber cahaya. Pemberian fitur efek video ini juga akan mengubah tampilan asli klip video hasil perekaman gambar.

Contoh penggunaan efek Utility - Cineon Converter yang disematkan pada gambar klip video dengan penyesuaian nilai-nilai parameter efek pada jendela Effect Controls.

q. Video

Video merupakan kelompok fitur efek video terakhir yangada pada jendela Video Effect. Pada kelompok Video ini, hanya terdapat fitur Timecode yang dapat disematkan pada klip video yang sedang ditampilkan. Timecode ini berguna sebagai pengontrol waktu untuk melakukan sinkronisasi video dengan hal-hal lainnya di luar video itu sendiri.

Contoh penggunaan efek Video - Timecode yang disematkan pada gambar klip video dengan penyesuaian nilai- nilai parameter efek pada jendela Effect Controls.

Buatlah penyuntingan sederhana, yaitu membuat video klip dengan menambahkan efek video yang tersajikan dalam software Adobe Premiere. Perlihatkan hasil suntingan Anda pada guru bidang studi, untuk selanjutnya diberi penilaian.

Untuk mengasah keterampilan kamu. Silahkan buat penyuntingan sederhana, yaitu membuat video klip dengan menambahkan efek video yang tersajikan dalam software Adobe Premiere. Perlihatkan hasil suntingan Anda ke sosial media yang kamu punya bahwa kamu punya karya.


Nah, itu tadi pembahasan kali ini. Kalau misalnya, Kalian masih ada pertanyaan ataupun saran, Kalian bisa tinggalin di kolom komentar di bawah. Jangan lupa untuk follow blog ini dan sampai ketemu lagi di pembahasan berikutnya.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

34 komentar

  1. Terimakasih atas postingannya. Sangat bermanfaat bagi saya. Yang saya tau preset yang sering dipakai adalah "Preset Twixtor". Nah buat yang mau preset tambahan bisa download di link ini https://drive.google.com/folderview?id=0B6MT92VHkpNicmszNkp6ZDYzNjA
  2. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat. Menurut saya preset yang paling penting adalah transisi, jadi buat kalian yang pengen preset transisi keren bisa download di link ini https://drive.google.com/file/d/1XhcGNmZs6Z1GIQPMb6-D_aYuSbyHHSw1/view
  3. Terima kasih atas postingannya, yang saya tau preset yang sering dipakai adalah video effect yang di dalamnya ada adjust, blur and sharpen, channel dan lain-lain.
    Nah, buat kalian yang mau preset tambahan bisa download di sini :
    https://drive.google.com/file/d/1AVVY3dEMlYaZWjS9SZEmB545Xa4DyLon/view?usp=drivesdk
  4. Terimakasih atas postingan nya,kalau yang saya tau ada preset keren yang nama nya universe,kalau kalian mau download ini link nya

    http://www.mediafire.com/file/82aj8p0j0lh7xdm/Universe_2_Setup.rar/file
  5. Terimakasih atas postingan nya. Nah saya kan membagikan preset adobe premiere yang ingin preset nya donwload linik bawah ini

    https://drive.google.com/drive/u/0/mobile/folders/1sl3nFKIoxESS5ews4Nv8NmxPVzunscyN?usp=sharing

    Semogaa bermanfaat..
  6. Mantap atas postingannya🤗, sangat bermanfaat dan saya dapat banyak belajar dari postingan anda, Terutama dalam hal editing di adobe premier, Kebanyakan pemula dalam belajar mengedit bisa menggunakan preset. Bagi temen-temen semua bisa download preset smooth transitions tersebut disini.

    Persyaratan Teknis:
    Kami merekomendasikan menggunakan versi terbaru (2019/20) dari Premiere Pro agar transisi gratis berfungsi dengan benar. Anda juga perlu menginstal After Effects di komputer Anda (jika Anda tidak ingin menghadapi masalah apa pun)
    Resolusi Premade:
    • Full HD - 1920 × 1080 (berfungsi sejak CC 2015)
    • HD - 1280 × 720
    • Instagram - 1080 × 1080
    • Bingkai Penuh 4K - 4096 × 3072
    Efek Suara Termasuk:
    • Swooshes
    • Zoom Swoosh
    • Kesalahan
    • Membagi
    • Regangkan teriakan
    Transisi Termasuk:
    • Berputar
    • Berputar dengan RGB
    • Zoom Sederhana
    • Zoom RGB
    • Zoom Swoosh
    • Kesalahan
    • RGB kesalahan
    • PIKSELASI
    • Zoom Lensa
    • Panorama
    • RGB panorama
    • Menggoyangkan
    • Offset RGB
    • Membagi
    • Pisahkan RGB
    • Meregang
    • Regangkan teriaka…
  7. Terimakasih atas postingan nya. Nah saya kan membagikan preset adobe premiere yang ingin preset nya donwload linik bawah ini

    https://drive.google.com/drive/u/0/mobile/folders/1sl3nFKIoxESS5ews4Nv8NmxPVzunscyN?usp=sharing

    Semogaa bermanfaat..
  8. Alhamdulillah sangat membatu dan Terima kasih atas postingannya,saya jadi tau efek yg ada Di adobe premiere yg sering di gunakan.
  9. Mantap atas postingannya 🤗, sangat bermanfaat dan saya dapat banyak belajar dari postingan anda, terutama dalam hal editing di adobe premier, kebanyak pemula dalam belajar mengedit bisa menggunakan preset, bagi temen-temen semua yang ingin mendownload preset smooth transitions tersebut bisa klik link dibawah ini:
    https://bit.ly/2XhSqpN

    Selamat berkreasi.
  10. Terimakasih atas postingannya sangat mempermudah sekali dalam mengedit video dengan adobe premiere ini menggunakan preset transition,,,,untuk teman-teman yang mau preset nya klik link di bawah ini https://drive.google.com/folderview?id=1hJ1CZnOsRI6eBcO3mb9mzZ-yhsVCKL3M
  11. Terimakasih atas postingannya sangat membantu sekali,,untuk mengedit di adobe premier ini dengan adanya preset salah satunya "preset transition",,nah buat teman-teman semua di bawah ini ada link download preset https://drive.google.com/folderview?id=1hJ1CZnOsRI6eBcO3mb9mzZ-yhsVCKL3M
    1. Terima kasih atas postingannya, yang saya tau preset yang sering dipakai adalah video effect yang di dalamnya ada adjust, blur and sharpen, channel dan lain-lain.

      Nah, buat kalian yang mau preset tambahan bisa download di sini :
      https://drive.google.com/file/d/1AVVY3dEMlYaZWjS9SZEmB545Xa4DyLon/view?usp=drivesdk
  12. Terimakasih atas postingannya. Suka banget saya sama mterinya lengkap tentang preset. Yuk langsung aja download di sini :
    https://drive.google.com/file/d/1AVVY3dEMlYaZWjS9SZEmB545Xa4DyLon/view?usp=drivesdk
  13. Terimakasih atas postingan nya yang sangat membantu dan bermanfaat sekali, untuk saya yang belum semuanya tau tentang jenis-jenis preset yang ada di Adobe premiere pro.

    Ada 6 preset yang wajib kalian punya dan kalian ketahui. Untuk kalian yang ingin tahu apa aja sih 6 preset itu silahkan klik link dibawah ini.

    https://drive.google.com/file/d/1DVpF9VsMDJO0jU8gOBMAsRYxMQqA8xd6/view?usp=drivesdk
  14. Terimakasih atas postingannya,, Menurut saya ini sangat bermanfaat,


    Untuk kalian yang masih penasaran apa sih itu preset Adobe premiere pro silahkan download link dibawah ini👇🏻

    https://wirskyproject.wordpress.com/get-the-template-for-free-5/
  15. Terimakasih atas postingannya. Bagi saya ini sangat membantu karena materi yang tersedia disini sangat lengkap. Bagi kalian yang ingin tahu preset apa saja yang ada disini langsung aja klik link dibawah ini

    https://drive.google.com/file/d/16Ejt_cDvUTDhLYCdcyBKP7IBqXYqn5xF/view?usp=drivesdk
  16. Terima kasih atas postingannya, yang saya tau preset yang sering dipakai adalah video effect yang di dalamnya ada adjust, blur and sharpen, channel dan lain-lain.

    Nah, buat kalian yang mau preset tambahan bisa download di sini :
    https://drive.google.com/file/d/1AVVY3dEMlYaZWjS9SZEmB545Xa4DyLon/view?usp=drivesdk
  17. Terimakasih atas postingannya. Menurut saya ini adalah preset adobe premiere yang sangat bagus
    Silahkan klik link di!awah ini
    https://drive.google.com/file/d/1XhcGNmZs6Z1GIQPMb6-D_aYuSbyHHSw1/view
  18. Terimakasih atas postingannya. Ini sangat membantu!😊
    Buat kalian juga harus tahu tentang 5 preset / plugin yang wajib di premiere pro

    Nahh langsung aja klik link dibawah ini
    https://drive.google.com/drive/mobile/folders/0B6MT92VHkpNicmszNkp6ZDYzNjA/0B6MT92VHkpNiMkpHMUFGM2JlSFE?usp=sharing&sort=13&direction=a
  19. Terimakasih atas penjelasannya. Berkat membaca disini saya jadi bisa memahami lebih dalam penjelasan tentang software Adobe premiere. Contohnya seperti: Adjust, Blur and sharpen, Channel, Color correction, Distort, Generate, Image control, keying, noise and grain, perspective, stylize, time, Transform, Transitions, trapcode

    https://www.bahyudinnor.com/2021/02/jenis-effect-adobe-premieredan%20cara-menggunakannya.html
  20. Terima kasih atas postingannya.yang saya tau preset transition yang sering di pakai itu effect..nah.buat yang mau preset tambahan bisa download disini

    https://drive.google.com/file/d/1tdREA-tGFz_EKFgXW3NCNWHJDrrkiq9k/view?usp=sharing
  21. Wah postingan ini sangat membantu,terimakasih banyak berkat artikel ini saya bisa belajar lebih gampang tentang adobe premier

    Preset yang saya gunakan yaitu tittle preset

    Buat teman teman yang mau preset bagus kaya saya bisa download disini

    https://www.videomilkshake.com/store
  22. Terima kasih atas postingannya.saya dapat mempelajari Adobe Premier ini dan bisa menggunakannya nah.buat yang mau preset tambahan bisa download disini https://belajar-contoh-cara.blogspot.com/2017/12/mengenal-dasar-dasar-adobe-premiere-dan.html?m=1
  23. Terimakasih atas penjelasannya. Berkat membaca disini saya jadi bisa memahami lebih dalam penjelasan tentang software Adobe premiere. Contohnya seperti: Adjust, Blur and sharpen, Channel, Color correction, Distort, Generate, Image control, keying, noise and grain, makasih pa ilmunya
    https://www.videomilkshake.com/store
  24. Wah postingan ini sangat membantu,terimakasih banyak berkat artikel ini saya bisa belajar lebih gampang tentang adobe premier

    Preset yang saya gunakan yaitu tittle preset

    Buat teman teman yang mau preset bagus kaya saya bisa download disini

    https://www.videomilkshake.com/store
  25. Setelah melihat artikel ini saya belajar banyak hal tentang adobe primier dan tau preset apa saja yang sering dipakai.terima kasih

    https://drive.google.com/drive/u/0/mobile/folders/0B6MT92VHkpNicmszNkp6ZDYzNjA?usp=sharing
  26. Terimakasih atas Penjelasan tentang Jenis-Jenis Effects Adobe Premiere Pro CC dan Cara penggunaannya. Sangat Bermanfaat

    DISINI ADA LINK PRESET YANG SERING DI GUNAKAN BISA DI UNDUH SECARA GRATIS

    https://drive.google.com/file/d/1UaSfQqpoINVHvWAuAuUwkwc96J4_jtEX/view
    1. Alhamdulillah sangat membatu dan Terima kasih atas postingannya,saya jadi tau efek yg ada Di adobe premiere yg sering di gunakan seperti efek transisi dan lainnya


      https://drive.google.com/folderview?id=1mucLVoLsfAeYhtIKs7fSpCO2jArxLSc2



  27. Terimakasih atas referensi di atas tetapi yg sering saya gunakan untuk adobe premiere adalah https://drive.google.com/file/d/1AVVY3dEMlYaZWjS9SZEmB545Xa4DyLon/view?usp=drivesdk
  28. Terima kasih atas postingan yang bermanfaat ini dan saya pun bisa tahu apa saja berbagai kegunaan preset transisi yang ada terutama preset yang saya bagikan link di bawah ini..

    http://www.mediafire.com/file/82aj8p0j0lh7xdm/Universe_2_Setup.rar/file
  29. Terimakasih atas materinya Dan Sangat berguna bagi saya yang masih pemula dan juga sekarang saya Sudah tahu apa itu preset
  30. Terimakasih atas infonya Dan itu sangat itu Sangat bermanfaat bagi saya yang masih pemula dan sekarang saya tau apa itu preset
  31. Terima kasih atas postingannya, yang saya tau preset yg sering dipakai adalah adjust pada efek video.
    Nah buat kalian yang mau preset tambahan bisa download di sini
    https://motionarray.com/browse?sort_by=most-popular&categories=premiere-pro-templates&utm_source=google&utm_medium=cpc&utm_campaign=12232264767&utm_content=120922475927&utm_term=adobe%20premiere%20templates&keyword=adobe%20premiere%20templates&ad=495778971975&matchtype=e&device=m&gclid=Cj0KCQiAj9iBBhCJARIsAE9qRtAqVkka2rOm84OnneuEhAtEjoK72Q1vOj5mEiBilGdZd1IK9N-_k6kaArlLEALw_wcB
  32. Dan tambahan Kalo download preset Keren di https://photography.tutsplus.com/id/tutorials/10-free-premiere-pro-video-transition-presets-for-download--cms-31290