"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Modul 2.6 Melakukan Pengaturan Quiz Properties pada iSpring Suite 10

Sebelum Membuat Sebuat Kuis di iSpring QuizMaker, Sebaikanya kita perlu mengatur berberapa Pengaturan yang ada di Quiz Properties
Sebelum Membuat Sebuat Kuis di iSpring QuizMaker, Sebaikanya kita perlu mengatur berberapa Pengaturan yang ada di Quiz Properties agar Desain Kuis yang kita buat terlihat lebih Profesional dan Menarik. Didalam Penaturan Quiz Properties terdapat beberapa Menu di mulai Main Properties, Quiz Scoring, Question Properties, Question List, dan Reposting. Yuk kita bahas satu persatu.

1. Main Properties

Pengaturan Main Properties merupakan pengaturan kuis secara umum, yang terdiri atas judul kuis (Quiz title), ukuran slide (Slide size), dan batas waktu atau durasi pengerjaan kuis (Time Limit). Untuk melakukan pengaturan utama ini, klik tombol Properties yang terdapat pada toolbar, kemudian klik tab Main Properties. Setelah dilakukan pengaturan, klik tombol Save.
Pengaturan Main Properties

Penjelasan:
  1. Quiz title digunakan untuk memberikan nama pada kuis yang akan di publish nantinya. Silahkan ganti sesuai nama kuis yang akan kita buat.
  2. Slide Size digunakan untuk mengatur ukuran size pada kuis yang akan dibuat.  Slide size secara default ada tiga ukuran yaitu 720x540 (4:3), 960x540 (16:9), dan 960x600 (16:9). Selain dari slide size yang tersedia kita bisa mengaturnya secara manual dengan mengisi Width dan Height. Sebagai contoh disini saya buat 1280x720 (16:9).
  3. Time Limit digunakan untuk mengatur berapa lama waktu pengerjaan soal. Sebagai contoh saya membuat 1 jam dengan jumlah soal misalnya 60 soal. Jadi siswa mempunyai waktu 1 jam untuk mengerjakan soal sebanyak 60 pertanyaan. 

2. Quiz Scoring

Pengaturan Quiz Scoring merupakan pengaturan penskoran kuis, yang terdiri atas jenis penskoran (Scoring Type) dan batas atau syarat kelulusan (Passing Requirements). Untuk melakukan pengaturan utama ini, klik tombol Properties yang terdapat pada toolbar, kemudian klik tab Quiz Scoring. Setelah dilakukan pengaturan, klik tombol Save.
Pengaturan Quiz Scoring
Penjelasan:
  1. By Passing score digunakan untuk memberikan suatu batas ketuntasan minimal soal yang benar yang harus dipenuhi siswa.
  2. None digunakan untuk meniadakan batas ketuntasan minimal soal yang benar yang harus dipenuhi siswa.
  3. Scroing in digunakan untuk menentukan tipe scoring (ada yang bertipe percent ada yang bertipe points). Disini saya atur Percent.
  4. Passing Score digunakan untuk menentukan Batas Minimal Ketuntasan Nilai Menjawab benar. Disini saya atur 70%

3. Question Propertles

Pengaturan Question Properties merupakan pengaturan pertanyaan kuis, yang terdiri atas skor (Score), pengulangan pengerjaan soal, dan umpan balik (Feedback). Untuk melakukan pengaturan utama ini, klik tombol Properties yang terdapat pada toolbar, kemudian klik tab Question Properties. Setelah dilakukan pengaturan, klik tombol Save.
Pengaturan Question Properties
Penjelasan:
  1. Points for a correct answer digunakan untuk memberikan Poin untuk jawaban yang benar;
  2. Penalty for an incorrect answer digunakan untuk mengurangi point untuk jawaban yang salah;
  3. Reduce the points for the question after each attempt digunakan untuk mengurangi poin untuk pertanyaan setelah setiap percobaan;
  4. Apply penalty for unanswered questions digunakan untuk menerapkan pembatasan untuk pertanyaan yang tidak terjawab;
  5. Number of attempts digunakan untuk memberikan kesempatan jumlah menjawab jika jawaban sebelumnya salah;
  6. Limit time to answer the question digunakan untuk membatasi waktu untuk menjawab 1 pertanyaan ke pertanyaan lainnya;
  7. Shuffle answer choices digunakan untuk acak pilihan jawaban;
  8. Accept partially correct answers digunakan untuk tetap menerima sebagian jawaban yang benar;
  9. User to skip survey questions digunakan untuk pengguna untuk melewati pertanyaan survei;
  10. Show feedback for graded questions digunakan untuk menunjukkan umpan balik untuk jenis pertanyaan Quiz (Graded);
  11. Show feedback for survey questions digunakan untuk menunjukkan umpan balik jika membuat suatu pertanyaan survei
  12. Correct digunakan untuk merepson jika jawaban benar. Misal ganti dengan , "Ya, Jawaban kamu benar";
  13. Incorrect digunakan untuk merepson jika jawaban benar. Misal ganti dengan , "Maaf, Jawaban kamu belum benar";
  14. Partially Correct digunakan untuk merepson jika hanya sebagian saja yang dijawab;
  15. Try Again digunakan untuk merepson jika diberikan beberapa kesempatan (Attempts);
  16. Answered digunakan untuk merespon jika sudah menjawab;

4. Question List

Pengaturan Question List merupakan pengaturan daftar pertanyaan kuis, yang meliputi cara menampilkan pertanyaan atau soal dari grup pertanyaan tertentu. Untuk melakukan pengaturan utama ini, klik tombol Properties yang terdapat pada toolbar, kemudian klik tab Question List. Setelah dilakukan pengaturan, klik tombol Save. Untuk pengaturan ikuti pada gambar dibawah.
Pengaturan Question List

5. Reporting

Pengaturan Reporting merupakan pengaturan cara pelaporan hasil pengerjaan kuis. Untuk melakukan pengaturan utama ini, klik tombol Properties yang terdapat pada toolbar, kemudian klik tab Reporting. Setelah dilakukan pengaturan, klik tombol Save.

Sebagai contoh jika user (siswa) sudah selesai menjawab maka secara otomatis nilai akan terkirim ke email dengan catatan pengerjaan dilakukan secara online (terkoneksi internet). Untuk pengaturan lihat pada gambar dibawah.
Pengaturan Reporting

Demikianlah Bagaiman Cara Melakukan Pengaturan pada Quiz Properties. Selanjutnya akan kita pelajari bagaimana cara mengatur Player. Ikuti terus tutorialnya ya!!





Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar