Website PPDB Online SMK - Aplikasi Website Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis PHP MySQLi

BAHYUDINNOR.COM - Website PPDB Online SMK - Aplikasi Website Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis PHP dan MySQLi.  Halo kawan Blogger Kampung Bahyudin Nor, Kali ini saya akan membagikan sebuah aplikasi website PPDB SMK yang dibangun dengan framework PHP.
Website PPDB Online SMK
Aplikasi web ini dikembangkan oleh seorang developer Guru yang ada di Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan, aplikasi web PPDB Online SMK dibuat untuk mempermudah dalam menjaring siswa masuk ke SMK secara online tanpa harus ke sekolah, karena bisa di akses dimanapun asal tekoneksi dengan internet, ada banyak sekali fitur - fitur dan menu yang terdapat pada aplikasi web ini, berikut saya jelaskan fiturnya.

1. Halaman Login

Halaman login di aplikasi ini mempunyai beberapa fitur form input diantaranya adalah username dan password, hanya saja di halaman login ini tidak terdapat terdapat fitur  remember me atau ingat saya dan forget password untuk mempermudah pengguna dalam mempercepat proses login jika sebelumnya pengguna sudah melakukan login dan mencentang fitur remember me atau ingat saya dan lupa password jika user tidak ingat password, tapi itu tidak mengurangi esensi dari Web ini.

2. Dashboard

Di halaman dashboard terdapat banyak sekali fitur untuk mengetahui informasi seperti jumlah nama pendaftar, siswa diterima, siswa cadangan,  dan jumlah siswa tidak diterima di sekolah yang manas setiap kotak informasi memiliki tombol info selanjutnya (more info) untuk mengetahui lebih detail dari informasi yang di inginkan.

3. Identitas Sekolah

Dihalaman Identitas Sekolah ini mempunyai beberapa isian yang bisa di edit sesuai Identitas Sekolah diantaranya Informasi Alamat Website PPDB, Nama Sekolah, Alamat Sekolah, Kabupaten, Tahun Ajaran, Nama Kepala Sekolah dan juga ada fitur untuk memasukkan Logo Sekolah yang mana logo ini akan dimasukkan secara otomatis ke Bukti pendaftaran nantinya setelah Siswa mendaftar.

4. Jurusan

Halaman jurusan ini terdapat Data Program Jurusan Pilihan yang bisa di edit dan disesuaikan sesuai kebutuhan dengan cara mengganti nama Jurusan, Menambah, dan Menghapus. Selain itu juga disediakan Fasilitas untuk memasukkan Ketua Program Keahlian disetiap Jurusan.

5. Jalur

Di halaman ini memiliki beberapa fitur diantaranya untuk kategori Jalur masuk (Akademis dan Prestasi). Admin juga bisa  bisa di edit dan disesuaikan sesuai kebutuhan dengan cara mengganti nama Jalur, Menambah, dan Menghapus. Selain itu juga disediakan fitur memasukkan deskripsi Kriteria atau Persyaratan di setiap jalur yang fungsinya jika siswa memeilih jalur prestasi maka, Bukti pendaftaran di jalur Akademis akan tercetak persyaratan apa yang harus di lampirkan ketika mau daftar Ulang.

6. Daya Tampung

Halaman Daya Tampung berfungsi untuk menentukan kriteria daya tampung/kapasitas siswa disuatu sekolah dan Kriteria Nilai Minimal Kelulusan.

7. Pendaftaran

Di menu pendaftaran ini, Admin PPDB Online SMK bisa melihat berapa data pendaftar PPDB di antaranya Nomor urut, Nomor Peserta, Nama Pendaftar, NISN, Jurusan Utama yang dipilih, Jurusan Kedua yang dipilih, Tempat Tanggal Lahir (TTL), Nomor Telepon, Tanggal Pendaftar, Status pendaftar, dan juga disediakan akses untuk melihat data dan Download Bukti Pendaftaran dari Admin. Di dalam fitur ini juga terdapat Search Nama Pendaftar, fasilitas untuk mencari Pilihan Hasil akhir untuk menentukan siapa siswa yang dijadikan Status diterima, Cadangan dan Ditolak serta adanya fitur Export Data dalam bentuk File Excel yang digunakan untuk keperluan Administasi Selolah, dll.

8. Hasil Tes

Di menu Hasil Tes ini, Admin PPDB Online SMK bisa melihat berapa Data hasil tes calon siswa baru yang sudah di seleksi oleh TIM PPDB Online yang telah di umumkan dengan data yaitu No Urut. No Peserta, Nama Siswa,  Alamat, Nilai, Nem, Nilai Tes, Total Nilai dan Keterangan. Selain itu juga bisa mengekspor data, Menambah, mengedit Nilai dan menghapus Data.

8. Halaman Statis

Halaman statis adalah halaman tetap, Jadi halaman utamanya tidak pernah berubah. Di Menu Halaman ini terdapat beberapa data yang bisa kita edit sesuai keinginan, misalnya membuat halaman statis Prosedur Daftar Ulang, Agenda, Petunjuk / Prosedur Pendaftaran, dan juga Beranda yang masing-masing halaman statis bisa kita beri informasi sesuai masing halaman statis.

9. Sidebar

Seperti namanya, sidebar ini adalah bar di samping. Sidebar ini merpakan fitur dari halaman web yang prinsip sidebar ini merupakan sebuah kolom vertikal untuk menampilkan informasi selain dari isi utama pada halaman situs tersebut. Pada setiap web biasanya menyediakan sebuah sidebar pada bagian kiri atau bagian kanan dari isi utama halaman tersebut. Pada Menu Sidebar ini berisi informasi seperti Link Informasi, Layanan/Online Service, dan Informasi Penting lainnya yang bisa kita tambah atau kurangi (hapus)

10. Setting

Di Menu Setting ini cukup simpel, karena hanya digunakan untuk mensetting Kapan Pembukaan PPDB Online dimulai dan berakhir serta mensetting waktu pengumuman Kelulusan Pendaftar.

11. User

Seperti namanya, halaman ini berfungsi menampilkan data pengguna yang terdaftar dan yang berhak untuk mengelola aplikasi web ini, halaman ini memiliki tabel dan beberapa kolom yang menampilkan informasi seperti nomor, username, Nama Lengkap, Email, Level berupa hak akses Web (Admin/User) Fitur Pemblokiran hak akses, dan kolom aksi yang berisi tombol edit data pengguna.
 
Nah kawan - kawan, itu adalah semua fitur dan menu yang tersedia dan yang dapat kami informasikan pada aplikasi Website PPDB SMK - Aplikasi Website Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis PHP dan MySQLi.. Untuk lebih detailnya, berikut adalah screenshot dari aplikasi website PPDB Online SMK:
 
 
Akhirnya, cukup sekian penjelasan tentang aplikasi website PPDB Online SMK ini, apabila ada yang kurang jelas silahkan kontak saya melalui media sosial saya atau berkomentar dan saya ucapkan terma kasih telah mengunjungi blog saya  dan jangan lupa untuk share ya kawan - kawan.