"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Modul Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Sma-Ma

Modul Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA-MA - Pernahkah kalian mendengarkan kritik bahwa Indonesia baru merdeka secara politik, tetapi di bidang lainnya Indonesia masih terjajah?. Hal ini mungkin saja benar adanya, misalnya kita belum sepenuhnya merdeka secara ekonomi alasannya adalah Indonesia masih bergantung terhadap negara lain.
 
Sejarah Indonesia Sekolah Menengan Atas


Hutang Indonesia kepada abnormal dari tahun ke tahun bertambah, produk dalam negeri Indonesia masih kalah bersaing bahkan di negeri sendiri. Lihat saja barang kebutuhan sehari-hari yang kalian beli dominan bikinan perusahaan abnormal.

Anak-anak muda lebih suka budaya ajaib seperti K-Pop dari korea atau budaya eropa daripada budaya Indonesia. Kita lebih besar hati makan pizza, humburger, sushi, dari pada makan singkong dan tempe. Apa bahu-membahu yang menjadi penyebab semua itu?. 

Apakah ada korelasi sejarah era lalu dengan era kini?. Apakah perilaku atau mentalitas kita yang inferior dan tidak nasionalis seperti itu ialah keberlanjutan dari kala lalu bangsa kita yang pernah menjadi bangsa yang terjajah?. 

Menarik untuk kita pelajari gotong royong dalam modul ini. Dalam Modul ini kita akan mempelajari proses masuknya bangsa-bangsa gila (eropa) ke Indonesia. Bagaiamana mereka menjajah bangsa kita dan bagaiamana kalian mampu mengambil pelajaran dan pesan tersirat dari kejadian kelam yang terjadi pada kurun kemudian tersebut.

Modul Pembelajaran tersebut telah disusun berdasarkan jenjang kelas serta Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran yang mesti diajarkan. Sebagaimana kita ketahui di dikala pandemi seperti sekarang ini, modul dapat menggantikan sebagian fungsi guru, namun guru juga harus berada dalam pembelajaran biar proses pembelajaran lebih terarah.

Modul umumnya sangat detail mengenai pembelajaran mulai dari tujuan, penyusunan rencana, bahan pembelajaran hingga penilaian yang dipakai dalam pembelajaran. Peserta didik sendiri akan menerapkan seluruh acara maupun tutorial yang mesti dijalankan pada pembelajaran yang memakai modul.

Modul itu mempunyai empat fungsi diantaranya sebagai Bahan Ajar Mandiri, Pengganti sebagian Fungsi Pendidik, selaku Alat Evaluasi dan sebagai Bahan Rujukan.

Modul Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Sekolah Menengan Atas-MA




  • Modul KD 3.2 : Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Bangsa Barat
  • Modul KD 3.3 : Dampak Politik, Budaya, Sosial, Ekonomi dan Pendidikan pada Masa Penjajahan Bangsa Eropa
  • Modul KD 3.6 : Peran Tokoh-Tokoh Nasional dan Daerah dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia 
  • Modul KD 3.7 : Proklamasi Kemerdekaan dan Maknanya bagi Bangsa Indonesia
  • Modul KD 3.9 : Peran Serta Nilai-Nilai Perjuangan Proklamator Bung Karno dan Bung Hatta di Sekitar Proklamasi 
  • Modul KD 3.10 : Strategi Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia  

Demikian info wacana Modul Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 Sekolah Menengan Atas-MA, biar berguna dan silahkan bagikan.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar