"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

30 Contoh Soal & Pembahasan Ujian Kompetensi Teknis PPPK Guru IPS SMP

30 Contoh Soal & Pembahasan Ujian Kompetensi Teknis PPPK Guru IPS SMP


BAHYUDINNOR.COM - Kamu bisa mengerjakan 30 Contoh Soal Ujian Kompetensi Teknis PPPK Guru Mata Pelajaran IPS SMP ini sebagai bentuk persiapan untuk memeperdadlam pemahaman skill dalam menjawab soal-soal IPS SMP.
30 Contoh Soal Ujian Kompetensi Teknis PPPK Guru Mata Pelajaran IPS SMP ini juga dilengkapi dengan kunci jawaban, so kamu bisa melihat mana jawaban yang masih kurang tepat.

Perlu diketahui, Tes Ujian Seleksi Kemampuan Teknis PPPK tidak hanya mengujikan pemahaman anda mengenai kemampuan Teknis Mata Pelajaran IPS SMP saja, Namun ada beberapa ujian kemampuan juga, yuk coba kerjakan latihan kompetensi lainnya di bawah ini;

SOAL TES PPPK KOMPETENSI
MATA PELAJARAN IPS SMP

 Soal No 1
Berikut ini merupakan contoh alat/media pembelajaran IPS berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ,kecuali….
 
 
A. Video pembelajaran
 
B. Film documenter
 
C. Overhead Projector
 
D. Close Circuit Television
 
E. Computer Assisted Instruction
Pembahasan
Pembahasan:
Overhead projector (OHP) merupakan jenis perangkat keras (hardware) yang sederhana, terdiri atas sebuah kotak yang bagian atasnya sebagai landasan yang luas untuk meletakkan transparansi yang memuat materi pengajaran. Overhead projector dapat menghasilkan cahaya yang amat terang dari lampu proyektor yang diproyeksikan ke layar OHP. Overhead projector berfungsi untuk memproyeksikan (menyajikan) transparansi. Proyektor ini direncanakan dibuat untuk dan dapat digunakan oleh guru didepan kelas dengan penerangan yang normal, sehingga tetap terjadi komunikasi antar siswa dan guru.
 
Jawaban yang benar : C
 
 Soal No 2
Salah satu dampak negatif migrasi sirkuler terhadap perubahan sosial budaya di masyarakat adalah munculnya paham yang menganggap bahwa hidup ini bertujuan unrtuk mencari kebahagiaan duniawi sebanyak mungkin.Paham ini sering disebut sebagai ….
 
 
A. Sekulerisme
 
B. Konsumerism
 
C. Hedonisme
 
D. Kapitalisme
 
E. Egiosme
Pembahasan
Pembahasan :
Migrasi sirkuler atau pergerakan penduduk dari suatu wilayah menuju wilayah lain tanpa ada niat untuk menetap di daerah tujuan, selain ada dampak positifnya,juga menimbulkan dampak negatif tehadap perubahan sosial budaya di masyarakat yang lebih menonjolkan kehidupan duniawi, yaitu memunculkan paham sekulerisme, konsumerisme, hedonisme. Fenomena mobilitas sosial dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, dan memiliki dampak cukup besar dalam kehidupan bermasyarakat. Dampak positif terhadap sosial budaya.
1) Menciptakan lapangan kerja
2) Menciptakan tenaga kerja profesional
3) Menarik tenaga kerja asing
4) Peningkatan inefisiensi kerja
5) Memicu kegiataan ekonomi masyarakat
Mobilitas sosial lebih mudah terjadi pada masyarakat terbuka karena lebih memungkinkan untuk berpindah strata. Sebaliknya, pada masyarakat yang sifatnya tertutup kemungkinan untuk pindah strata lebih sulit. Contohnya, masyarakat feodal atau pada masyarakat yang menganut sistem kasta. Pada masyarakat yang menganut sistem kasta, bila seseorang lahir dari kasta yang paling rendah untuk selamanya ia tetap berada pada kasta yang rendah. Dia tidak mungkin dapat pindah ke kasta yang lebih tinggi, meskipun ia memiliki kemampuan atau keahlian. Karena yang menjadi kriteria stratifikasi adalah keturunan. Dengan demikian, tidak terjadi gerak sosial dari strata satu ke strata lain yang lebih tinggi.
Secara umum, cara orang untuk dapat melakukan mobilitas sosial ke atas adalah sebagai berikut:
 
Kenaikan penghasilan
Kenaikan penghasilan tidak menaikan status secara otomatis, melainkan akan mereflesikan suatu standar hidup yang lebih tinggi. Ini akan memengaruhi peningkatan status.
Contoh: Seorang pegawai rendahan, karena keberhasilan dan prestasinya diberikan kenaikan pangkat menjadi Menejer, sehingga tingkat pendapatannya naik. Status sosialnya di masyarakat tidak dapat dikatakan naik apabila ia tidak mengubah standar hidupnya, misalnya jika dia memutuskan untuk tetap hidup sederhana seperti ketika ia menjadi pegawai rendahan.
 
Perkawinan
Untuk meningkatkan status sosial yang lebih tinggi dapat dilakukan melalui perkawinan.
Contoh: Seseorang wanita yang berasal dari keluarga sangat sederhana menikah dengan laki-laki dari keluarga kaya dan terpandang di masyarakatnya. Perkawinan ini dapat menaikan  status seorang wanita tersebut.
 
Perubahan tempat tinggal
Untuk meningkatkan status sosial, seseorang dapat berpindah tempat tinggal dari tempat tinggal yang lama ke tempat tinggal yang baru. Atau dengan cara merekonstruksi tempat tinggalnya yang lama menjadi lebih megah, indah, dan mewah. Secara otomatis, seseorang yang memiliki tempat tinggal mewah akan disebut sebagai orang kaya oleh masyarakat, hal ini menunjukkan terjadinya gerak sosial ke atas.
 
Perubahan tingkah laku
Untuk mendapatkan status sosial yang tinggi, orang berusaha menaikkan status sosialnya dan mempraktikkan bentuk-bentuk tingkah laku kelas yang lebih tinggi yang diaspirasikan sebagai kelasnya. Bukan hanya tingkah laku, tetapi juga pakaian, ucapan, minat, dan sebagainya. Dia merasa dituntut untuk mengkaitkan diri dengan kelas yang diinginkannya.
Contoh: agar penampilannya meyakinkan dan dianggap sebagai orang dari golongan lapisan kelas atas, ia selalu mengenakan pakaian yang bagus-bagus. Jika bertemu dengan kelompoknya, dia berbicara dengan menyelipkan istilah-istilah asing.
 
Perubahan nama
Dalam suatu masyarakat, sebuah nama diidentifikasikan pada posisi sosial tertentu. Gerak ke atas dapat dilaksanakan dengan mengubah nama yang menunjukkan posisi sosial yang lebih tinggi.
Contoh: Di kalangan masyarakat feodal Jawa, seseorang yang memiliki status sebagai orang kebanyakan mendapat sebutan "kang" di depan nama aslinya. Setelah diangkat sebagai pengawas pamong praja sebutan dan namanya berubah sesuai dengan kedudukannya yang baru seperti "Raden"
 
Jawaban yang benar : C
 
 Soal No 3
Permendikbud Nomor 20 tahun 2016 pada esensinya berisikan tentang….
 
 
A. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
 
B. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
 
C. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
 
D. Standar Proses Pendidikan
 
E. Standar Penilaian Pendidikan
Pembahasan
Pembahasan:
Ada 5 Permendikbud tahun 2016 yang menjadi landasan hukum kurikulum 2013 sebagai pengganti Permendikbud tahun 2013.
Permendikbud no. 20 tahun 2016 mengenai standar kompetensi lulusan
Permendikbud no. 21 tahun 2016 mengenai standar isi Permendikbud no. 22 tahun 2016 mengenai standar proses Permendikbud no. 23 tahun 2016 mengenai standar penilaian Permendikbud no. 24 tahun 2016 mengenai kompetensi inti dan kompetensi dasar
 
Jawaban yang benar : A 
 
 Soal No 4
Dalam kurikulum 2013, guru dituntut untuk melaksanakan penilaian autentik yang mencakup penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan . Dalam pembelajaran IPS penilaian keterampilan peserta didik dapat dilakukan melalui kegiatan berikut, kecuali…
 
 
A. Simulasi /demonstrasi
 
B. Presentasi tugas
 
C. Membuat portofolio tugas
 
D. Mengerjakan soal di depan kelas
 
E. Merangkum materi pelajaran
Pembahasan
Pembahasan:
Penilaian keterampilan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu diberbagai macam konteks sesuai dengan indicator pencapaian kompetensi.
Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan berbagai teknik, antara lain:
1. Penilaian praktik: mengukur capaian pembelajaran yang berupa keterampilan proses
2. Penilaian produk: mengukur capaian pembelajaran yang berupa keterampilan dalam  membuat produk-produk teknologi dan   seni
3. Penilaian projek: mengukur kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuan melalui penyelesaian suatu tugas projek dalam periode waktu tertentu
4. Penilaian portofolio: sampel karya siswa terbaik dari KD pada KI-4 untuk mendeskripsikan capaian kompetensi keterampilan (dalam satu semester)
 
Jawaban yang benar : E
 
 Soal No 5
Berikut inimerupakan manfaat hasil penilaian formatif dalam pembelajaran IPS, kecuali ….
 
 
A. Merancang program remedial
 
B. Merancang program pengayaan
 
C. Perbaikan proses pembelajaran
 
D. Mengisi nilai dalam raport
 
E. Merancang perbaikan pembelajaran
Pembahasan
Pembahasan:
Penilaian formatif adalah aktifitas guru dan siswa yang dimaksudkan untuk memantau kemajuan belajar siswa selama proses belajar berlangsung. Penilaian ini akan memberikan umpan balik bagi penyempurnaan program pembelajaran.
Tujuan penilaian formatif adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran bukan hanya untuk menentukan tingkat kemampuan siswa. Selain itu, penilaian formatif bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilakukan dan menggunakan informasi tersebut untuk memperbaiki, mengubah atau memodifikasi pembelajaran agar lebih efektif dan dapat meningkatkan kompetensi siswa.
Hasil penilaian formatif ini bermanfaat bagi guru dan siswa. Manfaat bagi guru yaitu guru akan mengetahui sejauh mana bahan pelajaran dikuasai dan dapat memperkirakan hasil penilaian sumatif. Jika guru mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam menguasai materi pelajaran, maka guru dapat membuat keputusan apakah suatu materi pembelajaran perlu diulang atau tidak. Jika harus diulang, guru juga harus memikirkan strategi pembelajaran yang akan ditempuh.
 
Jawaban yang benar : D
 
 Soal No 6
Prosedur/langkah awal dalam pengembangan/pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran IPS adalah…..
 
 
A. Merumuskan kompetensi hasil belajar
 
B. Merumuskan indikator hasil belajar
 
C. Merumuskan materi pelajaran secara terinci
 
D. Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa
 
E. Menulis naskah media pembelajaran
Pembahasan
Pembahasan:
Teknologi berbasis komputer telah memberikan sumbangsih yang sangat besar alam dunia pendidikan dan khususnya pada proses pembelajaran IPS.
Pembuatan media pembelajaran buka ditekankan pada kebutuhan guru dalam penyampaian materi ajar tetapi harus didasarkan kepada dengan kebutuhan siswa.
Media pembelajaran ada yang bersigat visual, audio, dan audio visual. Dari karakteristik media ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing tetapi sebagai guru harus dengan bijak mengambil pilihan dari media apembelajaran tersebut.
 
Jawaban yang benar : D
 
 Soal No 7
Dalam kurikulum 2013, proses pembelajaran diharuskan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan ini harus tertulis pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPS. Berikut ini merupakan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, kecuali...
 
 
A. Mengamati
 
B. Mengumpulkan informasi
 
C. Mengasosiasi
 
D. Mengkomunikasikan
 
E. Mengevaluasi
Pembahasan
Pembahasan:
Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang agar peserta didik secara aktif mengkonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan hukum, konsep / prinsip yang diperoleh siswa.
 
Jawaban yang benar : E
 
 Soal No 8
Kebanyakan masalah dan pengalaman (termasuk pengalaman belajar) bersifat interdisipliner, sehingga untuk memahami, mempelajari dan memecahkannya diperlukan multi-skills. Sesuai kurikulum 2013, materi pembelajaran IPS mencakup berbagai konsep secara komprehensip, seyogyanya penyajian diorganisasikan dengan menggunakan prinsip dan pendekatan…..
 
 
A. Parsial
 
B. Disiplin
 
C. Terpadu
 
D. Terpisah
 
E. Komprehensif
Pembahasan
Pembahasan :
Karakteristik IPS terlihat pada unsurnya, unsur yang kompleks yang merupakan gabungan berbagai konsep dari ilmu-ilmu sosial sehingga memiliki pemahaman utuh (komprehensip). KI -dan KD IPS juga merupakan sebuah tema dari gabungan ilmu-ilmu sosial. Tema tersebut dapat berupa masalah sosial, peristiwa dan perubahan kehidupan masyarakat, kewilayahan, adaptasi dan pengelolaan lingkungan dan kebutuhan manusia.
Karena itu, pendekatan yang direkomendasikan bersifat terpadu atau pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa disiplin ilmu (interdisiplin) untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan luas kepada peserta didik sehingga tidak tampak mono disiplin keilmuannnya.
 
Jawaban yang benar : C
 
 Soal No 9
Melalui pembelajaran ilmu pengetahuan sosial dapat di masukkan nilai-nilai pendidikan karakter dengen mengintegrasikan materi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial tersebut. Salah satu upaya untuk menghubungkan materi pembelajaran IPS dengan pengembangan karakter adalah….
 
 
A. Gunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan sistuasi
 
B. Guru harus banyak bercerita terntang materi pembelajaran
 
C. Cantumkan aspek karakter dalam kompetensi dasar
 
D. Kembangkan materi pembelajaran dengan memuat aspek nilai
 
E. Kembangkan sistem penilaian untuk memantau karakter
Pembahasan
Pembahasan:
IPS sebagai program pendidikan dan bidang pengetahuan, tidak hanya menyajikan pengetahuan social semata-mata, melainkan harus pula membina peserta didik menjadi warga masyarakat, bangsa dan Negara yang memiliki tanggung jawab. Dengan demikian, pokok bahasan yang disajikan tidak hanya terbatas pada materi yang besifat pengetahuan, melainkan juga meliputi nilai-nilai yang wajib melekat pada diri peserta didik.
Melalui pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS diharapkan mampu membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, sehingga mampu mengantisipasi gejala krisi moral dan berperan dalam rangka pembinaan generasi muda.
 
Jawaban yang benar : D
 
 Soal No 10
Kebanyakan masalah dan pengalaman (termasuk pengalaman belajar) bersifat interdisipliner, sehingga untuk memahami, mempelajari dan memecahkannya diperlukan multi-skills. Sesuai kurikulum 2013, materi pembelajaran IPS mencakup berbagai konsep secara komprehensip, seyogyanya penyajian diorganisasikan dengan menggunakan prinsip dan pendekatan…..
 
 
A. Parsial
 
B. Disiplin
 
C. Terpadu
 
D. Terpisah
 
E. Komprehensif
Pembahasan
Pembahasan :
Karakteristik IPS terlihat pada unsurnya, unsur yang kompleks yang merupakan gabungan berbagai konsep dari ilmu-ilmu sosial sehingga memiliki pemahaman utuh (komprehensip). KI -dan KD IPS juga merupakan sebuah tema dari gabungan ilmu-ilmu sosial. Tema tersebut dapat berupa masalah sosial, peristiwa dan perubahan kehidupan masyarakat, kewilayahan, adaptasi dan pengelolaan lingkungan dan kebutuhan manusia.
Karena itu, pendekatan yang direkomendasikan bersifat terpadu atau pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa disiplin ilmu (interdisiplin) untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan luas kepada peserta didik sehingga tidak tampak mono disiplin keilmuannnya.
 
Jawaban yang benar : C
 
 Soal No 11
Adanya pertumbuhan penduduk yang pesat dan berkurangnya ruang publik, maka mempengaruhi kesimbangan dengan lingkungan sosial budaya . Begitu pentingnya peristiwa tersebut, sehingga membawa pengaruh terhadap....
 
 
A. Kegiatan distribusi meningkat
 
B. Kebijakan khusus oleh pemerintah
 
C. Upaya mengendalikan Inflasi yang meningkat
 
D. Kegiatan distribusi meningkat
 
E. Upaya mengendalikan Inflasi yang meningkat
Pembahasan
Pembahasan:
Faktor lingkungan terdiri dari 1) lingkungan sosial-budaya yaitu pendidikan, pekerjaan, pendapatan, kebudayaan, dan agama; 2) lingkungan fisik dan biologi baik yang merupakan sumber daya alam maupun rekayasa manusia. Termasuk di dalamnya sumber air, sanitasi lingkungan, pencemaran, sumber vektor dan lainnya; Faktor gaya hidup meliputi sikap dan perilaku. Faktor genetik meliputi sistem immunitas individu, dan penyakit yang diturunltan; sedangltan faktor pelayanan kesehatan meliputi pencegahan, pengobatan, perawatan dan rehabilitasi.
Ada beberapa ruang terbuka (RTH dan RTNH) yang dikategorikan sebagai ruang publik yang sangat penting dijaga keberlangsungannya dalam suatu lingkungan permukiman kota, diantaranya sebagai berikut: a. taman dan pekarangan, seperti taman perkotaan, taman hutan raya, dan pekarangan rumah; b. fasilitas olahraga luar ruang (dengan permukaan alami atau buatan, baik dimiliki oleh publik maupun privat), seperti lapangan tenis, lapangan golf, sekolah, dan lapangan bermain; c. RTH untuk amenitas (pada umumnya berada di perumahan), seperti ruang rekreasi informal, RTH komunal di dalam dan sekitar perumahan, serta perdesaan; d. penyediaan fasilitas untuk anak dan remaja, seperti taman bermain, lapangan basket, dll; e. koridor hijau, seperti sungai, jalur pejalan kaki, dan jalur sepeda; f. RTH yang bersifat alami dan semi-alami, seperti hutan kota, lapangan rumput, dll; g. pemakaman; dan h. ruang publik, seperti pasar dan area perkerasan yang dirancang untuk pejalan kaki.
 
Jawaban yang benar : B
 
 Soal No 12
Interaksi antarwilayah dapat melahirkan gejala kenampakkan dan permasalahan baru, yang dapat mengakibatkan proses pengerakan/dinamikan dalam kehidupan manusia. Proses pergerakan yang terkait dengan kehidupan manusia adalah....
 
 
A. Pergerakan manusia, informasi dan materi/benda
 
B. Pergerakan manusia dan hewan
 
C. Urbanisasi dan budaya mudik
 
D. Pergerakan barang dan jasa
 
E. Pergerakan migrasi sirkuler
Pembahasan
Pembahasan :
Dalam analisis ekonomi regional harus disadari bahwa dalam suatu wilayah terdapat perbedaan yang menciptakan suatu hubungan yang unik antara suatu bagian dengan bagian lain dalam wilayah tersebut. Ada tempat-tempat dimana penduduk/kegiatan berkonsentrasi dan ada tempat dimana penduduk/kegiatan kurang terkonsentrasi. Hubungan antara kedua tempat tersebut yang oleh Tarigan dikatakan sebagai hubungan antara kota dengan wilayah belakangnya (hinterland). Lebih lanjut Tarigan menerangkan bahwa 49 hubungan antara kota dan daerah belakangnya dapat dibedakan antara kota generatif, kota parasitif dan kota enclave.
 
Jawaban yang benar : A
 
 Soal No 13
Memahami bagaimana perbedaan budaya sangat penting, dan mempengaruhi praktik komunikasi, mengidentifikasi kesulitan yang muncul dalam komunikasi antar budaya, Salah satu  syarat terjadinya komunikasi yang efektif dengan peserta didiknya., guru harus memiliki “ empati “ terhadap peserta didiknya. Maksud pernyataan ini adalah….
 
 
A. Guru harus memiliki sikap saling menghargai dengan peserta didiknya
 
B. Guru harus memiliki kemampuan untuk menetapkan diri pada situasi dan kondisi yang dihadapi peserta didiknya.
 
C. Guru harus mengenali karakteristik peserta didik, baik secara individual maupun kelompok
 
D. Guru harus memiliki kemampuan mendengarkan dan memahami perasaan orang lain
 
E. Guru harus kemampuan bertanya dan mendengarkan keluhan peserta didiknya
Pembahasan
Pembahasan:
Empati merupakan kekuatan untuk mengerti pikiran dan perasaan orang lain. Empati ini sebagai cara yang pokok kea rah pemahaman dari orang lain. Pembelajaran dengan empati merupakan suatu komponen strategi yang kuat dan praktis dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan belajar yang berbeda dari para siswa yang sangat memerlukan lebih dari pada sekedar lembar kerja.
 
Jawaban yang benar : B
 
 Soal No 14
Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan dalam masyarakat. Lahirnya media sosial menjadikan pola perilaku masyarakat mengalami pergeseran baik budaya, etikan dan norma yang ada. Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar dengan berbagai kultur suku, ras dan agama yang beraneka ragam memiliki banyak sekali potensi perubahan sosial. Dari berbagai kalangan dan usia hampir semua masyarakat Indonesia memiliki dan menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana guna memperoleh dan menyampaikan informasi ke publik. Berikut ini pernyataan yang kurang tepat kaitannya interaksi sosial dengan perubahan sosial adalah....
 
 
A. Perubahan sosial memengaruhi sistem sosialnya.
 
B. Nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat merupakan bagian dari perubahan sosial
 
C. Perubahan sosial dapat disebabkan oleh faktor geografis suatu masyarakat
 
D. Ruang lingkup perubahan socialmeliputi unsur-unsur kebudayaan, baik material maupun yang immaterial
 
E. Perubahan-perubahan  dan dinamika sosial selalu berhubungan dengan perubahan progresif
Pembahasan
Pembahasan :
Interaksi sosial antara komunitas masyarakat sekitar dipengaruhi oleh berbagai faktor, yakni situasi sosial, kekuasaan norma kelompok, tujuan pribadi, kedudukan dan kondisi individu serta penafsiran situasi. Kendala-kendala yang dihadapi dalam interaksi sosial antara komunitas dengan masyarakat sekitar adalah perbedaan bahasa yang sulit dipahami oleh masyarakat sekitar,dan adanya perbedaan nilai antara kedua kelompok sosial tersebut.
 
Jawaban yang benar : E
 
 Soal No 15
Penilaian hasil belajar dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan dan pemerintah. Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pendidik dan satuan pendidikan merupakan penilaian internal (internal assessment), sedangkan penilaian yang diselenggarakan oleh pemerintah merupakan penilaian eksternal (external assessment). Berikut ini merupakan persyaratan kisi-kisi yang harus dibuat guru, kecuali….
 
 
A. Menggunakan format yang ditentukan pihak sekolah
 
B. Dapat dijadikan pedoman dalam menulis soal
 
C. Memuat komponen materi dan kemampuan yang akan diukur
 
D. Materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
 
E. Mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat dan proprsional
Pembahasan
Pembahasan :
Kisi-kisi adalah suatu format berupa matriks yang memuat pedoman untuk menulis soal menjadi suatu tes.
Syarat kisi-kisi:
1. Mewakili isi kurikulum/ kemampuan yang akan diujikan
2. Komponen-komponen rinci, jelas dan mudah dipahami
3. Soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan indicator dan bentuk soal yang ditetapkan
Komponen kisi-kisi terdiri atas:
1)Kelompok identitas:
a. jenis institusi
b. program
c. bidang studi
d. tahun pelajaran
e. kurikulum yang digunakan
f. jumlah soal
g. bentuk soal
2)Kelompok matriks
a. kompetensi dasar
b. materi
c. indicator soal
d. nomor urut soal
 
 
Jawaban yang benar : A
 
 Soal No 16
Berikut ini pernyataan yang menunjukkan karakeristik kehidupan ekonomi masyarakat desa, kecuali …
 
 
A. Penduduk desa kebanyakan bekerja di sektor pertanian
 
B. Terorganisir pada paguyuban petani
 
C. Standar penghasilan berbeda beda
 
D. Menghasilkan produk kerajinan
 
E. Menggunakan standar upah minimum regional
Pembahasan
Pembahasan:
Kehidupan ekonomi masayarakat desa memiliki karakeristik yang khas dan berbeda jika dibandingkan dengan masyarakat kota.Mayoritas bekerja di sektor pertanian, menghasilkan produk kerajinan dan pertanian, standar penghasilannya berbeda-beda karena tidak terikat upah minimum, terorganisir pada paguyuban atau kelompok petani
 
Jawaban yang benar : C
 
 Soal No 17
Berikut ini merupakan hubungan antara berbagai komponen sistem pembelajaran (kompetensi , materi, proses/kegiatan, media , dan penilaian), kecuali…..
 
 
A. Materi pembelajaran dirancang sesuai dengan kompetensi dasar mata pelajaran
 
B. Kegiatan pembelajaran dirancang berdasarkan materi pembelajaran
 
C. Penilaian disusun berdasarkan indikator pencapaian kompetensi
 
D. Media pembelajaran dirancang berdasarkan materi pembelajaran dan pengalaman belajar peserta didik.
 
E. Rancangan  penilaian disesuaikan dengan materi yang telah dikembangkan
Pembahasan
Pembahasan:
penilaian adalah suatu proses pengumpulan, pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Dalam melaksanakan penilaian, guru atau pendidik dan satuan pendidikan harus mengacu pada standar penilaian pendidikan.
 
Jawaban yang benar : E
 
 Soal No 18
Letak kepulauan Indonesia berada di jalur pegunungan muda dunia (ring of fire), sehingga membawa pengaruh pada kehidupan sosial-ekonomi ....
 
 
A. Kaya flora dan fauna
 
B. Kaya sumber tambang batu bara
 
C. Masyarakat memiliki ciri sub sistem
 
D. Kaya keanekaragaman sumber daya alam
 
E. Masyarakat cenderung malas tergantung alam
Pembahasan
Pembahasan:
Sumber daya alam hayati Indonesia dan ekosistemnya yang mempunyai kedudukan serta peranan penting bagi kehidupan adalah karunia Tuhan Yang Maha Esa, apalagi dengan adanya persebaran secara geografis maka akan mempengaruhi sumber daya yang ada di masing masing daerah, oleh karena itu perlu dikelola dan dimanfaatkan secara lestari, selaras, serasi dan seimbang bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia pada khususnya dan umat manusia pada umumnya, baik masa kini maupun masa depan.
 
Jawaban yang benar : D
 
 Soal No 19
Perhatikan kurva di bawah ini!
 
Manakah pernyataan yang paling tepat untuk menunjukkan hubungan antara penawaran dan harga ?
 
 
A. Terdapat  hubungan positif antara harga dengan jumlah barang yang ditawarkan
 
B. Jumlah barang yang ditawarkan tidak sebanding dengan tingkat harga barang
 
C. Semakin rendah tingkat harga, semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan
 
D. Semakin naik tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang yang ditawarkan
 
E. Semakin tinggi harga yang ditawarkan maka semakin berkurang yang membelinya
Pembahasan
Pembahasan:
Menurut hukum penawaran, jika harga barang meningkat, jumlah barang yang ditawarkan akan meningkat pula dengan sayarat ceteris paribus (faktor lain dianggap tetap). Dengan kata lain terdapat hubungan positif antara tingkat harga dengan penawaran.Produsen akan diuntungkan jika harga barang mengalami kenaikan, sehingga ia akan meningkatkan jumah produksi barangnya.
 
Jawaban yang benar : A
 
 Soal No 20
Terdapat sekelompok remaja yang sengaja meninggalkan rumah dan rela menjadi anak jalanan. Mereka merasakan kebebasan dan kesetaraan. Salah satu geng punya slogan Equality. Salah satu alasanmereka hidup bersama dalam satu kelompok, merasakan dalam satu keluarga, dan merasa saling memberikan kasih sayang. Kasus ini menunjukkan...
 
 
A. Mereka hanya menggunakan sebagian hidupnya untuk menikmati dunia
 
B. Memberontak sistem politik suatu negara yang dianggap mengekang mereka
 
C. Remaja geng, sesungguhnya merindukan keluarga yang mampu memberikan afeksi
 
D. Sesungguhnya geng ini menginginkan kehidupan sama rata dan sama rasa, sehingga terwujud keselarasan
 
E. Geng tersebut menunjukkan bahwa keluarga mereka rata-rata dari kalangan menengah ke bawah yang tidak punya waktu untuk memberikan kasih sayang
Pembahasan
Pembahasan:
Pada materi pembahasan kali ini, kita akan melihat fungsi dan peran kelembagaan sosial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang terdapat di tengah-tengah masyarakat kita sendiri. Fungsi dan peran ini berbeda-beda sesuai dengan maksud dan tujuan didirikanya lembaga sosial itu sendiri. Ini artinya setiap lembaga sosial mempunyai aturan-aturan, alat dan tanggungjawab sendiri-sendiri untuk mencapai tujuannya.
Inti dari tujuan yang dimaksud adalah ditujukan untuk mewujudkan hidup yang tertib dan aman.Fungsi secara umum dari kelembagaan sosial ini, dapat kita kemukakan seperti berikut:
1. Sebagai pedoman bertingkah laku dan bersikap di dalam masyarakat.
2. Alat untuk keutuhan dan kesatuan masyarakat.
3. Sebagai pengawas dan pengendali tingkah laku setiap anggota (manusia) dalam bermasyarakat.
Lembaga sosial sering disebut pula pranata sosial. Lembaga sosial terbentuk karena proses-proses sosial yang berlangsung lama di dalam interaksi kemasyarakatan sehingga melembaga menjadi sebuah pranata sosial.
 
Jawaban yang benar : C
 
 Soal No 21
Dewasa ini pembelajaran dianjurkan menggunakan blanded learning, pembelajaran berbasis internet. Apabila guru IPS menggunakan aplikasi chatting untuk berkomikasi dan berdiskusi dengan para siswa, maka Teknologi Informasi sudah berperan sebagai….
 
 
A. Alat produksi dan penyaji materi pembelajaran
 
B. Pendistribusi materi pembelajaran
 
C. Penilai pembelajaran
 
D. Media kolaborasi pembelajaran
 
E. Pelaksana pembelajaran
Pembahasan
Pembahasan:
Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran. Dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai sebuah kompetensi berbantuan komputer. Dalam hal ini posisi teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai fasilitator, motivator transmitter dan evaluator.
 
Jawaban yang benar : D
 
 Soal No 22
Guru sebagai orang yang membelajarkan siswa sangat berkepentingan dengan masalah ini. Sehingga sebagai guru atau calon guru sebisa mungkin kita harus selalu berupaya untuk dapat meningkatkan motivasi belajar terutama bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar dengan menggunakan berbagai upaya yang dapat dilakukan oleh guru. Manakah pola interaksi lisan yang efektif untuk dikembangkan seorang guru dalam proses pembelajaran di kelas ?
 
 
A. Interaksi satu arah
 
B. Interaksi dua arah
 
C. Interaksi banyak arah
 
D. Interaksi berpusat pada guru
 
E. Interaksi sepihak
Pembahasan
Pembahasan:
Agar komunikasi dapat berjalan efektif, harus dipenuhi beberapa syarat :
1. Menciptakan suasana komunikasi yang menguntungkan
2. Menggunakan Bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti
3. Pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat bagi pihak komunikan
4. Pesan dapat menggugah kepentingan komunikan yang dapat menguntungkan  
5. Pesan dapat menumbuhkan suatu penghargaan bagi pihak komunikan  
 
Jawaban yang benar : C
 
 Soal No 23
Dalam pembelajaran IPS, peserta didik diharapkan dapat membangun sendiri pengetahuannya, mencari makna sendiri, mencari tahu tentang yang dipelajarinya dan menyimpulkan konsep dan ide baru dengan pengetahuan yang sudah ada dalam dirinya.. Sesuai dengan prinsip “ dari peserta didik diberi tahu menjadi peserta didik mencari tahu” teori belajar yang paling sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran IPS adalah ….
 
 
A. Behaviorisme
 
B. Positivisme
 
C. Konstruktivisme
 
D. Gestal
 
E. Stimulus respons
Pembahasan
Pembahasan :
Kontruktivisme  merupakan  salah  satu  komponen dari contekstual teaching learning. Kontruktivisme merupakan pengembangan pikiran  bahwa  siswa  akan  belajar  lebih  bermakna  jika  ia  diberi kesempatan untuk bekerja, menemukan dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan baru. Kontruktivisme adalah membangun pemahaman mereka sendiri dari pengalaman baru berdasar pada pengetahuan awal. Pembelajaran harus dikemas menjadi proses “mengkonstruksi” bukan menerima pengetahuan Knowledge-Based Constructivism, menekankan kepada pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka lewat keterlibatan aktif dalam proses belajar mengajar.
 
Jawaban yang benar : C
 
 Soal No 24
Berikut ini merupakan fungsi Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dalam sistem pembelajaran, kecuali….
 
 
A. Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran
 
B. Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran
 
C. Pedoman dalam merancang penilaian
 
D. Pedoman dalam menjabarkan kompetensi dasar
 
E. Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar
Pembahasan
Pembahasan :
Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan. Indicator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.
Fungsi indikator :
1) Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran Pengembangan materi pembelajaran harus sesuai dengan indicator yang dikembangkan. Indikator yang dirumuskan secara cermat dapat memberikan arah dalam pengembangan materi pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, potensi, dan kebutuhan peserta didik, sekolah, serta lingkungan.
2) Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran. Desain pembelajaran perlu dirancang secara efektif agar kompetensi dapat dicapai secara maksimal. Pengembangan desain pembelajaran hendaknya sesuai dengan indicator yang dikembangkan, karena indicator dapat memberikan gambaran kegiatan pembelajaran yang efektif untuk mencapai kompetensi.
3) Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar. Bahan ajar perlu dikembangkan oleh guru guna menunjang pencapaian kompetensi peserta didik. Pemilihan bahan ajar yang efektif harus sesuai tuntutan indicator sehingga dapat meningkatkan pencapaian kompetensi secara maksimal.
4) Pedoman dalam merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar. Indikator menjadi pedoman dalam merancang, melaksanakan, serta mengevaluasi hasil belajar. Rancangan penilaian memberikan acuan dalam menentukan bentuk dan jenis penilaian, serta pengambangan indicator penilaian.
 
Jawaban yang benar : D
 
 Soal No 25
Manakah  diantara  pernyataan  di  bawah ini yang mencerminkan konektivitas antar ruang dalam kehidupan ekonomi ?
 
 
A. Penduduk desa melakukan migrasi ke kota dalam rangka mencari pekerjaan
 
B. Penduduk kota kebanyakan bermata pencaharian di sektor jasa
 
C. Sebagian besar penduduk desa bermatapencaharian di sektor pertanian
 
D. Tidak semua daerah di Indonesia menghasilkan bahan bakar minyak
 
E. Sebagaian besar penduduk yang tinggal di daerah pantai bekerja sebagai nelayan
Pembahasan
Pembahasan:
Konektivitas artinya ketergantungan dalam kehidupan masyarakat dapat dibedakan atas konektivitas antar ruang dan antar  waktu.Konektivitas antar ruang menujukkan adanya ketergantungan antar ruang, misalnya antardesa dan kota. Dalam kehidupan ekonomi, konektivitas antar ruang sering terjadi contohnya banyak orang desa mencari pekerjaan ke kota karena lapangan pekerjaan banyak tersedia di kota,sedangkan di desa hanya terbatas pada sektor pertanian. Akibatnya banyak penduduk desa yang pergi ke kota untuk mencari pekerjaaan. Selain terjadi migrasi warga desa ke kota juga adanya pendistribusian pendapatan yang terjadi antar warga.
 
Jawaban yang benar : A
 
 Soal No 26
Sesuai dengan Standar Proses Pendidikan dalam Kurikulum 2013, salah satu prinsip pembelajaran yang harus diterapkan guru dalam IPS adalah “ dari peserta didik diberi tahu menjadi peserta didik mecari tahu “ Bedasarkan prinsip ini, maka pendekatan pembelajaran yang barus digunakan guru IPS adalah …
 
 
A. Deduktif
 
B. Induktif
 
C. Reflektif
 
D. Edukatif
 
E. Prespektif
Pembahasan
Pembahasan:
Pendekatan pembelajaran induktif adalah sebuah pembelajaran yang bersifat ilmiah dan sangat efektif untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan keterampilan berpikir kritis (critical tinking). Pendekatan pembelajaran induktif dirancang berdasarkan teori kontruktivisme dalam belajar. Pendekatan ini membutuhkan guru yang terampil dalam bertanya, melalui pertanyaan inilah guru akan membimbing siswa membangun pemahaman terhadap materi pelajaran dengan cara berpikir dan membangun ide-ide. Pada pembelajaran induktif guru memberikan informasi-informasi yang akan memberikan ilustrasi-ilustrasi tentang topik yang akan dipelajari siswa,selanjutnya guru membimbing siswa untuk menemukan pola-pola tertentu dari ilustrasi-ilustrasi yang di berikan.
 
Jawaban yang benar : B
 
 Soal No 27
Berikut ini merupakan kaitan Permendikbud No.20 tahun 2016 dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016
 
 
A. Standar Penilaian diperlukan uantuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan
 
B. Standar Proses diperlukan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan
 
C. Standar Penilaian diperlukan untuk menilai Standar Proses Pembelajaran
 
D. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dijabarkan dalam Standar Kompetensi Lulusan
 
E. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar merupakan jabaran dari Standar Kompetensi Lulusan
Pembahasan
Pembahasan:
Standar kompetensi lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan
Standar kompetensi lulusan digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standaar sarana dan prasarana, standar pengelolaan dan standar pembiayaan.
 
Jawaban yang benar : B
 
 Soal No 28
Republik Indonesia terdiri atas 17.508 pulau, mempunyai daratan seluas 1,9 juta km2 dan garis pantai sepanjang 80.791 km, serta cakupan laut seluas 3,1 juta km2 . Di negara ini terdapat pula gunung api yang berjumlah tidak kurang dari 200, berukuran rendah sampai tinggi dan bersalju, sungai-sungai lebar dan panjang, serta danau yang sifatnya bermacam-macam. Letak geologis kepulauan Indonesia berpengaruh terhadap keanekaragaman sumberdaya alam....
 
 
A. Keanekaragaman flora dan fauna antarwilayah Indonesia barat, tengah dan timur
 
B. Flora dan  fauna Indonesia timur memiliki kemiripan dengan Australia
 
C. Flora dan fauna Indonesia barat memiliki kemiripan dengan Asia
 
D. Keberadaan hutan Indonesia sebagai paru-paru dunia
 
E. Kekayaan biodiversity di wilayah kepulauan Indonesia
Pembahasan
Pembahasan:
Dalam hal letak geologis dan keanekaragaman, Indonesia pun menjadi unggulan dunia dan dianggap sebagai salah satu pusat keanekaragaman tanaman ekonomi dunia. Jenis-jenis kayu perdagangan, buah-buahan tropis (durian, duku, salak, rambutan, pisang ASTIRIN - Permasalahan Kehati di Indonesia 37 dan sebagainya), anggrek, bambu, rotan, kelapa dan lain-lain sebagian besar berasal dari Indonesia. Beberapa jenis tumbuhan, seperti pisang dan kelapa telah menyebar ke seluruh dunia. Oleh karena itu Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan keanekarangaman hayati terbesar di dunia (megadiversity) dan merupakan pusat keanekaragaman hayati dunia (megacenter of biodiversity) (Mac Kinnon, 1992).
 
Jawaban yang benar : A
 
 Soal No 29
Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, Berikut ini merupakan faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memilih/menentukan media pembelajaran IPS, kecuali...
 
 
A. Tingkat kesulitan materi pelajaran
 
B. Sistem penilaian yang digunakan
 
C. Tingkat usia dan kematangan siswa
 
D. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai
 
E. Ketersediaan media dan biaya
Pembahasan
Pembahasan:
Faktor dan kriteria yang perlu diperhatikan oleh guru dalam memilih dan menggunakan media, diantarnya :
1) Faktor tujuan
Media dipilih dan digunakan haruslah sesuai dengan tujuan pengajaran yang telah ditetapkan/dirumuskan
2) Faktor efektifitas
Dari berbagai media yang ada, haruslah dipilih media yang paling efektif untuk digunakan dan paling tepat/sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan
3) Faktor kemampuan guru dan siswa
Media yang dipilih dan digunakan haruslah sesuai dengan kemampuan yang ada pada guru dan siswa, sesuai dengan pola belajar serta menarik perhatian
4) Faktor fleksibilitas (kelenturan), tahan lama dengan kenyataan Dalam memilih media haruslah dipertimbangkan kelenturan dalam arti dapat digunakan dalam berbagai situasi, tahan lama (tidak sekali pakai langsung dibuang), menghemat biaya dan tidak berbahaya sewaktu digunakan.
5) Faktor kesediaan media
Sekolah tidak sama dalam menyediakan berbagai media yang dibutuhkan untuk kegiatan blajar mengajar. Hal ini sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing sekolah. Misalnya guru membuat sendiri, membuat bersama-sama siswa, membeli, menewa, dll.
6) Faktor kesesuaian antara manfaat dan biaya
Dalam memilih media haruslah dipertimbangkan apakah biaya pengadaannya sesuai dengan manfaat yang didapatkan.
7) Faktor kualitas dan teknik
Dalam pengadaan media, seorang guru harus mempertimbangkan kualitas dari media tersebut, tidak sekedar bisa dipakai. Media yang bermutu/berkualitas bisa tahan lama (tidak mudah rusak), dan sewaktu-waktu digunakan lagi tidak harus mengusahakan yang baru.
8) Objektifitas
Metode dipilih bukan atas kesenangan atau kebutuhan guru, melainkan keperluan system belajar. Karena itu perlu masukan dari siswa.
9) Program pengajaran
Program pengajaran yang akan disampaikan kepada anak didik harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku, baik menyangkut isi, struktur, maupun kedalaman.
10) Sasaran program
Media yang akan digunakan harus dilihat kesesuaiannya dengan tingkat perkembangan anak didik, baik dari segi Bahasa, symbol- simbol yang digunakan, cara dan kecepatan maupun waktu penggunaannya.
 
Jawaban yang benar : B
 
 Soal No 30
Berikut ini merupakan peranan Teknologi Informasi dalam pembelajara IPS, kecuali….
 
 
A. Alat produksi dan penyaji materi pembelajaran
 
B. Pendistribusi materi pembelajaran
 
C. Penilai pembelajaran
 
D. Media kolaborasi pembelajaran
 
E. Pelaksana pembelajaran
Pembahasan
Pembahasan :
Peran TIK dalam pembelajaran IPS
1) Peran tambahan (suplemen)
Peran guru tentunya akan senantiasa mendorong, menggugah/ menganjurkan peserta didiknya untuk mengakses materi pembelajaran melalui TIK yang disediakan. Peserta didik pun akan memiliki tambahan pengetahuan dan wawasan lebih bila menggunakan TIK tersebut
2) Peran pelengkap (komplemen)
Materi pembelajaran melalui TIK di programkan untuk menjadi materi pengayaan yang bersifat remedial bagi peserta didik di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran konvensional
3) Peran pengganti (substitusi)
tujuannya adalah untuk membantu mempermudah para siswa mengelola kegiatan pembelajaran sehingga para siswa dapat menyesuaikan waktu dan aktivitas lainnya dengan kegiatan pembelajaran.
 
Jawaban yang benar : E

πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡
==================

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar