"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Memahami Fungsi dan Kegunaan Toolbox Adobe Animate CC 2018

BAHYUDINNOR.COM Toolbox merupakan bagian dari Adobe Animate yang memiliki peranan yang sangat penting. Di dalamnya terdapat berbagai tool yang dapat kita gunakan untuk menggambar suatu objek atau memodifikasi objek tersebut. Nama beserta fungsinya akan dijelaskan sebagai berikut :

1. Fungsi dari tools 
Tools yang disediakan pada Adobe Animate ini berfungsi untuk mempermudah atau membantu kita dalam kegiatan pembuatan animasi. Berikut terdapat beberapa tools dan fungsinya yang terdapat pada Adobe Animate.
a. Selection Tool (V)
Selection tool berfungsi untuk memilih dan memindahkan objek-objek yang ada di dalam stage. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (V) pada keyboard.

b. Subselection Tool (A)
Subselection tool, mirip dengan Selection Tool, tetapi kita bisa memilih komponen-komponen terkecil bila objek yang aktif merupakan objek shape. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (A) pada keyboard.

c. Free Transform Tool dan Gradient Transform Tool (Q & F)
- Free Transform Tool digunakan untuk memanipulasi objek yang terpilih. Manipulasi yang bisa kita lakukan antara lain rotate, scaling, skew, dll. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (Q) pada keyboard.
- Gradient Transform Tool digunakan untuk memanipulasi warna gradien yang ada pada objek. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (F) pada keyboard.

d. 3D Rotation Tool (W)
3D Rotation berfungsi untuk memanipulasi objek menjadi gambar tiga dimensi. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (W) pada keyboard.

e. Lasso Tool (L)
- Lasso Tool digunakan untuk memilih bagian dar objek shape dengan bentuk yang kita inginkan. Tidak seperti selection Tool yang hanya memungkinkan kita memilih objek Shape dengan cakupan wilayah persegi. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (L) pada keyboard.
- Polygon tool berfungsi untuk membuat  persegi dengan sudut tergantung jumlah lekukan . tool ini bisa menggambar segitiga , segilima dll. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (L) pada keyboard.
- Magic Wand Tool berfungsi untuk menteleksi objek berbentuk vector yang memiliki atribut yang sama seperti warna , garis , gradient. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (L) pada keyboard.

f. Pen Tool (P)
- Pen Tool digunakan untuk menggambar objek shape secara manual. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (P) pada keyboard.
- Add Anchor Point Tool digunakan untuk menggambar objek shape secara manual. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (=) pada keyboard.
- Delete Anchor Point digunakan untuk menghapus vertex yang ada pada garis shape. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (-) pada keyboard.
- Convert Anchor Point berfungsi untuk merubah garis menjadi bentuk kurva. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (Shift+C) pada keyboard.

g. Text Tool (T)
Text Tool digunakan untuk menambahkan komponen teks pada satge, typenya antara lain Static text, dynamic text, input text. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (T) pada keyboard.

h. Line Tool (N)
Line Tool digunakan untuk menggambar garis lurus, hasilnya berupa garis shape. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (N) pada keyboard.

i. Rectangle Tool dan Rectangle Primitive Tool (R)
- Rectangle Tool digunakan untuk membuat objek shape berbentuk persegi. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (R) pada keyboard.
- Rectangle Primitive Tool digunakan untuk membuat gambar berupa persegi, yang modifikasinya tetap dipertahankan pada bentuk aslinya, type gambarnya bersifat vektor tapi bukan shape. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (R) pada keyboard.

j. Oval Tool (O)
- Oval Tool digunakan untuk membuat objek shape berbentuk oval/lingkaran. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (O) pada keyboard.
- Oval Primitive Tool digunakan untuk membuat gambar berupa Oval, yang modifikasinya tetap dipertahankan pada bentuk aslinya, type gambarnya bersifat vektor tapi bukan shape. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (O) pada keyboard.

k. PolyStar Tool 
Polystar Tool digunakan untuk membuat objek shape dengan banyak sisi.

l. Pencil Tool (SHIFT+Y)
Pencil Tool digunakan Untuk Menggambar garis secara bebas, hasilnya berupa garis shape. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (Shift+Y) pada keyboard.

m. Paint Brush Tool (Y)
Paint Brush Tool berfungsi untuk menggambar sesuai keinginan kita seperti kita sedang menggambar menggunakan kuas namun gambar yang di hasilnya berbentuk path. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (Y) pada keyboard.

n. Brush Tool (B)
Brush digunakan untuk mewarnai stage, seakan layaknya sebuah cat, bentuk yang dihasilkan merupakan objek shape. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (B) pada keyboard. 

o. Bone Tool (M)
- Bone Tool digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan pergerakan animasi. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (M) pada keyboard. 
- Bind Tool digunakan untuk mengedit dan memodifikasi titik sendi dari peranti Bone tool. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (M) pada keyboard.

p. Paint Bucket Tool (K)
Paint Bucket Tool digunakan untuk mewarnai pada suatu bidang/objek yang dipilih. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (K) pada keyboard.

q. Ink Bottle (S)
Ink Bottle digunakan untuk mewarnai pada tepi/edge dari objek yang dipilih. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (S) pada keyboard.

r. Eyedropper Tool (I)
Eyedropper digunakan untuk mengeset warna yang dipilh sebagai warna aktif untuk Stroke atau Fill Color. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (I) pada keyboard.

s. Eraser Tool (E)
Eraser digunakan untuk mengahapus objek shape yang ada dalam stage. Bisa diaktifkan dengan shortcut tombol (E) pada keyboard.

t. Camera (C)
Camera digunakan untuk membawa objek ke mana yang diinginkan dan bisa keluar dari kanvas. Bisa diaktifkan dengan shortcut (C) pada keyboard.

u. Hand Tool (H)
Hand Tool digunakan untuk bernavigasi secara bebas. Bisa diaktifkan dengan shortcut (H) pada keyboard.

v. Zoom Tool (Z)
Zoom Tool digunakan untuk memperbesar/memperkecil ukuran semua objek yang ada pada stage. Bisa diaktifkan dengan shortcut (Z) pada keyboard.

=======
=================


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar