"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Tips Membuat Video Cinematic dengan Kamera HP dan Editing Dengan Adobe Premere Pro

BAHYUDINNOR.COM - Menurut anda video yang terlihat sinematik itu apa sih ? Nah… diluaran sana masih ada aja kebanyakan orang beranggapan bahwa video cinematic adalah video yang ukurannya / ratio nya lebar (landscape), memiliki efek glitch, video yang dibuat oleh sam kolder transisi dll.

Seyogyanya pernyataan ini ternyata kurang tepat apalagi tanpa mamahami makna Sinematic itu sendiri.

Ok… Dari pada kamu tersesat lebih jauh.. yuk kita bahas lebih jauh!

Cinematic berasal dari kata cinema yang artinya ialah film. Jadi video cinematic itu adalah sebuah tayangan video yang terlihat seperti halnya film.

Makna film saat ini bergeser menjadi sebuah video yang dapat menyampaikan cerita dengan alur yang sudah terkonsep.

Contoh film disini yaitu seperti Keluarga Cemara, Conjuring, Fast & Furios, atau pun film Film Marvel yang tayang di bioskop-bioskop. Coba perhatikan bila kita menyaksikan film yang diputar di bioskop nyaris tidak ada gambar (shot) yang kurang bagus, semua indah enak dilihat

Jadi dapat kita simpulakan bahwa video sinematik disini ialah sebuah Teknik bagaimana seseorang membuat video layaknya film dengan memaksimalkan teknik, Visual, audio dan juga jalannya sebuah cerita.

Hal yang paling penting disini bagaimana kita sebagai videografer dapat memanfaatkan sisi artistik dengan memaksimalkan angle, framing dan gerak kamera yang sesuai agar mendukung pesan dan dapat bercerita dengan visual yang menarik. 

Kemampuan mengelola visual dalam framing seperti memaksimalkan pencahayaan (lighting) serta menggunakan post processing (editing) yang sesuai dengan kebutuhan dan memiliki tujuan untuk mendukung cerita itu sendiri.

Selanjutnya disini saya akan berbagai bagaiman proses pengambilan video untuk menghasilkan video cinematic untuk pemula;

Proses Pengambilan Video
  1. Rencanakan terlebih dahulu lokasi / lapangan untuk memulai shot. Buatlah floor plan, dokumen perencanaan letak kamera. Mumpung kepala masih segar, buatlah daftar shot-shot yang kalian perlukan untuk merangkai cerita.
  2. Usahakan video yang diambil menggunakan HP dengan aspect ratio standar kamera digital adalah 16:9. Artinya perbandingan panjang dan lebar gambar anda adalah 16:9. Standar ratio yang dipakai oleh industri film adalah 2.35:1 dan 1.85:1. Artinya gambar yang dihasilkan gambar yang dihasilkan terasa lebih panjang dengan kualitas yang HD (High-definition) maksudnya ialah dengan kualitas yang bagus dengan pixel minimal 720p. tujuanya adalah ketika akan dibuat slow motion atau zoom gambar menjadi tidak pecah.
  3. Untuk kalian yang menggunakan Iphone kalian bisa lakukan setting camera sebagai beriku : Masuk ke setting – camera – Record video (ubah menjadi 1080p HD atau 60 Fps)
  4. Lakukan perekaman dengan posisi landscape, hindari merekam video dengan posisi portrait/posisi handphone berdiri dan hindari shaking pada video (gunakan stabilizer.
  5. Untuk merekam pergerakan, lakukan gerakan camera/hp dengan cara sliding atau dengan menggeser camera/hp kesamping atau naik turun bukan dengan memutar camera/hp atau Teknik Pengambilan Gambar yang sudah kamu pelajari.

Jika anda sudah memperhatikan proses pengambilan video, selanjutnya pada saat proses editing, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan yaitu;
Proses Editing Video
  1. Gunakan Anamorphic Bar atau garis hitam di bagian atas dan bawah layar agar video terlihat menjadi melebar pada saat editing.
  2. Gunakan efek Slowmotion pada sebagian video sesuai perencanaan awal.
  3. Gunakan Color Grading yang memang sudah kewajiban jika kita ingin membuat sebuah video cinematic harus ada saja yang namanya effect color grading.
  4. Gunakan Transisi. Dikebanyakan film-film transisi juga sangat penting, namun beda di film cinematic biasanya transisi yang digunakan adalah blink, karena kebanyakan video atau film cinematic banyak menggunakan cut to cut.
  5. Gunakan Audio yang sesuai dengan video cinematic yang kita rencanakan/dibuat. Jika menggunakan video gunakanlah audio yang bebas hak cipta (copyright).

Sampai disini dulu postingan saya kali ini. Semoga postingan singkat ini bisa memberikan gambaran bagaimana anda bisa membuat video cinematic dengan menggunakan kamera HP dan editing menggunakan Aplikasi Adobe Premiere Pro

=====

Kata Kunci:
video cinematic, video cinematic akad nikah temu manten adat jawa, video cinematic modifikasi nissan grand livina hws 2016 ala jdm style, video cinematic kemerdekaan indonesia, video cinematic editing, video cinematic kaki gunung salak, video cinematic gedung sate, video cinematic traveling, video cinematic sungai musi, video cinematic nature, video cinematic lagu barat no copyright, video cinematic motor, video cinematic song, video cinematic anak kemerdekaan hut ri 76

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar