Cara Manipulasi Audio Dengan Menghilangkan Noise/Suara Berisik Menggunakan Audacity

Cara Manipulasi Audio Dengan Menghilangkan Noise/Suara Berisik Menggunakan Audacity
BAHYUDINNOR.COM -  Audacity adalah software untuk merekam dan editing Audio yang bersifat open source sehingga dapat berjalan di berbagai sistem operasi serta mudah dijalankan.

Audacity merupakan aplikasi penyunting audio cross-platform (bisa dipakai di komputer Windows, Linux, maupun Mac OS) yang berguna untuk memotong, menambahkan, memperbaiki, hingga menambahkan berbagai efek agar hasil keluaran suara yang didapat sesuai dengan keinginan pengguna. Jadi anda bisa menggunakannya layaknya seorang editor audio profesional, tapi dengan cara yang sederhana, tepat, cepat dan mudah.

Dominic Mazzoni menulis versi orisinil Audacity pada tahun 1999 ketika dia menjadi mahasiswa riset di Carnegie Mellon University. Dominic ingin menciptakan sebuah platform dimana untuk mengembangkan debug algoritma pemrosesan audio. Setelah Program ini dirilis sebagai perangkat lunak yang open source, maka pengembang software mulai tertarik pada aplikasi ini. Secara bertahap software ini dirubah, dimodifikasi, dipelihara, diuji, diperbarui, didokumentasikan dan diterjemahkan ke bahasa lain oleh pengembang software selama bertahun-tahun.

Terkadang kita perlu mengedit File Suara untuk berbagai keperluan. Seperti memperbesar suara hasil rekaman, memotong lagu untuk menjadikan ringtone HP, Memotong suara karena sensor (kata yang tidak sopan), Menggabungkan file suara rekaman dengan musik backround, mengedit suara rekaman agar menjadi menggema, menghapus noise, mengatur agar suara di akhir musik mengecil atau berbagai keperluan lainnya. Semua itu bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi sederhana yaitu Audacity.

Dengan aplikasi ini, kita bisa mengoreksi suara tertentu, atau sekedar menambahkan berbagai efek yang disediakan, Sangat cocok bagi para pengguna atau penggemar Mixing lagu.
Program ini juga digunakan untuk memotong suara dan mp3, menambahan bahkan mengkonversi ke format file lainnya, diantaranya MP3, Ogg, dan Wave. Selain itu juga dapat berkreasi dengan suara yang dimiliki sendiri melalui perekam suara.

Ada Beberapa fungsi yang dapat dilakukan oleh Audacity :
1.Membuat Ringtone
2.Menghilangkan vocal
3.Memperlambat/mempercepat tempo lagu/musik
4.Menggabungkan dua file audio
5.Merekam Suara
6.Menghilangkan Noise
7.Mengecilkan ukuran mp3
8.Efek fade out

Download Audacity Terbaru

Lisensi: Freeware
Developer: Audacity Dev
Sistem Operasi: Windows XP/Vista/7/8/10/11
⭐⭐⭐⭐⭐

Cara Penggunaan Software Audacity

Bagi kamu yang ingin menggunakan aplikasi Software Audacity ini caranya sangatlah mudah. Setelah kamu download software di atas dan sudah menginstalnya selanjutnya ikuti tahapan dibawah.

Import Audio ke Audacity

1. Cari dan jalankan sofware tersebut dikomputer kamu. Jika sudah terbuka maka akan tampak seperti gambar.

2. Jika sudah terbuka selanjutnya masukkan file audio rekaman kamu kedalam aplikasi Audacity. Caranya klik File > Import > Audio (Ctrl+Shift+I).
3. Jika sudah di import maka akan  tampil sseperti gambar dibawah.

Cara Manipulasi Audio Untuk Menghilangkan Noise (Berisik)

Seperti yang sudah jelas diatas, dengan rekaman audio berkualitas setinggi mungkin, Anda tidak perlu melakukan banyak penyuntingan rekaman pada Audacity. Jika Anda perlu menyunting musik, pastikan material utama memiliki format MP3 dan didapatkan dari CD.


Selanjuntya kita akan memanipulasi Audio dengan Efek Audio yang tersedia. Disini saya akan tunjukkan salah satu fitur efek Noise yang fungsinya untuk menghilangkan Noise pada Audio.

1. Import Audio seperti apa yang sudah dijelaskan di atas.

2. Selanjutnya. Klik dan seret kursor pada segmen trek audio pada bagian audio yang dirasa terdapat noise untuk dijadikan sampel Noise yang akan di hilangkan.

3. Klik Effect. Tab ini berada di bagian atas jendela Audacity (Windows) atau di bagian atas layar (Mac). Setelah itu, menu drop-down akan ditampilkan.

4. Klik Noise Reduction…. Opsi ini berada di bagian tengah menu drop-down “Effect”. Jika sudah terbuka panel Noise Reduction, silahkan klik Get Noise Profile.

5. Posisi audio masih terselesi lalu Buka kembali menu “Noise Reduction”. Klik “Effect > Noise Reduction...”. dan klik OK. Tombol ini berada di bagian bawah jendela. Setelah itu, suara noise akan dihapus dari segmen sampel trek yang terpilih.

6. Ulangi proses ini jika suara Noise masih terdengar. Jika masih ada Noise  yang terdengar cukup jelas, ulangi proses penghilangan Noise. Anda mungkin perlu menjalani proses ini beberapa kali. Anda bisa meningkatkan jumlah Noise yang dihapus dengan menggeser slider "Noise reduction" ke arah kanan yang tampak pada gambar di atas. Untuk Hasil menghilangkan Noise dapat dilihat pad gambar yang ditandai di bawah.


Cara Export Audio Hasil Manipulasi

Setelah Audio anda Edit/Manipulasi, langkah terakhir adalah meng-export Audio/menyimpan audio. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut;

1. Klik File. Tombol ini berada di pojok kiri atas jendela Audacity (Windows) atau pojok kiri atas layar (Mac). Setelah itu, menu drop-down akan ditampilkan. Sebagai contoh pililah MP3.
Catatan:
Jika Anda menerima pesan galat mengenai "LAME encoder", ikuti langkah berikut ini terlebih dahulu:
Windows – Kunjungi http://lame.buanzo.org/#lamewindl dan klik tautan “Lame v3.99.3 for Windows.exe”. Klik dua kali berkas pemasangan, pilih “Yes” ketika diminta, dan ikuti langkah yang ditampilkan di layar.

Mac – Kunjungi http://lame.buanzo.org/#lameosxdl dan klik tautan “Lame Library v3.99.5 for Audacity on macOS.dmg”. Klik dua kali berkas DMG, kemudian verifikasi dan pasang LAME.

2. Selanjutnya masukkan nama berkas pada "File name". Pada Channel Mode pilih "Insane 320 kbps" agar kualitas audio bagus selanjnutnya klik "Save".

Tips
Pastikan Anda sering menyimpan proyek, terutama jika Anda membuat banyak penyuntingan kecil. Dengan langkah ini, Anda bisa kembali ke versi yang tersimpan jika salah satu penyuntingan justru merusak atau menghancurkan proyek yang dikerjakan.
 
Peringatan
Pastikan Anda mendengarkan musik dalam volume yang bisa ditoleransi.