BAB VII Manipulasi Audio Dalam Aplikasi Audio Digital | Memanipulasi Audio Digital dengan Efek-Efek Audio

BAHYUDINNOR.COM -  Bekerja untuk mengedit gambar atau suara untuk semua produk audio digital memang tidak mudah. Tapi sekarang kamu bisa bekerja dengan software komputer untuk manipulasi audio digital.

Selama ini mungķin masih banyak orang yang mengerjakan semua ini secara manual. Tapi bayangkan karena pekerjaan 'amu bisa menyita banyak waktu dan terkadang hasilnya tidak memuaskan. Tapi dengan software tertentu maka pekerjaan bisa dilakukan dengan beberapa tahap saja.

Kamu hanya perlu menjalankan software sesuai dengan petunjuk dan hasilnya bisa dilihat sebelum ditetapkan. Beberapa software yang bisa kamu gunakan antara lain: Adobe Audition, Power Sound Editor, mp3DirectCut, dan Music Editor Free.

Sebelum membahas bagaimana manipulasi audio. Kamu perlu mengetahui beberapa Software Audio Editing Terbaik yang biasanya digunakan Para Content Creator yaitu; 1) Adobe Audition (Windows dan MacOS), 2) Audacity (Windows, MacOS dan Linux) 3) Reaper (Windows, MacOS, Linux) 4) Ableton Live (Windows dan MacOS) 5) Cubase (Windows dan MacOS) 6) Presonus Studio One. 7) Ardour (Windows, MacOS, Linux)

Pada kesempatan ini kamu akan mempelajari cara manipulasi audio dengan Adobe Dengan menggunakan perangkat lunak Adobe Audition. Adobe Audition adalah software aplikasi penyunting suara standard yang profesional untuk memproduksi suara yang baik.


Fungsi yang diberikan untuk menciptakan berbagai format file suara, mengedit dan mencampur suara, menganallsa suara, merekam suara pada CD. Kamu akan menemukan fleksibilitas dan kemudahan Adobe Auditon yang ideal untuk kreativitas penyuntingan suara.
Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan dalam manipulasi audio dengan menggunakan perangkat lunak Adobe Audition:


1. Menggabungkan Suara Vocal Dengan Lagu/Backsound
a. Menggabungkan suara vocal dengan lagu atau backsound tertentu sangatlah mudah. Kita bisa menggunakan mode Multi Track pada Adobe Audition. Untuk mengubah posisi Single Track atau MultiTrack klik 'kotak hijau kecil' di bawah tulisan File.

b. Mode Multi Track berisi banyak sekali track lagu/audio.

c. Masukkan file audio vocal pada Track 1. Klik tahan dari kolom Files dan lepas di area Track 1.

d. Masukkan file audio lagu atau backsound di Track 2. Klik tahan dari windows explorer, cari lagu yang sesuai dengan produk audio kita, lepas pada area Track 2.

e. Atur tata letak 'track vocal dengan 'track backsound hingga dirasa didengar sudah pas. Geser tata letak dengan cara klik 'kanan' tahan pada mouse dan geser.

f. Pastikan Mode "Edit Envelopes" dalam keadaan aktif (ikon kotak kecil atas nomor 5 dari kanan)

g. Silahkan atur volume file audio backsound atau lagu di Track 2. Misal, pada saat ada suara vocal lagu dipelankan, dan setelah vokal selesai kemudian backsound dikencangkan kembali. Atur volume dengan menggeser garís hijau (klik kiri tahan) pada tepi file audio.

h. Selesai. Simpan dengan cara Klik File, klik Save Mixdown As, pilih format mp3PRO, klik Save. Untuk menyimpan file project, klik file, klik Save Sessions As. File project diperlukan bila Anda ingin mengedit lagi produk audio yang sudah Anda buat ini, suatu ketika nanti.

2. Menambahkan Efek Audio
Dalam memberikan efek audio, dapat dilakukan pada Edit view maupun pada multitrack view.

Perbedaannya, jika pada edit view kita akan lebih fokus dalam menerapkan efek pada salah satu track yang dipilih. Sedangkan pemberian efek melalui Multitrack view, kita dapat mengatur durasi track tersebut dan dapat disesuaikan dengan track-track yang lainnya.

Cara memberikan efek pada Multitrack view;
a. Buka multitrack view.
b. Klik track yang akan di manipulasi.
c. Klik panel efek, pilih efek yang diinginkan.
d. Lakukan penambahan efek.

Cara memberikan efek pada waveform view;
a. Buka multitrack view.
b. Klik track yang akan di manipulasi.
c. Klik Edit view.
d. Klik 2x area track.
e. Klik panel efek atau menu efek, pilih efek yang diinginkan.
f. Lakukan penambahan efek.
g. Menu efek dapat dilihat pada panel Effect.
h. Menu efek dapat juga dilihat pada menu bar (atas) lalu pilih Effect.

Adobe Audition menyediakan banyak pilihan efek yang bisa membuat audio terdengar lebih kreatif.

Ada beberapa pilihan efek, antara lain:
a. Efek Amplify
Efek ini berfungsi untuk memperkuat atau memperlemah amplitudo suara.

b. Efek Graphic Equalizer
Efek ini berfungsi untuk mengatur kualitas suara pada graphic equalizer.

c. Efek Noise Reduction
Efek ini digunakan untuk mengurangi atau menghllangkan noise atau suara-suara yang mengganggu. Dengan efek ini, suara yang dihasilkan lebih lembut (soft) karena cara kerjanya denean menurunkan amplitudo. Efek ini sangat cocok digunakan untuk menghilangkan desis pada hasil rekaman.

d. Efek Pitch Control
Efek ini digunakan untuk mengubah nada suara dengan menaikkan atau menurunkan nada. Dengan efek ini, suara yang terdengar bisa lebih rendah atau lebih tinggi seperti suara lengkingan,

e. Efek Echo
Echo adalah efek pantul seperti jika kita berbicara pada ruang tertutup, maka suara akan terdengar berulang-ulang.

f. Efek Reverb
Reverb adalah efek untuk menciptakan suara 3 dimensi. Suara yang dihasilkan seakan-akan kita tengah berada pada ruangan dengan suara yang memantul.

g. Efek Time Stretch
Efek Time Stretch berfungsi untuk mengubah tempo suara menjadi lebih cepat atau lebih lambat.

h. Efek Chorus
Chorus adalah efek untuk menciptakan suara seperti kelompok koor atau paduan suara. Cara kerja efek ini dengan menggandakan dan mengatur delay suara asli. Efek ini akan terlihat jelas pada suara vokal.

3. Menghilangkan Suara Vokal
Adobe Audition merupakan suatu aplikasi yang dirancang khusus untuk mempermudah kita dalam memproses data berupa lagu maupun dalam perekaman. Salah satu kehandalan dari aplikasi ini adalah, dapat digunakan sebagai alat untuk menghilangkan vokal penyanyi pada lagu karaoke (sehingga hanya meninggalkan instrument musiknya saja).

Berikut ini cara menghilangkan vokal pada lagu. Kamu dapat mengikuti langkah berikut:
a. Buka aplikasi Adobe Audition.

b. Klik menu File, lalu pilih Open.

c. Pilih lagu yang akan anda hilangkan suara vokalnya, klik Open. Tunggu beberapa detik sampai proses pemasukan selesai.

d. Setelah itu klik pada cenel bagian kiri pada menu Effect Rack -> Stereo Imagery -> Center Channel Extractor. Jika ada peringatan klik Ok saja.

e. Selanjutntnya pada bagian Presets, pilih Vocal Remove. Lalu tutup saja Center Channel-nya.

f. Kemudian klik Apply untuk menerapkan efek yang telah diberikan.

g. Tunggu sampai proses selesai. Kemudian klik tab menu File-Export-File atau cara cepatnya dengan menekan Ctrl+Shift+E.

h. Kamu juga dapat mengatur lokasi anda menyimpan, format lagu, tipe lagu sesuai yang kamu inginkan. Disarankan agar diatur normal saja.

i. Lalu klik Ok.

j. Setelah semua langkah tadi selesal, lalu klik tab menu Fle-Close atau dengan menekan tombol Ctrl+W.

k. Selanjutnya Jika muncul peringatan, klik No.

Kesimpulan:
Apakah kamu pernah menonton film Alvin and the Chipmunks dan film terbaru Star Wars? Ya, kedua film tersebut adalah dua dari banyak film-film yang dalam proses pembuatannya menggunakan software editing audlo untuk pemberian sound effect yang membuat penonton sangat terkesan karena suara yang dihasilkan oleh pemeran utama masing-masing film tersebut sangat khas dan menarik, misalnya suara dari tokoh Alvin, Theodore, dan Simon dalam film animasi Alvin and The Chipmunks, serta suara khas tokoh Darth Vader dalam film Star Wars. Nah salah satu software yang mumpuni untuk menangani proses editing audio tersebut adalah Adobe Audition.

Apa saja macam-macam kelebihan atau fasilitas yag disediakan Adobe Audition?

Beberapa kelebihan atau fasilitas yang disediakan Adobe Audition:
  1. Multitrack Editing dan Mixing sampai 128 track.
  2. Lebih dari 40 data sound effect, mastering, perangkat analisa editing suara terdapat di dalamnya, semua inl termasuk Echo, Reverb, Flanging, Chorusing, Compression, Limiting, Equalization, Noise Reduction, dan lainnya.
  3. Pengoperasian track yang lebih mudah.
  4. Support untuk banyak format audio.
  5. Visualisasi dari gelombang suara analisa dalam bentuk angka.
Dalam dunia industri musik dan per film-an Adobe Audition mempunyai peranan yang sangat penting.

Apa saja peranan Adobe Audition di bidang industri musik dan film?

Di bidang industri musik dan film, Adobe Audition mempunyai banyak efek-efek menarik yang dapat diaplikasikan dengan mudah dan ada pula yang butuh pengaturan tertentu agar hasilnya maksimal. Dalam pembuatan sebuah lagu misalnya, saat proses recording di dalam studio tentu hasil akhir dari proşes recording tersebut tidak langsung berupa sebuah file lagu yang biasa kita dengarkan sehari-hari yang suara penyanyi, gitar, keyboard, bass, dan drumnya sudah tercampur menjadi satu dalam satu file audio tetapi terdiri dari beberapa file terpisah, yaitu suara penyanyi terdapat dalam sebuah file individual, suara gitar terpisah dalam sebuah file lain, dan begitu juga untuk suara alat musik lainnya, sehlngga Adobe Audition diperlukan untuk menggabungkan semua file recording tersebút menjadi sebuah file saja sekaligus menambahkan efek-efek tertentu dan melakukan enhancement hingga hasil akhirnya dirasa sudah baik.

Sementára itu, dibidang industri film, Adobe Audition banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan produksi film ternama untuk menciptakan efek suara bergerak ke suatu arah tertentu, misalnya dalam film Transformers: Dark of the Moon terdapat banyak adegan animasi dengan efek suara seolah-olah suara itu bergerak mengelilingi penonton bloskop mengikuti gerak benda yang ditampilkan di layar bioskop.

Di dalam Adobe Audition, efek tersebut dapat diatur untuk menentukan apakah suara mengelilingi pendengar dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri serta masih banyak pengaturan lainnya. Tidak hanya itu, Adobe Audition juga dapat menciptakan efek suara dari tokoh Alvin, Theodore, dan Simon yang ketiganya.merupakan tokoh utama berupa tupai yang dapat berbicara bahasa manusia dalam film serial Alvin and The Chipmunks.


Baca Materi Sebelumnya>>

=======
PRAKTIKUM

A. Judul Kegiatan : Mengaplikasikan Cara Merekam dan Memanipulasi Audio/Suara
B. Jenis Kegiatan : Praktikum Mandiri
C. Tempat Kegiatan : Ruang Audio dan Video/Lingkungan Sekitar Sekolah
D. Tujuan Kegiatan :
  1. 1Peserta didik dapat menjelaskan cara marekam'dan memanipulasi audio/suara menggunakan AdobeAudition dengan tepat. (KD 3)
  2. Peserta didik dapat melakukan percobaan marekam dan memanipulasi audlo/suara menggunakan Adobe Audition dengan terampil. (KD 4)
E. Alat dan Bahan: Aplikasi Adobe Audition/sejenisnya, komputer/laptop.

F. Langkah-Langkah Praktikum:
1. Pertama kali siapakan alat dan bahan yang diperlokan dalam marekam dan memanipulasi audio suara menggunakan Adobe Audition!

2. Setelah semua peralatan dan bahan siap, maka mulai melakukan praktik editing audio menggunakan Adobe Audition meliputi:
a.  Marekam audio/suara
b. Memanipulasi audlo/suara

4. Praktikkan langkah demi langkah dalam marekam dan memanipulasi audio/suara menggunakan Adòbe Audition sesual dengan petunjuk seperti pada pembahasan materi di atas dengan runtut

5. Setelah berhasil melakukan praktik di atas, selanjutnya tunjukkan hasil export audio anda dalam bentuk mp3 atau sejenisnya.