"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

(Tryout 23 PPPK) - 30 Soal Latihan Kompetensi Teknis Pedagogik Tes Seleksi PPPK Guru | Update November 2021

(Tryout 23 PPPK) - 30 Soal Latihan Kompetensi Teknis Pedagogik Tes Seleksi PPPK Guru | Update November 2021
Soal ke 23 Pedagogik

BAHYUDINNOR.COM - Berikut ini admin bagikan Latihan Soal Try Out ke 23 Update November 2021 untuk Calon  Guru PPPK (P3K) dengan Materi Pedagogik yang berguna untuk membantu belajar Calon Guru pada seleksi PPPK tahun 2021.
Latihan soal PPPK (P3K) dengan materi Pedagogik ini berjumlah 30 butir soal berbentuk pilihan ganda lengkap jawaban dan dengan pembahasannya.

Semoga dengan sering mempelajari Latihan dalam berbagai bentuk Soal Try Out ke 23 ini untuk calon Guru PPPK (P3K) Pedagogik tahun 2021 ini diharapkan calon peserta seleksi PPPK memiliki gambaran bentuk soal-soal yang nanti akan diujikan.

Soal Latihan PPPK Akan di Update diwebsite ini. Yuk Share ke rekan-rekanmu dan pastikan Aktifkan Notifikasi berlangganan Blognya (Gratiss!!!)

SOAL TRYOUT 23PPPK KOMPETENSI PEDAGOGIK

UPDATE NOVEMBER 2021




Soal No 1
Pembelajaran yang bermakna mendorong siswa untuk lebih ....
 
 
A. Memahami
 
B. Mandiri
 
C. Menghargai
 
D. Terampil
Pembahasan

Belajar bermakna merupakan teori belajar yang dikembangkan oleh David Ausubel. Kegiatan pembelajaran bermakna (meaningful learning) akan terjadi jika anak mencoba menghubungkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah dimilikinya. Oleh karena itu, anak tidak hanya menghafal apa yang diajarkan guru, atau belajar tak bermakna (rote learning), tetapi anak penting memahami makna atau isi dari apa yang dihafalkan.  
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 2
Teori belajar yang mendudukan siswa sebagai individu yang pasif. Respon atau perilaku tertentu dengan menggunakan metode pelatihan atau pembiasaan semata. Munculnya perilaku akan semakin kuat bila diberikan penguatan dan akan menghilang bila dikenai hukuman merupakan pengertian dari teori belajar….
 
 
A. Behaviorisme
 
B. Humanistik
 
C. Sibernetik
 
D. Konstruktivis
Pembahasan

Salah satu tokoh terori behaviorisme adalah Skinner (1957) yang mengemukakan bahwa perilaku verbal adalah perilaku yang dikendalikan oleh akibatnya. Bila akibatnya berupa hadiah, maka perilaku tersebut akan terus dipertahankan. Jika akibatnya berupa hukuman, atau bila kurang penguatan, maka perilaku tersebut perlahan akan semakin lemah atau bahkan hilang.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 3
Usia anak SD dalam hal perkembangan sosial menurut Erikson berada pada tahap….
 
 
A. Rasa percaya (trust)
 
B. Otonom (Autonomy)
 
C. Inisiatif (Initiatif)
 
D. Membuat (Industry)
Pembahasan

Menurut Erikson (1963), perkembangan sosial manusia terdapat delapan tahapan. Lima tahapan yang pertama, yakni: rasa percaya vs. tidak percaya (trust vs mistrust) (usia 0-18 bulan), ditandai dengan perasaan nyaman kepercayaan dasar terhadap dunia; otonom vs keraguan (autonomy vs doubt) (usia 18 bulan-3 tahun), cirinya anakanak tidak ingin bergantung seluruhnya pada orang lain; rasa inisiatif vs rasa bersalah (initiatif vs guilt) (usia 3-6 tahun), yang ditandai dengan rasa inisiatif anak yang makin besar karena dorongan orangtua atau orang dewasa lainnya; membuat vs minder (industry vs inferiority) (usia 6-12 tahun), cirinya anakanak mulai ingin membuat sesuatu; identitas vs peranan (identity vs role confusion) (usia 12-18 tahun), ditandai dengan kondisi seseorang yang mulai dihadapkan pada kondisi pencarian identitas diri dalam kehidupannya.
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 4
Menurut Piaget, ciri-ciri perkembangan intelektual siswa yang ditandai dengan kemampuan siswa dalam mengklasifikasikan objek pada tingkat dasar secara tunggal dan mencolok adalah tahap ....  
 
 
A. Sensori-motorik
 
B. Pra-operasional
 
C. Operasional konkrit
 
D. Operasional formal
Pembahasan

Menurut Jean Piaget (1896-1980),tokoh psikologi kognitif, perkembangan intelektual (kognitif) anak dan remaja (siswa) dibagi menjadi empat tahap, yakni tahap sensori-motorik (usia 0-2 tahun), tahap pra-operasional(2-7 tahun), tahap operasional konkrit (7-11 tahun), dan tahap operasional formal (11-15 tahun). Ciri perkembangan intelektual siswa tahap pra-operasional meliputi 1) self-counter nya sangat menonjol, 2) dapat mengklasifikasikan objek pada tingkat dasar secara tunggaldan mencolok,3)tidak mampu memusatkan perhatian pada objek-objek yang berbeda, 4) mampu mengumpulkan barang-barang menurut kriteria,termasuk kriteria yang benar,dan 5) dapat menyusun benda-benda secara berderet,tetapi tidak dapat menjelaskan perbedaan antara deretan  
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 5
Bu Siska akan menyampaikan materi baru dalam kelasnya. Sebelum memulai proses belajar mengajar, Bu Siska memastikan siswanya siap untuk mengikuti pembelajaran yang akan disampaikannya dengan memberikan aktivitas yang menarik perhatian siswanya agar dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar. Langkah yang dilakukan Bu Siska termasuk salah satu penerapan teori belajar ....
 
 
A. Brunner
 
B. Thorndike
 
C. Bandura
 
D. Skinner
Pembahasan

Langkah yang dilakukan oleh Bu Siska adalah menerapkan pembelajaran berdasarkan teori belajar Thorndike. Salah satu implikasi teori belajar Thorndike dalam kegiatan belajar mengajar adalah guru perlu memberikan contoh dalam kegiatan sehari-hari dalam proses pembelajaran untuk menjelaskan suatu konsep. Selain itu, guru menerapkan metode pemberian tugas dan latihan (drill and practice) untuk penguatan dan hafalan.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 6
Bu Gita membagi kelas menjadi beberapa kelompok asal dengan kemampuan yang berbeda. Kemudian, jumlah anggota kelompok asal dibuat sesuai jumlah bagian materi pelajaran yang akan dipelajari. Tiap siswa diberi tugas mempelajari salah satu bagian materi tersebut. Semua siswa dengan pembelajaran yang sama belajar bersama dalam kelompok yang disebut kelompok ahli. Selanjutnya, siswa dalam kelompok ahli mendiskusikan bagian materi tersebut, serta menyusun rencana teknik menyampaikan bagian materi tersebut ketika kembali kelompok asal. Bu Gita menerapkan model pembelajaran ....
 
 
A. Kooperatif tipe STAD
 
B. Kooperatif tipe Jigsaw
 
C. Kooperatif tipe TAI
 
D. Kooperatif tipe TTW
Pembahasan

Model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang mengutamakan kerja sama dalam menyelesaikan permasalahan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka meneapai tujuan. Salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yakni tipe Jigsaw. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah model pembelajaran dengan sintaks guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok asaldengan kemampuan yang berbeda. Kemudian, jumlah anggota kelompok asal dibuat sesuaijumlah bagian materi pelajaran yang akan dipelajari. Tiap siswa diberi tug as mempelajari salah satu bagian materi tersebut. Semua siswa dengan pembelajaran yang sama belajar bersama dalam kelompok yang disebut kelompok ahli. Selanjutnya, siswa dalam kelompok ahli mendiskusikan bagian materi tersebut, serta menyusun rencana teknik menyampaikan bagian materi tersebut ketika kembali kelompok asal
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 7
Menurut konsep mastery learning, kesulitan belajar siswa ditandai dengan ....
 
 
A. Siswamengabaikan dan lambat dalam melakukan aktivitas dan menyelesaikantugas belajar
 
B. Siswamenunjukkan sikap yang kurang produktif dan kurang pantas
 
C. Siswa menunjukkan tingkah laku yang tidak mendukung dan tidak wajar
 
D. Siswa tidak dapat mencapai ukuran keberhasilan tingkat penguasaan minimal dalam pelajaran tertentu, untuk periode pembelajaran tertentu
Pembahasan

Menurut konsep mastery learning (belajar tuntas), kesulitan belajar siswa ditandai dengan: a) Siswa tidak dapat mencapai ukuran keberhasilan tingkat penguasaan minimal dalam pelajaran tertentu, untuk periode pembelajaran tertentu, b) Prestasi belajarnya jauh di bawah potensi yang diperkirakan lebih tinggi, c) Siswa tidak mampu melakukan tugas-tugas dalam proses pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangannya, d) Siswa tidak mampu menguasai pengetahuan prasyarat.
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 8
Menurut Tomlinson (1999), prinsip pembelajaran berdiferensiasi adalah ....  
 
 
A. Perbedaan siswa dipelajari sebagai landasan perencanaan pembelajaran
 
B. Penilaian dan pengajaran tidak terpisahkan
 
C. Memperhatikan bentuk kecerdasan yang beragam
 
D. Beragam profil belajar diperhatikan
Pembahasan

Tomlinson (1999) mengemukakan prinsip pembelajaran berdiferensiasi yaitu: a) guru fokus pada kompetensi esensial, b) penilaian dan pengajaran tidak terpisahkan, c) guru memodifikasi konten, proses, produk, dan lingkungan belajar, d)sernua siswa berpartsipasi dengan aktivitas yang paling coeok baginya, e) guru dan siswa berkolaborasi dalam pembelajaran, f) guru menyeimbangkan norma bekerja dalam kelompok dan individual, dan g) guru dan siswa bekerja bersama secarafleksibel.  
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 9
Asih memperoleh nilai yang rendah pada tes harian materi garis singgung lingkaran. Guru matematika Asih menemukan bahwa Asih tidak tepat memodelkan permasalahan dari gambar yang diberikan. Kesulitan belajar Asih adalah ....
 
 
A. Memory
 
B. Reasoning and logical thinking
 
C. Visual-spatial relationship
 
D. Executive functioning
Pembahasan

Barrett (2015) mengelompokkan kesulitan belajar matematika ke dalam tiga jenis kesulitan, yakni: 1) memory (memori), yakni kesulitan siswa dalam mengingat fakta dasar atau aturan dasar, 2) reasoning and logical thinking (penalaran dan berpikir logis), yakni kelemahan siswa dalam penalaran dan berpikir l0gis, 3) visual-spatial relationship (relasi visual-spasial), yakni kelemahan dalam ketrampilan visual dan spasial (keruangan). Asih mengalami kesulitan visual-spatial relationship (relasi visual spasial). Hal ini terjadi karena Asih kesulitan memodelkan permasalahan dari bentuk bangun dan ketidakmampuan membaca pola sederhana dari gam bar dan tulisan.
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 10
Dalam proses pembelajaran di kelas, seorang guru mengidentifikasi kesiapan siswa, seperti tidak mengantuk saat di kelas, tidak mengalami gangguan panca indera, seperti mata dan telinga, tidak mudah lesu di kelas, dan siswa dalam kondisisehat. Kesiapan siswa dalam proses pembelajaran yang dimaksud adalah ...
 
 
A. Kesiapan fisik
 
B. Kesiapan psikis
 
C. Kesiapan emosi
 
D. Kesiapan kognisi
Pembahasan

Bagi guru, mengetahui kesiapan siswa dalam proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dilakukan agar guru dapat memberikan tindak lanjut atau saran tertentu untuk mempersiapkan kondisi siswa dalam proses pembelajaran. Identifikasi kesiapan siswa yang ditandai dengan siswa tidak mengantuk saat di kelas,siswa tidak mengalami gangguan panca indera, seperti mata dan telinga, siswa tidak mudah lesu di kelas,dan siswa dalam kondisi sehat merupakan bagian kesiapan fisik siswa dalarn proses pembelajaran.  
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 11
"Hebat Nak, tingkatkan prestasimu " kata Pak Alif, guru kelas III suatu sekolah dasar. Penguatan positif Pak Alit disampaikan terhadap siswa yang berprestasi. Tindakan Pak Alif tersebut sesuai teori belajar yang dikemukakan oleh ....
 
 
A. Bandura
 
B. Pavlov
 
C. Skinner
 
D. Thorndike
Pembahasan

Teori belajar Skinner mengemukakan bahwa ganjaran atau penguatan mempunyai peranan yang penting dalam proses belajar mengajar. Ganjaran merupakan respon yang sifatnya menggembirakan dan merupakan tingkah laku yang bersifat subjektif, sedangkan penguatan merupakan sesuatu yang mengakibatkan meningkatnya kemungkinan suatu respon dan lebih mengarah kepada hal-hal yang sifatnya dapat diamati dan diukur. Kata ucapan Pak Alif tersebut merupakan bentuk ganjaran atau penguatan yang positif atas keberhasilan prestasi anak didiknya.  
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 12
Berikut ini adalah cara meningkatkan kemampuan siswa dalam hal kemampuan penalaran dan berpikir ....
 
 
A. Memberikan stimulan siswa dengan soal penalaran tinggi
 
B. Membiasakan siswa dengan soal-soal yang mengasah keterampilan berhitung
 
C. Membiasakan siswa untuk mengingat fakta
 
D. Membiasakan siswa untuk menyelesaikan masalah secara prosedural
Pembahasan

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam kemampuan penalaran dan berpikir adalah dengan memberikan stimulan siswa dengan soal penalaran tinggi. Soal penalaran tinggi merupakan salah satu soal yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi atau biasa disebut soal HOTS(Higher order thinking skim.Ada juga yang menyebut dengan soal nonrutin (nonroautine problem) merupakan soal yang tidak dapat diselesaikan dengan menggunakan prosedur penyelesaian soal biasa. Biasanya soal penalaran tinggi merupakan soal pernecahan masalah.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 13
Klarifikasi, meminta siswa memberikan alasan, meminta kesepakatan pandangan, meminta ketetepatan jawaban dan meminta jawaban yang lebih relevan adalah bagian dari ....
 
 
A. Tujuan guru memberikan pertanyaan
 
B. Komponen-komponen mem beri pertanyaan
 
C. Fungsiguru memberi pertanyaan
 
D. Teknik pertanyaan pelacak yang dilakukan guru
Pembahasan

Salah satu komponen keterampilan bertanya dasar dan lanjut adalah penggunaan pertanyaan pelacak. Jika jawaban yang diberikan siswa dinilai guru benar, tetapi masih dapat ditingkatkan menjadi lebih sempurna maka guru dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan pelacak kepada siswa tersebut. Teknik pertanyaan pelacak yang dapat digunakan guru di antaranya adalah: klarifikasi, meminta siswa memberikan alasan, meminta kesepakatan pandangan, meminta ketepatan jawaban, meminta jawaban yang lebih relevan, meminta contoh, dan meminta jawaban yang lebih kompleks.
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 14
Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) memiliki karakteristik aktivitas yang berbeda dengan model pembelajaran lainnya. Berikut ini pernyataan yang benar terkait aktivitas siswa dalam model pembelajaran berbasis proyek adalah ....
 
 
A. Aktivitas belajar menuntut keterampilan siswa yang multi aspek
 
B. Seluruh aktivitas siswa dilakukan di luar kelas dalam dunia nyata
 
C. Aktivitas siswa meliputi ketrampilan statistika
 
D. Aktivitas siswa meliputi belajar kelompok
Pembahasan

Pembelajaran berbasis proyek adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam suatu kegiatan (proyek) yang menghasilkan suatu proyek. Aktivitas siswa dalam pernbelajaran ini adalah mendesain proyeknya sendiri, menyelesaikan proyek seeara berkelompok, dan mempresentasikan produk yang dibuat. Dalam mengikuti kegiatan ini, siswa dituntut mempunyai keterampilan siswa yang multi aspek.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 15
Konsep penting dalam teori belajar dari Vygotsky adalah ....  
 
 
A. Scaffolding dan conditioning
 
B. Scaffolding dan Zone of Proximal Development (ZPD)
 
C. Zone of Proximal Development, low effet, dan scaffolding
 
D. Reinforcementdan punishment
Pembahasan

Konsep penting dalam teori belajar dari Vygotsky adalah zona perkembangan proksimal (zone of proximat development) dan topangan/dukungan dinamis (scaffolding). ZPD adalah zona atau area dimana anak dapat berkembang secara mandiri dari apa yang bisa dicapai anak tersebut jika anak tersebut mendapat bantuan orang lain yang lebih kompeten. Bantuan yang bertujuan agar anak mampu mengerjakan tugas-tugas atau soal¬soal yang lebih tinggi tingkat kerumitannya daripada tingkat perkembangan kognitif yang aktual dari anak yang bersangkutan disebut topangan/dukungan dinamis (scaffolding).  
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 16
Salah satu pengalaman belajar berikut ini sesuai dengan penerapan pembelajaran berbasis masalah adalah ....
 
 
A. Siswa mendaftarkan dan mencoba berbagai cara menyelesaikan masalah
 
B. Siswa berdiskusi dalam kelompoknya mengenai suatu masalah
 
C. Siswa mempresentasikan hasil pekerjaan masing-masing
 
D. Siswa mengumpulkan data lewat survei dan eksperimen
Pembahasan

Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) adalah model pembelajaran yang dirancang agar siswa mendapat pengetahuan penting, yang membuat mereka mahir dalam memecahkan masalah. Salah satu pengalaman belajar yang diperoleh dengan pembelajaran berbasis masalah yakni siswa dapat mempunyai pengalaman dalam mendaftarkan dan mencoba berbagai cara menyelesaikan masalah baik secara mandiri maupun berklempok.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 17
Berikut ini adalah implikasi perkembangan kepribadian siswa dalam pembelajaran, kecuali ....
 
 
A. Materi dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari
 
B. Guru menjadi model bagi siswa
 
C. Penanaman nilai-nilai religius dan moral
 
D. Metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa
Pembahasan

Beberapa implikasi perkembangan kepribadian siswa dalam pembelajaran antara lain penanaman nilai religius dan moral dalam setiap pertemuan pembelajaran; mengembangkan self-efficacy siswa dengan memahami keberagaman kemampuan dan gaya belajar siswa; mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari; memberikan informasi tentang tujuan pembelajaran, kegiatan yang akan dilakukan, dan pentingnya mempelajari materi dalam pembelajaran; menggunakan metode pembelajaran yang tepat; mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan (joyful learning); dan menggunakan pembelajaran kooperatif untuk menumbuhkembangkan sifat kerjasama dan kepribadian siswa.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 18
Salah satu pendekatan pembelajaran yang disarankan dalam Kurikulum 2013 adalah pendekatan saintifik. Kegiatan berikut ini terkait aktivitas'mengamati kecuali ....
 
 
A. Memperhatikan penjelasan guru
 
B. Membaca dan memahami bacaan
 
C. Memperhatikan tayangan pengantar pelajaran
 
D. Mencermati suatu demonstrasi konsep
Pembahasan

Dalam Kurikulum 2013, salah satu pendekatan pembelajaran yang disarankan adalah pendekatan saintifik. Menurut Permendikbud No.103 Tahun 2014, pendekatan saintifik adalah suatu pendekatan pembelajaran yang mengikuti ke- giatan ilmiah, dengan alur urutan keqiatan atau pengalaman belajar sebagai berikut: mengamati, menanya, mengumpulkan inforasilmencoba, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Pada kegiatan mengamati, bentuk aktivitasnya dapat berupa membaca dan memahami bacaan, memperhatikan tayangan gambar/video, atau memperhatikan demonstrasi dari suatu alat peraga, dan sebagainya.  
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 19
Anggapan yang keliru atau miskonsepsi terkait siswa yang berbakat adalah ....  
 
 
A. Siswa yang berbakat berpikir lebih raslonal
 
B. Bakat dapat teraktualisasi, tetapi juga dapat mati
 
C. Siswa yang berprestasi adalah siswa yang berbakat
 
D. Menilai bakat siswa dapat menggunakan beragam penilaian
Pembahasan

Bakat merupakan potensi kemampuan siswa yang bersifat unggul. Siswa yang berpotensi ataupun yang berbakat memiliki karakteristik tertentu, utamanya antara lain: cepat belajar akan hal baru, fleksibel dan unik dalam memecahkan masalah dan menyampaikan ide, pemahaman dan observasi yang mendalam, kegigihan dalam bekerja/berpikir, percaya diri dan berani mengambil risiko, terampil mengaplikasi ke situasi yang baru, dapat berpikir abstrak dan efisien, intuisi yang tajam, dan cenderung berpikir strategis daripada prosedural. Siswa yang berbakat tidak selalu sama dengan siswa dengan prestasi.
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 20
Ketika mengintegrasikan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran penemuan, kegiatan "mengasosiasi" pada pendekatan saintifik pertama kali dilakukan pada fuse ...
 
 
A. Stimulation
 
B. Problem statement
 
C. Data collection
 
D. Data processing
Pembahasan

Discovery Learning menekankan pada ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui oleh siswa, masalah yang dihadapkan kepada siswa direkayasa oleh guru. Tahapan model pembelajaran yang berbasis penemuan, umumnya meliputi: pemberian stimulus (pemberian rangsangan), pernyataan/identifikasi masalah (problem statement), pengumpulan data (data collection), pengolahan data (data processing)memverifikasi (verification), dan penarikan kesimpulan/generalisasi (generalization). Sementara pendekatan saintifik mempunyai alur kegiatan atau pengalaman belajar yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan. Langkah mengasosiasikan pada pendekatan saintifik berada pada fase pengolahan data (data processing). 
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 21
Untuk membantu perkembangan siswa secara maksimal, guru dapat menggunakan strategi pembelajaran yang bersifat demokratis, salah satunya metode diskusi. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan diri siswa pada aspek ....  
 
 
A. Fisik
 
B. Emosi
 
C. Sosial
 
D. Kepribadian
Pembahasan

Seorang guru dapat menggunakan strategi pembelajaran yang bersifat demokratis dengan menerapkan model bimbingan bagi siswa, baik secara individu maupun kelompok, salah satunya dengan metode dis kusi. Hal ini dilakukan untuk dapat membantu perkembangan sosial siswa secara maksimal
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 22
Strategi pembelajaran lebih luas daripada metode karena strategi...
 
 
A. Terdiri dari semua komponen materi pembelajaran
 
B. Meliputi sifat. lingkup, dan urutan kegiatan
 
C. Merupakan impiementasi metode
 
D. Merupakan jalan atau alat mencapai tujuan
Pembahasan

Strategi pembelajaran adalah suatu siasat yang digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang di dalamnya meneakup pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Strategi pembelajaran meliputi sifat, lingkup, dan urutan kegiatan pembelajaran.  
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 23
Ari dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas bersikap acuh tak acuh. Berikut ini yang sebaiknya dilakukan guru Ari adalah ...  
 
 
A. Mengajak diskusi Ari secara personal untuk mencari solusi masalah
 
B. Mengelompokkan Ari dengan teman akrabnya
 
C. Memberikan tugas sesuai kemampuan Ari
 
D. Memberikan kesempatan Ari untuk menyelesaikan massalahnya
Pembahasan

Cara yang dapat dilakukan dengan permasalahan siswa yang tidak siap dalam kegiatan pembelajaran adalah melakukan konseling terhadap siswa yang mempunyai masalah dalam pembelajaran di kelas tersebut. Salahsatu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengajak diskusi siswa secara personal untuk menyelesaikan masalah tersebut.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 24
Salah satu contoh kegiatan apersepsi dalam membuka pelajaran adalah ....  
 
 
A. Mengucapkan salam
 
B. Menanyakan siswa yang tidak masuk
 
C. Mengingatkan kembali materi sebelumnya yang terkait
 
D. Semua jawaban benar
Pembahasan

Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),kegiatan membuka pelajaran biasanya disebut kegiatan pendahuluan atau kegiatan awal pembelajaran. Isinya meliputi penyampaian apersepsi, tujuan pembelajaran yang akan dilakukan, dan pemberian motivasi. Kegiatan apersepsi berisi penyampaian materi yang terkait dengan materi yang akan dibahas yang telah diketahui atau dikuasai siswa sebelumnya (baik pada pertemuan sebelumnya atau kelas bahkan jenjang sebelumnya).
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 25
Teori belajar kognitif mulai berkembang pada abad terakhir sebagai protes teori perilaku yang telah berkembang sebelumnya. Peneliti yang mengembangkan teori kognitif adalah....
 
 
A. Bandura, Wielkeiwicks, Ausubel
 
B. Ausubel, Bruner, Bandura
 
C. Wielkeiwicks, Ausubel, Bruner
 
D. Piaget, Bruner, Vygotsky
Pembahasan

Tokoh teori belajar behaviorisme (perilaku) adalah Pavlov, Thorndike, Watson, Bandura, Ausubel, Gagne, dan Skinner. Tokoh teori belajar kognitivisme adalah Piaget, Bruner, Vygotsky, dan Van Hiele.
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 26
Jika siswa terlihat bosan dan tidak antusias mengikuti pembelajaran, guru sebaiknya melakukan hal-hal berikut, kecuali ....
 
 
A. Menggunakan pembelajaranberbasis game
 
B. Menggunakan pendekatan active learning
 
C. Melakukan pembelajaran diluar ruangan
 
D. Menyarankan siswa untuk menahan kebosanannya
Pembahasan

Salah satu hal yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi kebosanan dan ketidakantusiasan siswa dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan variasi strategi pembelajaran. Dengan demikian, guru dapat melakukan variasi strategi pembelajaran dengan pembelajaran inovatif seperti pembelajaran berbasis permainan/game, pembelajaran aktif (active learning), pembelajaran di luar ruangan, dan pembelajaran inovatif lainnya.
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 27
Belajar pada hakikatnya merupakan proses pembentukan hubungan antara stimulus dan respon. Pernyataan tersebut merupakan teori belajar dari ....
 
 
A. Skinner
 
B. Ausubel
 
C. Thorndike
 
D. Bandura
Pembahasan

Teori belajar stimulus-respon dikemukakan oleh Thorndike (1874-1949). la mengemukakan bahwa hakikatnya belajar merupakan prosespembentukan hubungan antara stimulus dan respon. Belajar akan berhasil bila respon siswa terhadap suatu stimulus diikuti dengan rasa senang atau kepuasan. Rasa senang atau kepuasan ini bisa timbul akibat anak mendapatkan pujian atau hadiah (reward).
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 28
Berikut ini merupakan cara yang dapat dilakukan guru untuk mencegah terjadinya tindakan amoral di kalangan siswa SMP, kecuali ....
 
 
A. Guru terus menumbuhkan selfefficacy siswa
 
B. Guru menanamkan nilai-nilai keagamaan yang melarang tindakan amoral
 
C. Guru memberikan penjelasan kepada siswa akibat tindakan amoral
 
D. Guru menjelaskan dampak tindakan amoral bagi siswa, keluarga, dan masyarakat
Pembahasan

Guru dapat melakukan kegiatan preventif dalam mengatasi terjadinya tindakan amoral di kalangan siswa SMP,antara lain: guru menanamkan nilai-nilai keagamaan yang melarang tindakan amoral, guru memberikan penjelasan kepada siswa akibat tindakan amoral, dan guru menjelaskan dampat tindakan amoral bagi .siswa, keluarga, dan masyarakat.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 29
Berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016, berikut ini termasuk prinsip pembelajaran yang disarankan, kecuali ....
 
 
A. Siswa belajar lebih dari satu sumber belajar
 
B. Pembelajaran menuju ketrampilan aplikatif
 
C. Penggunaan leT dalam proses pembelajaran
 
D. Pembelajaran bertumpu pada budaya global
Pembahasan

Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Prinsip pembelajaran yang tersubut dalam peraturan tersebut meliputi memperhatikan perbedaan individual peserta didik, partisipasi aktif peserta didik, berpusat pada peserta didik, pengembangan budaya membaca dan menulis, pemberian umpan balik dan tindak lanjut, penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar, mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, dan penerapan TIK terintegrasi. 
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 30
Berikut yang merupakan penyebab siswa tidak siap secara fisik untuk mengikuti pembelajaran adalah….
 
 
A. Tidur hingga larut malam karena menonton sepakbola
 
B. Lebih memililh menyelesaikan membaca komik dibandingkan buku pelajaran
 
C. Lupa mengerjakan tugas sehingga enggan masuk kelas
 
D. Selalu bercanda dengan teman sebangku sebelum pelajaran dimulai
Pembahasan

Salah satu penyebab siswa tidak siap secara fisik untuk mengikuti pembelajaran adalah tidur hingga larut malam karena menonton sepakbola. Hal ini menyebabkan siswa menjadi mengantuk saat di kelas sehingga dapat mengganggu konsentrasinya dalam belajar.
 
Jawaban yang benar : A

πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡
==========

Kata Kunci:
soal pedagogik, soal pedagogik p3k 2021, soal pedagogik bahasa inggris, soal pedagogik pppk 2021, soal pedagogik p3k, soal pedagogik p3k matematika, soal pedagogik p3k 2021 pjok, soal pedagogik teori belajar, soal pedagogik p3k pjok, soal pedagogik ppg 2020, soal pedagogik p3k 2021 guru sd, soal pedagogik p3k 2021 pgsd, soal pppk, soal pppk 2021 dan pembahasan, soal pppk sosio kultural, soal pppk pjok 2021, soal pppk 2021 dan pembahasan lengkap guru honorer, soal pppk manajerial, soal pppk guru sd 2021 dan pembahasan, soal pppk pai 2021 dan pembahasan, soal pppk guru 2021, soal pppk pjok, soal pppk pai, soal pppk seni budaya part 2, soal pppk 2021 dan pembahasan perawat, soal pppk pjok sd, soal pppk bahasa inggris smp


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar