"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

(Tryout 24 PPPK) - 30 Soal Latihan Kompetensi Teknis Pedagogik Tes Seleksi PPPK Guru | Update November 2021

(Tryout 24 PPPK) - 30 Soal Latihan Kompetensi Teknis Pedagogik Tes Seleksi PPPK Guru | Update November 2021
Soal ke 24 Pedagogik
BAHYUDINNOR.COM - Berikut ini admin bagikan Latihan Soal Try Out ke 24 Update November 2021 untuk Calon  Guru PPPK (P3K) dengan Materi Pedagogik yang berguna untuk membantu belajar Calon Guru pada seleksi PPPK tahun 2021.
Latihan soal PPPK (P3K) dengan materi Pedagogik ini berjumlah 30 butir soal berbentuk pilihan ganda lengkap jawaban dan dengan pembahasannya.

Semoga dengan sering mempelajari Latihan dalam berbagai bentuk Soal Try Out ke 24 ini untuk calon Guru PPPK (P3K) Pedagogik tahun 2021 ini diharapkan calon peserta seleksi PPPK memiliki gambaran bentuk soal-soal yang nanti akan diujikan.

Soal Latihan PPPK Akan di Update diwebsite ini. Yuk Share ke rekan-rekanmu dan pastikan Aktifkan Notifikasi berlangganan Blognya (Gratiss!!!)

SOAL TRYOUT 24 PPPK KOMPETENSI PEDAGOGIK

UPDATE NOVEMBER 2021


Soal No 1
Materi pembelajaran yang dikembangkan dalam RPP untuk membantu siswa agar optimal penguasaan KD-nya adalah materi….
 
 
A. Pengayaan
 
B. Remidi
 
C. Reguler
 
D. Prasyarat
Pembahasan

Setelah siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam mata pelajaran tertentu, berikutnya siswa akan diberikan suatu materi yang berguna untuk mengembangkan kemampuan penguasaan KD secara optimal. Materi yang dimaksud adalah materi pengayaan.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 2
Aliran ini lebih menekankan bagaimana kegiatan pembelajaran menjadi menarik. Artinya, untuk mendapatkan perhatian dari peserta didik diperlukan alat bantu. Alat bantu ini sejalan dengan perkembangan teknologi informasi. Teori ini tergolong aliran.…
 
 
A. Behaviorisme
 
B. Humanistik
 
C. Sibernetik
 
D. Konstruktivisme
Pembahasan

Cara yang dapat dilakukan dengan permasalahan siswa yang tidak siap dalam kegiatan pembelajaran adalah melakukan konseling terhadap siswa yang mempunyai masalah dalam pembelajaran di kelas tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengajak diskusi siswa secara personal untuk menyelesaikan masalah tersebut.
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 3
Suatu tahap dimana siswa meninjau kembali dan meringkas apa yang telah dipelajari dan guru membantu membuat sintesis dengan melengkapi survey secara global terhadap apa-apa yang telah dipelajari siswa disebut dengan tahap ….
 
 
A. Integrasi
 
B. Orientasi
 
C. Eksplisitasi
 
D. Informasi
Pembahasan

Dalam pembelajaran geometri, guru dapat mengikuti teori pembelajaran Van Hiele dengan lima fase, yaitu 1) fase informasi (information), yakni guru dan siswa menggunakan tanya jawab dan kegiatan (observasi) tentang objek-objek yang dipelajari pada tahap berpikir yang bersangkutan; 2) fase orientasi langsung (directed orientation), yakni siswa menggali topik yang dipelajari melalui alat-alat yang disiapkan oleh guru; 3) fase penjelasan (explication), yakni siswa menyatakan pandangannya yang muncul mengenai struktur yang diobservasi dan guru membantu siswa menggunakan bahasa yang tepat dan akurat; 4) fase orientasi bebas (free orientation), yakni siswa menghadapi tugas-tugas yang lebih kompleks berupa tugas yang memerlukan banyak langkah, banyak cara, dan open ended; dan 5) integrasi (integration), yakni siswa meninjau kembali dan meringkas apa yang telah dipelajari, guru membantu mensintesis dengan survey secara global terhadap yang telah dipelajari siswa.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 4
Pernyataan berikut yang berkenaan dengan rasional pengembangan kurikulum 2013, kecuali….
 
 
A. Memadatkan kurikulum sebelumnya agar capaian kompetensi siswa lebih kaya dan luas
 
B. Capaian di TIMSS dan PISA tidak menggembirakan
 
C. Adanya perkembangan penduduk usia produktif Indonesia yang membutuhkan kompetensi dan keterampilan yang memadai
 
D. Tuntutan pendidikan yang mengacu kepada 8 standar nasional pendidikan
Pembahasan

Alasan rasional pengembangan kurikulum 2013 adalah adanya tantangan internal dan tantangan eksternal. Tantangan internal antara lain tuntutan pendidikan yang mengacu kepada 8 Standar Nasional Pendidikan dan perkembangan penduduk usia produktif Indonesia yang membutuhkan kompetensi dan keterampilan yang memadai. Sedangkan tantangan eksternalnya meliputi: arus globalisasi dan berbagai isu terkait pendidikan; pergeseran kekuatan ekonomi dunia, pengaruh dan imbas teknosains serta mutu, investasi, dan transformasi bidang pendidikan; dan Keikutsertaan Indonesia di dalam studi International Trend International Mathematics and Science Study (TIMSS) dan Program for Inter national Student Assessment (PISA) yang masih menunjukkan bahwa capaian anak-anak Indonesia belum menggembirakan.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 5
Manakah di antara pernyataan berikut yang tidak tepat terkait dengan kompetensi inti….
 
 
A. Kompetensi inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi kompetensi dasar
 
B. Semua kompetensi inti harus dicapai melalui pembelajaran langsung
 
C. Kompetensi inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan
 
D. Kompetensi inti dapat dicapai melalui proses pembelajaran intrakulikuler, kokulikuler, dan/ atau ekstrakurikuler
Pembahasan

Kompetensi inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi kompetensi dasar. Kompetensi inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan. Kompetensi inti dapat dicapai melalui proses pembelajaran intrakulikuler, kokulikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 6
Ada beberapa prinsup umum pembelajaran yang harus kita terapkan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pernyataan berikut ini yang tidak termasuk sebagai prinsip umum pembelajaran adalah….
 
 
A. Peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan fisikal (hardskills) dan keterampilan
 
B. Dari pembelajaran berbasis konten menuji pembelajaran berbasis kompetensi
 
C. Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi berlangsung di sekolah
 
D. Dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah
Pembahasan

Prinsip umum menyusun RPP antara lain: peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan fisikal (hardskills) dan keterampilan; dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi; dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah.
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 7
Proses mengumpulkan informasi/ bukti melalui kegiatan pengukuran, menafsirkan, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan bukti-bukti hasil pengukuran disebut….
 
 
A. Pengukuran
 
B. Penilaian
 
C. Evaluasi
 
D. Observasi
Pembahasan

Pengukuran adalah kegiatan membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria atau ukuran. Penilaian adalah proses mengumpulkan informasi/bukti melalui kegiatan pengukuran, menafsirkan, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan bukti-bukti hasil pengukuran. Evaluasi adalah proses mengambil keputusan berdasarkan hasil-hasil penilaian.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 8
Dalam suatu kegiatan pengukuran, seorang siswa dapat menjawab 8 soal dengan benar dari 10 soal yang harus dikerjakan, sisanya dijawab salah. Jika soal tersebut berbentuk B-S, tingkat penguasaan siswa tersebut adalah ….
 
 
A. 80%
 
B. 75%
 
C. 68%
 
D. 60%
Pembahasan

Menurut teori probabilitas option B dan S masing-masing mempunyai nilai kemungkinan yang sama untuk dipilih, yaitu ½. Kemungki nan siswa menjawab benar soal tipe objektif sangat besar. Dengan demikian, diperoleh hubungan bahwa “Jumlah jawaban yang benar sama dengan banyak jawaban yang benar-benar dikuasai ditambah dengan banyak jawaban yang ditebak. Jika dimisalkan jawaban siswa yang benar-benar dikuasai sebagai x, maka dipenuhi persamaan: 8 = x+ (10 – x)1/2 x = 6. Jadi, tingkat penguasaan siswa adalah 60%
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 9
Kehangatan dan keantusiasan, kebermaknaan dan menghindari penggunaan respon negatif adalah bagian dari ….
 
 
A. Tujuan motivasi
 
B. Tujuan mengadakan penguatan
 
C. Komponen-komponen mengadakan penguatan
 
D. Prinsip penggunaan penguatan
Pembahasan

Agar penggunaan penguaatan efektif maka harus memperhatikan tiga prinsip yaitu: 1) kehangatan dan keantusiasan; 2) kebermaknaan, dan 3) menghindari respon negatif.
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 10
Suatu bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap, menggunakan pengetahuan, dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran dalam melakukan tugas situasi sesungguhnya disebut….
 
 
A. Penilaian formatif
 
B. Penilaian autentik
 
C. Penilaian sumatif
 
D. Penilaian reflektif
Pembahasan

Suatu bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap, menggunakan pengetahuan, dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran dalam melakukan tugas situasi sesungguhnya disebut penilaian autentik
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 11
Bu Tari dalam menyampaikan materi tidak hanya duduk di kursi saja. Tetapi, Bu Tari juga berpindahpindah tempat agar semua siswa merasa dekat dan diperhatikan olehnya. Langkah yang dilakukan Bu Tari dalam proses pembelajaran termasuk salah satu penerapan ….
 
 
A. Keterampilan memberikan penguatan
 
B. Keterampilan mengadakan variasi
 
C. Keterampilan memberikan perhatian
 
D. Keterampilan dalam menyampaikan materi
Pembahasan

Langkah yang dilakukan oleh Bu Tari adalah menerapkan keterampilan mengadakan variasi dalam pembelajaran. Keterampilan mengadakan variasi adalah keterampilan yang dilakukan guru untuk mengadakan proses perubahan dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi para siswa, serta mengurangi kejenuhan dan kebosanan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 12
Proses pembelajaran dalam mencapai Kompetensi Lulusan pada dimesi sikap diperoleh melalui….
 
 
A. Menerima-mengetahui-memahami-menerapkan-menganalisis
 
B. Menerima-menjalankan-menghargai-menghayati-mengamalkan
 
C. Menerima-memahami-menerapkan-menyajikan-mengomunikasikan
 
D. Mengetahui-memahami-menerapkan-menalar-mengomunikasikan
Pembahasan

Setiap lulusan satuan pendidikan dasar dan menengah memiliki kompetensi pada tiga dimensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pada dimensi sikap ini peserta didik diharapkan memiliki perilaku yang mencerminkan sikap: 1). beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, 2). berkarakter, jujur, dan peduli, 3). bertanggungjawab, 4). pembelajar sejati sepanjang hayat, dan 5). sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional. Dimensi sikap dibentuk melalui aktivitas-aktivitas menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 13
Aliran pembelajaran yang menekankan bahwa pengetahuan dikonstruksi individu melalui interaksi sosial dengan individu-individu lain terlebih yang mempunyai pengeta huan dan sistem kultural yang lebih baik disebut….
 
 
A. Konstruktivisme
 
B. Konstruktivisme sosial
 
C. Konstruktivisme personal
 
D. Behaviorisme
Pembahasan

Konstruktivisme sosial memandang bahwa belajar merupakan suatu proses pengkonstruksian pengetahuan yang diperoleh secara individu melalui proses interaksi dengan objek yang dihadapi serta pengala man sosial. Teori ini dikembangkan oleh Vygotsky.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 14
Hasil ulangan akhir semester mata pelajaran Matematika di kelas VIIA yang terdiri atas 40 siswa, diperoleh hasil sebagai berikut: sebanyak 24 orang memperoleh nilai 70 ke atas, sebanyak 10 orang memperoleh nilai antara 50 sampai dengan 70, yang lain memperoleh nilai 50 ke bawah. Jika nilai KKM matematika 70, maka persentase siswa yang belum lulus adalah….
 
 
A. 40%
 
B. 60%
 
C. 15%
 
D. 25%
Pembahasan

Siswa yang lulus KKM adalah siswa yang mendapat nilai 70 ke atas yaitu 24 orang, karena batas lulus KKM adalah 70. Siswa yang belum lulus KKM adalah 10 orang dan sisanya yakni 40 – (24 + 10) = 40 – 34 = 6.
Dengan kata lain, siswa yang belum lulus KKM adalah 10 + 6 siswa =16 siswa. Dengan demikian, persentasenya adalah 16/40 x 100% = 40%.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 15
Seorang guru mengelola proses pembelajaran Matematika SMP dengan fokus tujuan mata pelajaran yang hendak dicapai adalah “mengembangkan penalaran”. Pengalaman belajar siswa yang paling sesuai dengan tujuan tersebut adalah ….
 
 
A. Membuktikan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
 
B. Menentukan luas permukaan bangun balok
 
C. Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel dengan teorema kesetaraan
 
D. Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius
Pembahasan

Kemampuan penalaran dapat dikembangkan dengan melalui kegiatan pembuktian. Salah satu contohnya adalah membuktikan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 16
Kurikulum yang dikembangkan harus dapat melestarikan berbagai budaya sebagai warisan masa lalu. Persyaratan tersebut sesuai dengan salah satu peran kurikulum yaitu….
 
 
A. Peran konservatif
 
B. Peran kritis
 
C. Peran evaluatif
 
D. Peran kreatif
Pembahasan

Salah satu peran kurikulum adalah peran konservatif. Maksudnya, kurikulum harus melestarikan berbagai budaya sebagai warisan masa lalu.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 17
Suatu proses dimana seorang individu yang lebih banyak pengetahuannya membantu individu yang lebih sedikit pengetahuannya untuk menuntaskan suatu masalah melampaui tingkat kemampuannya disebut….
 
 
A. Penguatan
 
B. Zone of Proximal Development (ZPD)
 
C. Scaffolding
 
D. Reconciliation
Pembahasan

Suatu proses dimana seorang individu yang lebih banyak pengetahuannya membantu individu yang lebih sedikit pengetahuannya untuk menuntaskan suatu masalah melampaui tingkat kemampuannya disebut scaffolding. Scaffolding digunakan sebagai intervensi tidak langsung dalam proses pembelajaran baik dalam bentuk interaksi antarkomunitas belajar maupun teks yang bermanfaat untuk mendorong pencapaian perkembangan aktual siswa menuju perkembangan potensial.
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 18
RPP dirancang untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian. Prinsip penyusunan RPP yang sesuai dengan hal tersebut adalah….
 
 
A. Mengakomodasi pembelajaran terpadu
 
B. Mengakomodasi perbedaan individu siswa
 
C. Mendorong partisipasi aktif siswa
 
D. Berpusat pada siswa
Pembahasan

Prinsip penyusunan RPP menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Dikdasmen, salah satunya adalah berpusat pada siswa. Hal ini dilakukan untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisitif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 19
Pernyataan di bawah ini merupakan kelemaham diskusi yang dapat menimbulkan kegagalan atau tujuan tidak tercapai, kecuali….
 
 
A. Memerlukan waktu lama
 
B. Diskusi didominasi oleh siswa pandai atau siswa tertentu
 
C. Dapat membosankan jika pembicara bertele-tele dan menyimpang dari topik yang ditentukan
 
D. Guru tidak mempersiapkan diri untuk mengajar
Pembahasan

Diskusi mempunyai kelemahan yang dapat menimbulkan kegagalan atau tujuan tidak tercapai, antara lain: memerlukan waktu lama; diskusi didominasi oleh siswa pandai atau siswa tertentu; dan apat membosankan jika pembicara berteletele dan menyimpang dari topik yang ditentukan.
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 20
Sari melakukan penilaian proses dan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris yang menunjukkan hasil bahwa ada sedikit peserta didik yang belum mencapai nilai 75 dari skala 0-100. Tindakan pertama yang harus dilakukan Bu Sari adalah….
 
 
A. Melakukan pembelajaran remedial
 
B. Memastikan penyebab terjadinya tersebut
 
C. Menyiapkan program untuk pembelajaran pengayaan
 
D. Mendiagnosis kesulitan yang dialami  sedikit  siswa  tersebut
Pembahasan

Kasus yang dialami Bu Sari merupakan suatu kasus yang sering terjadi di dalam kelas. Langkah pertama yang harus dilakukan Bu Sari adalah mendiagnosis kesulitan yang dialami siswa tersebut. Setelah terdeteksi, langkah berikutnya dapat berupa pemberian pembelajaran remedial.
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 21
Menimbulkan rasa berkewajiban melibatkan diri dalam tugas serta bertingkah laku wajar sesuai dengan aktivitas kelas merupakan salah satu dari ….
 
 
A. Tujuan mengelola kelas
 
B. Prinsip-prinsip mengelola kelas
 
C. Komponen-komponen mengelola kelas
 
D. Penekanan mengelola kelas
Pembahasan

Penerapan keterampilan mengelola kelas mempunyai tujuan baik untuk siswa maupun guru. Tujuan bagi siswa, misalnya mendorong siswa mengembangkan tanggungjawab individu terhadap tingkah lakunya, membantu siswa memahami tingkah lakunya sesuai tata tertib kelas, dan menimbulkan rasa berkewajiban melibatkan diri dalam tugas serta bertingkah laku wajar sesuai dengan aktivitas kelas. Tujuan bagi guru, misalnya mengembangkan pengertian dan keterampilan dalam memelihara kelancaran penyajian dan langkahlangkah pembelajaran secara tepat dan baik, memiliki kesadaran untuk mengembangkan potensinya dalam mengembangkan pengarahan yang jelas kepada siswa, menimbulkan kesadaran akan kebutuhan siswa, dan memberikan respon secara efektif terhadap tingkah laku siswa yang menimbulkan gangguan kecil dalam pembelajaran.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 22
Tolak ukur dari Kompetensi Dasar yang dipelajari siswa sehingga muatan kemampuan yang ada di dalamnya harus sejalan dengan muatan kemampuan pada Kompetensi Dasar. Komponen yang dimaksud adalah ….
 
 
A. Kompetensi Inti
 
B. Kompetensi Dasar
 
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
 
D. Tujuan Pembelajaran
Pembahasan

Indikator Pencapain Kompetensi (IPK) merupakan tolak ukur dari Kompetensi Dasar yang dipelajari siswa sehingga muatan kemampuan yang ada di dalamnya harus sejalan dengan muatan kemampuan pada Kompetensi Dasar. Dalam melakukan penilaian hasil pembelajaran, acuannya adalah IPK, karena yang akan diukur adalah ketercapaian IPK.
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 23
Pernyataan terkait komponen Tujuan Pembelajaran pada RPP berikut ini yang tidak tepat adalah ….
 
 
A. Dirumuskan berdasarkan KD
 
B. Menggunakan kata kerja operasional
 
C. Mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan
 
D. Setara indikator pencapaian kompetensi
Pembahasan

Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan Kompetensi Dasar(KD). Dalam merumuskan tujuan pembelajaran, digunakan kata kerja operasional yang mengukur skala sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Tujuan pembelajaran mengarahkan kita dalam mendasain kegiatan pembelajaran dalam rangka memfasilitasis iswa mencapai kompetensi. Oleh karena itu, secara tidak langsung, tujuan pembelajaran juga berhubungan dengan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK).
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 24
Berikut ini adalah bentuk diferensiasi proses pembelajaran….
 
 
A. Menyediakan alat peraga sesuai kemampuan  siswa
 
B. Menggunakan bahan ajar yang beragam
 
C. Menggunakan bahasa teknis sesuai kemampuan  siswa
 
D. Membentuk kelompok kecil
Pembahasan

Dalam proses pembelajaran, guru dapat melakukan differensiasi antara lain: menyediakan presentasi yang bervariasi sesuai perbedaan gaya belajar; menggunakan aktivitas berjenjang; menyediakan pusat perhatian yang mendorong siswa mengeksplorasi bagian topik pembelajaran sesuai minat mereka; mengembangkan agenda personal setiap siswa; menyediakan alat peraga/bantu lain untuk membantu siswa yang memerlukannya; dan menyediakan waktu belajar yang bervariasi
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 25
Pertanyaan guru hendaknya dapat mengubah tingkat kognitif dari ingatan ke tingkat yang lebih tinggi sebab….
 
 
A. Siswa harus berkembang dalam cara berpikir
 
B. Urutan taksonomi Bloom mengharuskan hal itu terjadi
 
C. Sifat manusia yang berubah-ubah
 
D. Agar guru terlihat kreatif
Pembahasan

Dalam memberikan pertanyaan, seorang guru perlu memberikan perubahan tuntunan tingkat kognitif dalam menjawab pertanyaan. Pertanyaan guru hendaknya dapat berusaha mengubah tingkat kognitif dari ingatan ke tingkat yang lebih tinggi, seperti tingkat pemahaman, penerapan, analisis, evaluasi, dan mengkreasi.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 26
Validitas yang berkenaan dengan aspek sikap, kepribadian, motivasi, minat, bakat termasuk ke dalam….
 
 
A. Validitas konstruk
 
B. Validitas konten
 
C. Face validity
 
D. Criterion related validity
Pembahasan

Validitas yang berkenaan dengan aspek sikap, kepribadian, motivasi, minat, bakat termasuk ke dalam validitas konstruk.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 27
Ciri khas dari pembelajaran berbasis masalah adalah terletak pada masalahnya. Di antara berikut yang bukan ciri masalah model pembelajaran berbasis masalah adalah ….
 
 
A. Struktur rumit
 
B. Kompleks
 
C. Terbuka
 
D. Terarah
Pembahasan

Menurut Prince dan Felder (2006), masalah yang diberikan dalam model pembelajaran berbasis masalah sebaiknya memenuhi kriteria kompleks (complex), struktur tidak jelas (ill structured), terbuka (open ended problem), dan otentik (authentic).
 
Jawaban yang benar :  D

Soal No 28
Pada kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan pendekatan saintifik dalam model pembelajaran berbasis proyek, aktivitas pembelajaran siswa pada tahap “mengamati” adalah….
 
 
A. Siswa mengidentifikasi informasi dari  pernyataan
 
B. Siswa membuat desain proyek
 
C. Siswa mengumpukan informasi sesuai yang direncanakan
 
D. Siswa menyampaikan progres proyek
Pembahasan

Pembelajaran berbasis proyek adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam suatu kegiatan (proyek) yang menghasilkan suatu proyek. Aktivitas siswa dalam pembelajaran ini adalah mendesain proyeknya sendiri, menyelesaikan proyek secara berkelompok, dan mempresentasikan produk yang dibuat. Jika pendekatan saintifik diintegrasikan dalam model pembelajaran berbasis proyek maka pada tahap “mengamati” siswa melakukan aktivitas pengamatan masalah yang disampaikan guru. Selain itu, siswa mengidentifikasi informasi yang diberikan dari pernyataan atau masalah yang diberikan.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 29
Dalam proses belajar mengajar, Bu Dini menyampaikan kepada siswa bahwa dalam pembelajaran tersebut Bu Dini akan menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Selain itu, Bu Dini juga menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. Rancangan kegiatan pembelajaran di RPP-nya berada tahap….
 
 
A. Pendahuluan
 
B. Inti
 
C. Penutup
 
D. Pengayaan
Pembahasan

Langkah pembelajaran pada tahap pendahuluan di RPP meliputi kegiatan pembukaan, memberikan orientasi, apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran dan motivasi, menginformasikan cakupan materi dan kegiatan atau cara belajar yang akan dilakukan, serta menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. Dalam kasus Bu Dini di atas, tahapan yang dilakukan adalah pada tahap pendahuluan.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 30
Peristiwa atau proses mengaitkan objek baru dengan konsep yang telah ada melalui identifikasi perbedaaan disebut….
 
 
A. Asimilasi
 
B. Interaksi
 
C. Ekuilibrasi
 
D. Akomodasi
Pembahasan

Menurut Piaget, proses adaptasi seseorang terhadap lingkungan melalui dua proses, yakni asimilasi dan akomodasi. Asimilasi adalah proses di mana informasi-informasi dan pengalaman-pengalaman baru ‘diserap’ (dimasukkan) ke dalam struktur kognitif manusia, sedangkan akomodasi adalah proses penyesuaian pada struktur kognitif manusia sebagai akibat dari adanya informasi-informasi dan pengalaman-pengalaman baru yang diserap.
 
Jawaban yang benar : D

πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡
==========

Kata Kunci:
soal pedagogik, soal pedagogik p3k 2021, soal pedagogik bahasa inggris, soal pedagogik pppk 2021, soal pedagogik p3k, soal pedagogik p3k matematika, soal pedagogik p3k 2021 pjok, soal pedagogik teori belajar, soal pedagogik p3k pjok, soal pedagogik ppg 2020, soal pedagogik p3k 2021 guru sd, soal pedagogik p3k 2021 pgsd, soal pppk, soal pppk 2021 dan pembahasan, soal pppk sosio kultural, soal pppk pjok 2021, soal pppk 2021 dan pembahasan lengkap guru honorer, soal pppk manajerial, soal pppk guru sd 2021 dan pembahasan, soal pppk pai 2021 dan pembahasan, soal pppk guru 2021, soal pppk pjok, soal pppk pai, soal pppk seni budaya part 2, soal pppk 2021 dan pembahasan perawat, soal pppk pjok sd, soal pppk bahasa inggris smp

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar