"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Cara Membuat Konten Listicle Kompilasi untuk Youtube | Tips Para Youtuber Pemula

BAHYUDINNOR.COM - Oke sekarang kalian sudah bikin channel YouTube tapi bingung mau bikin video apa Dan juga mungkin bingung gimana cara edit videonya. Apalagi kalau kamu nggak punya kamera, tidak punya microphone. Jangan Takut kali ini saya mau tunjukin ke kalian cara bikin konten untuk YouTube dengan topik kompilasi dan kamu gak perlu kamera dan mikrofon dan bikin videonya gampang banget, kamu tinggal klik-klik, copy paste dan selesai. Keren kan.. 

Yuk lanjut bacanya..

Topik kompilasi bisa jadi ide untuk video kamu dan banyak peminatnya apalagi kalau kompilasi serba ter termahal, terbaik, terlucu terseram, pokoknya serba ter ter ini banyak banget yang suka.

Karena Kebanyakan viewer itu betul mencari hal-hal yang paling top. itu adalah konten tentang daftar dari sebuah topik atau ide. Topiknya bisa bermacam-macam tergantung dari topik channel kamu atau kamu bisa bikin satu buah channel khusus untuk listicle.

Topiknya bisa campur-campur atau bisa lebih spesifik lagi ya, Seperti contohnya topik wisata, makanan, teknologi dan masih banyak lagi Jika kamu ingin menggunakan listicle sebagai konten kamu. Misal bisa bikin video tentang "5 youtuber paling sukses di Indonesia" atau "5 aplikasi edit video yang paling bagus di Tahun 2022" 

atau kalau kamu punya channel gaming, bikin aja 10 game terbaik di tahun 2022 kalau kamu punya channel masakan kamu bisa bikin "10 tempat makan terenak di Jakarta". Jadi tipe konten listicle ini bisa menghasilkan banyak sekali ide video untuk channel kamu. 

Postingan Kali ini saya mau menunjukkan ke kalian cara bikin konten listicle tanpa menggunakan kamera dan tanpa menggunakan microphone. Berikut cara membuat konten listicle yang saya bagikan.

Kalau kamu lihat Youtube ada banyak topik-topik konten yang menggunakan kata TER. Misalnya mencari kata Youtuber, Kemudian ditambahkan kata TER tadi, maka akan banyak banget nih ide-idenya Youtuber TERbanyak subscribe di dunia, TERkaya di Indonesia, TERkaya di dunia.

Pencari youtube dengan kata "Youtuber TERkaya di dunia" adalah kontennya jenis listicle ya.

Perlu diketahui kita tidak harus selalu mengikuti keyword sesuai dengan Kolom pencarian, Jadi contoh-contoh judul atau title seperti itu yang sekarang di Tahun 2022 ini mungkin lebih efektif dengan kalimat-kalimat yang mengundang orang untuk mengklik video kita. Oke sekarang saya akan coba bikin video listicle tentang "Kota TERindah di dunia tahun 2022" ya.

1. Membuat Script Video

Langkah awal kita bikin dulu scriptnya, itu penting banget ya sebelum kita membuat video. Disini silahkan kamu Search di Google dengan "KEYWORD" Kota TERindah di Dunia.

Disini saya menemukan satu buah artikel dari gramedia.com nih "18 Kota Terindah di Dunia yang Wajib Dikunjungi".  Selanjutnya kunjungi linknya untuk mengambil artikelnya. 

Tapi Saya akan ambil 5 aja ya, Jadi nanti kita bisa bikin judul videonya yang menarik contohnya "5 Kota terindah di dunia Indonesia salah satunya". jadi ini bisa menjadi satu kalimat yang bisa menarik orang untuk melihat video kita.

Oke sekarang kita sudah punya list kota-kota yang terbaik di dunia yah menurut Gramedia.com. Kita bisa gunakan artikel ini tapi kita juga harus mengubah kata-kata pada artikel ini supaya tidak terkena plagiat ya.

Jadi kalau kalian kreatif Mungkin kalian bisa mengganti kata-kata ini dengan manual dan dengan kreativitas kalian sendiri.

Namun disini saya menggunakan tools "paraphraser.io (https://www.paraphraser.io/)" dimana kamu bisa mengganti kalimat secara online dari sebuah tulisan.

Caranya Copy teks di gramedia.com tadi kemudian paste ke web https://www.paraphraser.io, dan setting beberapa pengaturan untuk mengubah artikelnya seperti gambar dibawah.
Keterangan:
1. Paste Artikel
2. Pilih Fluence
3. Aturan kedalam bahasa Indonesia
4. Klik Capta (ini wajib)
5. Klik Paraphrase Now untuk mengubah artikelnya
6. Hasil Ubah Artikel yang ditanda warna hijau ini adalah kata-kata yang diganti dari original artikelnya.

ya mungkin memang tidak 100% sempurna tapi kalau memang ada kejanggalan kamu bisa mengganti secara manual.

Kemudian kamu bisa Copas aja ke notpad. Lakukanlah pada semua artikel yang ingin dibuat Scriptnya.

2. Mengumpulkan Media Foto/Video Footage

Langkah selanjutnya tentunya kita harus mengumpulkan media-media foto atau video yang berkaitan dengan kota-kota ini.

Untuk cari media-media foto dan video tentunya pertama kamu bisa cari di Youtube itu sendiri ya. Jadi belum tahu cari Video Youtube No-Copyright silahkan cek disini.

Selain dari Youtube kamu juga bisa menggunakan Google ya atau cari di Canva.com. Selain bisa gunakan video dan kita bisa juga search gambar di Google. Jadi nanti kamu bisa selipkan gambar ini juga ke video kita. Lakukan download untuk semua tempat-tempat yang akan kita bahas di video kita.

3. Editing Video di Canva.Com

Masukkan semua Foto dan Video kita ke Canva.Com, Setelah semua masuk ke CANVA, jika belum punya akun silahkan daftar terlebih dahulu pakai email kamu masing-masing (Gratis). Langkah selanjutnya kita akan membuat opening dari video kita karena judulnya 5 kota terindah di dunia berarti awalnya harus diawali dengan gambar video atau gambar foto dari kota.

Di canva ketiklah dengan keyword City (Format Video), jika sudah ketemu draglah ke Slide canva. Selanjutnya masukkan judulnya dengan mamasukkan teks ke video. Pada video opening, kamu bisa atur durasinya sesuai yang kamu inginkan.

Dicanva, selain bisa mengubah durasi video, kita juga bisa mengubah size font, warna, animasi, time/waktu durasi video, dll. 

Jika into sudah jadi langkah selanjutnya kita klik tanda + untuk menambahkan Slide baru. Selanjutnya untuk kota yang pertama Kota Denpasar. Carilah Video/Foto yang terkait Kota Denpasar, jika sudah drag lagi ke Slide 2. Sekarang tinggal kita lanjutkan aja dengan metode dan trik yang sama untuk kota-kota selanjutnya.

Langkah selanjutnya untuk membuat video kita menjadi lebih menarik dan lebih disukai oleh YouTube tentunya menambahkan voice over.

4. Membuat Voice Over

Kalau kamu nggak punya microphone jangan takut karena kalian bisa menggunakan web Text to Speech Bahasa Indonesia di https://tts.prosa.ai/

Penggunaan nya gampang banget dan suara yang dihasilkan bagus banget dan kalian bisa mencoba layanan ini dengan gratis. Cek Informasi lengkap pada Video berikut https://youtu.be/dRlNZYfQzlo

Ok sekarang saya sudah upload voice-over yang saya buat di https://tts.prosa.ai/ tadi ya.

Di sini ada 4 adegan berarti gue bikin juga 4 voice over sesuai dengan tulisan-tulisan yang berada di adegan.

Oke langkah pertama kita harus setting dulu lama atau durasi dari setiap adegannya. Adegan pertama sudah saya siapkan tadi di 10 detik ya, kemudian adegan kedua saya set di 5 detik aja, adegan ketiga karena tulisannya panjang mungkin kita akan set di 20 detik ya. Kalian ketik aja 20 dan Tekan enter.

Selanjutnya tinggal kita masukkan saja voice-over nya sesuai dengan adegannya "5 kota terindah di dunia" Kita masukkan voice-over pertama, Kemudian voice-over yang kedua, dan seterusnya.

Jika sudah memasukkan Voice Over pada setiap Adegan, Langkah selanjutnya kita akan menambahkan lagu background yang audio Kamu mungkin bisa download di YouTube studio  atau YouTube audio library atau kamu bisa juga download di website-website lain yang tentunya menyediakan musik-musik tanpa copyright nya.

Kkarena disini kita akan menggunakan lagu-lagu yang sudah disiapkan oleh Canva dan seperti biasa untuk lagu-lagu yang gratis kita bisa gunakan yang bertandakan free.

Sampai disini kamu sudah berhasil membuat video Konten Kompilasi untuk Youtube. Langkah terakhir tinggal kamu share dalam bentuk format video. Caranya Klik Ikon panah kebawah (1), lalu pilih MP4 (2).  

Nah itu tadi pelajaran singkat hari ini gimana cara bikin konten listicle dengan gampang dan mudah tanpa kamera dan microphone.

Kalau kamu mau tahu gimana Cara Mengubah Artikel menjadi Video dengan cara mudah tinggal klik-klik aja, saya akan Share pada POSTINGAN BERIKUTNYA YA, Jangan lupa klik berlangganan artikel dibawah. Sampai jumpa pada postingan berikutnya...  bye-bye

Post Tags: 
cara membuat konten kompilasi, cara buat konten youtube yang menghasilkan uang, cara buat konten youtube, cara buat konten youtube yang menarik, cara cari uang di, cara cari uang di youtube, cara menggunakan canva untuk video, cara dapat uang di youtube, cara copy paste dapat uang, copy paste video youtube dapat uang paling gampang, tips youtuber pemula 2022, konten youtube gampang, konten paling gampang, cara jadi youtuber pemula, monetisasi youtube.


Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar