"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Guru Perlu Menerapkan Blended Learning Dalam Pembelajaran Konsep dan Praktikum

Contoh efektif dari penerapan Blended Learning, misalnya pembelajaran Merakit Komputer. Siswa satu hari sebelum melaksanakan praktikum
BAHYUDINNOR.COM - Pemilihan dan penerapan media pembelajaran menjadi salah satu penentu keberhasilan konsepsi peserta didik yang wajib seorang pendidik lakukan didalam kelas. Media pembelajaran memiliki fungsi yang penting dalam proses pembelajaran, media pembelajaran memiliki beberapa manfaat praktis.

Selain media, Seorang guru juga perlu mengemabngkan media pembelajaran dengan memperhatikan prinsip penting yaitu, VISUALS, yang dapat di artikan sebagai berikut,
  1. Visible (mudah dilihat), 
  2. Interesting (Menarik), 
  3. Simple (Sederhana), 
  4. Useful (bermanfaat), 
  5. Aqurate (benar), 
  6. Ligitimate (masuk akal), 
  7. Structured (tersusun dengan baik). 
Pengembangan dan penerapan media pembelajaran patut di pertimbangkan adalah menggunakan video  dengan Model Blended Learning.

Apa itu Bleanded Learning?

Blended Learning atau Pembelajaran campuran adalah pembelajaran dengan melibatkan pembelajaran secara langsung (syncronous) dengan pembelajaran tidak langsung (asyncronous). 

Blended Learning sebagai kombinasi karakteristik pembelajaran tradisional dan lingkungan pembelajaran elektronik. 

Salah satu alternatif yang dapat dipilih dalam proses belajar mengajar karena model ini merupakan perpaduan antara pelajaran tatap muka dan pembelajaran secara online. 

Pembelajaran ini memadukan dua model pembelajaran pembelajaran secara langsung (face to face) atau yang sering disebut dengan pembelajaran konvensional pembelajaran ini sering kali berdiri sendiri namun blended learning mencampurkan pembelajaran konvensional tersebut dengan pembelajaran secara online.

Konsep Blended Learning?

Blended learning ini sebagai kombinasi karakteristik pembelajaran tradisional dan lingkungan pembelajaran elektronik. Pada awalnya pembelajaran tradisional tatap muka, kemudian makin tinggi teknologi maka semakin lama waktu pembelajaran beralih menggunakan elektronik murni dalam bentuk online, terjadi kombinasi dari keduanya yang di sebut dengan blended learning.

Penjelasan konsep tentang blended learning penggabungan model pembelajaran ini juga memiliki beberapa kelebihan, yaitu dapat mengambil sifat terbaik dari pembelajaran secara langsung (syncronous) dengan pembelajaran tidak langsung (asyncronous).

Seperti; peserta didik dapat memotivasi dirinya sendiri secara internal dan mampu mengontrol kemampuan belajarnya dimana  saja, kapan saja dan menciptakan kemandirian peserta didik. 

Dalam pembelajaran blended learning peserta didik menjadi bagian sebuah kelompok belajar dan sekaligus sebagai individu yang sedang belajar, dari pemaparan di atas dapat di simpulkan.

Blended adalah campuran dan learning adalah pembelajaran, pencampuran pembelajaran ini percampuran pembelajaran konvensional dengan pembelajaran e- learning.

Blended learning tidak berarti menggantikan model belajar konvensional di dalam kelas, tetapi memperkuat model belajar tersebut.

Peserta didik menggunakan pembelajaran Blended learning lebih tinggi dari pada pada konvensional, dan dapat meningkatkan penguasaan konsep dan penalaran fisika serta melatih peserta didik untuk mandiri dan aktif. 

Kelebihan dari penggunaan blended learning ini yaitu; 

  1. Perencanaan pebelajaran model blended learning layak digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran; 
  2. Model pembelajaran blended learning dapat diimplementasikan sesuai perencanaan yang mencakup orientasi, organisasi, investigasi, presentasi, analisis dan evaluasi; 
  3. Pembelajaran dengan model blended learning terbukti efektif. 

Berbagai pengembangan model pembelajaran blended learning ini kini telah banyak membantu pencapaian dalam pembelajaran diberbagai sekolah.

Penerapan Sederhana Blended Learning

Contoh efektif dari penerapan Blended Learning, misalnya pembelajaran Merakit Komputer. Siswa satu hari sebelum melaksanakan praktikum diminta untuk mencermati dan Mencatat hal-hal terkait Tayangan Video Cara Merakti Komputer  melalui tayangan video di youtube yang sudah dibuat dan dipersiapkan oleh guru sebelumnya.

Dengan cara tersebut siswa lebih tahu hal-hal apa saya yang akan mereka lakukan ketika akan melakukan praktikum.

Dari sisi lain guru tidak perlu lagi menjelaskan panjang lebar terkait bagaimana Cara Merakit Komputer, namun cukup memahamkan kembali apa-apa yang tidak dipahami siswa.

Bagaimana apakah kamu sebagai guru siap melakukan cara ini didalam pemebelajaran. Komentar dibawah ya!!! 

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar