APLIKASI MERUBAH TEKS MENJADI SUARA (TEXT TO SPEECH) TERBAIK BAHASA INDONESIA - PROSA AI

Prosa-Ai
BAHYUDINNOR.COM - Text to speech dapat diartikan sebuah teknologi dengan sistem untuk mengonversi teks menjadi suara secara otomatis dalam bentuk format MP3. Teknologi ini biasanya berjalan pada suatu perangkat seperti Smartphone dengan memanfaatkan koneksi internet yang stabil.

Text to speech pada umumnya dibagi menjadi dua bagian, yakni analisis teks dan sintesa ucapan. Analisis teks akan mentransformasi tulisan menjadi representasi linguistik. Sedangkan sintesa ucapan bertugas mentransformasi representasi linguistik menjadi sinyal ucapan atau suara.

Kehadiran platform berbagi video seperti Youtube memberikan wadah bagi para content creator untuk berkarya, terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini yang membuat jumlah audiens meroket.

Tidak hanya video, penikmat podcast pun juga ikut mengalami kenaikan. Implikasinya, para kreator konten baik video, podcast, maupun jenis konten lainnya berpotensi mendapatkan keuntungan semakin tinggi karena kenaikan jumlah audiens.

Sama seperti bidang lainnya, dalam proses produksi sebuah konten, selalu ada proses yang repetitif dan bisa disimplifikasi, seperti perekaman audio untuk voice-over dan narasi misalnya.

Selama ini, setelah penulisan naskah, kebanyakan para kreator konten merekam langsung suara talent menggunakan recorder.

Kelemahan dari perekaman suara talent secara langsung adalah prosesnya yang memakan waktu karena take audio bisa terjadi berulang kali.

Karena faktor tersebut, Prosa.ai mengembangkan Prosa Text-to-Speech, sebuah layanan terbaru dari Prosa.ai untuk mengkonversi teks menjadi ucapan berbahasa Indonesia dengan mudah menggunakan teknologi kecerdasan buatan asli lokal.
Prosa text-to-speech (tts) merupakan layanan berlangganan terbaru yang berbasis Cloud dari prosa.ai 

Prosa TTS memungkinkan konversi otomatis teks bahasa Indonesia menjadi ucapan sintetis.

Prosa TTS dapat digunakan untuk membantu proses perekaman audio seperti podcast, audio book atau aplikasi narator bagi penyandang disabilitas 

Dengan pilihan jenis suara gaya bicara, Kecepatan, dan tinggi nada user dapat membuat personalisasi karakter suara sesuai dengan yang diinginkan Mari kita mulai menggunakan prosa TTS sekarang juga
  1. Kunjungi web https://tts.prosa.ai
  2. Klik login dengan akun Google untuk mendaftar ke prosa TTS atau pilih register untuk membuat akun prosa TTS secara manual. 
    Register-Prosa-ai.

  3. Pilih suara, gaya bicara, Kecepatan dan tinggi nada yang diinginkan jika kalian sudah menjadi member pro.
    Pilih-suara-gaya-bahasa-Register-Prosa-ai

  4. Jumlah karakter yang telah dimasukkan ke dalam text box terlihat di sini.
    Jumlah-Karakter-prosa-ai

  5. Tulis/salin teks atau unggah Dokumen untuk memulai sintesis suara.
    Tulis-dan-salin-teks-prosa-ai

  6. Bari nama file pilih format audio lalu tekan sintesis untuk memulai proses konversi teks menjadi audio.
    Konvesi-audio-prosa-ai
  7. Selamat berkreasi menggunakan prosa text-to-speech dari prosa.ai
Preview Hasil Prosa.Ai

Prosa TTS hadir di cloud dan dapat dinikmati sebagai Software as a Service (SaaS) yang dapat diakses sepanjang 24/7 dengan biaya yang sangat terjangkau dengan antarmuka yang user friendly. 

Untuk mencoba, Anda dapat memanfaatkan paket gratis masa free trial selama 1 bulan dengan kuota karakter sebanyak 10.000 karakter. 

Jika kuota dan masa free trial Anda habis, Anda dapat memilih paket kuota sesuai kebutuhan Anda. Paket tersedia dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp 125.000,- hingga Rp 900.000,- selama masa promo. Perbedaan dari masing-masing pilihan paket tersebut adalah di masa berlaku dan kuota karakter nya.

Trik Membuat Email Gratis Untuk Daftar Ke Prosa.Ai

Jika Sisa Kuota Karakter kamu sudah hampir habis tentu kamu akan diminta untuk bayar jika ingin menggunakan yang gratisannya, sayangnya Email kamu terbatas.
Nah disini kamu bisa menggunakan email Temporary untuk mengatasi hal tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Cara dan kunjungi Email Temporary https://temp-mail.org/en/.

  2. Selanjutnya lakukan verifikasi dengan cara klik I an a human. 

  3. Setelah itu copas saja email nya ke website pendaftaran di Prosa.Ai.
  4. Jika sudah melakukan pendaftaran, kamu akan diminta untuk melakukan verfikasi. Untuk mengecek verifikasi yang masuk di email. Silahkan scroll kebawah pada halaman email temporary untuk memerika email yang masuk. jika tidak masuk lakukan refresh. Lihat gambar dibawah.
Nah itu dia Aplikasi Konten Kreator Voice-over yang wajib dipakai untuk mengubah teks jadi audio, Text to Speech Bahasa Indonesia Prosa.ai.

Jika ada Rekomendasi Software Text to Speech Indonesia Yang Natural lannya, komen dibawah ya!!!

Sumber: https://blog.prosa.ai/