DIKLAT MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MAHASISWA SKRIPSI. JON SEKARANG

Bab IX Pengolahan Multimedia Interaktif dengan ActionScript 3.0 - Bentuk Pengolahan Media Interaktif

Bab IX Pengolahan Multimedia Interaktif dengan ActionScript 3.0

Pengolahan Media Pembelajaran Interaktif
Pengolahan Media Pembelajaran Interaktif

Pada bab sebelumnya, kamu sudah mempelajari mengenai penggunaan coding untuk membuat multimedia interaktif. Multimedia interaktif merupakan perkembangan dari teknologi informasi yang memberikan pengaruh yang sangat signifikan. Kehadiran multimedia interaktif telah mampu mengintegrasi berbagai jenis media ke dalam beberapa model, terutama sebagai media pembelajaran.

Pengolahan multimedia interaktif bertujuan untuk membuat multimedia interaktif lebih menarik sehingga dapat menimbulkan minat yang besar bagi pengguna terhadap produk multimedia interaktif.Pengolahan multimedia interaktif dimaksudkan untuk membuat produk tersebut lebih dinamis. Pengolahan multimedia interaktif dapat dilakukan dengan menambahkan animasi pada button,menambahkan audio, membuat transisi pada saat perpindahan halaman, dan lain sebagainya.

Pengolahan tersebut tentunya dilakukan dengan menggunakan ActionScript. Agar kamu memahami langkah pengolahan multimedia. interaktif agar menjadi produk yang lebih menarik, pelajarilah materi berikut dengan sungguh-sungguh!

Pengolahan media interaktif bertujuan untuk membuat produk yang lebih dinamis dan menarik. Sehingga dapat menarik pengguna untuk menggunakan produk tersebut. Bentuk pengolahan media interaktif terdapat beberapa jenis, yaitu penambahan animasi pada button, pembuatan transisi, pengolahan bentuk navigasi, user interface, penambahan audΓ­o, dan lain-lain.

1. Pengertian dan Manfaat Pengolahan Media Interaktif

Pengolahan media interaktif merupakan tahapan yang dilakukan agar produk media interaktif lebih menarik, serta tidak kaku, sehingga pengguna tidak merasa bosan saat menggunakannya. Pengolahan berfungsi agar sebuah media interaktif dapat memenuhi prinsip media interaktif, yang terdiri dari prinsip kesebandingan, prinsip penekanan, prinsip keseimbangan, prinsip irama, prinsip keselarasan, dan lain-lain.

Dalam sebuah media interaktif terdapat beberapa elemen yang harus diperhatikan agar media interaktif tersebut memiliki penyajian yang baik. Secara umum elemen yang terdapat pada media interaktif antara lain:

a. Antarmuka/user interface, meliputi: tombol navigasi, teks, dan elemen grafis di luar konten.

b. Konten, merupakan materi utama dalam suatu media interaktif.

c. Audio

d. Video/animasi

Setiap elemen tersebut ditampilkan dalam proporsi yang berbeda, sehingga harus memperhatikan dan menyesuaikan dengan output yang ingin ditampilkan.

Media interaktif saat ini banyak digunakan sebagai bahan presentasi, media pembelajaran, game,dan lain sebagainya.

Hal ini karena dengan menggunakan media interaktif dapat lebih efektif dalam menyampaikan informasi. Dengan menggunakan media interaktif, pengguna diajak turut aktif dalam penyajian sebuah informasi. Agar suatu media interaktif memiliki user interface yang menarik, maka harus dilakukan pengolahan dengan design treatment.

Apa yang dimaksud dengan design treatment?

Design treatment merupakan sebuah istilah desain yang mengandung pengertian analisis tentang produk apa yang akan dibuat dan apa yang dibutuhkan untuk membuatnya.

Pada tahapan ini sebuah media interaktif harus melalui sebuah proses analisis secara mendalam tentang apa saja yang terkait dengan media tersebut di antaranya adalah materi informasi yang akan disampaikan, target audience, fitur-fitur yang akan ditampilkan, dan lain sebagainya.

2. Bentuk Bentuk Pengolahan Media Interaktif

Pengolahan media interaktif dapat dilakukan dengan memberikan animasi pada komponen yang berada pada media interaktif tersebut. Adanya animasi pada media interaktif dapat memberikan daya tarik estetika sehingga akan memotivasi pengguna untuk terlibat di dalam media interaktif tersebut. Selain itu masih ada manfaat lain dalam pemberian animasi.

Apa manfaat pemberian animasi Media Interaktif?

Manfaat adanya animasi pada media interaktif adalah sebagai berikut:

a. Menunjukkan objek dengan ideal (misal efek gravitasi pada suatu objek).

b. Menjelaskan konsep yang sulit (misal penyerapan makanan ke dalam aliran darah atau bagaimana elektron bergerak untuk menghasilkan arus listrik).

c. Menjelaskan konsep yang abstrak menjadi konkret (misal menjelaskan tegangan arus bolak balik dengan bantuan animasi grafik sinus yang bergerak).

d. Menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).

Agar pengguna tidak merasa bosan terhadap suatu media interaktif, sebaiknya sebuah media Interaktif dibuat semenarik mungkin. Hal tersebut dapat dilaksanakan dengan melakukan pengolahan terhadap media interaktif, seperti menambahkan animasi pada button, dan sebagainya.

Dalam ActionScript kita harus memahami tiga macam komponen untuk membuat animasi menjadi lebih Interaktif. Tiga komponen tersebut yaitu:

a. Event, merupakan peristiwa yang terjadi untuk memicu sebuah aksi pada objek, biasanya objek button.

b. Action, merupakan aksi atau kerja yang dikenakan atau diberikan pada suatu objek.

c. Target, merupakan objek yang dikenai oleh aksi.

Berikut adalah beberapa bentuk pengolahan yang dapat dilakukan terhadap media interaktif.

a.. Membuat Animasi pada Tombol Navigasi

Contoh User Interface Media Interaktif
Contoh User Interface Media Interaktif dan Navigasi untuk Animasi

Animasi adalah gambar bergerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi.

Animasi juga dapat diterapkan pada Tombol navigasi, misalnya animasi pada frame 'Over' dengan mengubah warna tombol atau bentuk atau juga bisa disispkan audio.

b. Mengontrol Animasi dengan Menggunakan ActionScript

Kita dapat mengontrol suatu animasi yang seang dimainkan, misalnya mengontrol gerak bola dengan memberikan tombol play dan pause. Hal tersebut salah satu contoh pengolahan media interaktif.

Untuk memberikan animasi dengan menggunakan ActionScript bisa dengan menggunakan Classic Tween, yaitu memberikan Code Stop Play dan Stop pada Tombol. Kode yang diberikan yaitu;

stop( ) ;
btnplay.addEvendListener(MouseEvent.CLICK,mainkan);
btnstop.addEvendListener(MouseEvent.CLICK,hentikan);
function.mainkan (e:MouseEvent) {
    play( ) ;
}
function.hentikan (e:MouseEvent) {
    stop( ) ;
}
Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar