"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Teknologi Perkantoran - Etika/Tata Krama Warga Digital dan Penggunaan Mesin Pencarian (Search Engine)

Etika Tata Krama Warga Digital dan Penggunaan Mesin Pencarian

Etika Tata Krama Warga Digital dan Penggunaan Mesin Pencarian
Salah satu perkembangan teknologi komputer adalah teknologi jaringan komputer dan internet. Teknologi ini menyambungkan hampir semua komputer yang ada di dunia sehingga dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi Dalam bidang usaha dan pekerjaan kantor, kemajuan teknologi informasi dan internet mempunyai pengaruh yang besar terhadap pekerjaan kantor.

Salah satunya ialah pekerjaan kantor dapat dilaksanakan dengan mudah dan cepat. Internet memiliki banyak manfaat untuk mendukung kegiatan bisnis agar bisa mencapai tujuan perusahaan.

Perusahaan yang menolak untuk menggunakan teknologi internet akan terlihat ketinggalan zaman serta menolak untuk melakukan efisiensi. Penggunaan internet menyebabkan semua kegiatan akan terasa lebih mudah.

A. Etika/Tata Krama Warga Digital

    Warga digital adalah orang yang sadar akan hal baik dan yang buruk, menunjukkan kecerdasan perilaku teknologi, dan bisa membuat pilihan yang tepat saat menggunakan teknologi. Memanfaatkan teknologi informasi untuk membentuk suatu komunitas, pekerjaan, dan berekreasi.

    Sifat dunia maya yang tidak mempertemukan individu-individu maka secara tidak langsung mendorong makin menipisnya bahkan hilangnya norma-norma sopan santun, rasa tanggung jawab,dan etika saat berkomunikasi.

Untuk mengantisipasi hal itu maka diperlukanlah Kewargaan Digital.Kewargaan digital adalah konsep yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dunia maya dengan baik dan benar. Kewargaan digital juga dapat didefinisikan sebagai norma perilaku yang tepat dan bertanggung jawab atas penggunaan teknologi.

Etika/tata krama termasuk ke dalam elemen-elemen komunikasi yang penting. Tanpa adanya penggunaan etika pada saat berkomunikasi, akan menjadikan masalah tersendiri. Begitu pula dalam komunikasi digital. Perselisihan bisa saja timbul hanya karena seseorang melupakan etika di dalamnya.

Etika/tata krama komunikasi sejalan serta berkesinambungan dengan menggunakan konsep “T.H.I.N.K.”sebelum berkomunikasi di dunia digital, baik itu e-mail, post facebook, twitter, blog, forum, dan lain-lain. T.H.I.N.K. merupakan akronim dari istilah berikut.

1. Is it True(Benarkah)?

Artinya, sudah benarkah posting Anda atau hanya isu yang tidak jelas sumbernya?

2. Is it Hurtful (Menyakitkankah)?

Artinya, apakah post Anda akan menyakiti perasaan orang lain?

3. Is it illegal(Ilegalkah)?

Artinya,ilegalkah post Anda?

4. Is it Necessary(Pentingkah)?

Artinya, pentingkah post Anda? Karena post yang tidak penting akan mengganggu orang lain.

5. Is it Kind (Santunkah)?

Artinya, santunkah post Anda? Post sebaiknya tidak menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung orang lain.

B. Komponen Kewargaan Digital

Untuk menjadi komunitas digital, kita harus memahami sembilan jenis komponen kewargaan digital, antara lain sebagai berikut :

1. Digital Access (Akses Digital)

Setiap orang punya hak untuk memakai fasilitas TIK, tapi tidak setiap orang punya kesempat yang sama untuk mengakses teknologi

2. Digital Commerce (Transaksi Digital)

Dalam jual beli online penjual dan pembeli harus menyadari resiko dan keuntungan jual beli online

3. Digital Communication (Komunikasi Digital)

Setiap warga digital diharapkan mengetahui jenis-jenis komunikasi dan mengetahui kelebihan dan kekurangan komunikasi-komunikasi tersebut

4. Digital Literacy (Literasi Digital)

Proses belajar mengajar mengenai teknologi dan pemanfaatan teknologi

5. Digital Law (Hukum Digital)

Mengatur etiket penggunaan teknologi dalam masyarakat

6. Digital Rights & Responsibility (Hak dan Kewajiban Digital)

Setiap warga digital mempunyai hak privasi, kebebasan berbicara dan lain-lain. Setiap warga digital juga punya kewajiban yang harus terpenuhi, membantu pemanfaatan teknologi, mengikuti aturan yang berlaku.

7. Digital Etiquette (Etiket Digital)

Dibuat dengan tujuan menjaga perasaan dan kenyamanan user lainnya

8. Digital Health & Wellness (Kesehatan Digital)

Dibalik manfaat teknologi digital, ada beberapa hal yang hisa mengancam kesehatan (baik fisik maupun mental). Untuk mencegahnya, kita harus menyadari bahaya yang dapat ditimbulkan teknologi digital.

9. Digital Security (Keamanan Digital)

Warga digital harus hati-hati menjaga informasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

C. Penggunaan Mesin Pencarian (Search Engine)

    Situs mesin pencari atau search engine memiliki peran tidak tergantikan sejak pertama kali beredar di dunia maya. Banyak sekali pengguna internet terbantu dengan kehadiran layanan ini saat berusaha mencari informasi yang akurat dan terpercaya.

1. Pengertian Mesin Pencarian (Search Engine)

    Search engine adalah salah satu fasilitas internet yang dijalankan melalui browseruntuk mencari informasi yang diinginkan. Search engine menampung database situs-situs dari seluruh dunia yang jumlahnya milyaran halaman web.

    Hanya dengan memasukkan kata kunci, maka search engine akan menampilkan beberapa link situs yang disertai dengan keterangan singkat. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang sering kali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung terhadap suatu berkas yang disebut sebagai hits.

    Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya.

    Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basis data ataupun direktori web. Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basis data tertutup, di antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo!).Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka (open source),contohnya adalah Htdig,Nutch,Egothor dan OpenFTS.

2. Macam-Macam Search Engine

Contoh search engine yang sangat populer untuk saat ini meliputi berikut.

a. Google

    Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin.Google berasal dari kata Gogol yang mempunyai arti kata yang menunjukkan sebuah bilangan yang sangat besar jumlahnya melebihi bilangan miliar atau triliun.

    Google merupakan search engine yang paling populer dan banyak digunakan di dunia maya untuk mencari informasi yang diinginkan, berupa pencarian alamat website, gambar, file, atau mengetahui situs-situs dan topik-topik yang paling populer yang dikunjungi orang melalui google trends.

b. Yahoo!

Yahoo! didirkan oleh Jery Yang dan David Filo. Yahoo merupakan singkatan dari “yet another hierarchical officious oracle".Yahoo search engine menyediakan fasilitas email gratis, serta memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian berbagai macam kategori seperti contohnya website, gambar, berita, video, dan audio.

c. Bing

    Search Engine ini merupakan produk dari Microsoft melalui CEO Microsoft “Steve Ballmer”, Bing memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang kuat karena menggunakan teknologi PowerSet.Selain itu dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive,Facebook, dan e-mail.

d. Altavista

    Altvasita adalah mesin pencari web yang dimiliki oleh Yahoo. Pada search engine ini pengguna dapat mencari berbagai macam informasi berupa web, gambar, video,berbelanja online, aplikasi dan berita. Altavista juga menyediakan layanan terjemahan bebas bermerek Babel Fish,yang secara otomatis menterjemahkan teks antara beberapa bahasa.

e. Ixquick

    Ixquick didirikan oleh David Bodnick. Mesin pencari ini untuk menawarkan layanan proxy gratis dan secara default enkripsi SSL. Ixquick merupakan mesin pencari yang melakukan pencarian di banyak situs mesin pencari sekaligus.Pengguna dapat menentukan mesin pencari-mesin pencari mana saja yang perlu ditelusuri oleh IxQuick, atau menentukan seluruh mesin pencari yang tersedia.

f. Gigablast

    Gigablast adalah mesin pencari yang sering mendapat julukan sebagai The Green Engine ini dibuat oleh Matt Wells. Gigablast didirikan dengan tujuan untuk melakukan pencarian halaman web dengan kemampuan maksimal mesin pencari lain pada zamannya, akan tetapi menggunakan alat seminimum mungkin.

g. AOL

    AOL didirikan dengan nama Control Video Corporation(CVC). Saat ini AOL melayani banyak perusahaan dalam hal layanan internet di berbagai negara di dunia, sehingga menjadikan AOL sebagai ISP bersifat internasional.

h. ASK

    ASK didirikan oleh Garret Gruener dan David Warthen yang pada awalnya bernama Ask Jeeves. Mesin pencari ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaannya. Selain itu search engine ini berfungsi untuk mencari informasi berupa gambar, dokumen, video, referensi,dan berita.

i. LYCOS

    LYCOS merupakan mesin pencari yang diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren di Amerika Serikat. Lycos adalah potongan dari nama “Lycosidae”, yaitu nama keluarga laba-laba yang dapat bergerak sangat cepat.Lycos menggunakan teknologi “spider” untuk menjelajahi website. Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas.

j. Alltheweb

Alltheweb merupakan salah satu search engine yang tergabung dalam jaringan Yahoo.Alltheweb menyediakan fasilitas pencarian yang meliputi news,picture,video/audio.

3. Cara Menggunakan Mesin Pencarian(Search Engine)

    Di antara jutaan bahkan miliaran informasi yang ada di intermet,tentu kita akan kesulitan untuk mencari informasi tertentu.Oleh karena itulah mesin pencari (search engine) sangat berperan dalam mencarikan informasi yang dibutuhkan.Perhatikan cara menggunakan beberapa mesin pencari berikut.

a. Menggunakan Search Engine Google

Search engine Google merupakan salah satu mesin pencari yang paling banyak digunakan dalam dunia browsing saat ini. Berikut langkah-langkah mencari informasi dengan Search engine Google.

1) Buka halaman Internet Explorer.

2) Ketikkan http://www.google.co.id pada combo box Address.

3) Tekan Enter hingga tampil halaman google.

4) Pilih salah satu kriteria pencarian (web, gambar, group, directory).

5) Ketik kata kunci/kalimat atau topik dari situs yang akan dicari.

6) Klik pilihan telusuri dengan google untuk memulai atau saya lagi beruntung untuk langsung membuka homepage yang paling sesuai dengan topik yang dituliskan.

b. Menggunakan Search Engine Yahoo

Berikut ini langkah-langkah mencari informasi menggunakan search engine Yahoo.

1) Buka halaman Internet Explorer.

2) Ketikkan http://www.yahoo.co.id pada combo box address.

3) Tekan Enter hingga tampil halaman yahoo.

c. Menggunakan Search Engine LYCOS

Cara menggunakan mesin pencari search engine LYCOS adalah sebagai berikut.

1) Buka halaman Internet Explorer.

2) Ketikkan http://www.lycos.com pada combo box Address.

3) Tekan Enter hingga tampil halaman lycos.

4) Ketikkan kata kunci pada kotak Search.

5) Tekan Enter untuk memulai pencarian.

D. Kesimpulan

  • Warga digital adalah orang yang sadar akan hal baik dan yang tidak baik. Menunjukkan kecerdasan perilaku teknologi, dan bisa membuat pilihan yang tepat saat menggunakan teknologi.

  • Kewargaan digital adalah konsep yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi komunikasi dalam jaringan dengan baik dan benar. Atau juga dapat didefinisikan sebagai norma dan perilaku yang tepat dan bertanggung jawab atas pengunaan teknologi.

  • Macam-Macam Search Engine yaitu Google, Yahoo, Bing, Altavista, Ixquick, Gigablast, AOL, ASK, LYCOS, Alltheweb, namun yang sering dipakai oleh masyarakat pada umumnya adalah menggunakan Google.
  • Untuk bisa menggunakan fasilitas search engine seperti mengirim surat dan menerima surat haruslah mendaftarkan diri terlebih dahulu. Saat ini yng paling sering digunakan adalah enggunakan Google (@gmail.com) atau Yahooo (@yahoo.com)

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar