"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Ensiklopedia Islam: Bacaan Sholat Lailatul Qadar dari Niat, Doa hingga Tahiyat Akhir

Ensiklopedia Islam: Bacaan Sholat Lailatul Qadar dari Niat, Doa hingga Tahiyat Akhir

Bacaan Sholat Lailatul Qadar dari Niat, Doa hingga Tahiyat

Ensiklopedia Islam - Assalamu'alaikum Sahabat Muslim! Kalian pasti sudah tahu tentang Sholat Lailatul Qadar, bukan? Sholat sunnah yang dilakukan di malam-malam terakhir bulan Ramadan ini memiliki keutamaan yang sangat istimewa.

Di dalam artikel blog kali ini, kita akan membahas tentang bacaan Sholat Lailatul Qadar mulai dari niat, doa hingga tahiyat, dalam bahasa yang santai dan tentunya tetap mengandung nilai-nilai Islami yang baik. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Bacaan Niat Sholat Lailatul Qadar

Nah, untuk memulai Sholat Lailatul Qadar, kita harus tentu saja berniat terlebih dahulu. Niat ini harus murni dilakukan karena Allah SWT semata, sebagai bentuk ibadah kita kepada-Nya. Meskipun tidak ada bacaan niat Sholat Lailatul Qadar yang spesifik, kita bisa menggunakan bacaan yang sederhana dan mudah diingat. Misalnya:

Ushalli sunnata lailatil qadri rak’ataini lillahi ta’aalaa.

"Aku niat Sholat Lailatul Qadar, 2 rakaat sunnah karena Allah ta'ala."

Ingat, yang terpenting dalam beribadah adalah niat yang tulus dan ikhlas hanya untuk Allah SWT.

Doa Sebelum Membaca Al-Qur'an dalam Sholat Lailatul Qadar

Setelah niat, sebelum membaca Al-Qur'an dalam sholat Lailatul Qadar, kita bisa membaca doa sebagai berikut:

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุงูْุชَุญْ ู„ِูŠ ุญِูƒْู…َุฉً ูˆَุงุฑْุฒُู‚ْู†ِูŠ ุชِู„َุงูˆَุฉَ ุงู„ْู‚ُุฑْุขู†ِ ูˆَุชَูْู‡ُู…َู‡ُ ูˆَุชَุฏَุจُّุฑَู‡ُ ูˆَุชَุฃْูِูŠู„َู‡ُ ูˆَุงุฌْุนَู„ْู‡ُ ู„ِูŠ ุฅِู…َุงู…ًุง ูˆَู†ُูˆْุฑًุง ูˆَู‡ُุฏًู‰ ูˆَุฑَุญْู…َุฉً

"Allahumma iftah li hikmata wa-rzuqni tilawatal-qur'ani wa tafahumahu wa tadabburahu wa ta'filahu wa-j'alhu li imaaman wa nuuran wa hudan wa rahmah."

Artinya: "Ya Allah, bukakanlah untukku hikmah, berikanlah rezeki padaku untuk membaca Al-Qur'an, memahaminya, merenunginya, mengamalkannya, dan jadikanlah ia sebagai imam, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku."


Bacaan Al-Qur'an dalam Sholat Lailatul Qadar

Setelah membaca doa, kita bisa membaca Al-Qur'an dalam sholat Lailatul Qadar. Bacaan Al-Qur'an dalam sholat Lailatul Qadar bisa beragam, namun beberapa surat yang dianjurkan untuk dibaca antara lain surat Al-Qadr (QS. Al-Qadr: 1), surat Al-Alaq (QS. Al-Alaq: 1-5), dan surat Al-Ikhlas (QS. Al-Ikhlas: 1-4).


Doa Setelah Membaca Al-Qur'an dalam Sholat Lailatul Qadar

Setelah selesai membaca Al-Qur'an, kita bisa membaca doa sebagai berikut:

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุงِู†َّูƒَ ุนَูُูˆٌّ ูƒَุฑِูŠْู…ٌ، ุชُุญِุจُّ ุงู„ْุนَูْูˆَ ูَุงุนْูُ ุนَู†ِّูŠ

"Allahumma innaka 'afuwwun karim, tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni."

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, Engkau mencintai pengampunan, maka ampunilah dosaku."


Rukuk dan Sujud dalam Sholat Lailatul Qadar

Setelah membaca doa, kita melanjutkan sholat dengan melakukan rukuk dan sujud seperti dalam sholat pada umumnya. Kita bisa membaca dzikir dan doa-doa yang biasa dibaca dalam rukuk dan sujud, seperti Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar, atau doa-doa pribadi.


Tahiyat Akhir dalam Sholat Lailatul Qadar

Setelah sujud terakhir, kita duduk dalam posisi tasyahhud akhir atau tahiyat akhir. Tahiyat akhir adalah salah satu bagian penting dalam sholat karena di dalamnya kita berdoa kepada Allah SWT dan mengucapkan salam sebagai penutup sholat.


Doa di Akhir Sholat Lailatul Qadar

Sebelum mengucapkan salam, kita bisa membaca doa sebagai berikut:

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุงِู†ِّูŠْ ุงَุณْุฃَู„ُูƒَ ุนِู„ْู…ًุง ู†َุงูِุนًุง ูˆَุฑِุฒْู‚ًุง ูˆَุงุณِุนًุง ูˆَุนَู…َู„ุงً ู…ُุชَู‚َุจَّู„ًุง

"Allahumma inni as'aluka 'ilman naafi'an wa rizqan waasi'an wa 'amalan mutaqabbalan."

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan amal yang diterima."


Salam dalam Sholat Lailatul Qadar

Setelah membaca doa, kita mengucapkan salam dengan menggerakkan kepala ke kanan dan kiri, sekali untuk salam kanan dan sekali untuk salam kiri, sebagai penutup sholat.

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar