"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Memahami Apa Itu Procurement Management dan Elemen di Dalamnya

Procurement management adalah rangkaian proses pengelolaan kegiatan pengadaan barang dari pihak eksternal yang dilakukan oleh perusahaan

Memahami Apa Itu Procurement Management dan Elemen di Dalamnya

Membuat workflow yang efektif dan efisien adalah sebuah keharusan. Ketika workflow efektif dan efisien, maka keuntungan yang optimal pun bisa tercapai. Nah, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan procurement management.

Proses pengelolaan kegiatan pengadaan barang ini membuat manajemen pengadaan di perusahaan dilakukan lebih strategi sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Bagaimana lebih jelasnya? Mari simak selengkapnya di bawah ini!

Daftar isi Artikel

Apakah Pengertian Procurement Management

Procurement management adalah rangkaian proses yang dilakukan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan perusahaan dengan cara membelinya ke pihak eksternal.

Pembelian ini bukan hanya berupa bahan baku, tapi bisa juga berupa mesin produksi, atau bahan bangunan yang mendukung perusahaan menjalankan bisnis.

Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan produk atau jasa yang dibutuhkan dengan harga yang terjangkau namun kualitas terbaik. Sehingga perusahaan dapat menekan biaya operasional dan meningkatkan profit.

Manfaat Procurement Management


Penerapan procurement management dapat membantu perusahaan mencapai tujuan dari bisnis yang lebih efektif dan efisien. Hal ini karena procurement management akan mengoptimalkan penggunaan sumber daya, meningkatkan kualitas barang, serta mematuhi seluruh standar dan etika bisnis.

Tidak hanya itu, terdapat beberapa manfaat lainnya, yaitu sebagai berikut:

1. Biaya Operasional Bisa Ditekan

Procurement management dibuat dengan ringkas dan jelas. Hal ini agar seluruh kebutuhan data perusahaan bisa tercatat dengan tepat. Sehingga sebelum perusahaan melakukan purchase order, perusahaan tahu mana barang yang perlu dibeli mana yang tidak.

2. Transparansi

Penerapan performance management memungkinkan proses pengadaan barang direkap ke dalam sebuah sistem. Sehingga hasilnya proses pengadaan akan lebih transparan.

Kegiatan procurement dapat diawasi dengan mudah sehingga dapat meminimalisir adanya kecurangan atau human error.

3. Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi

Penggunaan procurement management akan menyederhanakan proses pengadaan yang sebelumnya rumit dan memakan banyak waktu. Hasilnya, aktivitas operasional perusahaan bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

4. Produktivitas Meningkat

Procurement management akan mempercepat proses pengadaan barang yang dibutuhkan perusahaan. Tidak hanya cepat tapi juga tepat dan akurat.

Mulai dari perencanaan sampai dengan proses pembayaran, bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Tentu saja hal ini akan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Elemen dalam Procurement Management

Procurement management memiliki beberapa elemen, yaitu sebagai berikut:

1. Perencanaan

Elemen ini menyangkut pada komunikasi antara anggota tim terkait dengan status procurement yang akan dilakukan perusahaan.

2. Pemilihan Vendor

Kedua adalah pemilihan vendor. Tentu saja perusahaan perlu melakukan penyesuaian agar vendor yang dipilih bisa menyediakan seluruh kebutuhan perusahaan. Tidak hanya itu, perusahaan juga perlu memerhatikan kualitas barang yang disediakan, keamanan, serta biaya yang dikeluarkan.

3. Negosiasi Kontrak

Bila vendor telah dipilih, selanjutnya perlu dilakukan pengiriman proposal bisnis kepada vendor. Ini dilakukan untuk menegosiasikan kontrak.

Proses negosiasi ini akan memberikan pengetahuan kepada perusahaan bagaimana vendor menjalankan bisnisnya.

4. Permintaan Pembelian

Bila negosiasi kontrak telah disepakati, maka selanjutnya tim procurement akan mengirimkan purchase order untuk memesan barang yang ingin dibeli.

5. Pengiriman Barang atau Jasa

Elemen berikutnya adalah pengiriman barang dari vendor. Di sini, perusahaan harus mengusahakan dan memastikan barang yang sudah dipesan dan diterima adalah sama dan dalam kondisi yang baik.

6. Management Invoice

Terakhir, setelah memastikan seluruh barang dalam kondisi baik, maka perlu dilakukan penyelesaian transaksi. Perusahaan akan melakukan pelunasan biaya yang telah disepakati sebelumnya dan melakukan pengelolaan invoice.

Kesimpulan

Procurement management adalah rangkaian proses pengelolaan kegiatan pengadaan barang dari pihak eksternal yang dilakukan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dengan tujuan untuk mendapatkan produk atau jasa dengan harga yang terjangkau namun kualitas terbaik.

Penerapan procurement management dapat membantu perusahaan mencapai tujuan bisnis yang lebih efektif dan efisien, mengoptimalkan penggunaan sumber daya, meningkatkan kualitas barang, serta mematuhi seluruh standar dan etika bisnis. 

Beberapa manfaat lainnya adalah menekan biaya operasional, transparansi, meningkatkan efektivitas dan efisiensi, serta meningkatkan produktivitas perusahaan. 

Elemen dalam procurement management meliputi perencanaan, pemilihan vendor, negosiasi kontrak, permintaan pembelian, pengiriman barang atau jasa, dan management invoice. 

Penutup

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang procurement management. Saya berharap artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang pengelolaan kegiatan pengadaan barang di perusahaan dan manfaatnya.

Kami juga terbuka untuk menerima masukan, saran, dan kritik dari pembaca. Hal ini akan membantu kami untuk meningkatkan kualitas konten yang kami sajikan dan memberikan informasi yang lebih bermanfaat bagi pembaca.

Sekali lagi, terima kasih atas kunjungannya dan jangan ragu untuk memberikan masukan, saran, dan kritik pada kami di artikel selanjutnya.


#ProcurementManagement, #ManajemenPengadaan, #ProcurementProcess, #ProsesPengadaan, #SupplyChainManagement, #ManajemenRantaiPasok, #VendorManagement, #ManajemenVendor

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar