Modul 1.8 Cara Memasukkan Video YouTube dan Web Object (HTML5) ke Slide dengan iSpring Suite 10

Kita dimungkinkan untuk memasukkan video dari YouTube secara langsung ke dalam slide dengan menggunakan tombol YouTube yang terdapat pada toolbar.

Cara Memasukkan Video YouTube ke Slide dengan iSpring Suite 10

Ketika membuat multimedia pembelajaran dengan iSpring Suite 10, kita dimungkinkan untuk memasukkan video dari YouTube secara langsung ke dalam slide dengan menggunakan tombol YouTube yang terdapat pada toolbar.
Akan tetapi, untuk menjamin ketersediaan konten video YouTube di masa mendatang, sebaiknya Anda menggunakan video YouTube dari akun pribadi tetapi, jika hal ini tidak memungkinkan, kita dapat memilih video dari akun YouTube penyedia konten pembelajaran yang banyak tersedia di internet.
Langkah-langkah untuk memasukkan video YouTube ke slide presentasi iSpring Suite 10 adalah sebagai berikut.
  1. Klik tombol YouTube yang terdapat pada toolbar iSpring Suite 10.
  2. Kemudian buka www.youtube.com dengan internet browser (misalnya Google Chrome). Cari video yang akan ditempatkan ke dalam slide presentasi. Sebagai contoh saya ketik dipencarian YouTube dengan kata “Siklus Air, Setelah itu klik video yang sesuai, kemudian salin URL dari video tersebut.
  3. Tempelkan URL yang telah disalin pada kotak Video link yang terdapat pada jendela Inser
  4. Klik tombol Preview untuk melihat tampilan video atau video clip Insert YouTube Video.
  5. Atur waktu jeda (delay time) pada kotak Show after. Nilai nol (0) berarti video akan ditampilkan segera tanpa jeda ketika slide dibuka.
  6. Klik tombol OK untuk memasukkan video YouTube ke dalam slide presentasi.
  7. Untuk melihat tampilan kursus atau presentasi yang telah diberi video dari YouTube, klik tombol Preview > Preview Entire Presentation pada toolbar.

Memasukkan Web Objects ke Slide dengan iSpring Suite 10

Web objects atau objek-objek dari internet dan bisa juga berupa file HTLM5 dapat dimasukkan ke dalam slide presentasi atau kursus iSpring Suite 10 dengan menggunakan tombol Web Object yang terdapat pada toolbar. Dalam hal ini saya akan memberikan langkah-langkah untuk memasukkan objek-objek dari internet ke slide presentasi iSpring Suite 10 adalah sebagai berikut.

BACA JUGA : Modul 1.9 Cara Mengelola Content Library ISpring Suite 10

  1. Klik tombol Web Object yang terdapat pada toolbar iSpring Suite 9 sehingga muncul tampilan berikut.
  2. Ketikkan atau salin dan tempelkan alamat atau URL website pada kotak Web address, misalnya “https://www.ducksters.com/science/environment/solar_power.php".
  3. Klik tombol Preview untuk melihat tampilan website yang akan dimasukkan ke dalam slide.
  4. Lakukan pengaturan tampilan website, yaitu ditampilkan pada slide (Display in slide) atan ditampilkan pada jendela browser yang baru (Display in a new browser window). Selain itu, ukuran tampilan website juga dapat diatur drop down Size. Sementara itu, waktu jeda tampilan dapat diatur pada bagian Show after (Silahkan lakukan eksperiment dulu biar tahu lebih jauh).
  5. Jika semua pengaturan telah dilakukan, klik tombol OK sehingga objek website akan tampil pada slide seperti pada gambar berikut.
  6. Untuk melihat tampilan kursus atau presentasi yang telah diberi objek dari internet (website. klik tombol Preview pada toolbar seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Demikianlah Cara Memasukkan Video YouTube dan Web Object (HTML5) ke Slide dengan iSpring Suite 10. Selanjutkanya akan kita pelajari Bagaimana Mengelola Content Library iSpring Suite 10. Terus ikuti Postingannya ya.