Modul 1.7 Teknik Merekam Aktivitas Layar dan Memasukkan Hasilnya ke Slide dengan iSpring Suite 10

Perekaman aktivitas layar dapat dilakukan secara khusus dengan memanfaatkan fasilitas Screencasts dengan aplikasi iSpring Cam Pro
Perekaman aktivitas layar dapat dilakukan secara khusus dengan memanfaatkan fasilitas Screencasts dengan aplikasi iSpring Cam Pro, tetapi ketika membuat presentasi dengan fasilitas Courses, perekaman aktivitas layar dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Klik tombol Start Menu yang ada laptop kemudian Cari dan klik iSpring Cam Pro 10
  2. Ketika jendela iSpring Cam Pro terbuka, klik New Recording atau New Project pada bagian Create, misalnya dipilih New Project sehingga akan muncul tampilan iSpring Cam Pro seperti gambar berikut.
  3. Bukalah Slide Presentasi atau File Presentasi yang akan direkam dengan iSpring Cam Pro kemudian setting beberapa pengaturan yaitu; (1) Untuk mengatur layar apa yang mau di rekam. Disini saya pilih Screen and Camera, (2) Kemudian atur kamera yang akan digunakan, disana akan ada pilihan kamera, baik kamera internal laptop ataupun kamera external laptop, (3) Pada bagian Recording Area saya pilih Fullscreen agar semua layar terekam, (4) Dan pada Microphone digunakan untuk memilih microphone apa yang digunakan, (5) Jika sudah siap klik ikon rekam yang ditunjukkan pada nomor 5 yang terlihat pada gambar dibawah.
  4. Jika sudah selesai melakukan presentasi/perekaman silahkan hentikan perekaman dengan menekan shortcut di keyboard dan akan muncul tampilan editing, dengan klik Continue untuk melanjutkan proses editing yang tampak seperti gambar dibawah.
  5. 5. Klik dan geser pointer mouse pada garis Selection start dan Selection end untuk menyeleksi bagian video tertentu yang akan dipotong (Cut), disalin (Copy), ditempelkan (Paste), Memisah video (Split) satau dihapus (Delete).
  6. Pada bagian video yang terseleksi, klik tombol Cut jika bagian tersebut akan dipotong, Copy jika bagian tersebut akan disalin, atau Delete jika bagian tersebut akan dihapus atau klik Ikon Split jika video mau dipisah atau dibagi 2. Selain itu, bagian yang terseleksi juga dapat dihapus dengan cara klik kanan pada area terseleksi, kemudian klik Delete Selection.
  7. Atur posisi garis Selection Start dan Selection End dengan menggeser garis tersebut ke kanan atau ke kiri sehingga diperoleh bagian video yang akan diambil dan ditempatkan pada slide presentasi.
  8. Setelah bagian tertentu dari video yang akan ditempatkan pada slide presentasi diperoleh, klik tombol klik File dan Pilih Publish yang tampak pada gambar di bawah.
  9. Untuk memasukkan video hasil rekaman kedalam slide presentasi caranya klik insert dan pilih Video yang sudah di publish sebelumnya.

BACA JUGA : Modul 1.6 Cara Menambah Simulasi Dialog ke Slide dengan iSpring Suite 10 dan Modul 1.8 Cara Memasukkan Video YouTube & Web Objects ke Slide dengan iSpring Suite 10


Demikianlah Teknik Merekam Aktivitas Layar dan Menempatkan Hasilnya ke Slide dengan iSpring Suite 10. Berikutnya kita akan pelajari bagaimana Cara Memasukkan Video Youtube ke Dalam Slide Dengan iSpring Suite 10. Ikuti terus materinya ya. Jangan lupa dipraktikkan.