Modul 1.5 Cara Menambahkan Interaksi ke Slide dengan iSpring Suite 10

Interaksi dapat dibuat secara khusus dengan menggunakan iSpring Visuals, tetapi ketika membuat presentasi dengan fasilitas Courses,
Interaksi dapat dibuat secara khusus dengan menggunakan iSpring Visuals, tetapi ketika membuat presentasi dengan fasilitas Courses, interaksi juga dapat ditambahkan ke dalam slide dengan langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Buka dan Save dulu Powerpoint kemudian klik menu iSpring Suite 10 dan Klik tombol Interaction yang terdapat pada toolbar iSpring Suite 10.
  2. Ketika jendela iSpring Visuals terbuka, klik New Interaction pada bagian Create.
  3. Pilih salah satu jenis interaksi yang akan dibuat sesuai dengan materi kursus. Dalam contoh ini dipilih jenis Steps karena materi kursus adalah langkah-langkah percobaan Faraday.
  4. Jika interaksi perlu diberi judul atau kalimat pengantar, maka pada panel Steps klik checkbox Introduction, kemudian ketikkan judul dan kalimat pengantar pada template yang terletak di sebelah kanan panel Steps. Jika pada bagian pendahuluan (introduction) tersebut perlu ditambahkan gambar, klik tab menu Insert, klik tombol Picture, cari lokasi file gambar, dan kemudian klik tombol Open.
  5. Klik Step 1 pada panel Steps, kemudian ketikkan teks untuk langkah 1 tersebut pada template yang terletak di sebelah kanan panel Steps.
  6. Jika pada langkah tertentu (misalnya langkah 1) diperlukan gambar, maka klik tab menu Insert, kemudian klik tombol Picture pada toolbar. Cari lokasi gambar, seleksi gambar, dan klik tombol Open.
  7. Untuk melakukan pengaturan pada gambar, klik gambar kemudian klik tab menu Format. Jika gambar perlu diganti, maka klik tombol Change Picture. Jika posisi gambar perlu diatur, maka klik tombol Position, kemudian pilih salah satu menu penempatan gambar.
  8. Jika ukuran gambar perlu diubah, masukkan ukuran ke dalam kotak Width (lebar) dan Height (tinggi).
  9. Jika langkah 1 selesai, klik Step 2 dan selanjutnya pada panel Steps, kemudian ketikkan teks atau masukkan gambar, audio, atau video sesuai kebutuhan masing-masing langkah tersebut pada template yang terletak di sebelah kanan panel Steps.
  10. Jika langkah Interaksi yang dibuat dengan ISpring Visuals lebih dari tiga langkah, maka tambahkan langkah keempat dan selanjutnya dengan klik tab menu Steps kemudian klik tombol Add Step. Sebaliknya, jika jumlah langkah terlalu banyak dan beberapa di antaranya akan dihapus, maka seleksi langkah yang akan dihapus kemudian klik tombol Delete.
  11. Lakukan pengaturan pada langkah baru seperti pada langkah-langkah sebelumnya.
  12. Jika semua langkah telah selesai dibuat dan diperlukan ringkasan atau penjelasan lanjutan dengan gambar, video, atau suara, maka klik checkbax Summary, kemudian lakukan pengaturan pada Summary. Dalam contoh ini, bagian Summary diisi dengan gambar dan deskripsi percobaan Faraday.
  13. Jika interaksi telah selesai dibuat, klik tombol Preview-Preview From Beginning pada toolbar untuk memeriksa setiap komponen interaksi telah berjalan sesuai yang diharapkan.
  14. Jika interaksi telah sesuai harapan, klik tombol Save and Return to Course pada toolbar, maka interaksi akan tampil pada slide.
  15. Untuk melihat tampilan kursus atau presentasi yang telah diberi interaksi, klik tombol bar, maka interaksi akan tampil pada slide seperti pada gambar berikut.
  16. Untuk tampilan kursus atau Presentasi yang telah diberikan interaksi, klik tombol Preview-Preview Entire Presentation pada toolbar.
  17. Jika interaksi perlu diedit, klik tombol Interaction pada toolbar.

BACA JUGA : Modul 1.4 Cara Menambahkan Kuis ke Slide dengan iSpring Suite 10 dan Modul 1.6 Cara Menambah Simulasi Dialog ke Slide dengan iSpring Suite 10

Demikianlah panduan "Cara Menambahkan Interaksi ke Slide dengan iSpring Suite 10". Selanjutkanya kita akan bahas 'Cara Menambah Simulasi Dialog ke Slide dengan iSpring Suite 10. Terus ikuti Blog kita ya!!!