Cara Meningkatkan CPC/BPK Google AdSense Pada Website atau Blogger

Kita akan mencoba Meningkatkan CPC dengan Cara Mengontrol Pemblokiran dengan tujuan kita akan menyeleksi iklan apa saja yang tidak ingin ditampilkan
BAHYUDINNOR.COM Hai bertemu lagi bersama admin Bahyudin. Di Postingan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana sih cara meningkatkan CPC. CPC atau Click per Cost atau dalam bahasa Indonesianya kita sering menyebut BPK atau biaya per klik, BPK adalah suatu satuan yang dijadikan sebagai parameter untuk menghitung penghasilan kita di Google Adsense

Nah bagi para pemula banyak yang bertanya-tanya Bagaimana sih cara meningkatkan CPC. Mereka sering menemukan jumlah CPC mereka sangat rendah bahkan mungkin dibawa Rp100 perklik.
Perlu kalian ketahui dalam sistem perhitungan CPC ini sangat berpengaruh terhadap konten yang kita buat di blog atau website milik kita. Ketika kalian melakukan searching mengenai cara meningkatkan CPC di Google pasti hal pertama yang disarankan oleh para Master-Master SEO atau yang sudah lama terjun di dunia internet marketing pasti mereka akan menyarankan yang pertama untuk "Meningkatkan Kualitas Konten yang Dimiliki.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Tentu saja Konten yang Berkualitas akan Meningkatkan CPC iklan yang ditampilkan di Blog atau Web milikmu.

Nah yang kedua adalah pemilihan Niche atau Topik Blog jadi jangan samakan antara Blog Bisnis dengan Blog Hiburan. Pastinya Blog Bisnis akan memiliki CVC yang tinggi sedangkan Blog dengan Niche hiburan pasti akan memiliki CPC yang lebih rendah.

Disini saya tidak akan memberikan Tips yang Teoritis tetapi kita akan langsung mencoba beberapa pengalaman pribadi saya untuk meningkatkan CPC dari situs yang sudah saya miliki selama ini.

Berhubung karena pihak Google sudah menonaktifkan yang namanya Feature Ads Balance atau Keseimbangan Iklan maka kita tidak bisa lagi menggunakan yang namanya Ads Balance untuk meningkatkan CPC iklan kita. Disana kita bisa mengatur berapa persen iklan yang tampil di situs kita dengan fitur Ads Balance ini.

Sementara itu sudah ada fitur penggantinya yang namanya "Iklan Otomatis" maka disini akan ada yang namanya fitur pemuatan iklan.
Fitur punya hampir sama dengan Ads Balance. Bedanya ini kita tinggal memilih apakah iklan tampil di dalam halaman itu maksimal atau minimal tapi ini tidak terlalu mempengaruhi yang namanya CPC kita,

Jadi kita akan mencoba Meningkatkan CPC dengan Cara Mengontrol Pemblokiran dengan tujuan kita akan menyeleksi iklan apa saja yang tidak ingin ditampilkan di situs kita karena terindikasi memiliki CVC yang rendah.

Saat ini Google telah menyediakan fitur bawaannya dan kita tinggal mencari iklan apa saja yang memiliki CVC rendah..

"Mungkin kalian sering bertanya-tanya iklan apa saja yang kira-kira memiliki CVC rendah dan tidak ingin ditampilkan di blog".

#Cara 1

Cara pertama ini kalian harus mencari Ekstensi Domain Gratisan. Jadi logikanya ketika suatu pengiklan dengan menggunakan domain gratisan seperti blogspot. Maka bisa kita pastikan itu memiliki CVC yang rendah jadi kalian bisa langsung memblok iklan yang memiliki ekstensi domain blogspot. Selain blogspot ada juga WordPress, Weebly ada juga Wixsite. Jadi kalian tinggal mencari beberapa ekstensi domain gratisan.

#Cara 2

Cara yang kedua kalian juga bisa mencari kata-kata yang umum digunakan oleh pengiklan dimana iklan tersebut terindikasi memiliki CVC yang rendah misalnya banyak sekali menemukan iklan dengan kata-kata kunci Gaib. Gaib ini adalah Pesugihan, Iklan Gaib, Iklan Dana, dan Riba-Halal, dan sebagainya yang tentunya sangat-sangat menurunkan CVC kita.

Selain itu apabila pengiklan memiliki blog bernihce bisnis kalian bisa mencari kata-kata yang namanya "Hubungi", "Bisnis", "Usaha", Sedut WC"Jasa Tukang". jadi kalian bisa mencari iklan-iklan yang menggunakan kata-kata tersebut. Biasanya nih mereka menggunakan langsung ke nomor HP jadi itu kebanyakan juga memiliki CVC yang rendah dan juga ada kata-kata yang banyak digunakan oleh usaha-usaha affiliasi atau multimarketing seperti Oriflame atau Eco Racing.
Apabila kalian tidak ingin mencari kata yang CVC rendah satu persatu. Kita bisa menggunakan fitur yang namanya di All Sites.

Caranya klik di tab "All Sites" kemudian pilih "Ad Networks" dan masukkan alamat domain yang sekiranya memiliki CPC yang rendah seperti yang sudah disebutkan di atas. Selanjutnya pilih URL pengiklan kemudian lakukan pemblokiran iklan yang memiliki CVC rendah.

Nah demikianlah beberapa tips sederhana namun sedikit radikal mungkin menurut saya karena kita langsung memblokir iklan.

Kenapa Hal ini dilakukan karena ini sebagai upaya kita untuk melindungi CPC atau nilai cost per Clik yang ditampilkan di blog milik kita.

Perlu diketahui ini sangat legal dan dibolehkan oleh Google karena memang diberikan sendiri fitur oleh Google secara default di dashboard Google Adsense milik kita.

Jadi jangan khawatir untuk memblokir iklan tetapi saya sarankan jangan memblokir iklan dengan tipe jenis seperti Google Play atau iklan-iklan umum yang dimiliki oleh Google nanti akan berpotensi untuk mengurangi pendapatan kita oleh karena itu pilihlah iklan yang mungkin benar-benar memiliki CPC rendah karena iklan Google Play sangat banyak sekali Tampilkan di situs kita dan juga iklan-iklan bisnis atau iklan usaha lain yang kemungkinan satu topik atau satu Niche dengan blog kita seperti itu..

Demikian beberapa Tips Cara Meningkatkan CPC/BPK Google Adsense Pada Website atau Blog yang mungkin bermanfaat buat kalian. Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya dikolom komentar dan jangan lupa untuk Share Postingan ini ke teman-temanmu dan Follow blognya untuk dapatkan update postingan selanjutnya Terima kasih ya.