6 Tips Optimasi SEO Off-Page untuk Website dan Blog

Ada 6 Tips yang bisa kamu lakukan untuk Optimasi SEO Off-Page yaitu: 1. Link Building 2. Listing Bisnis 3. Tag Branding 4. Google Maps
BAHYUDINNOR.COM Halo, teman-teman lagi di datang lagi nih. Di Postingan sebelumnya sudah pernah dibuatkan Cara Optomasi SEO On-Page. Nah untuk kali ini, kita kasih info lagi Seputar Tips Optimasi SEO Off-Page. Sebenarnya, apa sih SEO Off-Page? dan bagaimana cara melakukannya?
SEO Off-Page adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mengoptimasi SEO yang dilakukan di luar website agar muncul di pencarian Google. Tujuan dari Optimasi ini adalah untuk meningkatkan reputasi website / blog dan ranking website di hasil pencarian Google. SEO Off-Page terlihat memang lebih sulit untuk dilakukan dibandingkan dengan SEO On-Page. Hal ini sebagian besar faktor SEO Off-Page lebih sulit untuk dikontrol. Akan tetapi, tetap saja optimasi ini harus dilakukan supaya authority dan ranking website kamu bisa meningkat. So Bagaimana caranya. Silahkan dibaca dibawah.

1. Link Builing

Link building adalah suatu proses untuk mendapatkan tautan link dari website lain yang tujuannya mengarahkan ke website kamu. Jika terdapat banyak link dari website yang punya authority tinggi, semakin besar kemungkinan kamu untuk mendapatkan ranking yang bagus dan lebih banyak traffic organik.

Tapi, kamu jangan asal melakukan link building. Masalahnya terdapat lima faktor yang mempengaruhi link building yaitu Page Authority (PA) & Domain Authority (DA), Do-Follow vs No-Follow, Anchor text (Trafik, dan Relevansi).

Sebuah website atau blog dapat dilihat kualitasnya dari Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA). Kamu bisa cek skor ini lewat Moz. Intinya, semakin besar skornya berarti semakin bagus berkualitas websitenya. 
Domain Authority
Link Do-follow adalah link yang bisa dideteksi oleh sebuah bot Google. Do-follow ini bisa ditambahkan untuk meningkatkan authority didalam sebuah website. Beda halnya dengan No-follow. Link Nofollow tidak terdeteksi oleh sebuah bot Google dan juga tidak berpengaruh ke authority website.

BACA JUGA : 9 TIPS OPTIMASI SEO ON-PAGE UNTUK WEBISTE DAN BLOG

Untuk mengetahui link mana yang do-folllow atau no-follow, kamu bisa install Ekstension Chrome No-Follow. Jika ada link no-follow makan secara otomatis ekstenstion ini akan menghighlight link mana yang sifatnya nofollow.
  • Anchor Text 
Istilah Anchor text merupakan kata-kata yang berisi link ke website. Supaya link building kamu efektif, kamu perlu membuat anchor text dengan memakai kata kunci utama yang kamu targetkan. Dengan catatan, kamu tetap tidak boleh menggunakan anchor text yang sama dalam jumlah banyak supaya tidak kena finalti dari Google.

Supaya sebuah authority website kamu meningkat, kamu hanya perlu mendapat backlink dari website lain yang topik atau niche-nya sama dengan website kamu. Bukan asal dapat link dari website lain. Kamu juga perlu mendapat baclink dari website yang punya trafik tinggi. Pasalnya semakin besar trafik webistenya, makan akan semakin besar pula kemungkinan website kamu mendapat trafik dari link tersebut.

2. Listing Bisnis

Website / blog kamu yang didaftarkan di listing bisnis juga sangat membantu SEO Off-Page kamu. Kamu dapat memanfaatkan listing bisnis seperti Trip Advisor, Zomato, GrabFood atau yang lainnya.

3. Tag Branding Website / BLog di Media Online Lain dan Review

Tag Branding cara yang digunakan untuk menyebutkan nama website / blog oleh webiste / blog lain. Hal ini juga bisa membantu SEO Off-Page. Manfatkanlah media online yang reputasi PA dan DA yang tinggi. Kamu bisa bertukar link kesesama blogger agar mereka memasukkan link dofollow ke website mereka.
Sedangkan Review bisa digunakan suga untuk meningkatkan Seo Off-Page. Kamu bisa meminta rekan untuk saling mereview kelebihan dari masing-masing website kamu. Hal ini mungkin terlihat aneh. Tapi ini terbukti ampuh. Atau kamu juga bisa adakan sebuah giveaway dengan memberikan voucher diskon atau poin loyalty buat pelanggan yang mereview produkmu di blog atau situs review tertentu. Mantab kan.. hehehe...

4. Google Maps

Dengan Memanfaatkan Gogle Maps kamu meningkatkan nilai SEO dari website kamu. Misal Google Maps ini kamu taruh di halaman "Hubungi Kami". Hal Ini perlu dikombinasikan dengan Skema Lokal untuk memberikan Google visibilitas lengkap tentang bisnis apa yang sedang dijalankan.
Google Maps SEO
Google Maps

5. Guest Blogging

Kamu bisa memanfaatkan Guest Blogging untuk optimasi SEO Off-Page website kamu. Caranya yaitu kamu tinggal buat konten dan publikasikan di website lain. Sebaiknya Website yang telah mempublish konten buatanmu harus mempunyai DA dan PA yang lebih tinggi. Terus, jangan lupa untuk taruh link ke websitemu sendiri di profil penulis.

6. Share di Media Sosial

Share konten di media sosial memang tidak akan mempengaruhi authority website secara langsung. Tapi, hal ini juga perlu kamu lakukan. Dengan membagikan konten web edukasi ke media sosial, dengan tujuan untuk menjangkau lebih banyak visitors. Jadi, ini akan memperbesar peluangmu untuk mendapatkan backlink. Sharing ke media sosial lain sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering agar tidak dianggap Spammer. Alanhkah baiknya kamu juga share ke halaman media sosial yang kamu punya misal Fanpage Facebook, Instagram, Twitter, Bing Yahoo, dll.

Nah teman-teman itu tadi cara optimasi SEO Off-Page yang perlu kamu lakukan. Buat yang ingin tahu 9 Tips SEO OnPage bisa cek disini. Misal kamu masih ada pertanyaan, jangan ragu untuk tinggalin komentar di bawah. Jadi segitu dulu postingan kali ini. Jangan lupa untuk follow blog ini dan share postingan ini. Sampai jumpa!.