Cara Mudah Membuat Media Interaktif HTML5 dan Android Menggunakan Articulate Storyline 3.6 (Full Tutorial Terlengkap )

Cara Mudah Membuat Media Interaktif HTML5 dan Android Menggunakan Articulate Storyline 3.6
BAHYUDINNOR.COM Articulate Storyline adalah alat yang ampuh untuk membangun modul e-learning interaktif dan kursus online. Antarmukanya mirip dengan PowerPoint, tetapi menawarkan fungsionalitas dan opsi yang jauh lebih banyak untuk penerbitan sebagai halaman web HTML5. Articulate Storyline dapat digunakan untuk menghasilkan simulasi, kuis, interaksi drag-and-drop, rekaman layar, dan banyak objek e-learning lainnya yang dapat berinteraksi dengan pengguna.
Membuat Media Interaktif HTML5 & Android
Articulate Storyline dapat digunakan jika Anda ingin membuat modul pembelajaran yang menyajikan informasi dalam format non-linier atau tidak konvensional, atau modul yang membutuhkan banyak fitur interaktif. 

Pelajari juga tutorial ini;

Berikut ini panduan lengkap Bagaimana Cara Membuat Media Interaktif Menggunakan Articulate Storylline.

1. Pengenalan Dasar Instalasi Articulate Storyline 3.6

Divideo ini menjelaskan tentang pengenalan dasar Articulate Storyline, Kebutuhan Sistem Operasi yang Cocok untuk Instalasi, dan Bagaimana Cara Menginstal Aplikasinya.
✔️Link Download Articulate Storyline 3.6 klik disini.

2 Pengenalan Interface Articulate Storyline 3.6

Divideo ini menjelaskan tentang Pengenalan Interface / Antarmuka dari Aplikasi Articulate Storyline 3.6 (AS3) yang berkaitan dengan Menu Bar, Scene, Triggers Timeline dan States. Untuk bahan latihan silahkan download dibawah ini;
✔️ Contoh Media : https://youtu.be/ZYtVJ8iiGmw 📥Download Asset : http://bit.ly/assetmedia1

3. Cara Kostumisasi Slide Master Pada Articulate Storyline 3.6

Materi ini berisi bagamana cara memanfaatkan Slide Master untuk menghemat waktu karena Anda tidak perlu mengetik informasi yang sama pada lebih dari satu slide. Slide master dapat digunakan untuk mengontrol seluruh elemen dalam slide, seperti layout, latar, kombinasi warna, huruf, animasi, dll. Ketika sebuah slide master dibuat, maka semua slide yang ditambahkan pada Articulate Storyline akan didasarkan pada slide master dan tata letak terkait. Adapun yang dipelajari dalam video ini yaitu;
📔  Cara Mengganti Nama Scene dan Slide;
📔  Cara Zoom In/Out Tampilan Slide;
📔  Langkah Modifikasi Slide Master;
📔  Mengganti Background Slide;
📔  Cara Mengganti Objek.

4. Cara Menyembunyikan dan Memunculkan Kontrol Navigasi

Video  ini berisi bagamana Cara Menyembunyikan dan Memunculkan Kontrol Navigasi.
Tips :
  • Kontrol Navigasi Sebaiknya di aktifkan saja ketika kita bekerja. Setelah Projek selesai dibuat baru
  • Kontrol Navigasinya di sembunyikan agar semua kontrol dilakukan didalam slide saja.

5 Cara Membuat Intro Media Pada Slide Articulate Storyline 3.6

Video tutorial ini berisi bagaimana cara Membuat Intro Media Pembelajaran dengan Video. Intro pada Media Interaktif adalah awal dari media itu dibuka yang merupakan pengantar media tersebut. Intro berfungsi memberikan waktu untuk mempersiapkan diri sebelum media benar-benar pelajari.

6 Cara Animasi Objek Media Pembelajaran pada Articulate Storyline 3.6

Video tutorial ini berisi bagaimana cara Menganimasi objek pada Articulate Storyline 3.6. Objek disini bisa berupa Gambar, Text, Video, dll. Contoh tutorial ini saya akan menganimasikamn objek berupa Gambar (Tombol Button).

7. Cara Mengatur Timeline Articulate Storyline 3.6

Video tutorial ini berisi bagaimana cara Mengatur Timeline pada Articulate Storyline 3.6. Timeline adalah fitur yang sangat penting dalam Articulate Storyline . Itu digunakan untuk mengontrol waktu dan tampilan semua item di slide Anda, dari teks hingga gambar, bentuk, dan tombol. Setiap objek yang muncul di slide Anda muncul di timeline.

8. Cara Memasukkan Sound Effects Dalam Objek di Articulate Storyline 3.6

Video tutorial ini berisi bagaimana cara memasukkan Audio Sound Efek Kedalam objek pada Articulate Storyline 3.6. Apakah mungkin memiliki musik/sound untuk berbagai tombol pada media ? Iya! Anda dapat menempatkan audio di berbagai tombol melalui Stage. Sound sendiri bisa anda buat sendiri menggunakan aplikasi yang ada pada web berikut https://www.bfxr.net/.

9. Cara Membuat Input Nama User pada Articulate Storyline 3.6

Video tutorial ini berisi bagaimana cara membuat tombol input nama User.  Input nama User ini bisa dimasukkan pada awal menu belajar, Menu Pengerjaan Soal Latihan Atau Menu Soal Evaluasi. Contoh video ini saya coba untuk memasukkan nya pada Menu Pengerjaan Soal Evaluasi.

10. Cara Membuat Scroll Text & Pin Marker Articulate Storyline 3.6

Di Video ini kita akan belajar bagaimana Cara Membuat Scroll Text dan Pin Marker  Pada Articulate Storyline 3.6. Hal ini dilakukan apabila teks yang kita gunakan terlalu banyak dan hanya ingin membuatnya dalam 1atau 2 slide saja. Begitu juga dengan Pin marker yang berfungsi untuk memberikan penjelasan pada satu objek dengan ditandai marker.

11. Cara Menggunakan Trigger Untuk Menghubungkan beberapa Slide

Video tutorial ini berisi bagaimana Cara Menggunakan Trigger Untuk Menghubungkan Slide 1 ke Dalam Slide Lain. Trigger inilah yang digunakan untuk link navigasi untuk menghubungkan 1 element ke elemen lain.

12. Triks Manipulasi Ukuran Button Objek Ketika diklik

Video tutorial ini berisi bagaimana cara Memanipulasi button/Tombol. Selain Button bisa juga digunakan untuk Untuk hal lainnya seperti text, Audio, Video, Gambar, dll

13. Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Articulate StoryLine 3.6

Ada berbarbagai macam fitur yang disediakamn oleh Articulate Storyline untuk membuat Soal Interaktif. Namun Di Video ini akan dibahas Bagaimana cara membuat Soal Pilihan Ganda / Multiple Choice pada Articulate StoryLine 3.6. Sebelum mempraktikkannya pastikan sudah mempunya beberapa contoh soal. Untuk asset tombol sendiri silahkan download pada link download yang sebelumnyasudah diberikan.

14. Cara Mengubah/Export Web HTML5 Articulate Storyline Menjadi Aplikasi Android (APK)

Bagi anda yang ingin membuat aplikasi android namun terkendala kemampuan pemrogramaan anda dapat memanfaatkan WEBSITETOAPK. Dengan menggunakan aplikasi ini anda dapat mengkonversi format html5 menjadi format apk. Format apk tersebut nantinya dapat diinstal di hp android kita. Bagaimana langkah-langkahnya, Silahkan disimak di Video Tutorialnya.


Demikianlah Panduan langkah-demi langkah berupa Video Tutorial Terlengkap Membuat Media Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3.6. Saya yakin dan percaya dengan mengikuti panduan yang saya berikan ini dalam beberapa minguatau bulan anda sudah bisa membuat Media Interaktif berbasis HTML5 dan Berbasis Android.

Untuk dapat mengembangkan media ini lebih lanjut saran dan masukkannya sangat diharapkan. Jadi silahkan tinggalkan komentarnya pada kolom komentar yang disediakan dibawah. Terima kasih.

Sebaik baik-bainya ilmu dipelajari dan di ajarkan. Semoga Menjadi Amal Jariah, Amiin....
Jangan Lupa Share dan ikuti blognya supaya dapat update terbarunya (Gratiss)