"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

LATIHAN TRY OUT 5 PPPK GURU - Soal Latihan Try Out Kompetensi Pedagogik Tes Seleksi PPPK Guru

LATIHAN TRY OUT 5 PPPK GURU - Soal Latihan Try Out Kompetensi Pedagogik Tes Seleksi PPPK Guru
Try Out Kompetensi Pedagogik Tes Seleksi PPPK Guru

BAHYUDINNOR.COM Berikut ini admin bagikan Latihan Soal Try Out ke 5 untuk Calon  Guru PPPK (P3K) dengan Materi Pedagogik yang berguna untuk membantu belajar Calon Guru pada seleksi PPPK tahun 2021.
Latihan soal PPPK (P3K) dengan materi Pedagogik ini berjumlah 30 butir soal berbentuk pilihan ganda lengkap jawaban dan dengan pembahasannya.

Semoga dengan sering mempelajari Latihan dalam berbagai bentuk Soal Try Out ke 4 ini untuk calon Guru PPPK (P3K) Pedagogik tahun 2021 ini diharapkan calon peserta seleksi PPPK memiliki gambaran bentuk soal-soal yang nanti akan diujikan.

LATIHAN SOAL TRYOUT 5
TES KOMPETENSI PEDAGOGIK

Soal No 1
Pembelajaran untuk menemukan konsep, makna, dan hubungan kausal melalui pengorganisasian pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik merupakan pembelajaran
  
A. Discovery Learning
 
B. Cooperative Learning
 
C. Problem Based Learning
 
D. Project Based Learning

Pembahasan :
Pembelajaran menemukan (Discovery Learning), adalah pembelajaran untuk menemukan konsep, makna, dan hubungan kausal melalui pengorganisasian pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 2
Suatu langkah sistematik yang digunakan pendidik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan merupakan prngertian dari....
  
A. strategi pembelajaran
 
B. metode pembelajaran
 
C. model pembelajaran
 
D. pendekatan pembelajaran

Pembahasan :
Menurut Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014, strategi pembelajaran merupakan langkah-langkah sistematik yang digunakan pendidik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 3
Perhatikanlah pernyataan berikut:
1. Pertimbangan yang berhubungan dengan tujuan yang ingin dicapai
2. Pertimbangan sudut peserta didik
3. Pertimbangan sudut orang tua
4. Pertimbangan yang berhubungan dengan bahan dan materi pembelajaran (sumber referensi)
Manakah pernyataan di atas yang termasuk pertimbangan-pertimbangan dalam memilih strategi pembelajaran ...
 
 A. 1 dan2
 
B. 2 dan 3
 
C. 3 dan4
 
D. 1,2, dan 4

Pembahasan :
Pertimbangan-pertimbangan dalam memilih strategi pembelajaran adalah sebagai berikut: 1) pertimbangan yang berhubungan dengan tujuan yang ingin dicapai; 2) pertimbangan yang berhubungan dengan bahan atau materi pembelajaran; 3) pertimbangan sudut peserta didik; 4) pertimbangan-pertimbangan lainnya seperti apakah strategi yang digunakan mempunyai nilai efektivitas dan efisiensi?, apakah cukup menggunakan satu strategi?dan lain-lain.
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 4
Berikut ini merupakan prinsip dalam pendekatan kontekstual, kecuali.... 
 
A. konstruktivisme
 
B. pengamatan
 
C. masyarakat belajar (learning community)
 
D. penilaian autentik

Pembahasan :
Prinsip dalam CTL (Contextual Teaching and Learning) yaitu: (1) konstruktivisme, (2) penernuan (inquiry), (3) bertanya (questioning), (4) masyarakat belajar (learning community), (5) pemodelan (modelling), (6) refleksi, dan (7) penilaian autentik.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 5
Cara atau teknik yang digunakan oleh pendidik untuk  menangani suatu kegiatan pembelajaran yang mencakup antara lain ceramah, tanya-jawab, diskusi, merupakan definisi dari ...
 
A. strategi pembelajaran
 
B. metode pembelajaran
 
C. teknik pembelajaran
 
D. Pendekatan pembelajaran

Pembahasan :
Berdasarkan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014, metode pembelajaran merupakan cara atau teknik yang digunakan oleh pendidik untuk menangani suatu kegiatan pembelajaran yang mencakup antara lain ceramah, tanya jawab, dan diskusi.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 6
Salah satu pengalaman belajar berikut sesuai dengan penerapan pembelajaran berbasis masalah adalah
 
A. peserta didik mendaftarkan dan mencoba berbagai cara menyelesaikan masalah
 
B. peserta didik berdiskusi dalam kelompoknya mengenai suatu masalah
 
C. peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaan masing - masing
 
D. peserta didik mengumpulkan data lewat survey dan eksperimen

Pembahasan :
Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM): pembelajaran yang menggunakan masalah nyata sehari-hari (otentik) yang bersifat terbuka (open-ended) untuk diselesaikan oleh peserta didik dalam rangka mengembangkan keterampilan berpikir, keterampilan menyelesaikan masalah, keterampilan sosial, keterampilan untuk belajar mandiri, dan membangun atau memperoleh pengetahuan baru. Terdapat beberapa tahapan dalam pembelajaran berbasis masalah, antara lain : 1) orientasi terhadap masalah; 2) organisasi belajar; 3) penyelidikan individual maupun kelompok; 4) pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah; dan 5) analisis dan evaluasi proses penyelesaian. Pada tahap 2) organisasi belajar, peserta didik akan dibagi ke dalam kelompok untuk memecahkan masalah dengan cara berdiskusi dalam kelompok.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 7
Afif sedang mendeskripsikan bangun datar persegi panjang. Dalam mendeskripsikan persegi panjang Afif menyebutkan bahwa "pada bangun datar segi empat sisi-sisi berhadapan sejajar, dan sisi-sisi yang berhadapan itu sama panjang”. Tahapan yang dilakukan Afif merupakan tahap pemahaman geometri tahap ...
 
A. visualisasi
 
B. Deskriptif
 
C. deduksi informal
 
D. Deduksi

Pembahasan :
Van Hiele mengemukakan tahap-tahap perkembangan kognitif anak dalam memahami geometri terdapat 5 tahap pemahaman geometri yaitu: pengenalan, analisis, pengurutan, deduksi, dan akurasi. Tahapan yang dilakukan Afif merupakan tahap pemahaman geometri tahap deduksi informal (pengurutan atau relasional). Karena dalam tahap deduksi informal (pengurutan atau relasional) peserta didik sudah bisa memahami hubungan antar ciri yang satu dengan ciri yang lain pada sesuatu bangun. Sebagai contoh, pada tingkat ini peserta didik sudah bisa mengatakan bahwa jika pada suatu segiempat sisi-sisi yang berhadapan sejajar, maka sisi yang berhadapan itu sama panjang.
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 8
Bu Gina meminta peserta didik untuk mengumpulkan informasi guna menemukan konsep dalam rangka pemecahan masalah yang sudah teridentifkasi. Langkah Gina dalam pendekatan saintifik masuk dalam tahap mengumpulkan informasi. Jika Bu Gina menggunakan tahapan model pembelajaran penemuan, maka fase yang dilakukan adalah....
 
A. pemberian rangsangan
 
B. identifikasi masalah
 
C. pengumpulan data
 
D. pengolahan data
Pembahasan :
Integrasi pendekatan saintifik dengan model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) pada tahap "pengumpulan informasi" termasuk dalam fase 3: data collection (pengumpulan data). Pada fase ini peserta didik mengumpulkan informasi untuk menemnukan konsep guna memecahkan masalah yang sudah teridentifkasi.
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 9
Saat jam pelajaran akan selesai, Bu Putri memberikan tugas kepada Danish berupa mengerjakan latihan di LKS. Aksi yang dilakukan oleh Bu Putri merupakan teori belajar menurut ...
 
A. Skinner
 
B. Vygotsky
 
C. Thorndike
 
D. Bandura

Pembahasan :
Aksi yang dilakukan oleh Bu Putri merupakan bentuk implikasi dari teori belajar Thorndike. Implikasi teori belajar Thorndike dalam pembelajaran adalah sebagai berikut: untuk menjelaskan suatu konsep, guru sebaiknya mengambil contoh yang sekiranya sudah sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Metode pemberian tugas, metode latihan (drill dan practice) akan lebih cocok untuk penguatan dan hafalan. Hierarkis penyusunan komposisi materi dalam kurikulum merupakan hal yang penting. Materi disusun dari materi yang mudah, sedang, dan sukar sesuai dengan tingkat kelas, dan tingkat sekolah.
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 10
Berikut ini konsep teori belajar menurut Bandura, kecuali….
 
A. Reciprocal determinism
 
B. self-regulation/cognition
 
C. beyond reinforcement
 
D. zone of proximal development

Pembahasan :
Teori belajar sosial (Social Learning Teory) dari Albert Bandura didasarkan pada tiga konsep. yaitu: 1) Reciprocal determinism; 2) Beyond reinforcement; 3) Self-regulation/cognition. Sedangkan konsep teori belajar menurut Vygotsky yaitu Zone of proximal Development (ZPD) dan Scaffolding.
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 11
Belajar pada hakikatnya merupakan proses pembentukan hubungan antara stimulus dan respon. Pernyataan tersebut merupakan teori belajar dari …..
 
A. Thorndike
 
B. Ausubel
 
C. Skinner
 
D. Bandura

Pembahasan :
Teori belajar stimulus-respon dikemukakan oleh Thorndike (1874-1949), la mengemukakan bahwa hakikatnya belajar merupakan proses pembentukan hubungan antara stimulus dan respon. Belajar akan berhasil bila respon peserta didik terhadap suatu stimulus dikuti dengan rasa senang atau kepuasan. Rasa senang atau kepuasan ini bisa timbul akibat anak mendapatkan pujian atau hadiah (reward).
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 12
etika mengintegrasikan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran penemuan (Discovery Learning), kegiatan "mengasosiasi" pada pendekatan saintifk pertama kali dilakukan pada fase ....
 
A. Stimulation (pemberian stimulus)
 
B. Problem statement (pernyataan/identifikasi masalah)
 
C. Data collection (pengumpulan data)
 
D. Data processing (pengolahan data)

Pembahasan :
Dalam integrasi pendekatan saintifk dengan model pembelajaran penemuan yang termasuk pada tahapan "mengasosiasi" dimulai pada fase 4 yaitu: data processing
(pengolahan data).
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 13
Dalam proses belajar ganjaran atau penguatan mempunyai peranan yang amat penting. Ganjaran merupakan respon yang sifatnya menggembirakan sedangkan penguatan rupakan sesuatu yang mengakibatkan meningkatnya kemungkinan suatu respon.Peryataan tersebut merupakan  teori belajar dari....
 
A. Skinner
 
B. Vygotsky
 
C. Thorndike
 
D. Bandura
Pembahasan
Pembahasan :
Dalam teori belajar Skinner ganjaran merupakan respon yang sifatnya menggembirakan dan merupakan tingkah laku yang subjektif, sedangkan penguatan merupakan sesuatu yang mengakibatkan meningkatnya kemungkina suatu respon dan lebih mengarah pada hal-hal yang dapat diamati dan diukur.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 14
Konsep penting dalam teori belajar dari Vygotsky adalah ....
 
A. scaffolding dan conditioning
 
B. scaffolding dan Zone of Proximal Development (ZPD)
 
C. Zone of Proximal Development, low effect, dan scaffolding
 
D. reinforcement dan punishment

Pembahasan :
Konsep penting dalam teori belajar dari Vygotsky adalah zona perkembangan proksimal (zone of proximal development) dan topangan / dukungandinamis (scaffolding). ZPD adalah zona atau area di mana anak dapat berkembang secara mandiri dari apa yang bisa dicapai anak tersebut jika anak tersebut mendapat bantuan orang lain yang lebih kompeten. Bantuan yang bertujuan agar anak mampu mengerjakan tugas-tugas atau soal-soal yang lebih tinggi tingkat kerumitannya daripada tingkat perkembangan kognitif yang aktual dari anak yang bersangkutan disebut topangan/dukungan dinamis (scaffolding).
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 15
Salah satu pendekatan pembelajaran yang disarankan dalam Kurikulum 2013 adalah pendekatan saintifk. Kegiatan berikut ini terkait aktivitas "mengamati', kecuali....
 
A. membaca dan memahami bacaan
 
B. memperhatikan tayangan pengantar pelajaran
 
C. mencermati suatu demonstrasi konsep
 
D. X memperhatikan penjelasan guru

Pembahasan :
Pendekatan saintifik terdiri atas lima langkah kegiatan belajar yakni mengamati (observing), menanya (questioning), mengumpulkan informasi / mencoba (experimenting), menalar atau mengasosiasi (associating), mengomunikasikan (communicating). Pada langkah mengamati, peserta didik menggunakan panca indranya untuk mengamati fenomena yang relevan dengan apa yang dipelajari. Contoh kegiatan pada tahap mengamati adalah memperhatikan tayangan penantar pelajaran, mencermati suatu demonstrasi konsep, dan memperhatikan penjelasan guru. Sedangkan membaca dan memahami bacaan merupakan contoh kegiatan pada langkah mengumpulkan informasi/mencoba.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 16
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1. pembelajaran menggunakan bagian-bagian kecil
2. pembelajaran mementingkan pembentukan perangsang (stimulus) dan respon
3. pengetahuan itu ditemukan sendiri oleh peserta didik melalui pengalaman belajar mandiri
4. peserta didik dalam mengkonstruksi suatu konsep perlu memperhatikan lingkungan sosial
Dari pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori belajar konstruktivisme adalah…..
 
A. 1 dan 2
 
B. 2 dan 3
 
C. 1 dan 3
 
D. 3 dan 4

Pembahasan
1. Pembelajaran menggunakan bagian-bagian kecil merupakan karakterisitik teori belajar behaviorisme.
2. Pembelajaran mementingkan pembentukan perangsang (stimulus) dan respon merupakan karakteristik teori belajar behaviorisme oleh Thorndike.
3. Pengetahuan itu ditemukan oleh peserta didik melalui pengalaman belajar mandiri merupakan karakteristik teori belajar konstruktivisme oleh Vygotsky dalam konsep Zone of Proximal Development.
4. Peserta didik dalam mengkonstruksi suatu konsep perlu memperhatikan lingkungan sosial merupakan karakteristik teori belajar konstruktivisme oleh Vygotsky.
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 17
Dalam suatu proses pembelajaran, terdapat peserta didik yang tidak bisa mengerjakan soal matematika. Kemudian,gurunya membantu dengan memberikan rumus kepada peserta tersebut. Selang beberapa waktu, peserta didik tersebut bertanya lagi karena kesusahan dalam menggunakan rumus yang diberikan gurunya. Kemudian gurunya, memberikan  contoh dengan menggunakan demonstrasi soal yang lain. Peserta didik tersebut paham dan bisa mengerjakan soal matematika yang diberikan. Langkah yang dilakukan oleh guru merupakan konsep teori belajar menurut ...
 
A. Skinner
 
B. Vygotsky
 
C. Thorndike
 
D. Bandura

Pembahasan :
Langkah yang dilakukan oleh guru merupakan benntuk tindakan dari Scaffolding. Scaffolding merupakan pemberian sejumlah bantuan kepada peserta didik selama tahap-tahap awal pembelajaran, kemudian mengurangi bantuan dan memberikan kesempatan untuk mengambil alih tanggung jawab yang semakin besar setelah ia dapat melakukannnya. Scaffolding merupakan konsep teori belajar dari Lev Semenovich Vygotsky.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 18
Bu Siska akan menyampaikan materi baru dalam kelas. Sebelum memulai proses belajar mengajar, Bu Siska memastikan peserta didik siap untuk mengikuti pembelajaran yang akan disampaikan dengan memberikan aktivitas yang menarik perhatian, agar peserta didik dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar. Langkah yang di- lakukan Bu Siska termasuk salah satu penerapan teori belajar….
 
A. Brunner
 
B. Thorndike
 
C. Bandura
 
D. Skinner

Pembahasan :
Langkah yang dilakukan oleh Bu Siska adalah menerapkan pembelajaran berdasarkan teori belajar Thorndike. Salah satu implikasi teori belajar Thorndike dalam kegiatan belajar mengajar adalah guru perlu memberikan contoh dalam kegiatan sehari-hari dalam proses pembelajaran untuk menjelaskan suatu konsep. Selain itu, guru menerapkan metode pemberian tugas dan latihan (drill ond practice) untuk penguatan dan hafalan.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 19
Pada kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan pendekatan saintifk dalam model pembelajaran berbasis proyek aktivitas pembelajaran peserta didik pada tahap "mengamati" adalah....
 
A. peserta didik mengidentifikasi informasi dari pernyataan
 
B. peserta didik membuat desain proyek
 
C. peserta didik mengumpukan informasi sesuai yang di rencanakan
 
D. peserta didik menyampaikan progres proyek

Pembahasan :
Integrasi pendekatan saintifik dengan model Pembelajaran Berbasis Proyek pada tahap "mengamati" termasuk dalam fase 1 yaitu: start with the essential question (memulai dengan pertanyan mendasar). Pada fase ini peserta didik melakukan aktivitas mengamati masalah yang disampaikan oleh guru, peserta didik mengidentifikasi informasi yang diberikan dari pernyataan atau masalah yang diberikan.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 20
Pada kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan pendekatan saintifk dalam model pembelajaran berbasis masalah, aktivitas pembelajaran peserta didik pada tahap "mengasosiasi" adalah ....
 
A. menarik suatu kesimpulan pemecahan masalah
 
B. peserta didik mengevaluasi kesalahan dalam pemecahan masalah
 
C. peserta didik melakukan penyelidikan untuk pemecahan masalah
 
D. peserta didik mengumpulkan informasi terkait pemecahan masalah

Pembahasan :
Pendekatan saintifk terdiri atas lima langkah kegiatan belajar yakni mengamati (observing), menanya (questioning), mengumpulkan informasi/mencoba (experimenting), menalar atau mengasosiasi (associating), mengomunikasikan (communicating), Integrasi pendekatan saintifk dengan model pembelajaran berbasis masalah pada tahapan "mengasosiasi" adalah fase 4, yaitu: mengembangkan dan menyajikan hasil karya di mana peserta didik pada fase ini akan melakukan aktivitas mengolah data yang sudah terkumpul, menarik suatu kesimpulan pemecahan masalah kemudian menyajikannya dalam suatu laporan.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 21
Pembelajaran yang bermakna mendorong peserta didik untuk lebih....
 
A. Memahami
 
B. mandiri
 
C. menghargai
 
D. Terampil

Pembahasan :
Belajar bermakna merupakan teori belajar yang dikembangkan oleh David Ausubel. Kegiatan pembelajaran bermakna (meaningful learning) akan terjadi jika anak mencoba menghubungkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah dimilikinya. Oleh karena itu, anak tidak hanya menghafal apa yang diajarkan guru atau belajar tak bermakna (rote learning), tetapi penting bagi anak untuk memahami makna atau isi dari apa yang dihafalkan.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 22
"Hebat Nak, tingkatkan prestasimu!; kata Pak Alif, guru kelas IlI suatu sekolah dasar. Penguatan positif Pak Alif disampaikan terhadap peserta didik yang berprestasi. Tindakan Pak Alif tersebut sesuai teori belajar yang dikemukakan oleh…..
 
A. Bandura
 
B. Pavlov
 
C. Skinner
 
D. Thorndike

Pembahasan :
Teori belajar Skinner mengemukakan bahwa ganjaran atau penguatan mempunyai peranan yang penting dalam proses belajar mengajar. Ganjaran merupakan respon yang sifatnya menggembirakan dan merupakan tingkah laku yang bersifat subjektif, sedangkan penguatan merupakan sesuatu yang mengakibatkan meningkatnya kemungkinan suatu respon dan lebih mengarah kepada hal-hal yang sifatnya dapat diamati dan diukur. Kata ucapan Pak alif tersebut merupakan bentuk ganjaran atau penguatan yang positif atas keberhasilan prestasi anak didik
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 23
Rangga sangat menyukai gurunya. Ketika gurunya memberikan contoh untuk tidak membuang sampah sembarangan, Rangga akan meniru gurunya untuk tidak membuang sampah sembarangan. Perilaku Rangga merupakan bentuk implikasi teori belajar ....
 
A, humanistik
 
B. Kognitivisme
 
C. behaviorisme
 
D. Sibernetik

Pembahasan :
Perilaku Rangga merupakan bentuk implikasi teori belajar behaviorisme. Implikasi teori behaviorisme dalam pembelajaran salah satunya adalah peserta didik sering belajar hanya dengan mengamati guru. Guru dan orang tua harus menjadi model perilaku yang sesuai dan berhati-hati agar mereka tidak meniru perilaku yang tidak pantas.
 
Jawaban yang benar : C

Soal No 24
Seorang individu akan menggunakan pengetahuan sikap dan pengalaman pribadi yang telah dimiliki, untuk membantu memahami masalah atau materi baru melalui proses mental. Pernyataan ini merupakan teori belajar…….
 
A. sibernetik
 
B. Humanistik
 
C. behaviorisme
 
D. Kognitivisme

Pembahasan :
Menurut teori belajar kognitivisme tentang belajar, individu akan menggunakan pengetahuan sikap dan pengalaman pribadi yang telah dimilikinya untuk membantu memahami masalah atau materi baru melalui proses mental.
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 25
Berikut ini merupakan tokoh teori belajar kognitifya yaitu….
 
A. Vygotsky, Ausubel,Badura
 
B. Ausubel, Piaget, Bruner
 
C. Burner, Ausubel, Thorndike
 
D. Vygotsky,Van Hiele, Skinner

Pembahasan :
Tokoh teori belajar kognitif adalah Jean Piaget, Jerome Bruner, dan David Ausubel.
 
Jawaban yang benar : B

Soal No 26
Model pembelajaran yang berbasis proyek (Project Based Learning) memliki karakteristik aktivitas yng berbeda dengan model pembelajaran lainnya. Berikut ini pernyataan yang benar terkait aktivitas peserta didik dalam model pembelajaran berbasis proyek adalah...
 
A. aktivitas belajar menuntut keterampilan peserta didik yang multiaspek
 
B. seluruh aktivitas peserta didik dllakukan di luar kelas dalam dunia nyata
 
C. aktivitas peserta didik meliputi keteramnplian statistika
 
D. aktivitas belajar meliputi presentas

Pembahasan :
Pembelajaran berbasis proyek memiliki karakteristik sebagai berikut: a) peserta didik membuat keputusan tentang sebuah kerangka kerja; b) adanya permasalahan atau tantangan yang diajukan kepada peserta didik; c) peserta didik mendesain proses untuk menentukan solusi atas permasalahan atau tantangan yang diajukan; d) peserta didik secara kolaboratif bertanggung jawab untuk mengakses dan mengelola informasi untuk memecahkan permasalahan; e) proses evaluasi dijalankan secara kontinu; f) peserta didik secara berkala melakukan refleksi atas aktivitas yang sudah dijalankan; g) produk akhir aktivitas belajar akan dievaluasi secara kualitatif; h) situasi pembelajaran sangat toleran terhadap kesalahan dan perubahan. Pembelajaran berbasis proyek berpusat pada peserta didik yang melibatkan tugas tugas projek pada kehidupan nyata untuk memperkaya pembelajaran.
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 27
Ciri khas dari pembelajaran berbasis masalah adalah terletak pada masalahnya. Di antara berikut yang bukan ciri masalah model pembelajaran berbasis masalah adalah ....
 
A. struktur rumit
 
B. Kompleks
 
C. terbuka
 
D. Terarah

Pembahasan :
problem Based Learning adalah model pembelajaran dirancang agar peserta didik mendapat pengetahuan penting, yang membuat mereka mahir dalam memecahkan masalah, dan memiliki model belajar sendiri serta memliki kecakapan berpartisipasi dalam tim. Menurut Prince dan Felder (2006), masalah yang diberikan dalam model pembelajaran berbasis masalah sebaiknya memenuhi kriteria : kompleks (complex), struktur tidak jelas (ill structured), terbuka (open ended problem), otentik (authentic).
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 28
Kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan penerapan pembelajaran berbasis penemuan adalah
 
A. serta didik membuat suatu hipotesis atau dugaan untuk dianalisis atau dibuktikan
 
B. peserta didik memecahkan masalah yang diberikan guru
 
C. peserta didik berdiskusi dalam kelompoknya mengenai apa yang harus dilakukan
 
D.peserta didik membagi peran dalam memecahkan masalah yang diberikan

Pembahasan :
Fase-fase penerapan model pembelajaran penemuan adalah sebagai berikut: I) stimulation (pemberian stimulus); 2) problem statement (pernyataan/identifikasi masalah); 3) data collection (pengumpulan data); 4) data processing (pengolahan data); 5) ver/hcation (memnverifkasi); 6) generalization (penarikan kesimpulan/generalisasi). Pada tahap problem statement (pernyataan/identifikasi masalah), guru mengajak peserta didik untuk mengidentifikasi masalah yang relevan dengan bahan disajikan untuk stimulus. Dari masalah tersebut, dirumuskan jawaban sebagai dugaan sementara (hipotesis).
 
Jawaban yang benar : A

Soal No 29
Sebuah cara pandang pendidik yang digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan, merupakan pengertian dari....
 
A. strategi pembelajaran
 
B. metode pembelajaran
 
C. model pembelajaran
 
D. pendekatan pembelajaran

Pembahasan :
Dalam Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014, disebutkan bahwa pendekatan pembelajaran merupakan cara pandang pendidik yang digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan
 
Jawaban yang benar : D

Soal No 30
Berikut ini merupakan tahap perkembangan kognitif menurut Jerome Bruner, kecuali ...
 
A. Simbolis
 
B. proaktif
 
C. enaktif
 
D. Ikonik
Pembahasan :  
Perkembangan kognitif menurut Jerome Bruner melalui 3 tahap, yaitu: 1) enaktif, 2) ikonik, dan 3) simbolis.
 
Jawaban yang benar : B
==========
=========================

Postingan terkait:

Aktifkan Notifikasi Blog
Kata Kunci

soal pppk, soal pppk 2021 dan pembahasan, soal pppk sosiokultural, soal pppk manajerial, soal pppk pjok 2021, soal pppk guru bahasa inggris, soal pppk 2021 pedagogik beserta pembahasan part 02 terupdate, soal pppk bahasa inggris, soal pppk guru sd, soal pppk guru sd 2021 dan pembahasan, soal pppk bahasa indonesia, soal pppk sosio kultural 2021, soal pppk 2021 dan pembahasan bahasa inggris, soal pppk pedagogik 2021, soal pppk manajerial 2021, pppk 2021, pppk 2021 untuk umum atau honorer, pppk 2021 untuk honorer, pppk 2021 guru, pppk 2021 jadwal, pppk 2021 tenaga teknis, pppk 2021 jalur honorer, mentor pppk 2021, pendaftaran pppk 2021, syarat pppk 2021, persyaratan pppk 2021, soal pppk 2021 guru sd dan pembahasan, pppk kemenag 2021 terbaru, soal pppk 2021 dan pembahasan sosio kultural



Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar