Modul 1.10 Panduan Lengkap Mengelola Presentasi iSpring Suite 10

Postingan ini berisi pembahasan mengenai Pengaturan Slide Properties, Mengatur, Presentation Resources, Mengatur Player, dan Publish HTML5

Halo, berjumpa kembali dengan saya Bahyudin Nor di Bahyudinnor.Com. Dipostingan sebelumnya kita sudah mempelajari bagaiman Mengelola Content Library iSpring Suite 10. Selanjutnya dipostingan ini akan saya sampaikan secara Lengkap Bagaimana Mengelola Presentasi iSpring Suite 10.

Presentasi atau kursus yang dibuat dengan iSpring Suite 10 dapat dikelola dengan menggunakan tiga buah tools sebagai berikut.

1. Slide Properties

Ketika tombol Slide Properties yang terdapat pada toolbar iSpring Suite 10 diklik, maka akan muncul jendela Slide Properties seperti gambar berikut.
Jendela Slide Properties

Jendela Slide Properties tersebut memberikan akses terhadap banyak fitur pengaturan slide, di antaranya adalah sebagai berikut.

BACA JUGA : Modul 1.9 Cara Mengelola Content Library ISpring Suite 10

Setting Slides Properties iSpring Suite 10
    1. Mengedit Judul Slide. Judul slide dapat diedit atau diganti dengan cara mengklik teks "No Title-click to change" yang terletak di samping tampilan slide di bawah kolom Title kemudian ketikkan judul slide tersebut.
    2. Menyembunyikan slide. Slide dapat disembunyikan dengan cara menyeleksi slide yang akan disembunyikan, kemudian klik tombol Hide Slide yang terdapat pada toolbar jendela Slide Properties.
    3. Mengatur Waktu Tampilan Slide. Tampilan slide setelah slide sebelumnya ditampilkan dapat diatur secara otomatis (Auto) tampil atau ketika diklik (On-Click) dengan cara klik tombol On-Click jika tampilan slide diharapkan tampil setelah mouse diklik, klik tombol Auto jika tampilan slide diharapkan tampil secara otomatis, atau klikuanya jika tampilan slide diharapkan tampil secara otomatis, tetapi pengguna dapatindah ke tampilan slide berikutnya dengan cara diklik. Waktu tampilan slide juga dapat diatur dengan cara mengubah durasi waktu pada kotak Slide Duration.
    4. Mengatur percabangan (Branching). Fitur percabangan memungkinkan pengguna untuk mengatur tampilan slide setelah atau sebelum ditampilkannya slide tertentu saat dilakukan presentasi. Pengaturanan slide dapat dilakukan dengan klik tombol Branching yang terdapat pada toolbar jendela Slide Properties. Pada Slide Branching Options, terdapat pilihan Forward branching (percabangan maju), yang terdiri atas pilihan percabangan default ke Next Slide (slide selanjutnya), None (tidak ada percabangan), atau percabangan ke slide tertentu. Selain itu, pada kotak Slide Branching Options juga terdapat pilihan Previous slide, yang terdiri atas pilihan percabangan default ke Previous Slide (slide sebelumnya), None (tidak ada percabangan), atau percabangan ke slide tertentu.
    5. Mengunci kontrol pemutar presentasi (Locking the Player Controls). Kontrol navigasi pemutar presentasi dapat dinonaktifkan untuk mencegah navigasi oleh pengguna. Dengan mengunci kontrol pemutar navigasi, maka navigasi pada outline, thumbna's timeline, tombol Previous dan Next, serta replay. Untuk mengunci kontrol pemutar presentasi dapat dilakukan dengan klik tombol Lock yang terdapat pada toolbar jendela Slide Properties.
    6. Mengatur layout pemutar (player) presentasi. Untuk mengatur player presentasi, klik slide yang akan diatur player-nya, kemudian klik tombol Layout dan pilih salah satu pilihan No Change, Full, No Sidebar, atau Maximized Video.

    2. Pengaturan Presentation Resources

    Fitur Presentation Resources dapat digunakan untuk menambahkan, mengedit, da menghapus referensi, sisipan file (file attachments), dan tautan web (web links). Langkah untuk melakukan pengaturan dengan fitur Presentation Resources adalah sebagai berikut.

    BACA JUGA : Modul 2.1 Cara Memulai Quiz Interaktif di iSpring QuizMaker dan Pengenalan Tombol-tombol Jendela Quick Start Quizes

    1. Klik tombol Presentation Resources yang terdapat pada toolbar iSpring Suite 10.
    2. Setting Presentation Resources
    3. Untuk menambahkan tautan dan sisipan file, klik tab Attachments and Hyperlinks pada jendela Presentation Resources. Klik tombol Add Hyperlink untuk menambahkan tautan internet, kemudian ketikkan judul dan alamat atau URL website yang akan ditampilkan pada slide. Klik tombol Add Attachment untuk menambahkan atau Menyisipkan file.
    4. Jendela pengaturan untuk menambahkan info presenter
    5. Untuk menambahkan presenter, klik tab Presenters pada jendela Presentation Resources, kemudian klik tombol Add untuk menambah atau Edit untuk mengedit data sebelumnya. Pada jendela Edit Presenter Info, ketikkan rincian presenter, yaitu nama presenter (Name), posisi atau jabatan presenter (Title). alamat email (Email), Website, nomor telepon (Phone), dan informasi singkat tentang presenter (Info). Jendela Edit Presenter Info juga dapat digunakan untuk menambahkan foto (Photo), yaitu dengan cara klik tombol Browse, kemudian cari lokasi file foto, seleksi file foto, dan klik tombol Open. Selain itu, logo perusahaan atau instansi juga dapat ditambahkan dengan cara klik kotak Use presenter-specific company logo, kemudian klik Browse, cari lokasi file logo, seleksi file logo, dan klik tombol Open. Setelah pengaturan presenter selesai dilakukan, klik tombol OK.
    6. Setelah pengaturan presenter dilakukan, untuk memasukkan presenter ke dalam slide (Assigning Presenters to Slides), maka klik tombol Slide Properties dan pada kolom Presenter klik kotak foto teks "None" di atas kotak foto, kemudian seleksi presenter yang sudah diatur sebelumnya pada tab Presenters. Setelah itu, klik tombol Save & Close.
    7.  Jendela pengaturan logo dan website perusahaan
    8. Untuk menambahkan logo perusahaan, klik tab Company Logo, kemudian klik tombol Browse, cari lokasi penyimpanan file logo, seleksi file logo, dan klik tombol Open. Ketikkan alamat website perusahaan (jika ada) pada kotak website, kemudian klik tombol OK.

    3. Mengatur Player iSpring Suite 10

    Fitur Player digunakan untuk mengatur cara pemutaran atau cara untuk menampilkan slide presentasi. Presentasi yang dibuat dengan iSpring Suite 10 dapat ditampilkan melalui tiga cara, yaitu sebagai berikut.
    a. Adaptive Universal Player, yaitu slide presentasi dapat ditampilkan dengan baik untuk semua konten pada alat (device) apa pun. Cara melakukan pengaturan Adaptive Player adalah sebagai berikut.
    1) Klik tombol Player yang terdapat pada toolbar iSpring Suite 10.
    2) Pada jendela Customize Player, klik tombol Select Player dan pilih Universal.
    3) Ketika jendela pengaturan Universal Player tampil, lakukan pengaturan, kemudian klik
    tombol Apply & Close.
    Gambar 8.84 Memilih pangaturan universal player
    b. Video Lecture Player, yaitu slide presentasi yang ditampilkan untuk membantu audiens atau siswa fokus pada materi presentasi atau pemateri kapan pun diperlukan.
    Cara melakukan pengaturan Video Lecture Player adalah sebagai berikut.
    1) Klik tombol Player yang terdapat pada toolbar iSpring Suite 10.
    2) Pada jendela Customize Player, klik tombol Select Player dan pilih Video Lecture.
    Gambar 8.85 Memilih pengaturan Video Lecture Player
    3) Ketika jendela pengaturan Video Lecture Player tampil, lakukan pengaturan, kemudian klik tombol Apply & Close.
    c. Without Player, yaitu slide presentasi yang ditampilkan tanpa player. Cara melakukan
    pengaturan Without Player adalah sebagai berikut.
    1) Klik tombol Player yang terdapat pada toolbar iSpring Suite 10.
    2) Pada jendela Customize Player, klik tombol Select Player dan pilih None (Slide
    Only).
    Gembar 8.86 Memiih pengaturan Wirhout Player
    3) Ketika jendela pengaturan Without Player tampil, lakukan pengaturan, kemudian
    klik tombol Apply & Close.

    4. Memublikasikan Presentasi iSpring Suite 10

    Setelah tampilan kursus atau presentasi diperiksa dan sudah sesuai rencana atau skenario, maka langkah selanjutnya adalah memublikasikan kursus atau presentasi tersebut. Kursus atau presentasi yang dibuat dengan iSpring Suite 10 dapat dipublikasikan dengan dua format, yaitu HTML5 dan video.

    Berikut ini langkah-langkah untuk memublikasikan kursus atau presentasi yang dibuat dengan iSpring Suite 10.
    1. Klik tombol Publish yang terdapat pada toolbar iSpring Suite 10.
    2. Pada jendela Publish Presentation, tentukan tujuan (destinasi) publikasi, yaitu sebaga. berikut.
    • a. My Computer (untuk menyimpan presentasi ke dalam komputer guna distribusi selanjutnya melalui internet).
    • b. iSpring Cloud (untuk menyimpan presentasi ke dalam iSpring Cloud, yaitu layana iSpring untuk mengunggah, menampilkan, dan mendistribusikan presentası, Kuis simulasi, interaksi, audio, video, dan dokumen).
    • c. ¡Spring Learn (untuk menyimpan presentasi ke dalam akun LMS (learning management system) iSpring.
    •  d. LMS (untuk menyiapkan presentasi guna diunggah ke dalam LMS sebuah website ).
    • e. YouTube (untuk mengunggah presentasi ke dalam akun YouTube).
    3.  Setelah tujuan (destinasi) publikasi ditentukan, misalnya dipilih ke dalam komputer (My Computer), (a) selanjutnya ketikkan nama proyek pada kotak Project Name dan tentukan folder penyimpanan file presentasi pada kotak Folder, pilih format (HTML5 atau Video) (c).
    Publish iSpring
    4. Jika pengaturan pada jendela Publish Presentation selesai dilakukan, klik tombol Publish.
    5. Setelah proses publikasi selesai, maka akan muncul jendela pemberitahuan seperti pada gambar berikut.
    Publish Complete
    6. File yang dipublikasikan dapat ditampilkan, dilihat dalam folder, dibagikan, dikirimkan melalui email, diunggah ke dalam FTP, dibuat menjadi file berformat ZIP, misalnya dipilih untuk dilihat dalam folder dengan cara klik tombol Open.
    Hasil Publish HTML5 (index)
    7. Untuk melihat tampilan presentasi atau kursus yang telah dipublikasikan ke dalam komputer, klik ganda file index.html tersebut sehingga presentasi atau kursus tersebut akan tampil dalam jendela browser yang secara default biasanya terbuka dalam Microsoft Edge atau Google Chrome.

    Demikianlah Tutorial yang berisi Panduan Lengkap Mengelola Presentasi iSpring Suite 10. Selanjutkanya akan kita pelajari Bagaimana Membuat dan Mengelola iSprimg QuizMaker pada Materi Modul 2 . Terus ikuti Postingannya ya.