Sistem Ponzi Scam atau Investasi Palsu Laris Manis di Indonesia

Kamu harus berhati-hati nih dengan tawaran investasi yang tidak pakai institusi resmi Kayak bank, sekuritas, atau marketplace, Aplikasi oleh OJK
Kenali Sistem Ponzi+Scam
BAHYUDINNOR.COM Halo semua ketemu lagi sama bersama saya Bahyudin Nor di Blog Bahyudinnor.Com, selamat datang di blog Blogger Kampung, Situs Update Informasi dan Edukasi. Btw.... Pernah gak sih ada orang yang datang ke kamu dan nawarin untuk berinvestasi? atau kerjasama bisnis yang kelihatannya tuh sangat menjanjikan? kamu dijanjiin risiko yang kecil banget atau bahkan diiming-imingi tanpa risiko.
Beberapa di antara kamu mungkin pernah ada yang ditawarin investasi kayak gitu Bentuknya itu bisa jadi MLM, arisan berantai, investasi piramida, patungan usaha, dll.

Kamu harus berhati-hati nih dengan tawaran investasi yang enggak pakai institusi resmi Kayak bank, sekuritas, atau marketplace, Aplikasi dan manajer investasi yang udah diawasi OJK, apalagi di masa-masa ekonomi lagi turun karena pandemi seperti sekarang. Bisa jadi akan semakin banyak yang sensasi bodong yang lagi mencari korban.

Baca juga artikel menarik lainnya:


Ada yang masih ingat nggak? dulu ada kasus-kasus investasi bodong yang marak di Indonesia dari mulai koperasi Cipaganti QNet, MeMiles, Manusia Membantu Manusia, Golden traders Syariah, dan masih banyak lagi. Itu adalah beberapa contoh penipuan manipulasi keuangan yang sering banget terjadi di Indonesia bahkan sejak puluhan tahun yang lalu, sebelum era reformasi.

Sebetulnya modus operansinya tuh itu-itu lagi, tapi herannya masih ada aja yang ketipu dengan mekanisme penipuan ini. Skenario manipulasinya tuh selalu dimulai dengan upaya untuk menghimpun dana masyarakat dengan menjanjikan keuntungan entah berupa passive income, maupun berbentuk jasa perjalanan travel dengan harga miring. Nah tapi uang yang dihimpun itu enggak dikelola dengan profesional malah disalahgunakan untuk kepentingan pribadi.

Keuntungan investor awal biasanya tuh dicairkan dengan memanfaatkan aliran dana dari investor baru. Jadi sistemnya itu gali lubang tutup lubang. Kamu perlu tahu nih kalau skema ini tuh pada akhirnya enggak akan bertahan lama karena selalu ada defisit keuangan yang besar sampai akhirnya sistemnya itu enggak lagi mampu membayar keuntungan yang dijanjiin ke para nasabah bahkan ada juga yang sampai nggak sanggup ngembaliin modal awal nasabah.
Sudah banyak banget orang yang menjadi korban skema penipuan ini, ada yang sampai menelan kerugian ratusan juta bahkan miliaran rupiah. Skema manipulasi ini dikenal dengan nama skema Ponzi. Nama ini diambil dari Charles Ponzi yaitu orang yang mempopulerkan metode ini di tahun 1920an. Walaupun ponzi itu udah lama meninggal tapi metode penipuan itu malah semakin populer di seluruh dunia bahkan sampai di era modern seperti sekarang ini, maka dari itu nih, kita tuh harus punya literasi keuangan yang baik supaya nggak gampang kejebak oleh manipulasi keuangan kayak gini.

Berdasarkan pola-pola sebelumnya kita bisa ngeliat nih pola umum yang jadi ciri khas dari para manipulator keuangan dalam membujuk para korbannya untuk masuk ke sistem mereka. 

1. Janji Keuntungan Besar dan Mudah

Yang pertama mereka tuh ngejanjiin kamu keuntungan yang besar dan praktis tanpa perlu banyak bekerja bahkan ada beberapa yang berani ngasih jaminan keuntungan dalam jumlah tertentu. Ya siapa sih yang nggak mau punya uang berlimpah dengan usaha yang minimal?
1. Janji Keuntungan Besar dan Mudah
Narasi keuntungannya besar dan praktis ini tuh sering banget dijual sama para manipulator buat menggaet calon korbannya. Di sini kamu harus tahu nih bahwa pada prinsipnya investasi itu tuh pasti ada risikonya semakin besar potensi keuntungannya, semakin besar pula risiko yang kamu terima sebaliknya, semakin kecil risikonya , semakin kecil pula potensi keuntungannya makanya ada istilah high risk-high return, low risk-low return. Nah kalau ada orang yang nawarin skema low-risk tapi high-return kamu tuh perlu curiga, jangan-jangan itu skema penipuan.

2. Tampil Sangat Meyakinkan

Yang kedua biasanya para manipulator ini tuh tampil dengan sangat meyakinkan penuh percaya diri, dan berapi-api. Ini juga ciri khas yang kental banget para penipu atau manipulator ini tuh biasanya bakalan berusaha nunjukin kalau mereka tuh sukses dan kaya, entah pakai mobil bagus, jam tangan keren, gadget terbaru, pakaian necis bahkan nunjukkin video barang-barang mewah mereka, atau pamer foto jalan-jalan keluar negeri. Tujuannya ya supaya kamu tuh semakin yakin bahwa mereka itu adalah orang-orang yang udah sukses dan kita seolah-olah tuh diiming-imingi janji untuk bisa sukses dan kaya seperti mereka.
2. Tampil Sangat Meyakinkan

3. Menggunakan Bahasa Tinggi/Sulit Dipahami

Yang ketiga orang yang bujuk kamu tuh biasanya pakai istilah-istilah keuangan yang tinggi untuk nunjukkin kesan bahwa diri mereka itu orang yang cerdas.
Jadi gini, 
Ketika mau berinvestasi.. Kita tentu mau nyimpan uang kita ke orang, atau pihak yang menurut kita tuh mampu untuk mengelola aset kita. Para penipu atau manipulator ini biasanya pakai kosakata teknis yang terkesan intelek dan nggak mudah dimengerti oleh para awam. Tujuannya supaya mereka terlihat sebagai orang yang punya kapabilitas dan jago banget.
3. Menggunakan Bahasa Tinggi/Sulit Dipahami

4. Memberikan Harapan Semu

Yang keempat biasanya para manipulator ini tuh bakalan ngasih kesan kalau kamu tuh adalah orang yang sangat beruntung karena dapetin kesempatan yang langka.
Ok begini..
Ketika orang mendapatkan tawaran menarik mereka tuh cenderung takut kehilangan kesempatan tersebut istilahnya adalah "fear of missing out" para manipulator itu bakalan bikin kamu merasa beruntung banget karena dapat kesempatan untuk melipat-gandakan uang dengan cara cepet.
4. Memberikan Harapan Semu
Mereka bakal bikin kamu mikir "kapan lagi bisa untung segede ini?" Seakan-akan itu adalah kesempatan yang ga akan pernah datang dua kali. Ketika kamu akhirnya mutusin untuk nyimpen uang kamu di mereka atau mutusin untuk bergabung dengan sistem mereka artinya para penipu itu udah berhasil nih memanipulasi kamu buat ngambil keputusan sesuai dengan kehendak mereka.

5. Mendesak Keputusan

Yang kelima mereka tuh bakalan mempengaruhi kamu untuk bisa sesegera mungkin ngambil keputusan. Ketika kita dikasih tawaran yang sangat menarik biasanya para manipulator ini nggak ngasih kita banyak waktu buat berpikir. Kenapa? mereka itu membatasi ruang gerak kita nih untuk bisa dapat informasi lebih lanjut tentang produk atau investasi yang ditawarin.
5. Mendesak Keputusan
Kalau kita punya lebih banyak waktu kita jadi punya waktu buat baca-baca, cari informasi mempertimbangkan ini-itu dll. Kalau itu dilakukin, bisa jadi kita berubah pikiran. Makanya para penipu ini biasanya mendesak kita supaya cepat-cepat mengambil keputusan biar kita tuh enggak punya banyak kesempatan buat nyari tahu dan mempertimbangkan hal-hal lainnya.

6. Mengajak Kerabat Ikut Bergabung

Yang keenam, mereka akan mempengaruhi kamu buat ngajak keluarga saudara, teman, dan lain-lain untuk bergabung dengan sistem mereka. Bagi para manipulator, kalau mereka berhasil ngedapetin satu korban Tentu aja nih bakalan lebih mudah buat bikin korban tersebut sekalian nawarin hal yang sama ke orang-orang terdekatnya. Hal ini tuh bisa jadi sangat berbahaya karena keluarga dan sahabat kita tuh bakalan lebih mudah terbujuk oleh kita sebagai orang yang mereka percaya, makanya nggak jarang nih setelah sistem ponzi ini terbongkar, dan para pelakunya itu udah di penjara para korban dari sistem ini seringkali dikucilkan dari keluarga atau bahkan sahabatnya sendiri karena tanpa disadari mereka tuh udah membawa kerugian yang besar bagi orang-orang terdekatnya.

7. Terus Membengaruhi Kamu

Yang ketujuh, kalau kamu udah masuk kedalam sistem mereka biasanya mereka tuh akan semakin mempengaruhi kamu. Bahwa kalau kamu pengen sukses kayak mereka, kamu tuh harus pantang menyerah percaya 100% pada sistem mereka, dan selalu ngikutin arahan dari leader mereka.
7. Terus Membengaruhi Kamu
Hal ini mereka lakuin supaya para korban tuh nggak mudah berubah pikiran dan curiga sama mereka atau sebaliknya nih, mereka dengan lihai bisa mempengaruhi diri kita sampai kita justru jadi bebal dan gak mau ngedengerin nasehat orang lain yang udah ngasih peringatan ke kita.

Nah itu tuh 6 ciri khas dari mereka yang biasanya jadi manipulator keuangan dalam skema ponzi. Buat kamu yang pernah punya pengalaman dengan skema manipulasi ponzi kamu bisa share cerita kamu di kolom komentar supaya kita semua itu bisa sama-sama belajar dan saling menjaga satu sama lain agar gak ada lagi korban manipulasi seperti ini di masa depan.

Buat kamu yang belum berlangganan, dan suka konten seputar dunia keuangan, ekonomi, dan investasi kamu bisa dukung kami dengan cara berlangganan di blog ini dan semoga akan terus memberikan konten-konten terbaik dari kami. Sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya tetap di sini Ngomongin Uang, karena ngomongin uang, nggak ada abisnya!