"Belajar Bikin Gambar AI dari NOL! GABUNG SEKARANG!

Latihan Soal & Kunci Jawaban PPPK Pedagogik Materi Karakter Peserta

Materi pokok yang akan diujikan sebagai berikut. 1. Pengertian Karakteristik Peserta Didik. 2. Ragam Karakteristik Peserta
Latihan Soal dan Kunci Jawaban Materi Karakeristik Pesreta Didik Untuk Calon Guru ASN PPPK
BAHYUDINNOR.COM Kegiatan ini merupakan bagian dari proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman Anda terkait materi. Kegiatan ini dapat Anda lakukan berkali-kali sampai dirasa Anda memperoleh hasil maksimal atas pembelajaran yang telah dilakukan.

KOMPETENSI
Setelah mempelajari keseluruhan materi pada pembelajaran ini, Anda diharapkan mampu menerapkan beragam karakteristik peserta didik sebagai pijakan dalam mendesain pembelajaran yang inovatif untuk mendukung tugas keprofesian sebagai pendidik, yang mempesona yang dilandasi sikap berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, disertai dengan jiwa kesepenuhatian dan kemurahatian.

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Adapun indikator pencapaian kompetensi untuk mendukung kompetensi yang diharapkan,
  1. Menjelaskan pengertian karakteristik peserta didik;
  2. Menjelaskan pengertian kemampuan awal peserta didik;
  3. Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik;
  4. Menentukan kegiatan pembelajaran yang kondusif berdasarkan hasil identifikasi kemampuan awal peserta didik; dan
  5. Menjelaskan ragam/macam-macam karakteritik peserta didik.

MATERI POKOK
Adapun materi pokok yang akan dipelajari di dalam pembelajaran sebagai berikut.
  1. Pengertian Karakteristik Peserta Didik.
  2. Ragam Karakteristik Peserta Didik.
Selamat mencoba!

1. Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama: ?

a.
Kultural
b.
Minat
c.
Etnik
d.
Gender
e.
Status social
Kunci Jawaban  A

2. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:

a.
Meronce membuat kalung
b.
Memasang puzzle
c.
Mewarnai pola
d.
Menendang bola
e.
Menjiplak huruf
Kunci Jawaban  D

3. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek:?

a.
Etnik
b.
Kultural
c.
Sosial
d.
Status sosial
e.
Motivasi
Kunci Jawaban  E

4. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf ?operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:
a.
Media benda nyata
b.
Media poster
c.
Media gambar
d.
Media cetak
e.
Media grafis
Kunci Jawaban  A
5. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:

a.
Menggunakan modul dan powerpoint.
b.
Menggunakan media audio, video, dan percobaan.
c.
Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.
d.
Menggunakan program audio dan modul.
e.
Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.
Kunci Jawaban  B

6. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek:?
a.
Minat
b.
Etnik
c.
Status Sosial
d.
Motivasi
e.
Moral
Kunci Jawaban  B
7. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan:
a.
Gaya belajar peserta didik
b.
Etnik peserta didik
c.
Minat peserta didik
d.
Gender peserta didik
e.
Kultural peserta didik
Kunci Jawaban  C

8. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:

a.
Etnik
b.
Kultural
c.
Status social
d.
Motivasi
e.
Minat
Kunci Jawaban  C

9. Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:

a.
Perkembangan sosialnya
b.
Perkembangan emosinya
c.
Perkembangan motoriknya
d.
Motivasi belajarnya
e.
Kemampuan awalnya
Kunci Jawaban  E

10. Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan:

a.
Ketertiban sosial
b.
Akibat perbuatan
c.
Hati nurani
d.
Kontrak/imbal jasa
e.
Persetujuan orang lain
Kunci Jawaban  D

Demikianlah Beberapa Latihan Soal dan Kunci Jawaban Materi Karakter Peserta Didik Untuk Calon Guru ASN PPPK . Jika Bermafaat jangan lupa share ke rekan-rekan yang lain. Semoga dengan adanya Latihan soal ini bisa membantu rekan-rekan guru untuk bisa menjadi ASN PPPK. Amiin.. 

Baca Juga
Selanjutnya kalian mau dibuatkan artikel tentang apa? Tulis dikolom komentar ya!!!

Posting Komentar